Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Brand Essence: Definisi, Karakteristik, Manfaat, dan Contoh

    Brand Essence: Definisi, Karakteristik, Manfaat, dan Contoh

    Brand essence erat kaitannya dengan jati diri sebuah perusahaan karena membuatnya berbeda dengan produk lain.

    Apa, sih, esensi sebuah merek? 

    Loh, memangnya sebuah merek butuh esensi?

    Ya, butuh banget! Brand essence atau esensi merek pada sebuah produk akan membuatnya menjadi berbeda dengan produk sejenis lainnya.

    Seandainya kamu memiliki sebuah produk yang hendak dipasarkan, apakah yang bisa membuat produkmu menjadi unik dan berbeda? Jika manusia memiliki karakter, begitu pula dengan produk yang beredar di pasar.

    Di zaman sekarang, saat masyarakat dapat menemukan aneka produk baru dari berbagai perusahaan, brand essence adalah suatu hal yang perlu dimiliki perusahaan.

    Memangnya kenapa? Begini, menurut Momenta, brand essence menjadi salah satu aspek terpenting dalam dunia branding sehingga bisa memberikan perusahaan kesan unik, menarik, dan berbeda dari pesaingnya.

    Artinya, brand essence merupakan jati diri dan karakter inti dari sebuah perusahaan dan produk yang mereka jual. Produkmu sudah punya karakter, Majoopreneurs?

    Di dalam artikel ini, majoo akan membahas tentang brand essence dan hubungannya dengan produkmu.

    Baca juga: Jenis-Jenis Sales yang Meningkatkan Pendapatan Bisnis

    Definisi Brand Essence 

    Berdasarkan laman resmi How Brands Are Built, brand essence adalah sebuah kata yang diciptakan untuk menunjukkan sifat utama dari berbagai produk yang diciptakan oleh industri perusahaan. 

    Menurut kebiasaan umum, tim marketing akan menghabiskan banyak waktu guna mengembangkan brand essence. Sebab, brand essence yang baik harus bisa menggarisbawahi dan menjelaskan manfaat unik yang diberikan perusahaan pada target konsumennya.

    Sudah pasti hal tersebut berkaitan dengan tujuan utama perusahaan secara umum, yaitu memiliki identitas yang sama sekali berbeda dengan para kompetitornya. 

    Di era serba digital dan modern ini, perusahaan harus bisa membedakan jati dirinya jika ingin tetap kompetitif di pasar yang semakin riuh. Memasarkan produk dengan harga dan kualitas terbaik memanglah efektif untuk membantu brand terlihat menonjol. 

    Namun perlu diingat bahwa pemimpin pasar harus bisa menggaet emosi calon konsumen mereka melalui kampanye yang berfokus pada kepribadian.

    Brand Essence Menurut Ahli

    Derrick Daye, dalam The Language Of Branding: ”Branding Essence”, menyimpulkan bahwa brand essence adalah jantung dan jiwa sebuah brand atau bisa disebut sebagai sebuah sifat fundamental dari sebuah brand. Biasanya dinyatakan dalam dua hingga tiga kata, sebuah esensi merek adalah satu-satunya yang konstan di seluruh kategori produk dan seluruh dunia.

    Sementara menurut Katrina Kirsch, dalam What is Brand essence? 5 Examples, selain sebagai jiwa sebuah merek, brand essence juga berperan sebagai pondasi agar brand terlihat konsisten dan autentik. Brand essence mendefinisikan hal yang diinginkan oleh sebuah brand, membentuk keseluruhan identitas, dan bertujuan untuk memunculkan pemikiran, perasaan, atau emosi tertentu pada konsumen.

    Apa Saja Karakteristik Brand Essence?

    Jika kamu melihat strategi branding lainnya, brand essence pun memiliki berbagai karakteristik sendiri yang membuatnya menjadi sangat berguna untuk perusahaan.

    Mengapa bisa berguna? Karena berbagai himpunan karakteristik tersebut mampu membuat brand essence yang dibutuhkan oleh setiap bisnis, termasuk bisnismu, Majoopreneurs.

    Di bawah ini majoo kutip beberapa karakteristik dari brand essence dari Feedough.

    • Unique: brand essence mampu membantu brand kamu dalam membuat identitasnya sendiri di pasar, sehingga produk milik perusahaan akan terlihat lebih unik dan menarik.
    • Intangible: brand essence tidak berbentuk dengan tampilan fisik berupa fitur dan harga produk. Aspek branding di dalamnya adalah tujuan dan nilai dari perusahaan yang tidak tertulis secara resmi.
    • Customer defined: sebenarnya, brand essence adalah suatu hal yang ditentukan oleh para konsumen. Perusahaan hanya bertugas menggiring konsumen agar bisa memiliki pendapat terkait brand tersebut.
    • Meaningful and emotional: brand essence mampu mewakili setiap penawaran yang diberikan perusahaan, value proposition, dan juga prinsip serta jati diri di dalamnya. Dengan alasan itu, perusahaan harus mempunyai tingkat nilai emosional yang tinggi.

    Apakah Manfaat Brand Essence untuk Perusahaan?

    Sekarang kamu sudah mengetahui bahwa brand essence adalah kunci penting bagi perusahaan agar bisa memiliki kesan yang unik dan berbeda di mata konsumen.

    Walaupun begitu, manfaat yang diberikan oleh brand essence tidak hanya itu, loh. Beberapa perusahaan bahkan ada yang memanfaatkannya sebagai penunjuk arah bisnis mereka di pasar.

    Salah satu contohnya adalah brand Volvo yang lebih mengutamakan keselamatan untuk selalu melakukan langkah yang lebih dalam setiap proses produknya agar kualitas dan keamanan produk mereka terjamin. Hal tersebut dijelaskan dalam halaman Branding Strategy Insider.

    Hm, apa saja manfaat yang akan diperoleh pihak perusahaan bila mempunyai brand essence yang baik? Berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut:

    1. Memudahkan Kegiatan Pemasaran

    Laman resmi Fabrik Brands menjelaskan bahwa mempunyai brand essence secara tidak langsung mampu memudahkan performa pemasaran perusahaan.

    Kenapa? Karena ketika suatu brand sudah bisa memahami nilai dan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan, maka mereka bisa mengembangkan strategi kampanye iklan dan brand awareness yang lebih kuat daripada sebelumnya.

    Itu artinya, brand essence akan membantu perusahaan dalam mencari emosi konsumen dalam proses kegiatan pemasaran mereka.

    2. Menggaet Emosi Konsumen

    Pesatnya perkembangan zaman dan teknologi saat ini sudah membuat banyak audiens dan calon konsumen menjadi lebih cerdas dan menuntut kebutuhannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi pemasaran gimmick berlebihan serta potongan harga sudah tidak lagi efektif.

    Makanya, saat ini perusahaan harus mencari cara baru dalam menciptakan hubungannya dengan para konsumen. Nah, brand essence adalah salah satu strategi yang mampu menginspirasi calon konsumen agar jatuh cinta pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

    Alasannya adalah bila perusahaan memiliki brand essence yang kuat, maka konsumen akan mengaitkan karakteristik kemanusiaan di dalam produk perusahaan.

    3. Menjaga Konsistensi

    Dalam dunia bisnis yang penuh persaingan, terasa sulit untuk bisa menyadari tren terkini dan mempertahankan identitas yang konsisten di waktu yang bersamaan.

    Namun saat perusahaan sudah bisa mengerti nilai dan tujuannya, maka perusahaan akan lebih mudah dalam membuat keputusan yang sifatnya melekat bagi bisnis. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang diterbitkan dalam laman Meshbr.

    Jadi, ketika perusahaan merasa tidak yakin akan rencana atau strategi pemasarannya, maka tim marketing bisa melihat brand essence perusahaan sebagai media kompas strategi bisnis perusahaan.

    Manfaat brand essence tentunya akan dirasakan oleh para konsumen produkmu karena mereka merasa terlibat dan citra dirinya diwakili oleh produk yang dipakainya. 

    Contoh Brand Essence Pada Perusahaan Internasional

    Di bawah ini adalah contoh deskripsi brand essence pada beberapa perusahaan internasional yang sudah kamu kenal. 

    1. Walt Disney

    Disney mampu membuat setiap audiens, khususnya anak-anak, larut ke dalam dunia fantasi lewat sentuhan animasi yang kaya warna dan juga musik yang menarik.

    Walt Disney dengan serial kartun Disney-nya mampu membuat hal yang tidak mungkin terjadi menjadi terwujud dalam bentuk yang sangat ajaib. Perasaan tersebut tentunya tidak bisa mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, Walt Disney membuat keajaiban yang menakjubkan.

    2. L’Oreal Paris

    Perusahaan kosmetik yang sudah mendunia ini ternyata tidak hanya fokus dalam riasan dan kecantikan, tetapi sekaligus memberikan kesan senang saat konsumen mampu menjadi dirinya sendiri.

    Rasa percaya diri dan usaha dalam menampilkan bentuknya diterapkan oleh L’Oreal dalam panduan gayanya. Berbekal tujuan agar bisa berkomitmen pada kecantikan, kemandirian, serta kekuatan wanita L’Oreal membantu para konsumennya menjadi percaya diri.

    3. BMW

    Bayerische Motoren Werke atau BMW adalah salah perusahaan otomotif yang fokus dalam membuat pengalaman tersendiri dalam menyetir mobil secara menyenangkan. Pengalaman tersebut ditampilkan dalam brand essence dan mampu menyaingi pasar otomotif global secara langsung.

    4. Kijang

    Kijang adalah mobil buatan Toyota yang menjadi salah satu mobil paling banyak penggemar, karena jumlah kapasitas di dalamnya cukup banyak. Brand essence yang dimiliki oleh kijang adalah kebersamaan.

    Ketika kamu menyebutkan mobil kijang, pasti hal pertama kali terbayang adalah mobil keluarga. Kijang mampu menempatkan dirinya sebagai mobil keluarga dengan dibuktikan oleh kapasitas keluarga yang mampu memuat 8 hingga 9 orang.

    Baca juga: Definisi dan Cara Menentukan Target Penjualan dengan Tepat

    Kesimpulan

    Selesai sudah pembahasan tentang brand essence. Sekarang kamu sudah mengetahui brand essence adalah sebuah strategi jitu yang dapat kembangkan awareness melalui emosi para pelanggan.

    Bila perusahaan dapat menerapkannya dengan matang, dijamin posisi brand mereka akan melesat naik di pasar. Termasuk bisnis kamu tentunya, Majoopreneurs. 

    Selain mempelajari contoh brand essence, sangat penting mendukung kelancaran penjualan produk bisnis kamu agar tetap berjalan sebagaimana mestinya. Pastikan kamu sudah menggunakan aplikasi majoo untuk mengembangkan bisnismu, ya!

    Pertanyaan Terkait

    • Memiliki merek yang kuat akan memberi banyak keuntungan, di antaranya (1) memudahkan kampanye pemasaran, (2) menggaet emosi konsumen, (3) menjaga konsistensi.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.