Table of Content

    Cara Melihat dan Menaikkan Insight Instagram

    Apa sebenarnya fungsi utama insight instagram? Apa keuntungannya untukmu sebagai pebisnis?

    Kamu sudah mulai menggunakan media sosial untuk memasarkan produk/jasa di bisnis yang kamu tekuni?

    Ya, langkahmu sudah benar. Digital marketing menggunakan kanal media sosial memang bisa mendongkrak cuan.

    Salah satu media sosial yang digemari para pebisnis adalah Instagram. Kamu sudah buat akunnya juga, kan? Jika sudah, jangan lupa atur akun usahamu menjadi akun Instagram bisnis, ya. 

    Ada alasan di balik pentingnya pengaturan ulang Instagram milikmu dari mode personal ke mode bisnis. 

    Instagram bisnis tidak sekadar memberikan kamu ‘toko virtual’ yang menyediakan etalase untuk produk/jasa.

    Instagram bisnis menyediakan analytic tools atau fitur yang memberikan analisis mengenai kemajuan usahamu. 

    Mulai dari seberapa banyak akun yang mengunjungi ‘tokomu’, produk yang paling digemari, gender yang sering melihat produkmu, sampai seberapa dinanti-nantikannya postingan mengenai bisnismu oleh para pengguna.

    Bisa dibayangkan, kan? Secara cuma-cuma kamu disodorkan data-data yang sangat dibutuhkan untuk mengetahui kemajuan bisnismu. Data ini bisa dijadikan dasar pertimbangan untuk keputusan bisnis.

    Misalnya, postingan tentang produk serum wajah di suatu bisnis banyak yang ‘like’ dan kolom komentarnya ramai. Pemilik usaha bisa mempertimbangkan untuk meningkatkan produksinya atau mengiklankannya. 

    Fitur tersebut adalah INSIGHT.

    Insight Instagram serupa asisten pribadi yang secara kontinyu melaporkan naik turunnya bisnismu berdasarkan postingan di Instagram feed dan Instagram Story.

    Agar kamu bisa lebih memahami mengenai insight Instagram, kita coba bahas lebih detail, ya.

    Baca Juga: 10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis

    Apa Itu Insight?

    Secara bahasa, insight artinya masukan. Nah, agar kamu menguasai, terlebih dahulu kamu perlu mempelajari mengenai pemahaman dasar-dasar insight Instagram. 

    Definisi Insight Instagram

    Insight Instagram adalah fitur bawaan Instagram yang disediakan secara cuma-cuma untuk menganalisis performa akun Instagram bisnismu.

    Fitur insight Instagram menampilkan kumpulan data berguna sekali untuk mengetahui informasi yang bisa digunakan dalam optimalisasi akun bisnismu.

    Semakin optimal suatu akun Instagram serupa dengan semakin ramainya ‘toko virtualmu’ dan pada akhirnya diharapkan makin naiknya keuntunganmu.

    Syarat Penggunaan Insight Instagram

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, syarat utama penggunaan fitur insight Instagram adalah mengubah akun Instagram milikmu ke mode Instagram bisnis. 

    Fungsi Utama Insight Instagram

    Untuk bisa memahami fungsi insight, bayangkan akun Instagram bisnismu adalah sebuah toko virtual dari usaha yang sedang kamu tekuni.

    Fungsi insight Instagram secara umum adalah memberikan data atau informasi berdasarkan postingan di akun Instagram bisnismu mengenai hal-hal berikut ini:

    • Interaksi. Insight memperlihatkan jumlah interaksi yang terjadi pada akunmu.

      Secara bisnis, ini berarti seberapa ramai tokomu dikunjungi dan seberapa sering para pengunjung berinteraksi dengan karyawan toko untuk bertanya mengenai produk.

    • Data diri. Biodata umum pengunjung akun atau followers, yakni jenis kelamin, usia, dan geografi.

      Secara bisnis, kamu bisa tahu tokomu lebih sering didatangi oleh remaja, orang, dewasa, atau lansia. Lebih disukai pria atau wanita. Produkmu lebih digemari calon konsumen dari daerah mana saja?

    • Postingan yang paling disukai dan ramai dikomentari. Secara bisnis, informasi ini berguna untuk mengetahui produk mana yang paling diminati, promo seperti apa yang diinginkan konsumen, dan produk yang kurang disukai.

    Manfaat Menguasai Insight Instagram

    Ada beberapa manfaat yang bisa kamu ambil dari penguasaan insight Instagram.

    Lebih Mengenal Follower

    Tak kenal maka tak sayang, bukan? Dalam bisnis, tak kenal maka tak cuan. Karenanya mengenal karakteristik follower adalah penting. 

    Dengan memahami kebiasaan dan kebutuhannya maka produk yang kamu jual akan lebih tepat sasaran. Konten yang dilahirkan pun digemari dan membuat follower selalu ‘setia’ menunggu postinganmu. 

    Konten Lebih Efektif 

    Konten tak semuanya disukai oleh pengunjung akunmu. Insight Instagram membuat kamu menjadi lebih paham konten yang digemari dan dibutuhkan. Konten dengan nilai engagement tinggi menjadi panduannya. 

    Evaluasi dan Improvisasi

    Insight Instagram bisa diandalkan untuk menjadi gambaran utuh atas pertumbuhan sebuah toko virtual. Dengan melakukan evaluasi berkala (mingguan ataupun bulanan) kamu bisa mengetahui kemajuan target pemasaran yang telah dicapai.

    Adapun yang belum mencapai target maka kamu bisa menemukan letak kesalahan yang bisa kamu berikan improvisasi di dalamnya. 

    Metrik Utama Insight Instagram

    Coba kamu perhatikan, ada 4 metrik dalam insight Instagram:

    • Reach. Metrik ini memperlihatkan jumlah total akun yang melihat kontenmu.
    • Metrik ini adalah jumlah total kontenmu ditayangkan. Misalnya, jika reach kontenmu adalah 100 (artinya 100 akun yang melihat) dan 50 di antaranya melihat postinganmu dua kali, maka impression kontenmu adalah 150.
    • Audience. Peningkatan jumlah follower harus menjadi fokusmu. Saat mempromosikan produk/jasa, semakin banyak follower maka semakin besar kemungkinan menghasilkan keuntungan. 
    • Memperlihatkan jumlah “like”, “share”, “comment”, dan kunjungan pada akun Instagram bisnismu. Meliputi beragam konten yang kamu unggah seperti feed, reels, video IGTV, dan IG Story. 

    Sampai sini, apakah kamu sudah merasa bahwa insight Instagram sangat membantu? Jika ya, ikuti langkahnya untuk melihat insight Instagram.

    Cara Melihat Insight Instagram

    Ada lima cara untuk melihat insight di Instagram bisnismu. Ingat ya, insight hanya muncul dalam mode Instagram bisnis. 

    Jika belum bisa melihat fitur ini, hal itu berarti kamu masih menggunakan mode personal.

    Trik dari kami, pelajari istilah-istilah yang muncul di dalam insight Instagram agar kamu lebih merasa terhubung dan mengerti manfaat setiap metrik yang ada. 

    Cara 1: Professional Dashboard

    Di profil Instagram kamu, lihat bagian paling atas. Klik “Professional dashboard”. 

    Kamu akan disuguhkan grafik kunjungan follower selama 30 hari terhitung kamu membuka menu ini serta performa profil Instagram bisnismu. 

    Detailnya bisa kamu lihat di menu “See All”. Jika kamu mengeklik ini, maka tampilan insight akan sama dengan cara ke-2 dan ke-3. 

    Tampilan detail ini kita sebut saja dengan “tampilan insight lengkap” yang akan dijelaskan terpisah agar kamu lebih mudah memahaminya.

    Cara 2: Home

    Serupa dengan cara pertama, masih di laman profil Instagram. Bedanya, kamu langsung saja mengeklik fitur “Insights”. 


    Detail analytics akan terpampang dengan lengkap. Kamu bisa mengatur durasi data yang ingin dianalisis. Bisa selama 7 hari ke belakang, 2 minggu, 30 hari, atau kapan pun kamu mau. 

    Begitu kamu klik, tampilan insight lengkap akan terpampang. 

    Cara 3: Tiga Garis

    Buka profil Instagram. Kemudian klik tiga garis di pojok kanan lalu pilih menu “Get insights” dan pilih “Insights”. 

    Dengan cara ini, kamu bisa melihat tampilan insight lengkap. 

    Cara 4: Postingan Tunggal di Feed

    Kamu dapat membuka melalui tiap postingan yang telah diunggah. 

    Buka salah satu postingan di feed, lalu klik “View”. Tinggal buka konten yang diinginkan, lalu pilih “View Insights” di bawahnya. Langkah ini akan memberimu data terperinci tentang unggahan spesifik.

    Insight pada postingan di feed akan akan menampilkan data-data seperti:

    • Comments. Jumlah komentar yang masuk di akunmu.
    • Jumlah akun yang mengikuti akunmu setelah melihat konten. 
    • Like. Jumlah like yang kamu raih dalam satu konten.
    • Saved. Jumlah akun yang menyimpan postinganmu.
    • Akumulasi dari like, komentar, serta aktivitas penyimpanan suatu postingan.
    • Jumlah akun yang mengeklik tombol telepon di profil setelah melihat postinganmu.
    • Jumlah akun yang menekan tombol email di profil setelah melihat postingan atau profil akunmu.
    • Get direction. Jumlah akun yang menekan tombol “get direction” setelah melihat isi postinganmu. 
    • Impressions dan Views. Jumlah penayangan kontenmu.
    • Profile visit. Total profilmu dikunjungi setelah melihat postinganmu. 
    • Jumlah jangkauan akun yang melihat postinganmu.
    • Jumlah para akun yang mengirim SMS setelah kontenmu.
    • Website clicks. Jumlah akun yang menekan tombol tautan  website di profilmu. 

    Cara 5: Instagram Story

    Insight Instagram bisa juga dilihat dari Instagram story. Tinggal buka Story yang telah diunggah, lalu klik “Seen by”. Kamu bisa melihat berapa banyak orang yang melihat story-mu. 


    Detail insight Instagram Story tidak berbeda jauh dengan postingan di feed. Ada beberapa yang berbeda, yaitu:

    • Back. Jumlah total akun yang mengeklik layar untuk melihat kembali unggahan Instagram story.
    • Jumlah klik sebelum akun meninggalkan story unggahanmu. 
    • Jumlah klik yang dilakukan akun untuk melihat story selanjutnya yang kamu unggah.
    • Link Opens. Jumlah link yang tertaut pada story yang dibuka akun pengunjung. 
    • Next Story. Jumlah akun yang langsung berpindah ke story akun lain.
    • Jumlah balasan yang diterima dari story yang kamu unggah.

     Ada beberapa cara menaikkan insight Instagram agar akun bisnismu semakin dilirik oleh pengguna lain

    Tampilan Insight Lengkap

    Ketika kamu mengeklik menu insight, muncul sebuah insight overview yang mencakup data utama sebagai berikut:

    Accounts Reached 

    Saat kamu mengeklik ini, kamu akan disuguhkan total akun yang melihat akunmu (reach) dengan detail data berikut ini:

    • Reached audience: jenis kota, negara, gender yang paling sering melihat akunmu, serta jumlah follower dan non-follower yang mengakses akunmu.
    • Content reached: menampilkan jumlah konten yang diklik oleh follower untuk setiap konten berupa feed post, story, dan reels. Juga memperlihatkan total impression (penayangan konten).

    Kerennya lagi, fitur ini mengurutkan jenis postingan (top feed post, top story, top reels, top IGTV video, top live video dari yang tertinggi sampai yang terendah. Untuk tiap metrik yang bisa kamu pilih, yakni:

    • Business address taps
    • Call button taps
    • Comments
    • Email button taps
    • Follows
    • Impressions
    • Likes
    • Post interactions
    • Profile visits
    • Reach
    • Saves
    • Shares
    • Text button taps
    • Video views
    • Website taps
    • Profile activity: menyajikan data jumlah akun yang mengunjungi akun Instagram milikmu. Serta menampilkan jumlah akun yang mengeklik tautan website, email, dan call button  pada profilmu.

     

    Accounts Engaged

    Berbeda dengan data di atas, accounts engaged menampilkan akumulasi jumlah like, komentar, serta aktivitas penyimpanan (engagement) seluruh postingan di periode waktu yang kamu pilih.

    Berikut ini data yang bisa kamu analisis:

    • Engaged audience: jumlah total follower dan non-follower yang berkontribusi dalam menciptakan engagement dengan akun milikmu. 
    • Content interactions: jumlah interaksi yang dilakukan oleh akun pengunjung berupa like, comment, dan share. 

    Kamu masih bisa melihat pengurutan top konten sesuai dengan metriknya seperti di content reached.

    • Profile activity: menyajikan data jumlah akun yang mengunjungi akun Instagram milikmu. Serta menampilkan jumlah akun yang mengeklik tautan website, email, dan call button  pada profilmu. Tampilannya sama dengan content reached

    Total Followers

    Algoritma pada insight Instagram menyuguhkan total follower selama rentang waktu yang kamu atur. Bisa 7 hari terakhir,14 hari terakhir, 30 hari terakhir, atau durasi lain yang kamu inginkan. 

    Data ini ditampilkan dengan mengategorikan follower berdasarkan hal-hal di bawah ini.

    • Growth: pertumbuhan jumlah follower selama periode tertentu secara keseluruhan, follower baru, dan jumlah akun yang unfollow beserta grafik pertumbuhannya.
    • Top locations: jumlah follower selama periode tertentu yang diurutkan berdasarkan kota dan negara yang paling banyak berinteraksi dengan akunmu.
    • Age range: jumlah follower selama periode tertentu yang diurutkan berdasarkan umur dan rentang usia.
    • Gender: jumlah follower selama periode tertentu yang diurutkan berdasarkan gender (laki laki dan perempuan).
    • Most active times: jumlah follower yang mengunjungi akunmu berdasarkan jam dan hari. 

    Cara Menaikkan Insight Instagram

    Bicara mengenai insight, kuncinya adalah menaikkan jumlah reach dan engagement. Oleh karena itu ada strategi yang harus kamu lakukan ketika menggunakan Instagram sebagai cara memasarkan produk/jasamu.

    Ikuti langkah ini ya agar insight Instagram bisnismu bisa mencapai performa terbaik.

    1. Ilustrasi beresolusi tinggi. Pastikan foto, video, reels, dan story yang kamu unggah resolusinya cukup tinggi dan terlihat estetik. 
    2. Caption-mu, rayuanmu. Upgrade kemampuanmu menulis caption. Ikuti kursus copywriting, atau rekrut agensi yang mumpuni  Tuliskan testimoni, kutipan, atau cantumkan CTA.
    3. Gunakan hashtag/tanda pagar yang sedang tren dan berkorelasi dengan konten. Cantumkan hashtag agar akunmu mudah ditemukan, riset dulu di Google Trend, namun jangan mencantumkan terlalu banyak.
    4. Atur feed theme. Gunakan pengaturan feed. Bisa dengan pilihan warna, filter, dan pengaturan image untuk menciptakan brand image yang kuat.
    5. Namanya juga media sosial, maka bersosialisasilah! Buat kolaborasi dengan akun media sosial lain. Kerja sama ini bisa saja berbentuk saling melakukan promosi.
    6. Beriklan. Manfaatkan fitur promosi berbayar untuk beberapa postingan yang memiliki engagement dan reach yang tinggi. Utamanya yang mengandung konten produk/jasa yang unggulan.

    Baca Juga: Apa Itu Selebgram dan Cara Menjadi Selebgram

    Kesimpulan

    Mengulik Instagram cukup seru dan menantang, terutama ketika kita mengetahui bahwa Instagram kerap mengubah algoritmanya demi peningkatan kualitas kenyamanan pengguna.

    Namun seiring dengan meningkatnya berbagai fitur Instagram, kamu sebagai pengguna pun kian mudah menyelaraskan kebutuhan media sosial tersebut dengan peningkatan bisnismu.

    Semoga penjelasan di atas bisa membuatmu makin bergairah untuk mulai  menggunakan fitur insight Instagram. Sudah banyak yang meraup untung lebih besar dengan mengoptimalkan analisis data yang disajikan algoritma Instagram.

    Setelah membaca artikel tentang insight Instagram, sekarang saatnya membaca artikel lain yang sudah majoo tampilkan untuk memberikan wawasan terbaik untuk pebisnis pemula seperti kamu.

    Kamu mau ambil bagian, Majoopreneurs?

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    9 Cara Memulai Bisnis dari Nol, Perhatikan Di Sini!
    Diperlukan langkah dan strategi yang matang untuk memulai sebuah bisnis. Pertimbangan ini dapat membantumu melewati setiap hambatan yang mungkin terjadi.
    Tokopedia Paylater adalah Bentuk Kenikmatan Belanja Online
    Tokopedia Paylater membantu lebih dari 100 juta pelanggan aktif Tokopedia untuk beli sekarang bayar nanti. Mau mencoba? Baca dulu tipsnya!
    RAB adalah Rencana Anggaran Biaya, Bagaimana Cara Buatnya?
    RAB adalah singkatan dari rencana anggaran dan biaya, lalu mengapa dokumen yang satu ini sangat dibutuhkan oleh pemilik usaha dalam operasional bisnis?
    Stakeholder adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenis
    Operasional sebuah bisnis mustahil dijalankan tanpa adanya peran stakeholder. Namun, seberapa penting sebenarnya keberadaan peran ini dalam bisnis?