Cari Supplier Dropship Terpercaya? Begini Caranya

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail
Ketika kamu memutuskan untuk memulai bisnis dropshipping, salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah mencari supplier dropship yang terbaik dan terpercaya. Mengapa? Karena keberhasilan bisnismu sangat tergantung pada kualitas produk dan layanan yang diberikan oleh supplier tersebut.

Cara Menemukan Supplier Dropship yang Terbaik


Menemukan supplier dropship yang terbaik memerlukan strategi dan upaya yang tepat. Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menemukan supplier dropship terbaik:

  1. Riset Pasar untuk Menentukan Produk yang Akan Dijual

Sebelum mencari supplier, kamu perlu mengetahui produk apa yang ingin dijual. Lakukan riset pasar untuk mengetahui tren produk yang sedang naik daun dan memiliki permintaan yang tinggi. Pahami kebutuhan target pasar serta cari tahu produk yang paling diminati oleh konsumen.

  1. Gunakan Mesin Pencari

Salah satu cara mudah untuk mencari supplier adalah dengan menggunakan mesin pencari seperti Google. Ketik kata kunci terkait, seperti "supplier dropship" dan produk yang ingin dijual. Jangan lupa untuk mencari review atau testimoni dari pengguna lain tentang supplier tersebut. Kamu juga bisa mencari informasi melalui forum dan grup diskusi online yang membahas topik dropshipping.

  1. Bergabung dengan Komunitas Dropshipper

Bergabung dengan komunitas dropshipper bisa membantu kamu mendapatkan rekomendasi supplier yang terpercaya dan telah teruji oleh anggota lain. Kamu juga bisa berdiskusi dengan sesama dropshipper untuk mendapatkan tips dan trik dalam menjalankan bisnis ini, serta mempelajari pengalaman mereka dalam bekerja sama dengan supplier tertentu.

  1. Manfaatkan Platform B2B


Platform B2B (Business to Business) seperti Alibaba, Global Sources, dan Indotrading menyediakan daftar supplier dari berbagai negara. Kamu bisa mencari supplier berdasarkan kategori produk dan negara asal, serta melihat profil perusahaan dan produk yang ditawarkan. Perhatikan juga rating dan ulasan yang diberikan oleh pengguna lain untuk menilai kredibilitas supplier.

  1. Ikuti Event Industri

Menghadiri event industri seperti pameran dagang atau konferensi bisa membantu kamu menemukan supplier yang berkualitas dan menjalin hubungan dengan mereka secara langsung. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi terbaru tentang tren industri dan teknologi yang berkaitan dengan produk yang ingin dijual.

  1. Cek Direktori Dropshipping

Beberapa direktori dropshipping menyediakan daftar supplier yang telah diverifikasi dan dikategorikan berdasarkan produk yang ditawarkan. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mencari supplier yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

  1. Gunakan Media Sosial

Media sosial juga bisa menjadi sumber informasi yang berguna dalam mencari supplier dropship. Cari supplier yang memiliki akun media sosial aktif dan profesional, serta perhatikan interaksi mereka dengan pelanggan dan pengikut. Jangan ragu untuk menghubungi supplier melalui media sosial untuk menanyakan informasi lebih lanjut tentang produk dan kerja sama dropshipping.


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan lebih mudah menemukan supplier dropship yang terbaik dan terpercaya untuk memastikan kesuksesan bisnismu. Selalu lakukan evaluasi dan pemilihan.


Tips Memilih Supplier Dropship yang Terpercaya


Setelah menemukan beberapa kandidat supplier dropship, kamu perlu memilih yang terpercaya untuk bekerja sama. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam memilih supplier dropship yang terpercaya:

  • Periksa Legalitas Usaha

Pastikan supplier yang akan kamu pilih memiliki legalitas usaha yang jelas, seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan). Hal ini penting untuk menghindari penipuan atau masalah hukum di kemudian hari.

  • Cek Kualitas Produk

Kualitas produk sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan supplier, pastikan produk yang mereka tawarkan memiliki kualitas yang baik. Mintalah sampel produk atau lihat testimoni dan ulasan dari pelanggan lain mengenai produk tersebut.

  • Pertimbangkan Harga

Harga produk yang ditawarkan oleh supplier akan mempengaruhi keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Bandingkan harga dari beberapa supplier sebelum memilih yang terbaik. Pertimbangkan juga apakah supplier tersebut menawarkan potongan harga atau insentif untuk pembelian dalam jumlah besar.

  • Lihat Ketersediaan Stok

Pastikan supplier memiliki stok yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan. Supplier yang baik akan secara rutin memberikan informasi tentang ketersediaan stok produk dan mampu mengantisipasi peningkatan permintaan saat musim ramai.

  • Cek Sistem Pengiriman dan Pengembalian

Cek sistem pengiriman yang digunakan oleh supplier, termasuk jasa pengiriman yang bekerja sama dengannya. Pastikan mereka dapat mengirimkan produk ke seluruh wilayah yang kamu targetkan dan memiliki waktu pengiriman yang cepat. Selain itu, perhatikan juga kebijakan pengembalian produk jika terjadi kerusakan atau kesalahan dalam pengiriman.

  • Pelayanan dan Komunikasi

Supplier yang baik akan selalu memberikan pelayanan yang baik dan responsif dalam berkomunikasi. Pastikan kamu bisa dengan mudah menghubungi supplier dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Perhatikan juga apakah supplier tersebut memiliki layanan dukungan pelanggan yang dapat membantu menangani keluhan atau masalah yang mungkin muncul.

  • Fleksibilitas dan Kemampuan Adaptasi

Supplier yang terpercaya harus memiliki fleksibilitas dalam menjalankan bisnis dan mampu beradaptasi dengan perubahan pasar. Pastikan mereka mampu menyesuaikan stok dan produk sesuai dengan tren yang sedang berlaku serta bersedia untuk mengakomodasi kebutuhan bisnismu yang mungkin berubah seiring waktu.

  • Reputasi dan Pengalaman

Periksa reputasi dan pengalaman supplier dalam industri dropshipping. Pilih supplier yang telah berpengalaman dan memiliki track record yang baik dalam melayani pelanggan dan mitra bisnis.


Dengan memperhatikan tips di atas, kamu bisa menemukan supplier dropship yang terpercaya dan berkualitas untuk mendukung bisnismu. Ingatlah bahwa memilih supplier yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis dropshipping yang kamu jalankan.

Strategi Bisnis Dropshipping yang Efektif


Selain memilih supplier dropship yang terbaik dan terpercaya, mengembangkan strategi bisnis yang efektif juga sangat penting untuk sukses dalam bisnis dropshipping. Berikut beberapa strategi yang bisa kamu terapkan:


  1. Menentukan Niche Pasar yang Tepat

Sebelum memulai bisnis dropshipping, tentukan niche pasar yang ingin kamu targetkan. Pilih niche yang memiliki permintaan cukup tinggi dan persaingan yang tidak terlalu ketat. Dengan menargetkan niche pasar yang tepat, kamu akan memiliki peluang sukses yang lebih besar.

  1. Membangun Brand yang Kuat

Membangun brand yang kuat dan mudah dikenali sangat penting dalam bisnis dropshipping. Pastikan kamu memiliki logo, nama bisnis, dan desain website yang menarik serta mudah diingat oleh pelanggan.

  1. Optimalisasi SEO

Karena kamu tidak memiliki toko fisik, menjaga visibilitas website kamu di mesin pencari sangat penting. Lakukan optimalisasi SEO, mulai dari keyword research, on-page SEO, hingga strategi backlink untuk meningkatkan peringkat website kamu di mesin pencari.

  1. Menggunakan Strategi Pemasaran yang Tepat

Gunakan berbagai strategi pemasaran, seperti pemasaran konten, iklan berbayar, dan media sosial untuk menarik perhatian pelanggan dan mengarahkan mereka ke website kamu. Atau kamu bisa memanfaatkan layanan DigiAds dari majoo untuk memperluas jangkauan bisnis dropshipping kamu. Dengan layanan ini kamu dapat beriklan tanpa harus menjadi expert karena iklan yang akan dijalankan berjalan otomatis dan jika kamu masih bingung cara penggunaannya kamu bisa dibantu dengan team kampanye dari majoo.


Digiads mempunyai berbagai jenis pilihan campaign yang disesuaikan dengan bisnismu. Kamu bisa menyesuaikan sendiri iklan digital yang diperlukan baik satu jenis maupun combine. Nikmati layanan digiads majoo dan tingkatkan penjualan bisnismu.

  1. Memberikan Layanan Pelanggan yang Memuaskan

Keberhasilan bisnis dropshipping sangat bergantung pada kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, pastikan kamu memberikan layanan pelanggan yang responsif dan membantu pelanggan dalam mengatasi masalah yang mungkin mereka hadapi.

  1. Mengelola Stok dengan Bijak

Walaupun kamu tidak perlu menyimpan stok barang, tetaplah mengelola persediaan dengan bijak. Pastikan supplier dropship yang kamu pilih selalu memiliki stok barang yang cukup dan siap dikirimkan kapan saja.

  1. Memonitor Kinerja Bisnis

Rutinlah memonitor kinerja bisnis dropshipping kamu. Analisis data penjualan, trafik website, dan konversi untuk mengetahui area yang perlu ditingkatkan. Dengan melakukan evaluasi secara berkala, kamu akan bisa mengembangkan strategi yang lebih efektif.


Dengan menerapkan strategi bisnis dropshipping yang efektif dan bekerja sama dengan supplier dropship yang terbaik dan terpercaya, kamu akan memiliki peluang sukses yang lebih besar dalam bisnis ini. Selalu beradaptasi dengan perubahan pasar dan terus belajar untuk mengembangkan bisnis dropshipping kamu.


Dengan begitu mencari supplier dropship terbaik dan terpercaya sangat penting untuk menjamin kesuksesan bisnis dropshipping yang kamu jalankan. Dengan melakukan riset, memanfaatkan berbagai sumber informasi, dan menjalin hubungan yang baik dengan supplier, kamu bisa mendapatkan supplier yang dapat diandalkan dan memberikan produk serta layanan terbaik bagi pelangganmu.


Sumber: 

  • https://crewdible.com/edukasi/topik/dropship/cara-mencari-supplier-dropship-di-shopee

  • https://jubelio.com/2021/8-cara-mencari-supplier-tangan-pertama-di-shopee-lengkap/

  • https://kumparan.com/berita-bisnis/7-strategi-bisnis-dropship-sukses-agar-jualan-laris-1v0am61DWub

  • https://toffeedev.com/blog/cara-kerja-dropship/

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo