Sales Melejit dengan Kuasai Cara Iklan di Instagram

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Cara iklan di Instagram sangat mudah untuk dilakukan bagi para pelaku bisnis. 

Di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, penggunaan media sosial sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia di seluruh penjuru dunia. Salah satu platform media sosial yang sangat populer dan banyak digunakan adalah Instagram.

Dengan menggunakan aplikasi Instagram, kamu dapat berbagi foto, video, dan cerita singkat melalui fitur stories. Instagram juga mempermudah berbagai aktivitas dengan cepat dan efisien. 

Tidak heran banyak orang yang berhasil meraih penghasilan melalui Instagram, lho! Sebagai platform media sosial yang sangat populer, Instagram menjadi sarana yang banyak dimanfaatkan untuk aktivitas bisnis.

Melalui Instagram, kamu sebagai pemilik bisnis dapat meningkatkan branding bisnismu serta memasarkan produk atau jasamu di platform ini.

Salah satu fitur unggulan Instagram yang membantu dalam pemasaran adalah Instagram Ads. Fitur ini mirip dengan fitur iklan pada platform lain seperti Google Ads dan Facebook Ads. Cara kerja Instagram Ads yaitu dengan mencocokkan keywords (kata kunci) dengan target audiens yang menjadi sasaran iklanmu, seperti gender, usia, hobi, demografi, dan lain-lain.

Namun, ada hal yang kamu perlu perhatikan yaitu sejak Instagram diakuisisi oleh Facebook, pengguna Instagram harus memiliki halaman Facebook untuk dapat menggunakan fitur Instagram Ads.

Supaya kamu lebih mengerti dan paham tentang iklan Instagram, berikut ini penjelasan lebih lengkap tentang definisi iklan Instagram hingga cara memasang iklannya. Yuk, baca sampai selesai, ya! 

Baca Juga: Memaksimalkan Promosi Bisnis dengan Instagram Ads 

Apa Itu Iklan Instagram?

Iklan Instagram adalah bentuk promosi atau pemasaran produk, layanan, atau merek melalui platform media sosial bernama Instagram. Instagram adalah salah satu media sosial yang populer, sebab para penggunanya dapat berbagi foto dan video dengan followers mereka. Iklan Instagram memungkinkan bisnis untuk menampilkan konten promosi kepada pengguna Instagram yang relevan.

Iklan Instagram terdiri dari berbagai format, misalnya gambar statis, video pendek, carousel (slideshow konten berisi beberapa gambar), dan iklan di Instagram Stories. Format tersebut muncul di antara konten organik yang ditampilkan dalam feed pengguna Instagram atau dalam cerita yang diunggah oleh pengguna lain. 

Tujuan dari iklan Instagram adalah meningkatkan visibilitas merek, mencapai target audiens yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, menghasilkan traffic ke website atau aplikasi, dan memengaruhi keputusan pembelian para penggunanya. Iklan ini dapat disesuaikan dengan target audiens yang  telah ditentukan oleh bisnis berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lokasi pengguna Instagram.

Untuk membuat iklan Instagram, sebuah bisnis harus menggunakan platform pendukung, seperti Facebook Ads Manager atau Instagram Ads. Keduanya dapat menentukan tujuan campaign, budget, jangka waktu, dan target audiens. Bisnismu pun juga dapat membuat konten visual menarik, menambahkan teks yang relevan, dan memasang tautan yang mengarahkan pengguna ke website bisnismu.

Dalam menjalankan iklan Instagram, bisnismu dapat memantau kinerja iklan melalui metrik seperti jumlah tampilan, klik, keterlibatan (engagement), dan konversi. Dengan data ini, kamu dapat mengevaluasi efektivitas marketing campaign yang kamu buat sehingga nantinya goals marketing bisnismu tercapai. 

Baca Juga: Memaksimalkan Digital Marketing dengan Engagement Rate

Kelebihan Iklan Instagram

Iklan Instagram memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan populer untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis. Berikut ini beberapa kelebihan iklan Instagram yang perlu kamu ketahui, di antaranya: 

Jangkauan yang luas

Saat ini, platform Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Dengan demikian, iklan Instagram memberikan bisnis peluang kepada bisnis untuk menjangkau target audiens yang lebih luas. Diharapkan bisnis dapat menjangkau lebih banyak orang potensial dan meningkatkan brand visibility secara signifikan. 

Targeting yang akurat

Iklan Instagram memungkinkan bisnis menargetkan audiens yang relevan berdasarkan berbagai kriteria seperti demografi, minat, perilaku, dan lokasi. Dengan adanya targeting ini, iklan yang dibuat oleh suatu bisnis dapat menarik orang-orang potensial sesuai dengan targetnya. 

Konten visual yang menarik

Instagram adalah platform berbasis visual sehingga penggunanya bisa berbagi foto dan video. Iklan Instagram memanfaatkan kekuatan konten visual ini dengan menampilkan gambar atau video yang menarik secara estetis. Tentunya cara ini dapat menyampaikan pesan secara visual dan memikat pengguna Instagram karena tampilan iklan yang menarik. 

Meningkatkan interaksi dengan audiens

Pengguna Instagram lebih terlibat dibandingkan dengan platform media sosial lainnya. Pasalnya para pengguna Instagram lebih aktif memberikan ‘like’, mengomentari, dan berbagi konten yang menarik. Dengan adanya iklan Instagram, bisnis dapat memanfaatkannya untuk mendorong interaksi dan meningkatkan brand awareness. Pengguna pun dapat langsung berinteraksi dengan iklan melalui tombol tindakan seperti ‘Belanja Sekarang’ atau ‘Pelajari Selengkapnya.’ 

Format iklan yang beragam

Instagram menawarkan berbagai format iklan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, mulai dari gambar statis, video pendek, hingga carousel. Bisnis pun memiliki fleksibilitas dalam menciptakan konten iklan yang sesuai dengan identitas merek dan jenis produk atau layanan yang ditawarkan. Format iklan yang beragam ini memungkinkan bisnis untuk lebih kreatif dalam menyampaikan pesan mereka dan memengaruhi pengguna dengan cara yang berbeda. 

Terintegrasi dengan Facebook

Instagram sudah diakuisis oleh Facebook dan keduanya terintegrasi dalam hal periklanan. Dengan demikian, bisnis dapat menggunakan alat periklanan yang sama untuk mengelola marketing campaign di kedua platform tersebut sehingga memudahkan bisnis dalam mengelola iklan mereka dan mengoptimalkan hasil dengan memanfaatkan pengalaman serta data di kedua platform tersebut.

 majoo ads

Cara Iklan di Instagram

Setelah kamu memahami tentang definisi iklan instagram beserta kelebihan dan kekurangannya, sekarang kita akan membahas cara pasang iklan di Instagram. Berikut ini langkah-langkahnya, antara lain: 

1.    Masuk ke Facebook Ads Manager

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu masuk ke Facebook Ads Manager melalui akun Facebook yang terintegrasi dengan Instagram.

2.    Klik Pembuatan Iklan Terpadu

Langkah selanjutnya adalah buka menu Pembuatan Iklan Terpadu, ya. Jangan memilih Pembuatan Iklan Cepat. Mengapa demikian? Karena Pembuatan Iklan Terpadu akan menghasilkan iklan yang lebih spesifik dan meningkatkan jangkauan produk yang diiklankan menjadi lebih luas. 

3.    Tentukan Tujuan Iklan

Langkah ketiga adalah menentukan tujuan iklan yang ingin kamu buat. Facebook menyediakan tiga pilihan tujuan iklan, yaitu konversi, awareness, dan pertimbangan. Pilih tujuan iklan yang paling sesuai dengan bisnis yang ingin kamu iklankan, ya. 

4.    Pilih Jenis Iklan

Langkah berikutnya adalah memilih jenis iklan. Facebook menawarkan dua pilihan jenis iklan, yaitu pengoptimalan anggaran dan uji split. Kamu harus memilih salah satu jenis iklan ini karena tidak dapat digunakan secara bersamaan.

Jenis iklan dengan pengoptimalan anggaran tidak memerlukan biaya yang tinggi, tapi efektivitasnya tidak sebaik iklan uji split. Sementara itu, iklan uji split akan membutuhkan biaya yang lebih besar, tapi dapat mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan secara signifikan. 

5.    Beri Nama Iklan dan Pilih Tujuan Traffic

Langkah kelima adalah memberi nama iklan dan memilih tujuan traffic iklan yang kamu buat. Berikan nama yang deskriptif untuk iklanmu dan pilih tujuan traffic yang diinginkan, seperti website, messenger, WhatsApp, atau aplikasi lainnya. 

6.    Klik Menu Tampilkan Promo

Langkah selanjutnya adalah kamu perlu mengklik menu Tampilkan Promo untuk memulai proses promosi iklan. 

7.    Tentukan Target Audience

Cara iklan di Instagram selanjutnya adalah menentukan target audience dengan memilih spesifikasi yang sesuai. Kamu perlu mempertimbangkan beberapa poin seperti berikut ini:

  • Lokasi

Di poin ini kamu perlu memilih lokasi target iklan bisnis yang kamu buat dengan memasukkan negara, wilayah, kota, kabupaten, kode pos, atau alamat yang spesifik.

  • Target Audiens Khusus

Pilih target audience secara khusus, seperti mereka yang pernah berinteraksi dengan website bisnis atau Facebook bisnismu.

  • Usia

Tentukan rentang usia audience yang ingin kamu dituju oleh iklanmu.

  • Bahasa

Pilihlah bahasa yang digunakan oleh target audience di negara atau wilayah tertentu.

  • Jenis Kelamin

Atur jenis kelamin yang sesuai dengan target audiens iklanmu.

  • Koneksi

Pilih target audience yang memiliki koneksi atau kelompok tertentu.

  • Penargetan Terperinci

Lakukan penargetan berdasarkan minat khusus yang dimiliki oleh target audience.

8.    Pilih Penempatan Otomatis

Langkah selanjutnya adalah memilih opsi penempatan otomatis agar iklanmu tampil di aplikasi-aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook, ya. 

9.    Atur Jadwal Tayang

Langkah kesembilan adalah menentukan periode waktu berapa lama iklan akan ditampilkan. Dalam pengaturan jadwal tayang ini akan muncul biaya iklan di Instagram berdasarkan rentang waktu yang kamu pilih. Biaya iklan di Instagram bervariasi tergantung dari beberapa faktor, antara lain bid, target audience, dan durasi iklan. 

10. Pilih Format Iklan

Pilihlah format iklan yang sesuai dengan kebutuhan, seperti single post, carousel, atau video.

11. Buat Deskripsi Iklan

Langkah kesebelas cara iklan di Instagram adalah membuat deskripsi iklan dengan menambahkan teks yang relevan. Jangan lupa untuk menyertakan link website bisnismu, memilih gambar, dan menulis judul iklan, ya. 

12. Selesaikan Pembayaran

Last but not least, yaitu melakukan pembayaran untuk iklan yang kamu buat. Setelah pembayaran berhasil, iklan akan segera ditayangkan. 

Baca Juga: Cara Melihat dan Menaikkan Insight Instagram

Kesimpulan

Dengan mengikuti cara iklan di Instagram di atas, kamu akan dapat memasang iklan di Instagram dengan mudah dan efektif. Pastikan untuk selalu membuat iklan yang sesuai dengan target audiens dan tujuan bisnismu, ya. Dengan menggunakan iklan Instagram, kamu akan melihat peningkatan yang signifikan dalam brand awareness produkmu.

Jika kamu dapat memanfaatkan fitur ini dengan baik dan menerapkan strategi digital marketing yang tepat, peluang untuk meraih profit bisnis bisa sangat optimal. 

Setelah berhasil memperoleh keuntungan dari promosi yang kamu buat, penting untuk mencatatnya dalam laporan laba rugi. Mengapa? Karena laporan tersebut akan menjadi panduan dalam pengambilan keputusan bisnis dan mengetahui posisi keuangan bisnismu. 

Untuk memudahkan pembuatan laporan tersebut, kamu dapat menggunakan aplikasi keuangan majoo yang memiliki fitur lengkap. Selain bisa membuat laporan keuangan yang akurat dan tepat, kamu juga bisa menggunakan fitur lain yang mendukung operasional bisnismu, antara lain fitur inventory, Point of Sales (POS), analisis bisnis, Customer Relationship Management (CRM), absensi karyawan, dan masih banyak lagi. Sungguh lengkap, bukan? Yuk, berlangganan majoo sekarang!


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo