Punya pertanyaan tentang majoo? Kami dapat membantu!
Icon majoo chat
majoo fab
Hai, majoopreneurs!

Punya pertanyaan terkait fitur dan paket berlangganan majoo? Yuk, segera terhubung dengan kami!

Klik Ingin Berlangganan
majoo fab
Ingin Berlangganan majoo fab
Klik Hubungi CS
majoo fab
Hubungi CS majoo fab

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Pahami! Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha 2022

    Pahami! Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha 2022

    Peluang usaha adalah hal yang memiliki peran penting untuk tujuan pengembangan bisnis.

    Secara sederhana, peluang usaha bisa didefinisikan sebagai sebuah kesempatan untuk mencapai tujuan dalam bisnis. Masing-masing pebisnis memang memiliki tujuan bisnisnya sendiri, namun bisa digarisbawahi bahwa tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan keuntungan. 

    Sayangnya, sebagian orang ternyata belum memahami bagaimana cara melihat atau mendapatkan peluang usaha tersebut. Padahal, mengenali peluang usaha adalah langkah awal dan krusial untuk mengembangkan bisnis. 

    Pada dasarnya, hal yang paling penting dalam menjalankan sebuah usaha adalah kemampuan kamu untuk melihat adanya peluang usaha yang bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mendapatkan tujuan bisnis. Di sinilah dibutuhkan adanya kepekaan untuk selalu memperhatikan lingkungan. 

    Membuka usaha sendiri dan menjadi seorang wirausahawan merupakan bidang bisnis yang dinilai lebih banyak memberikan keuntungan dalam berbagai aspek. Mulai dari kontrol waktu, fleksibilitas jam kerja, sampai dengan pengaturan keuangan. 

    Sampai sini, apakah kamu sudah paham apa yang dimaksud dengan peluang usaha? Dari mana sebenarnya peluang usaha itu hadir? Bagaimana melakukan analisis peluang usaha? Hal-hal mengenai peluang usaha akan dibahas lengkap kali ini. 

    Apa yang Dimaksud dengan Peluang Usaha?

    Jika diartikan menurut asal katanya, peluang usaha terdiri dari dua kata, yaitu ‘peluang’ dan ‘usaha’. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peluang artinya adalah kesempatan, ruang gerak, baik yang konkret maupun abstrak yang memberikan kemungkinan bagi suatu kegiatan untuk memanfaatkannya dalam usaha mencapai tujuan. 

    Sedangkan, usaha artinya adalah kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan, perbuatan, ikhtiar, upaya untuk mencapai sesuatu. 

    Menurut KBBI, peluang usaha adalah peluang atau kesempatan tertentu yang dapat dimanfaatkan seseorang untuk melakukan atau membangun usaha. 

    Secara umum, apa yang dimaksud dengan peluang usaha adalah kesempatan atau waktu yang tepat untuk dimanfaatkan oleh wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Bisa juga diartikan sebagai seluruh ide bisnis, perencanaan, atau kesempatan lain yang baru untuk suatu usaha yang sedang dalam tahap pengembangan atau bahkan usaha yang baru saja dirintis. 

    Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli

    Selain pengertian peluang usaha menurut KBBI dan secara umum, ada juga beberapa ahli yang mengeluarkan pendapat mereka mengenai apa yang dimaksud dengan peluang usaha.

    Thomas W. Zimmerer

    Menurut Zimmerer, peluang usaha adalah sebuah terapan yang terdiri dari kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan melihat kesempatan yang dihadapi setiap hari. 

    Arif F. Hadipranata

    Peluang usaha adalah sebuah risiko yang harus diambil dan dihadapi untuk mengelola dan mengatur segala urusan yang ada hubungannya dengan finansial.

    Robbin and Coulter

    Mereka berdua berpendapat bahwa pengertian peluang usaha adalah sebuah proses yang melibatkan individu atau kelompok dengan usaha dan sarana tertentu untuk menciptakan suatu nilai tumbuh guna memenuhi sebuah kebutuhan tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan.

    Baca juga: Perhatikan Hal Ini saat Menilai Peluang Usaha

    Karakteristik Peluang Usaha yang Baik

    Jika dijabarkan secara garis besar, peluang usaha yang baik sebenarnya memiliki karakteristik atau ciri-ciri tertentu yang bisa kamu lihat dengan seksama. Karakteristik tersebut antara lain adalah:

    • Usaha yang akan dijalankan bisa mendatangkan keuntungan;
    • Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar;
    • Tidak termasuk dalam jenis usaha musiman;
    • Peluang usaha yang bersifat orisinil, kreatif, dan tidak meniru ide orang lain;
    • Memiliki tingkat kelayakan usaha yang sudah teruji; 
    • Termasuk dalam bidang usaha yang dapat bertahan lama; 
    • Bisa dikembangkan dalam skala besar;
    • Produk yang dihasilkan memiliki nilai jual;
    • Ada rasa senang dan yakin saat menjalankannya.

    Sumber peluang usaha digolongkan dari faktor internal dan eksternal

    Sumber Peluang Usaha

    Sumber peluang usaha bisa dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal. Sumber peluang usaha dari faktor internal adalah yang berasal dari diri sendiri dan pengalaman pribadi, sementara sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah hal-hal yang berasal dari pengaruh luar, seperti lingkungan terdekat, apa yang sering dilihat, dan sebagainya. 

    Sumber peluang usaha dari faktor internal, yaitu:

    • Hobi atau kegemaran yang dimiliki;
    • Keahlian yang dimiliki;
    • Latar belakang pendidikan;
    • Wawasan dan pengetahuan yang dimiliki;
    • Ide, daya imajinasi dan kreativitas masing-masing.

    Kemudian, sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah:

    • Lingkungan tempat tinggal;
    • Informasi yang didapat dari media;
    • Permasalahan atau fenomena yang ada di sekitar;
    • Permintaan pasar;
    • Tingkat kebutuhan pasar.

    Strategi Peluang Usaha

    Ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan sebagai strategi peluang usaha agar bisa melihat dan menemukan peluang usaha yang sesuai dan tepat untuk bisnis yang kamu jalankan. Strategi tersebut, yaitu:

    • Menentukan titik kemungkinan kamu bisa mendapatkan peluang usaha adalah hal pertama yang perlu dilakukan; 
    • Coba untuk melihat apa minat atau kegemaran yang kamu miliki, termasuk juga bidang keahlian yang mampu kamu lakukan;
    • Temukan bidang usaha apa yang kira-kira cocok dengan minat atau keahlian yang kamu miliki tersebut;
    • Rancanglah produk yang bisa memiliki nilai jual dengan memperhatikan kebutuhan atau permintaan pasar;
    • Jangan bosan untuk terus melakukan evaluasi dan analisis peluang usaha. 

    Dari beberapa strategi peluang usaha di atas, disebutkan ada analisis peluang usaha yang perlu dilakukan. Apa sih yang dimaksud dengan analisis peluang usaha ini? Analisis seperti apa yang diterapkan?

    Analisis peluang usaha adalah cara atau metode yang disusun oleh para pelaku bisnis atau wirausahawan dalam menentukan apa yang akan dilakukan untuk menghadapi persaingan bisnis. Mengapa analisis ini dianggap penting? Alasan utamanya adalah karena dengan adanya analisis tersebut maka kamu akan lebih mudah menjalankan bisnis dengan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kerugian. 

    Analisis ini juga berfungsi untuk membantu kamu menetapkan nilai-nilai pada produk yang kamu hasilkan, sehingga tidak memunculkan rasa ragu saat menawarkan produk tersebut kepada para konsumen. 

    Salah satu cara yang sering digunakan untuk melakukan metode analisis peluang usaha adalah dengan analisis SWOT. Metode ini cukup terkenal dan memang mudah untuk dilaksanakan. 

    Analisis SWOT adalah singkatan dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kekurangan), Opportunity (Kesempatan), dan Threat (Ancaman). Strength dan Weakness merupakan faktor yang berasal dari dalam bisnis itu sendiri, sedangkan Opportunity dan Threat merupakan faktor yang timbul dari luar dan tentunya agak sulit untuk dikontrol. Walaupun begitu, Opportunity dan Threat masih dapat diprediksi dan ditelaah jika kamu bisa melaksanakan analisis peluang usaha secara mendalam.

    Strength atau kekuatan dalam analisis SWOT adalah kekuatan atau kelebihan yang kamu unggulkan dalam bisnismu. Contohnya, jika kamu memiliki bisnis katering, maka buatlah pernyataan bahwa makanannya terbuat dari bahan-bahan segar. Kebalikannya, weakness alias kelemahan artinya bahwa kamu perlu untuk terus mengetahui kira-kira apa saja kelemahan atau kekurangan yang ada pada produkmu. Misalnya, kenapa makanan katering kamu cepat basi, dan sebagainya.

    Kemudian, ada faktor opportunity dalam analisis SWOT yang maksudnya adalah kamu sebagai pebisnis sudah semestinya pandai dalam melihat peluang yang ada. Misalnya, jika kamu tinggal di dekat kampus atau sekolah yang sepertinya membutuhkan jasa fotokopi, maka tidak ada salahnya membuka usaha fotokopi yang memang pasti akan berjalan dengan lancar. Sedangkan threat atau ancaman merupakan hal-hal yang bisa saja terjadi pada bisnismu di luar kendali, seperti munculnya banyak kompetitor di bidang yang sama. 

    Jika kamu memilih untuk melakukan metode analisis peluang usaha SWOT, maka kamu bisa mendapatkan jawaban dari empat sisi yang berlainan namun saling berkaitan. Misalnya apa yang akan kamu lakukan agar Strength berhasil meraih keuntungan dari Opportunity, kemudian cara apa yang bisa digunakan untuk menuntaskan Weakness yang dapat menutupi pintu keuntungan. Hingga menghadirkan Threat yang baru, serta upaya apa yang perlu dilakukan agar Strength mampu melawan Threat yang timbul.

    Dari metode analisis peluang usaha yang kamu lakukan, pada akhirnya kamu akan memahami bahwa kunci peluang usaha sebenarnya terletak pada wirausaha. Semua hal yang menyangkut peluang usaha, mulai dari ide bisnis, perencanaan, sampai pada kesempatan lain yang baru, berujung pada kegiatan wirausaha yang dilakukan oleh seorang wirausahawan. 

    Penyebab Peluang Usaha Tidak Bisa Ditangkap dengan Maksimal

    Kemampuan untuk melihat adanya peluang usaha saja ternyata tidak cukup untuk membantumu mewujudkan tujuan dalam bisnis. Terkadang, yang terjadi adalah peluang usaha bisa didapatkan namun tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal, sehingga akhirnya mengakibatkan kegagalan dalam bisnis. 

    Berikut adalah penyebab terjadinya kegagalan dalam memanfaatkan peluang bisnis yang sudah ada. 

    • Melakukan kesalahan dalam analisis peluang usaha

      Analisis peluang usaha memiliki peran yang penting, karena dari situ kamu akan mengetahui kekuatan, kelemahan, sekaligus dengan risiko dan ancaman yang bisa saja terjadi dalam perjalanan bisnis. Dengan mengetahui empat hal tersebut maka usaha yang kamu jalankan bisa terhindar dari kegagalan dan kerugian.

    • Memiliki sifat yang mudah putus asa

      Hal ini mungkin terkesan klise, namun sejatinya dalam menjalankan usaha, diperlukan adanya sikap pantang menyerah, semangat yang tinggi, dan kemauan untuk terus berkembang. 

    • Menggantungkan diri pada tren pasar

      Mampu melihat apa yang sedang tren di pasaran memang merupakan suatu hal yang juga memiliki pengaruh baik dalam bisnis. Namun, jika kamu mendirikan usaha yang hanya berpatokan pada tren, pada saat tren tersebut sudah mulai berkurang, usahamu akan ikut meredup. 

    • Manajemen yang kurang baik

      Manajemen bisnis mencakup banyak hal. Mulai dari manajemen keuangan, produksi, sampai dengan pemasaran. Diperlukan adanya koordinasi yang baik antara keseluruhannya agar bisa tercipta bisnis yang lancar tanpa hambatan. Jika manajemennya tidak terkontrol dengan baik, bukan tidak mungkin bisnismu akan mengalami banyak masalah. 

      Baca Juga: Peluang Bidang Usaha Modal Kecil Terbaik Tahun 2021

    Jenis-jenis Peluang Usaha yang Memiliki Prospek Bagus

    Jenis-jenis peluang usaha yang menjanjikan alias memiliki prospek bagus, pastinya merupakan peluang yang memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang sudah dijelaskan sebelumnya. Peluang usaha tersebut, yaitu:

    1. Dropshipper

    Menjadi dropshipper dinilai menguntungkan karena usaha ini tidak memerlukan modal dan bisa dilakukan dengan mudah.

    2. Online shop

    Dengan maraknya para UMKM yang menerapkan digitalisasi bisnis, maka online shop merupakan bentuk usaha yang dianggap menjanjikan.

    Baca juga: Langkah UMKM Go International dengan Go Digital

    3. Reseller

    Sama halnya dengan dropshipper, kamu tidak memerlukan modal jika menjadi seorang reseller.

    4. Laundry

    Tingkat kesibukan masyarakat yang semakin tinggi, yang mengurangi waktu luang mereka mencuci pakaian mereka sendiri, menjadikan usaha jasa layanan laundry masih memiliki peluang yang sangat menguntungkan. 

    5. Freelancer

    Ada banyak perusahaan yang membutuhkan sumber daya manusia untuk membantu pekerjaan mereka, namun tidak ingin mempekerjakan karyawan tetap. Menjadi freelancer adalah peluang usaha yang memiliki prospek baik dalam hal ini.

    6. Aksesori handmade

    Aksesori handmade atau buatan tangan selalu memiliki nilai jual tersendiri di mata para konsumen, namun hal ini juga bergantung pada daya kreativitas yang kamu miliki. 

    7. Kerajinan tangan

    Sama seperti pembuatan aksesori, segala kerajinan yang dibuat secara manual tanpa bantuan mesin masih memiliki peminat yang sangat banyak di masyarakat. 

    8. Affiliate marketing

    Affiliate marketing merupakan salah satu metode yang bisa mendatangkan keuntungan cukup besar bagi kamu dan bisa dilakukan hanya dengan bantuan akses internet yang kencang dan perangkat yang memadai. 

    9. Bisnis food and beverages

    Peluang usaha dalam bidang food and beverages bisa dibilang memang tidak ada matinya. Sampai kapan pun akan selalu ada perkembangan terbaru dalam bidang ini. 

    10. Usaha waralaba (franchise)

    Cara kerja waralaba adalah bekerja sama dengan perusahaan yang produknya sudah terkenal yang tentunya relatif lebih mudah dan cepat untuk mendatangkan pembeli. Peluang usaha ini menjanjikan dan sudah berkembang khususnya dalam bisnis makanan.

    11. Event organizer

    Kamu bisa membuka event organizer dimulai dari kecil-kecilan dulu jika ternyata kamu memang yakin memiliki kemampuan dalam merancang usaha dan segala pernak-perniknya. 

    12. Influencer media sosial

    Menjadi influencer media sosial adalah salah satu peluang usaha yang cukup menggiurkan. Hal ini juga dapat menjadi langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha bagi kamu. 

    13. Make up artist

    Jika kamu memiliki keahlian dalam hal ini, atau berkolaborasi dengan teman yang sudah lebih menguasai, menjadi seorang make up artist adalah peluang usaha yang menjanjikan juga. 

    14. Desain website

    Peluang usaha sebagai desainer website memang mendatangkan keuntungan yang cukup besar karena proses pembuatannya yang cukup sulit. Jika kamu seorang web developer atau memiliki keahlian di bidang tersebut, kamu dapat menjual keahlian kamu dengan membuat website untuk berbagai kepentingan seperti website toko, website kursus dan lain-lain.

    15. Content writer/content creator

    Jika kamu adalah orang yang aktif menggunakan media sosial, maka peluang ini rasanya pantas untuk dicoba. 

    16. Jasa penerjemah

    Menjadi penerjemah bisa kamu lakukan tanpa memerlukan modal dalam bentuk uang. Cukup dengan keahlian berbahasa asing maka usaha ini bisa kamu coba. 

    17. Kursus online

    Kursus online juga termasuk salah satu peluang usaha yang tidak perlu modal dalam bentuk uang. Kamu bisa membuka jasa kursus online ini sesuai dengan kemampuan atau keahlian yang kamu miliki. 

    18. Pet shop

    Kehadiran pet shop semakin lama semakin dibutuhkan oleh masyarakat, terutama para pecinta hewan. Memulai peluang usaha ini tidak selalu dengan modal besar, kamu bisa mencobanya sesuai dengan budget yang kamu punya terlebih dulu. 

    19. Blogger

    Sama seperti content creator, semakin berkembangnya teknologi dan semakin banyak informasi yang dibutuhkan masyarakat, maka peluang usaha ini akan semakin memiliki prospek yang bagus. 

    20. Jasa potong rambut (salon atau barbershop

    Peluang usaha dalam bidang jasa yang satu ini memang akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat, dan layak dicoba untuk mendapatkan keuntungan. 

    21. Youtuber

    Merekam, menyunting, dan mengunggah video di platform Youtube lalu mendapatkan penghasilan bisa dibilang saat ini sudah menjadi peluang usaha yang banyak digemari. Kamu bisa mencobanya dengan membuat tema khusus di setiap video. 

    22. Tiktokers

    Aplikasi yang sempat dianggap sebagai media hanya untuk joget ini, sekarang bisa menjadi sebuah peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar hanya dengan mengunggah video singkat. 

    Peluang usaha apapun yang kamu rasa sesuai dengan tujuan bisnis yang ingin kamu capai, selalu ingat untuk mempersiapkannya dengan sungguh-sungguh. Karena jika tidak, yang akan terjadi adalah kegagalan, dan peluang yang sudah datang tidak akan bisa dimanfaatkan dengan baik. 

    Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha

    Setelah kamu mampu melihat peluang usaha dengan baik, apakah semuanya selesai sampai di situ? Tentu saja tidak. Ada banyak hal yang perlu dilakukan agar usaha yang sudah kamu mulai, tidak berakhir dengan sia-sia. Salah satu caranya adalah dengan memahami langkah-langkah pengembangan ide dalam bisnis. 

    Langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha meliputi banyak hal, mulai dari mengembangkan ide, memberikan pemahaman pada karyawan mengenai ide tersebut, sampai dengan menentukan tujuan yang jelas dalam bisnis. 

    Jika dijabarkan satu persatu, langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha meliputi:

    • Penetapan ide usaha sekaligus dengan pengembangannya

      Dalam memilah dan memilih peluang usaha yang nantinya akan dijalankan, pastikan terlebih dahulu bahwa peluang tersebut sudah cocok dan sesuai dengan segala hal yang kamu inginkan. 

    • Penentuan tujuan dari ide usaha tersebut

      Apa jadinya jika menjalankan sebuah bisnis tanpa memiliki tujuan? Apa untungnya memiliki kemampuan untuk melihat peluang usaha namun tidak mengetahui akan dibawa ke mana arah bisnisnya? Lantaran itulah, menentukan tujuan bisnis perlu dilakukan sejak awal.

    • Mulai melakukan perluasan dari ide usaha

      Jangan pernah membatasi diri dengan kemampuan dasar yang kamu miliki, karena pada dasarnya perluasan ide bisa dilakukan jika kamu mau untuk membuka diri mempelajari banyak hal baru. 

    • Melakukan perencanaan bisnis

      Perencanaan bisnis dalam langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha meliputi perencanaan finansial, konsep bisnis, sumber daya yang diperlukan, dan banyak hal lainnya. Ingat, perencanaan yang matang akan menjadikan bisnis yang kamu jalankan lebih terarah dan lebih mudah untuk dikelola. 

    • Menjalankan pemasaran dan promosi bisnis

      Pemasaran dan promosi bisa dilakukan dengan banyak hal, salah satu yang dinilai cukup efektif adalah dengan menggunakan media sosial. Selain jangkauan pasarnya bisa lebih luas, biaya yang dibutuhkan juga jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan teknik pemasaran dan promosi konvensional.

    • Menjalin kerja sama untuk perluasan bisnis

      Jika kamu menjalin kerja sama dengan beberapa pihak, secara otomatis jaringan bisnismu akan meluas. Dampak positif berikutnya adalah pasar yang bisa kamu raih dalam memasarkan produk juga menjadi lebih luas jangkauannya. 

    • Mampu beradaptasi dengan kemauan dan kebutuhan pasar

      Hal ini bukan berarti kamu harus sepenuhnya mengikuti kemauan pasar secara terus menerus. Melainkan, dengan mengetahui hal tersebut, kamu bisa lebih bijak dalam menentukan langkah berikutnya, apakah ingin melakukan inovasi pada produk atau malah membuka bisnis dengan peluang usaha yang lebih menjanjikan. 

    • Menjaga hubungan baik dengan konsumen

      Menjalin interaksi dan komunikasi yang baik dengan para konsumen merupakan salah satu cara untuk menjaga hubungan dengan konsumen terus baik. Membangun komunikasi dengan pelanggan akan memunculkan ikatan emosional yang akhirnya menciptakan loyalitas konsumen pada produk yang kamu tawarkan.

    Baca Juga: 4 Langkah Analisis Peluang Pasar untuk Bisnis Baru

    Penutup

    Secara sederhana, pengertian peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai tujuan bisnisnya dengan cara melakukan beberapa hal dan memanfaatkan segala sumber daya yang dimilikinya.

    Peluang usaha adalah salah satu hal yang memiliki peran penting dalam pengembangan dan perluasan usaha. Sayangnya, tidak semua orang bisa melihat hadirnya peluang usaha tersebut. Diperlukan adanya kepekaan dalam hal ini, termasuk dalam persepsi dan interpretasi yang terasah.

    Meskipun banyak yang bisa melihat atau mendapatkan apa yang dimaksud dengan peluang usaha tersebut, sebagian orang tidak bisa memanfaatkannya dengan baik dan maksimal. Sehingga yang didapatkan bukannya kesuksesan dan keuntungan, melainkan kegagalan dan kerugian. 

    Apa saja langkah-langkah dalam pembuatan ide usaha? Berikut di antaranya:

    1. Tentukan terlebih dahulu hal-hal yang menarik minat kamu.
    2. Ajak diskusi atau brainstorming dengan teman, keluarga, atau rekan yang akan kamu ajak untuk bekerja sama nantinya.
    3. Pastikan ide usaha yang akan kamu jalankan dapat menjawab kebutuhan atau permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.
    4. Pantau tren yang sedang berjalan. Karena, dari sanalah ide dan inovasi terbaik berasal. Tren terkini seringkali memberikan peluang untuk ide-ide bisnis luar biasa yang belum disadari oleh banyak orang.
    5. Belajarlah dari siapa saja, mulai dari banyak membaca buku, mendengarkan podcast kewirausahaan, hingga mengikuti seminar/webinar yang dapat membantu memvalidasi ide-ide kamu

    Dalam membangun dan mengembangkan bisnis, kamu membutuhkan strategi. Strategi untuk menemukan peluang yang dimiliki disebut Analisis SWOT (SWOT Analysis). SWOT adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

    Analisis SWOT merupakan metode penyusunan strategi perusahaan yang dikemukakan oleh Albert Humphrey, seorang konsultan bisnis dan peneliti dari Stanford Research Institute. Ia mengembangkan Analisis SWOT saat memimpin proyek riset pada tahun 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

    Saat ingin membangun sebuah usaha, ada beberapa faktor yang memengaruhi peluang usaha, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Beberapa sumber peluang usaha yang berasal dari internal adalah wawasan atau pengetahuan, pengalaman atau jam terbang dalam menjalankan bisnis, serta sumber daya manusia yang kreatif dan berjiwa bisnis. Sedangkan, sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat dan permintaan pasar.

    Bagaimana cara memulai sebuah ide atau gagasan usaha? Minimal ada dua yang harus kamu lakukan. Pertama, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan ide usaha atau peluang usaha yang akan kamu jalankan dapat memecahkan suatu masalah tertentu dan memenuhi kebutuhan pasar. Kedua, fokuslah pada satu ide bisnis saja agar hasilnya maksimal. Kamu tidak akan mungkin bisa mengeksekusi beberapa ide bisnis atau peluang usaha secara bersamaan atau bergantian dalam waktu dekat. Jadi, pastikan kamu fokus pada satu usaha terlebih dahulu hingga benar-benar terealisasi dan stabil.

    Kunci peluang usaha sebenarnya terletak pada wirausaha. Membuka usaha sendiri memang mendatangkan banyak keuntungan, sebut saja jam dan hari kerja yang lebih fleksibel, modal yang bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan, sampai dengan penghasilan besar yang bisa dihasilkan. 

    Selain itu, wirausaha juga bisa membantu mengurangi jumlah pengangguran. Sulitnya mendapatkan pekerjaan, menjadikan wirausaha sebagai salah satu solusi yang menarik bagi sebagian orang. 

    Sekarang setelah kamu mengetahui banyak hal mengenai peluang usaha, apakah sudah bisa melihat dengan jeli kira-kira peluang usaha apa yang akan kamu ambil dalam waktu dekat? Selamat mencoba.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.