Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • 8 Contoh Resume: Mulai Resume Lamaran Kerja Hingga Seminar

    8 Contoh Resume: Mulai Resume Lamaran Kerja Hingga Seminar

    Penulisan contoh resume harus dilakukan dengan singkat namun padat informasi.

    Ada berbagai macam contoh resume yang bisa kamu temukan, misalnya contoh resume lamaran kerja yang, seperti namanya, digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan. Ada juga contoh resume jurnal, yang merupakan ringkasan dari sebuah jurnal yang panjang dan lengkap. Kemudian, ada pula contoh resume seminar, yang biasanya dibuat untuk mencatat dan merangkum hasil dari seminar yang sudah diadakan. 

    Contoh resume adalah sesuatu yang memang diperlukan oleh orang-orang yang erat hubungannya dengan suatu berkas, buku, catatan, atau dokumen yang panjang. Termasuk saat harus menjelaskan tentang data diri dan kepribadian kamu saat melamar kerja. Tidak semua orang memiliki waktu untuk membaca semuanya secara keseluruhan, karena itulah resume dibuat. 

    Dalam proses pembuatannya, contoh resume tidak bisa ditulis secara sembarangan. Karena disebut dengan rangkuman atau ringkasan, maka isi resume pun haruslah ringkas dan merangkum semua informasi inti penting tanpa ada yang terlewatkan.

    Untuk lebih memahami seperti apa sebenarnya resume, kali ini akan dibahas lengkap mengenai apa definisi resume, apa saja isinya, bagaimana cara membuatnya dengan baik dan benar, dan beberapa contoh resume yang mungkin sering kamu temukan. 

    Pengertian Resume

    Kata ‘Resume’ berasal dari bahasa Prancis yaitu ‘Resumer’, yang artinya adalah meringkas. Resume kemudian dimaknai sebagai suatu ringkasan atau rangkuman yang mengambil bagian inti atau pokok dari suatu tulisan dalam bentuk panjang. Resume hanya mengambil inti informasinya dengan mengesampingkan rincian dan ilustrasi yang ada. Tulisan yang panjang ini bisa dalam beragam bentuk, mulai dari buku, jurnal, makalah, dan sebagainya.

    Seiring waktu, istilah resume juga digunakan untuk menyebut ringkasan diri yang kamu buat untuk melamar pekerjaan, sehingga terciptalah istilah contoh resume lamaran kerja. Dalam hal ini, yang dituliskan biasanya adalah data diri yang dilengkapi dengan riwayat pendidikan, pekerjaan, pengalaman berorganisasi, kemampuan, dan juga prestasi yang pernah dicapai. 

    Bukan hanya itu, beberapa kegiatan seperti seminar dan perkuliahan juga akhirnya menggunakan istilah ini untuk menyebut berkas yang dibuat sebagai rangkuman dari kegiatan tersebut. Inilah yang biasa disebut dengan contoh resume jurnal atau contoh resume seminar

    Banyak orang beranggapan bahwa resume bisa digunakan sebagai cara yang efektif untuk menjelaskan inti atau pokok dari sebuah informasi dengan cara yang praktis, ringkas, dan tidak terlalu panjang. 

    Lantaran itulah, resume sebaiknya dibuat dalam bentuk yang ringkas, padat, singkat, dan jelas. Hal ini ditujukan agar orang-orang yang membacanya mendapatkan informasi yang tepat dan mengurangi kemungkinan untuk terjadinya salah kaprah dalam memahami suatu informasi. 

    Seseorang yang menulis resume selayaknya bisa menuliskan ulang apa yang menjadi bagian pokok dari sebuah tulisan atau informasi yang panjang, namun tetap mempertahankan pendekatan dan pemikiran dari penulisnya yang asli. Tidak heran jika kamu bisa menulis resume dengan baik, hal itu akan dianggap sebagai sebuah keterampilan khusus. 

    Ciri-Ciri Resume

    Ciri-ciri resume adalah sebagai berikut:

    • Berbentuk ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang.
    • Resume hanya berisikan inti atau pokok permasalahan
    • Detail dari tulisan asli masih dipertahankan alias tidak hilang
    • Memuat materi yang penting dan berkualitas pada sebuah pembahasan.
    • Materi lebih sedikit dan dalam pembahasanya lebih menarik
    • Biasanya terdapat underline maupun huruf kapital dalam setiap judul
    • Menggunakan bahasa yang komunikatif agar lebih mudah dalam memahaminya.

    Jenis-jenis Resume 

    Jika dilihat dari pengertian dan proses pembuatannya, contoh resume bisa dibagi menjadi 3 jenis. Jenis-jenis resume tersebut, adalah:

    1. Resume Abstrak

      Resume abstrak adalah suatu ringkasan yang biasanya bisa kamu temukan dalam sebuah karya ilmiah. Dalam menuliskan resume abstrak, kamu hanya diperboleh untuk memendekkan atau menyingkat teks tanpa mengubah sudut pandang dan bahasa yang digunakan. Hal ini dikarenakan dalam resume abstrak, penulisannya harus sesuai dengan tulisan aslinya. 

    2. Resume Stricto Sensu

      Resume yang satu ini biasanya digunakan untuk keperluan kuliah, tugas sekolah, tugas seorang dosen atau guru. Dalam penulisannya, stricto sensu dibuat dengan cara mencari isi pokok dari sebuah tulisan kemudian merangkum pikiran utama lalu menuliskannya dengan pilihan bahasa sendiri. Meskipun begitu, resume ini harus dibuat dengan mengikuti proporsi asli tulisan, tanpa adanya campuran pendapat pribadi. 

    3. Resume Ikhtisar

      Pada dasarnya resume agak sedikit berbeda dengan ikhtisar. Namun, ikhtisar tetap bisa digolongkan sebagai salah satu jenis resume. Jenis resume yang satu ini lebih memberikan kebebasan pada kamu untuk menulis sesuai dengan tatanan, tujuan, dan jumlah informasi yang akan ditulis. Dengan catatan, semuanya harus tetap ditulis sesuai dengan teks asli. Ikhtisar juga tidak mempertahankan urutan ide dalam tulisan aslinya. 

    Cara Membuat Resume dengan Baik dan Benar

    Resume harus dibuat dengan jelas dan padat informasi, karena itu ada beberapa cara dan langkah dalam membuat resume yang perlu kamu perhatikan. 

    1. Membaca Teks Asli dengan Teliti

      Hal ini adalah suatu hal yang amat penting sebelum kamu mulai menulis sebuah resume. Membaca teks asli dari si pengarang dengan teliti dan cermat akan membantumu untuk memahami apa sebenarnya yang ingin disampaikan dalam tulisan tersebut. 

      Akan lebih baik jika kamu mau meluangkan waktu untuk membaca teks asli ini berulang kali agar lebih mengerti isi tulisan dari sudut pandang si pengarang atau penulis. 

    2. Mencatat Ide Pokok Tulisan

      Seperti pengertiannya, resume adalah ringkasan dari ide pokok sebuah tulisan, maka kamu perlu menemukan ide pokok ini dan mencatatnya agar tidak lupa dan bisa dituliskan ulang secara urut.

    3. Mulai Menulis Resume

      Rangkailah seluruh ide pokok atau gagasan utama yang sudah kamu catat tadi ke dalam sebuah tulisan baru, namun masih berdasarkan sudut pandang dari si penulis aslinya. Ingat, urutan paragrafnya pun harus sesuai dengan tulisan aslinya.

    4. Membaca dan Menyunting Kembali

      Sama halnya saat kamu menulis karangan lainnya, setelah resume selesai dibuat, pastikan untuk membacanya kembali. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kesalahan ketik, atau bahkan kalimat-kalimat yang mungkin tidak terlalu penting untuk berada dalam sebuah resume. Lakukan penyuntingan sendiri sampai kamu benar-benar tidak bisa menemukan kesalahan lagi dalam resume tersebut.

    Macam-macam Contoh Resume

    Seperti sudah sempat dijelaskan tadi, ada beberapa bentuk resume yang mungkin akrab dengan kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh resume disertai dengan penjelasan singkat sebagai panduan agar kamu lebih mudah membuatnya. 

    Contoh Resume Lamaran Kerja

    Contoh resume lamaran kerja mungkin adalah salah satu contoh resume yang banyak dicari. Ini dikarenakan resume ini berkaitan erat dengan kemampuan kamu dalam menggambarkan diri agar bisa menarik perhatian pihak perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan. 

    Perlu juga kamu pahami bahwa contoh resume lamaran kerja ini berbeda dengan yang dinamakan Curriculum Vitae (CV). Resume biasanya bersifat lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

    Berikut contoh resume lamaran kerja yang baik dan benar.

    Surabaya, 5 Januari 2022

     

    Kepada YTH. HRD Manager

    PT. ABC JAYA SENTOSA

    Jl. A.Yani 100

    Surabaya

     

    Dengan hormat, 

    Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari situs Jobs.com,

    saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Akuntan.

    Berikut adalah data diri saya.

    Nama: Ayudhia Ratna

    Tempat, Tanggal Lahir: Surabaya, 27 Oktober 1998

    Pendidikan Terakhir: S-1 Akuntansi STIESIA, Surabaya

    Alamat: Jl. Menur Pumpungan I no 23, Surabaya

    Agama: Islam

    Nomor Telepon: 0811.123.456

    Email: Ratna_ayudhia@gmail.com

     

    Saya adalah pribadi yang suka bersosialisasi, tekun, jujur, disiplin, dan teliti. 

    Saya menguasai berbagai program dan aplikasi komputer untuk bidang akuntansi, contohnya Sage, Quickbook, dan sejenisnya. Saya juga menguasai program komputer dasar seperti Word dan Excel. 

    Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan: 

    1. Salinan ijazah

    2. Salinan transkrip nilai

    3. Salinan sertifikat akuntan

    4. Salinan KTP

    5. Foto

    6. Curriculum Vitae

     

    Dengan surat ini saya menyatakan bahwa saya siap untuk memberikan waktu dan tenaga saya jika memang diperlukan. Besar harapan saya untuk bisa mengikuti tahap seleksi dan wawancara. Terima kasih atas waktu dan perhatian yang Bapak/Ibu berikan. 

     

    Hormat saya,

     

    Ayudhia Ratna

    Dalam penulisan contoh resume lamaran kerja ini, ada beberapa hal yang juga perlu kamu perhatikan, antara lain:

    1. Tuliskan resume dengan format lengkap, seperti:
      • Tanggal dan tempat penulisan
      • Nama dan alamat perusahaan yang dituju
      • Salam pembuka
      • Kata pengantar
      • Data diri
      • Kemampuan
      • Penutup
    2. Perhatikan kerapian dan kesederhanaan

      Karena resume adalah ringkasan, maka sebaiknya ditulis dengan sederhana alias tidak berbelit-belit. Gunakan bahasa yang sopan, tuliskan dengan rapi.

    3. Tulis resume dengan jujur

      Maksudnya adalah resume dari diri kamu tersebut harus dituliskan dengan apa adanya namun tetap akurat. Jangan melebihkan dan jangan mengurangi informasi yang ada. Semua yang kamu tuliskan haruslah berdasarkan fakta dan memang bisa dibuktikan.

    Baca Juga: Tips Memilih SDM yang Tepat Agar Bisnis Lebih Maju

    Contoh Resume Materi

    Contoh resume materi mungkin sering kamu temukan pada tugas sekolah atau kuliah. Resume materi digunakan untuk meringkas atau merangkum materi yang sudah didengar atau didapatkan agar lebih mudah untuk dipahami. 

    Resume Materi Ekonomi Makro

    I. Pengertian

    Pertumbuhan ekonomi merupakan kegiatan ekonomi yang mengakibatkan peningkatan pertumbuhan barang dan jasa. 

    II. Dasar Kenaikan Pertumbuhan Ekonomi

    Gross Domestic Product (GDP) atau produk domestik bruto diartikan sebagai total pengeluaran negara. Kenaikan GDP ini yang disebut dengan pertumbuhan ekonomi. Faktor yang mempengaruhi kenaikan GDP:

    • Peningkatan modal fisik sumber daya manusia
    • Peningkatan produktivitas
    • Peningkatan daya tawar tenaga kerja 

    III. Manfaat Pertumbuhan Ekonomi 

    Pertumbuhan ekonomi secara langsung akan berpengaruh pada kemajuan ekonomi pembangunan. Otomatis juga akan berpengaruh pada tingkat kesejahteraan rakyat. 

    IV. Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

    Beberapa faktor yang berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi, adalah:

    • Kondisi keuangan negara
    • Produksi
    • Investasi
    • Inflasi
    • Kebijakan moneter
    • Perdagangan luar negeri

    Contoh resume materi merupakan hasil ringkasan atau rangkuman dari sebuah materi pelajaran atau sejenisnya. Resume ini dinilai efektif untuk menjelaskan inti atau gagasan utama dari suatu materi tanpa berbelit-belit. Jadi, pastikan untuk menuliskannya dengan singkat namun tetap padat informasi. 

    Ada banyak contoh resume yang bisa kamu temukan sehari-hari.

    Contoh Resume Jurnal 

    Jurnal merupakan sebuah sumber yang digunakan sebagai referensi dalam karya tulis yang umumnya berhubungan erat dengan observasi atau penelitian. Seseorang yang mampu menulis sebuah jurnal berarti dianggap mampu menulis sebuah karya ilmiah yang berkualitas. 

    Dari penjelasannya, sudah bisa kamu ketahui bahwa jurnal pastilah hadir dalam bentuk panjang, lengkap, dan memuat banyak sekali isi. Contoh resume jurnal dibuat untuk mempermudah orang yang membaca jurnal tersebut dalam mengerti dan memahami isi jurnal. 

    Berikut ini adalah salah satu bentuk contoh resume jurnal.

    Resume Jurnal Ekonomi dan Bisnis

    Judul Jurnal: Analisis Hubungan Gaya Hidup Konsumen dengan Preferensi Atribut Toko Ritel

    Nama Jurnal: Jurnal Perspektif Ekonomi

    Volume: Vol. 2 No. 1

    Tahun Terbit: April 2009

    Penulis: Marisa Amelia, Retno Tanding Suryandari

     

    I. Latar Belakang

    Perkembangan bisnis retail di Indonesia berkembang pesat. Gaya hidup merupakan faktor penting yang memengaruhi kebiasaan konsumen. Dengan mengetahui gaya hidup konsumen, marketer dapat mengembangkan produk dan fasilitas berbelanja berdasarkan kebutuhan

    II. Tujuan

    Melakukan identifikasi pada perbedaan lima kluster gaya hidup berdasarkan persepsi pentingnya atribut ritel

    III. Metode Penelitian

    Metode survei dan metode accidental sampling pada konsumen di toko A dan toko B di Surakarta. Data dianalisis menggunakan analisis cluster dan analisis ganda varians.

    IV. Hasil Penelitian

    Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelompok ditinjau dari kualitas toko atau personil, karakteristik toko, dan atribut pelayanan. Pada kebijakan diskon atau penjualan tidak ditemukan perbedaan signifikan.

    V. Kesimpulan

    Terdapat adanya perbedaan preferensi tentang atribut kualitas toko dan karyawan di antara kelompok gaya hidup, karakteristik toko, tetapi tidak ada perbedaan preferensi mengenai atribut kebijakan obral dan diskon di antara kelompok gaya hidup. Terdapat perbedaan preferensi mengenai atribut pelayanan di antara kelompok gaya hidup. Kelompok gaya hidup responden yang paling besar jumlahnya adalah gaya hidup quiet introvert, self reliant, young and secure, family oriented, dan active person.

    • Kelebihan: Pertanyaan yang diberikan sudah cukup banyak untuk dijawab responden
    • Kekurangan: Hasil penelitian didasarkan pada jawaban responden dari kuesioner tanpa wawancara, sehingga data yang diperoleh mungkin tidak bisa menggambarkan keadaan yang sebenarnya.

    Hal yang perlu kamu ingat saat menuliskan contoh resume jurnal adalah ada beberapa bagian atau unsur yang memang tidak boleh dilewatkan alias harus tetap dicantumkan. Unsur tersebut seperti judul jurnal, penulis, hasil, pembahasan. Jangan lupa juga untuk selalu menuliskan kelebihan dan kekurangan dari jurnal yang kamu ringkas. 

    Contoh Resume Kuliah

    Contoh resume kuliah di sini dimaksudkan sebagai resume tugas kuliah yang memang sering dijadikan sebagai tugas untuk para mahasiswa di perguruan tinggi. 

    Resume Mata Kuliah e-business 

    Dosen : Supangat, S.Kom., M.Kom. 

    Mata Kuliah : E-Bisnis

    A. E-Business 

    Dilihat dari prinsipnya e-business sebagaimana teknologi elektonik sangat membantu dalam proses tercapainya suatu sistem bisnis (pertukaran barang dan jasa) yang mana merupakan versi mudah daripada sistem konvensional, hal tersebut dilihat dari manfaat dari yang dirasakan stakeholders. (Supangat, 2020) Teknologi elektronik memudahkan konsumen maupun produsen melakukan pertukaran jual beli. Dengan memanfaatkan elektronik, jangkauan pasar semakin luas tetapi juga menekan biaya dan tenaga menjadi minimum untuk melakukan suatu tindakan promosi. konsumen juga tidak harus membuang tenaga dan waktu dengan datang ke tokonya langsung dan dapat melakukan pembelian melalui media elektronik secara langsung. Dapat disimpulkan bahwa ebusiness memberikan banyak kemudahan bagi konsumen dan produsen, pasar produsen semakin luas sementara pilihan konsumen juga semakin luas.

    B. Dimensi E-Bisnis 

    Ada 3 dimensi dalam ruang lingkup E-Bisnis yaitu: 

    1. Dimensi WHAT

    Istilah e-business banyak disamaratakan dengan eCommerce. Padahal pengertian e-business lebih luas dibandingkan e-commerce. (Supangat, 2020) e-business tidak sama dengan e-commerce. Prinsipnya e-business jauh lebih luas dibandingkan e-commerce. Mengapa demikian? Karena cakupan e-business tidak hanya berfokus pada transaksi jual beli secara digital, melainkan didalamnya terdapat aktivitas bisnis dimana suatu perusahan melakukan pengolahan terhadap keberlangsungan bisnisnya, seperti relasi antar perusahaan dengan mitra bisnisnya, komunikasi hubungan perusahaan dengan konsumen, kerjasama antar perusahaan, promosi perusahaan terhadap konsumen, dan lainnya. 

    2. Dimensi WHO 

    Siapa saja yang terlibat dalam e-business? semua pihak yang melakukan transaksi dalam sebuah sistem bisnis atau serangkaian proses bisnis. (Supangat, 2020) Semua pihak dapat melakukan kegiatan e-business, karena suatu Bisnis dapat dilakukan atau dibuat oleh siapa saja asalkan pihak yang bersangkutan mau melakukan suatu proses bisnis atau kegiatan bisnis tersebut, terdapat tujuh entitas yang diklasifikasi dalam suatu ilustrasi e-business ialah: Agen (agent), Bisnis (business), Konsumen (consumer), Perangkat (device), Karyawan (employee), Keluarga (family), dan Pemerintah (government). 

    3. Dimensi WHY 

    Dengan e-business, perusahaan dapat melihat peluang dan celah bisnis baru yang belum diketahui masyarakat. (Supangat, 2020) Dengan menerapkannya konsep jejaring (internetworking), sebuah perusahaan berskala kecil maupun menengah dapat dengan mudah melakukan hubungan kerjasama, perusahaan berskala kecil berpeluang meningkatkan skala perusahaannya dengan mengandalkan strategi e-busines. Perusahaan juga dapat menghemat biaya dan waktu menjadi lebih kecil sementara pendapatan tetap terus meningkat. Hal ini membuat suatu perusahaan maupun pelaku bisnis memiliki keuntungan berlipat-lipat.

    Contoh Resume Makalah

    Contoh resume makalah akrab sekali dengan kehidupan sekolah atau kuliah. Biasanya membaca dan menuliskan kembali isi makalah dalam bentuk resume adalah salah satu hal yang umum ditugaskan pada para siswa atau mahasiswa. 

    Pengertian makalah adalah sebuah hasil karya tulis yang berisikan pemikiran mengenai suatu masalah atau topik tertentu yang biasanya dituliskan secara sistematis disertai dengan analisis dan yang objektif dan pastinya logis. 

    Makalah dibuat dengan kajian literatur, penelitian, observasi, sampai pada pengamatan langsung di lapangan. Ditulis dengan bahasa baku yang umumnya penuh dengan istilah-istilah keilmuan dalam bidang ilmu yang terkait. 

    Karena itulah, dalam membuat contoh resume makalah, kamu jangan sampai meninggalkan unsur-unsur tersebut. Unsur tersebut harus tetap ada dalam resume beserta dengan sudut pandang penulis yang tidak boleh diubah.

    Inilah salah satu contoh resume makalah yang bisa kamu jadikan sebagai sumber referensi.

    Resume Makalah Pendidikan

    Judul: Melatih Keterampilan Membaca

    Pendahuluan

    Membaca bukan hanya sekadar membaca. Membaca ternyata juga memerlukan keterampilan. Cara untuk melatih keterampilan sebagai berikut: Membaca dengan konsentrasi tinggi dan penghayatan, gunakan intonasi dan lafal yang tepat ketika membaca sebuah bacaan, membaca tidak dengan tergesa-gesa, dan membaca dianjurkan dengan penuh ekspresif.

    Pembahasan

    Membaca bisa dilakukan dengan beberapa teknik dasar, diantaranya seperti: membaca dengan bersuara (dilakukan untuk menikmati bacaan dengan cara menangkap informasi), membaca dalam hati (membaca ekstensif dan membaca intensif).

    Membaca dengan bersuara biasanya dilakukan dengan membaca keras oleh pembaca. Adapun membaca di dalam hati secara umum disamakan dengan kegiatan membaca yang lebih mengerti dan memahami sebuah bacaan. Padahal kedua-duanya sama saja, di dalam membaca perlu sebuah proses memahami.

    Selain itu yang paling penting ketika membaca adalah proses memahami. Di dalam membaca sebuah buku, jurnal, portal, sosial media, majalah, koran dan sebagainya perlu pemahaman karena pembaca sedang menangkap pesan yang disampaikan penulis.

    Secara umum membaca memang dipahami sebagai kegiatan menganalisis, meresepsi bahkan menginterpretasi pesan yang disampaikan oleh penulis. Sehingga memang diperlukan konsentrasi penuh untuk memahami sebuah bacaan.

    Kesimpulan

    Membaca memang tidak mudah dilakukan. Itu karena membaca tidak hanya sekedar membaca, namun juga diperlukan pemahaman. Membaca memerlukan pemahaman untuk menangkap maksud penulis. Bila tidak dibarengi dengan pemahaman yang mendalam biasanya akan terjadi kesalahan dalam menangkap isi penulis.

    Beberapa cara untuk membaca yang lebih efektif dengan membaca dengan bersuara. Teknik ini biasanya digunakan untuk lebih menangkap informasi karena dilakukan dengan cara menikmati bacaan. Selain itu, membaca juga dapat dilakukan dengan cara membaca di dalam hati. Biasanya dilakukan dengan cara membaca ekstensif dan membaca intensif.

    Saat kamu membaca contoh resume makalah tadi, kemungkinan kamu merasa lebih mudah dalam mencerna dan memahami informasi yang disampaikan, bukan? Ya, karena memang seperti itulah fungsi dari pembuatan contoh resume

    Contoh Resume Seminar

    Pengertian seminar adalah forum yang diadakan untuk konsumsi publik dengan menghadirkan beberapa pembicara sebagai narasumber yang akan membahas materi tertentu. 

    Salah satu contoh resume yang dirasa cukup sulit untuk dibuat adalah contoh resume seminar. Hal ini tentu saja ada alasannya, yaitu karena dalam seminar biasanya ada banyak sekali bahasan atau materi yang disampaikan. Contohnya, dalam seminar mengenai ‘Perkembangan UMKM’, pembicara A mungkin menyampaikan bahasan atau materi dari sudut pandang ekonomi, sedangkan pembicara B bisa saja membahas topik tersebut dari kacamata kehidupan sosial. 

    Membuat contoh resume seminar berupa ringkasan dari topik bahasan yang memang sangat banyak adalah salah satu hal yang membutuhkan keterampilan lebih. 

    Sebelum kamu menuliskan contoh resume dari seminar yang kamu ikuti, ada baiknya kamu mencatat hal-hal penting yang disampaikan dalam seminar tersebut. Hal ini untuk menghindari adanya inti bahasan atau gagasan utama dari materi yang terlewatkan. 

    Kamu juga perlu untuk mencari tahu informasi mengenai pembicara-pembicara yang hadir sebagai narasumber. Ini untuk membantu kamu memahami sudut pandang yang dipakai oleh pembicara tersebut.

    Contoh resume seminar yang bisa kamu pelajari, seperti berikut ini. 

    RESUME SEMINAR KEWIRAUSAHAAN

    Tanggal: 05 Januari  2022

    Tempat: Auditorium Kampus Universitas 17 Agustus, Surabaya

    Judul seminar: “Menjadi Wirausaha Sukses di Era Digital”

    Seminar dibuka oleh ketua panitia penyelenggara dari Forum Pengusaha Riba Surabaya yakni Bagus Prayitno. Ia menyampaikan tujuan acara adalah untuk menumbuhkan semangat dan keberlanjutan dunia UMKM Surabaya di era digital. Menghadirkan dua orang pembicara yakni Hadi Rukito, S.E. (Ketua Asosiasi UMKM Kota Surabaya) dan Rama Sucipto (Pengusaha Muda Berprestasi Surabaya).

    Sesi 1:

    Narasumber : Hadi Rukito, S.E.

    Topik : Hal Hal yang Harus Disiapkan Pebisnis di Era Digital

    Bapak Hadi mengingatkan seluruh peserta agar mau beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Ada kutipan menarik darinya, yakni “Berinovasi atau mati”. Selanjutnya, ia menyampaikan poin poin yang harus pengusaha UMKM persiapkan di era digital. Antara lain:

    1. Kemauan untuk belajar dan membuka wawasan.
    2. Memanfaatkan sumber sumber belajar yang ada di Internet. Baik dari Google, Youtube, dan lainnya.
    3. Selalu terhubung dengan komunitas pengusaha untuk senantiasa update mengenai berbagai informasi terbaru.
    4. Mulai fokus dalam saluran pemasaran digital. Ia menyarankan fokus dulu pada satu saluran. Misalnya Facebook, Instagram, atau Marketplace.
    5. Melakukan efisiensi operasional dengan memanfaatkan berbagai produk teknologi terbaru.

    Menurutnya, dengan melakukan kelima hal di atas, pengusaha UMKM akan mampu bertahan di tengah persaingan dunia digital.

    Sesi 2

    Narasumber: Rama Sucipto 

    Topik : “Tantangan Bisnis Digital dan Cara Mengatasinya”

    Dalam sesi kedua, Rama selaku narasumber yang sudah aktif menggunakan media digital sebagai sarana bisnis menceritakan pengalamannya. Yakni seputar tantangan ia alami dalam bisnis dan juga cara untuk mengatasinya.

    Menurut Rama, ada beberapa tantangannya:

    1. Gagap teknologi atau gaptek jadi kendala. Terutama karena banyak keterampilan digital belum dipelajari di sekolah.
    2. Perkembangan pemasaran digital sangat cepat. Selalu ada hal baru.
    3. Kompetitor semakin kompetitif saat ini, daya saing jadi tinggi.
    4. Untuk bisa sukses besar dalam waktu singkat, perlu modal tidak sedikit.

    Agar bisa mengatasinya, Rama berbagi beberapa tipsnya:

    1. Mengubah mindset. Gaptek itu hanya alasan kemalasan, pasti bisa dilawan.
    2. Pengusaha harus banyak ikut workshop dan seminar, sekaligus membangun koneksi dengan sesama pengusaha.
    3. Masalah modal dapat teratasi dengan memulai dari hal hal kecil. Jangan minder mulai bisnis dengan modal kecil.

    Sesi 3

    Sesi ini adalah sesi tanya jawab. Dalam sesi ini, ada dua orang penanya dan dua pertanyaan. Masing masing pemateri menjawab satu pertanyaan.

    Penanya 1: Andi 

    Pertanyaan: Apakah promosi dengan menggunakan sosial media tergolong efektif?

    Jawaban narasumber 1: Masalah efektifitas sangat bergantung dari pengusaha yang menjalankannya. Setiap saluran pemasaran punya potensi untuk bisa optimal. Termasuk untuk Facebook. Khusus untuk Facebook, ada dua strategi pemasaran. Yakni strategi organik dan strategi dengan iklan facebook ads. Jika pengusaha punya modal, pak Hadi menyarankan agar menggunakan Facebook ads.

    Penanya 2 : Supangkat

    Pertanyaan : Saya pernah dengar pemasaran dengan SEO tapi masih belum paham. Apakah pemateri bisa membantu saya memahaminya?

    Jawaban narasumber 2: SEO adalah singkatan dari search engine optimization. Intinya pemasaran dengan memaksimalkan fungsi mesin pencari. Sebagai pemasar, kita berusaha agar situs atau toko online bisa ditemukan oleh orang orang yang mencari informasi di Google. Strategi in bisa efektif asal pengusaha bisa memainkannya.

    Satu hal yang bisa dijadikan sebagai trik dalam menulis contoh resume seminar adalah dengan fokus memperhatikan saat pembicara memunculkan materi pembahasannya melalui slide Powerpoint. Kenapa? Karena biasanya isi slide itulah inti atau gagasan pokok dari seluruh bahasan yang dia sampaikan dalam seminar. 

    Baca Juga: Apa itu Wirausaha dan Pengertian Kewirausahaan dalam Bisnis

    Contoh Resume Artikel 

    Kamu pasti pernah membaca artikel kan? Ya, yang sedang kamu baca saat ini pun adalah salah satu bentuk artikel. Definisi dari artikel adalah tulisan yang berisikan opini, pendapat, pemikiran, sampai dengan kritik yang sedang berkembang di masyarakat. 

    Artikel juga bisa diartikan sebagai karya tulis yang isinya adalah fakta, data, fenomena, hingga berbagai kejadian spesifik yang ditulis dengan bahasa ilmiah. Walau pada perkembangannya, saat ini ada banyak artikel yang ditulis menggunakan gaya bahasa kasual yang lebih santai dan tidak terkesan kaku atau terlalu serius. 

    Umumnya, artikel dibuat dengan tujuan untuk memberitahu, mendidik, memberikan pengaruh, menghibur, dan juga meyakinkan orang-orang yang membacanya. 

    Membuat contoh resume artikel berarti kamu harus meringkas lagi hal yang sebenarnya sudah cukup ringkas, karena artikel memang biasanya hadir dengan format yang juga tidak terlalu panjang dan sudah padat informasi. 

    Agar kamu lebih mudah memahami contoh resume yang dimaksud, berikut ini adalah salah satu contoh resume artikel yang ditulis dengan baik dan benar. 

    Judul: Proses Peningkatan Pendidikan Terpadu di Sekolah Dasar (SD)

    Oleh: M. Ridho

    Artikel ini merupakan hasil dari penelitian oleh Puslitjak mengenai pengembangan sistem pendidikan di Indonesia. Penulisan ini menggunakan empat kerangka, Dalam penulisan yang terdiri dari: abstrak, pendahuluan, kajian teori, pembahasan, kesimpulan dan saran.

    Dalam pendahuluan berisi tentang latar belakang dan tujuan. Pengertian sekolah terpadu, penulisan disampaikan di bagian implikasi perkembangan pendidikan luar biasa (PLB) dan pendidikan luar biasa di bagian kajian teori.

    Perkembangan PLB Indonesia, penulis letakkan di bagian hasil. Penulis memaparkan perkembangan pada tahun 1984 sampai pasca pada tahun 1984. Di bagian terakhir artikel, penulis membahas mengenai kesimpulan dan saran. Adapun beberapa kerangka seperti rangkuman yang ada di bawah ini :

    Abstrak

    Pada bagian ini, penulis menampilkan dasar hukum dari pendidikan luar biasa. Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa lembaga yang berimplementasi pada kebijakannya. Ada beberapa kata kunci yang penulis masukkan antara lain : Pendidikan terpadu, Penyapu ketunaan, hak memperoleh pendidikan dan kesulitan untuk belajar.

    Pendahuluan

    Seperti pendahuluan pada umumnya, bagian ini memaparkan latar belakang dan tujuan penulisan. Di bagian latar belakang, penulis ingin menyampaikan beberapa kegelisahan mengenai kondisi pendidikan luar biasa di Indonesia. Oleh karena itu, di bagian ini pula penulis juga memaparkan beberapa upaya perbaikan pendidikan luar biasa tersebut. Hal ini sekaligus sebagai sosialisasi dalam upaya untuk meningkatkan pengembangan sekolah terpadu yang berada di tingkat Sekolah Dasar. Kegiatan ini juga didukung oleh beberapa pusat penelitian kebijakan seperti Badan Peneliti dan Pengembangan Pendidikan Nasional.

    Kajian Teori

    Di bagian ini penulis ingin mengungkapkan pengertian pendidikan luar biasa, sekolah terpadu dan tujuan dari adanya pendidikan luar biasa di beberapa negara maju. Dengan membuat definisi mengenai operasional pendidikan terpadu yaitu pengajaran di sekolah reguler diperuntukkan untuk anak-anak normal saja, kesulitan belajar dan anak-anak kebutuhan khusus atau ketunaan.

    Penulis menyebut anak-anak berkebutuhan khusus ini bisa dilihat melalui fisik yang berupa tunarungu, tunanetra dan tunadaksa. Untuk anak-anak ketunaan yang mengidap gangguan kejiwaan seperti tunagrahita ringan dan tunagrahita sedang, selain itu ada juga pengidap tunalaras atau kelainan perilaku. Sebenarnya maksud penulis disini ingin menceritakan sejarah bagaimana pendidikan yang luar biasa ini.

    Karena penulis melihat bahwa sebelumnya pendidikan luar biasa terpisah lalu pada perkembangan akhir bisa terpadu dengan pendidikan umum. Model pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia berupa inklusi, mainstreaming dan normalisasi.

    Penulis juga melakukan komparasi sistem penyelenggaraan pendidikan luar biasa yang ada di luar negeri dengan pendidikan luar biasa yang ada di Indonesia. Secara garis besar model pendidikan luar biasa kini sudah menjadi pelayanan pendidikan terpadu. Ada beberapa hal yang melatarbelakanginya, karena adanya model pendidikan yang tidak mendiskriminasi dan lebih efisien dalam menangani orang-orang penyandang cacat, jumlah penyandang cacat mulai menyusut.

    Hasil dan Pembahasan

    Penulis membahas hasil dari perkembangan Pendidikan Luar Biasa (PLB) yang tengah berkembang di Indonesia, sejak tahun 1984 dan setelahnya. Di Indonesia dalam melihat perkembangan Pendidikan Luar Biasa dengan cara melihat tahun kejadiannya.

    Di Indonesia perkembangan Pendidikan Luar Biasa mulai terjadi di tahun 1954. Dalam hal ini yang menjadi fokus pembahasan adalah lembaga terkait. Namun, sejak tahun 1984, adanya undang-undang tentang penerapan wajib belajar mempunyai dampak positif pada perkembangan pendidikan luar biasa.

    Penulis juga memaparkan beberapa komponen dalam pendidikan terpadu. Ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, diantaranya adalah komponen proses, komponen input, metode, kurikulum, sarpras “sarana dan prasarana” dan lain-lain. Bagian ini juga memuat model penyelenggaraan pendidikan di Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Model penyelenggaraanya bisa dilihat melalui narasumber, pembiayaan, tenaga pendidikan, mata pelajaran, guru pembimbing khusus, guru kelas, sarana dan prasarana.

    Kesimpulan dan Saran

    Ini merupakan bagian terakhir dari artikel ini. Di sini, penulis menyampaikan inti dari pembahasan mengenai perkembangan Pendidikan Luar Biasa (PLB), hasil pencapaian kegiatan yang sudah dilakukan dan beberapa landasan hukumnya.

    Di bagian saran penulis menampilkan agenda lanjutan untuk meningkatkan pendidikan terpadu, mulai dari pendidikannya, kelembagaannya dan kegiatannya.

    Pada dasarnya, membuat resume hanyalah meringkas dan bukannya mengganti bahasa yang digunakan atau sudut pandang penulis pada artikel aslinya. Artikel umumnya menggunakan kata-kata denotatif, yakni kata yang bermakna sebenarnya. Kata itu tidak bermakna hal lain ataupun dilebihkan maknanya seperti kata konotatif. Selain itu, kamu juga perlu mempertahankan kata-kata istilah atau kata teknis yang berkenaan dengan topik pembahasan dalam artikel. Mengubah hal ini akan menjadikan contoh resume yang kamu buat tidak bisa disebut sebagai contoh resume artikel

    Penutup

    Dari penjelasan dan beberapa contoh resume yang sudah kamu baca tadi, bisa diambil kesimpulan bahwa yang dinamakan resume adalah suatu bentuk tulisan yang berupa ringkasan atau rangkuman dari sebuah tulisan asli yang panjang dan memuat banyak isi, rincian, dan ilustrasi. 

    Resume dibuat dengan menghilangkan unsur rincian dan ilustrasi yang dianggap berada di luar inti atau gagasan utama dari tulisan tersebut. Contoh resume hanya menuliskan inti dari tulisan dengan ringkas, singkat, namun tetap padat informasi.

    Beberapa contoh resume adalah contoh resume lamaran kerja, resume artikel, resume makalah, dan sebagainya. Rata-rata contoh resume tersebut memiliki kesamaan yaitu membuat tulisan aslinya jadi lebih mudah dipahami dengan cara yang efektif. 

    Banyak orang menggunakan penulisan contoh resume untuk membantu mereka memahami sebuah tulisan agar tidak terjadi salah kaprah yang bisa saja muncul saat membaca tulisan aslinya yang terlalu panjang. 

    Selain itu, contoh resume juga masih memiliki fungsi lainnya, seperti:

    • Menjadikan tulisan atau dokumen yang panjang lebih ringkas dan penuh makna.
    • Memudahkan penyampaian materi dengan cara yang lebih efektif.
    • Membuat pembaca lebih gampang menyerap materi atau informasi yang disampaikan.
    • Membantu dalam mengingat materi karena pencatatan yang dilakukan dengan singkat. 

    Saat kamu menuliskan contoh resume, apa pun bentuknya, kamu juga perlu memastikan bahwa kamu sudah memahami apa tujuan dan fungsi pembuatan resume tersebut. 

    Resume biasanya dibuat bukan hanya untuk digunakan sebagai kepentingan pribadi, namun juga seringnya untuk dipublikasikan. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar resume yang kamu buat terlihat menarik dan bisa menjadi referensi yang baik bagi pembaca. 

    Pertama, pastikan format resume kamu sudah benar. Dengan begitu, seluruh fungsi dan tujuannya bisa tercapai. Kedua, buatlah desain contoh resume yang menarik, atau istilahnya eye-catching. Desain yang menarik dan tidak monoton akan menghilangkan kesan resume sebagai suatu karya tulis yang kaku dan sangat serius. Ketiga, informasi yang kamu sampaikan haruslah tepat dan jujur. Jangan melebihkan atau malah menguranginya. Karena efeknya akan sangat tidak baik nantinya. 

    Jika yang kamu buat adalah contoh resume lamaran kerja, pastikan data diri yang kamu masukkan sudah akurat. Latar belakang pendidikan, pengalaman bekerja, sampai dengan nomor kontak harus ditulis dengan benar. Hal ini untuk mempermudah pihak perusahaan menghubungi kamu kalau memang kamu cocok dengan kualifikasi yang mereka butuhkan.

    Lalu, apakah contoh resume ini mempunyai hubungan dengan dunia bisnis? Jawabannya tentu saja adalah iya. Ambil contoh resume lamaran kerja. Jika kamu ada pada posisi orang yang melamar kerja, resume yang kamu buat akan sangat berpengaruh pada tanggapan atau penilaian dari pihak HRD atau pemilik bisnis atas dirimu. Dari resume mereka bisa melihat secara langsung kualitas seperti apa yang kamu miliki.

    Sebaliknya, jika kamu ada pada posisi pemilik bisnis atau perusahaan, resume yang masuk membuat kamu jadi lebih mudah menilai potensi dan kualitas seseorang, bahkan sebelum bertemu dan melakukan wawancara secara langsung dengan orang tersebut. Praktis dan efisien kan? 

    Dalam menjalankan bisnis, tentunya kamu tidak bisa sendirian. Kamu memerlukan banyak sumber daya manusia yang potensial dan memiliki kemampuan yang cocok dengan bisnismu. Proses dan tahap memilih orang-orang inilah yang terkadang menjadi tantangan tersendiri. Kamu pasti paham, bahwa karyawan bisa juga disebut sebagai ujung tombak jalannya suatu bisnis atau perusahaan. Salah memilih karyawan, bisa saja menjadikan bisnismu mengalami kemunduran atau malah bangkrut. Kamu tentu tidak ingin hal ini terjadi kan?

    Proses seleksi karyawan ini ternyata cukup menguras tenaga dan waktu ya. Belum lagi kamu juga masih harus memikirkan mengenai proses produksi, mengatur keuangan bisnis, mengelola strategi pemasaran, dan lain-lain. Pastinya akan sangat sibuk sekali ya. Apa iya kamu bisa melakukannya sendirian untuk mengurus banyak hal seperti itu sekaligus?

    Padahal, jika kamu bersedia memanfaatkan aplikasi keuangan seperti majoo yang memiliki fitur sangat lengkap dalam pengelolaan bisnis, kesibukan kamu bisa sangat berkurang lho. Kamu bisa lebih memfokuskan diri pada proses seleksi karyawan, misalnya, jika masalah keuangan dan pengelolaan bisnis sudah ada yang meng-handle

    Ada banyak fitur yang disediakan oleh majoo bisa membantu kamu dalam hal ini. Mulai dari aplikasi owner yang bisa mengatur penjualan dan mengecek kondisi karyawan, aplikasi kasir online yang membantu kamu mendapatkan catatan transaksi dengan rinci dan rapi, aplikasi akuntansi yang menyediakan layanan laporan keuangan, sampai dengan omnichannel dan integrasi marketplace-nya, dan masih banyak lagi. 

    Rasanya tidak akan rugi kok kalau kamu memutuskan untuk berlangganan majoo dan mempercayakan pengelolaan bisnis pada aplikasi tersebut. Lagipula, biaya berlangganan sangatlah terjangkau. Dengan segala kemudahan dan keuntungan dalam mengelola bisnis yang bisa kamu dapat, apa iya masih ragu untuk berlangganan majoo? Tidak kan? Tunggu apa lagi? Langganan majoo sekarang, yuk! 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru
    Mengambil inspirasi dari contoh surat lamaran kerja dapat dilakukan untuk memastikan kemungkinan diterima kerja lebih tinggi. Namun, perhatikan jenisnya!
    Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini
    Dunia Internet mendorong manusia untuk selalu beradaptasi. Saat ini banyak orang mencari cara menjadi freelancer. Freelancer adalah tenaga kerja lepas yang bekerja secara mandiri.
    Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu
    Selain laporan keuangan laba rugi, apa saja jenis laporan keuangan yang kamu ketahui? Apakah kamu tahu pengertian laporan keuangan?
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.