Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Kenali Apa Itu CV ATS Friendly

    Sistem ATS membantu proses perekrutan menjadi sangat efektif

    Bagi kamu yang bekerja di bidang perekrutan pada sebuah perusahaan, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan sistem ATS. Namun, untuk orang-orang yang tidak bekerja di bidang tersebut tentu asing mendengarnya. 

    ATS atau Applicant Tracking System sendiri merupakan sebuah sistem atau perangkat lunak yang biasanya digunakan oleh perusahaan untuk menentukan dengan cepat apakah seorang pelamar memenuhi kualifikasi pada setiap lowongan pekerjaan yang dibutuhkan.

    Software ini akan secara otomatis menjaring setiap lamaran pekerjaan yang dikirimkan ke perusahaan. Namun tahukah kamu, bahwa ternyata banyak dari para pelamar tersebut yang ternyata sulit untuk menembus sistem ini?

    Ya! Ternyata software ini tidak bisa sembarangan menerima dan memproses setiap CV yang masuk, mereka hanya akan meloloskan CV yang ATS Friendly alias terbaca oleh sistem ATS. Nah, sebelum semakin jauh, kenali dulu apa yang dimaksud dengan CV yang ATS Friendly di bawah ini.

    Baca Juga: Memahami Unsur Pembuatan Daftar Riwayat Hidup yang Baik

    CV ATS Friendly

    Jadi, Apa itu CV ATS Friendly? CV ATS Friendly merupakan salah satu format dari CV yang terintegrasi dengan sistem yang bernama ATS atau Applicant Tracking System. ATS sendiri merupakan sebuah software yang digunakan untuk membantu proses rekrutmen.

    Sistem ATS akan melakukan scanning menggunakan kata kunci yang sudah ditetapkan oleh perusahaan, sehingga dapat mempermudah HRD untuk menemukan calon-calon karyawan sesuai dengan kualifikasi yang diperlukan oleh perusahaan.

    Biasanya, CV ATS Friendly mempunyai jenis desain yang sederhana. Meskipun terkesan simpel, namun CV ATS Friendly ini memiliki kesan yang profesional. Di sisi lain, format ini lebih mudah terdeteksi oleh sistem yang digunakan oleh perusahaan.

    Sederhananya, CV ATS Friendly adalah Curriculum Vitae yang dibuat dan didesain khusus supaya bisa lolos seleksi Applicant Tracking System. 

    Baca juga: Apa itu CV? Inilah Contoh CV yang Menarik HRD

    Ciri-Ciri CV ATS Friendly

    Ada beberapa hal yang menjadi penentu sebuah CV akan lolos sistem ATS atau tidak. Hal ini tentunya perlu kamu ketahui agar kamu bisa membuat CV yang benar untuk bisa lolos seleksi pada sistem. Berikut ini adalah ciri-ciri CV yang ATS Friendly, yaitu:

    1. Desain yang sederhana

    CV ATS Friendly biasanya mempunyai bentuk desain yang lebih sederhana dibandingkan dengan CV non-ATS Friendly. Pada CV non-ATS Friendly akan terlihat lebih berwarna dan bermacam-macam bentuknya. 

    Sedangkan pada CV ATS Friendly, kamu hanya akan menemukan 2 warna yang dominan digunakan, yakni hitam dan putih. Penggunaan hurufnya pun terbatas, bahkan hanya satu jenis.

    2. Pemilihan font

    Umumnya, CV ATS Friendly akan menggunakan font seperti: Times New Roman, Helvetica, Garamond, atau Calibri. Font inilah yang biasanya membedakan CV non-ATS dan CV ATS Friendly.

    3. Struktur

    Satu lagi yang menjadi ciri-ciri dari CV ATS Friendly, yaitu struktur yang jelas dan teratur. Berawal dari biografi singkat tentang pelamar, kemudian pengalaman, pendidikan, dan kemampuan yang kamu miliki.

    Hal ini sangat berbeda dengan CV non-ATS Friendly, karena biasanya ditemukan struktur yang tidak lebih rapi daripada CV ATS Friendly.

     

    Baca Juga: Memahami Perbedaan Resume dan CV secara Detail

    Pastikan CV yang kamu buat memenuhi standar sistem

    Kelebihan CV ATS Friendly

    Penggunaan CV ATS Friendly ini tidak hanya menguntungkan pelamar saja, lho. Perusahaan juga tentu banyak mendapatkan keuntungan dari adanya sistem ATS ini. Beberapa keuntungan yang dapat dirasakan, antara lain:

    1. Memudahkan proses seleksi

    Dengan menggunakan CV ATS Friendly, perusahaan akan lebih mudah melakukan proses seleksi. Para perekrut tidak perlu lagi memilih secara manual dari setiap CV yang masuk, sistem ATS yang nantinya akan memilih secara otomatis sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

    Biasanya, sistem ATS ini digunakan pada perusahaan dengan skala yang besar. Ini disebabkan karena perusahaan membutuhkan karyawan yang banyak sehingga proses seleksinya pun membutuhkan sistem yang mampu menjaring calon karyawan tersebut.

    Untuk itu, apabila kamu berencana untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang besar, sangat disarankan untuk kamu menggunakan format CV ATS Friendly ini agar CV yang kamu kirimkan terbaca oleh sistem.

    2. Menekan biaya seleksi

    Dengan adanya software ATS ini dirasa mampu menekan biaya pada proses seleksi dan rekrutmen pada suatu perusahaan. Ini disebabkan oleh sistem all-in-one yang ada pada software ini menjadikan proses seleksi jauh lebih cepat dan mudah, sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi jauh lebih efisien.

    3. Terlihat lebih profesional

    Kelebihan lain dari penggunaan format CV ini adalah membuat pelamar terlihat lebih elegan. Meskipun sederhana, CV ATS Friendly malah membuat penggunanya terkesan profesional, dibandingkan dengan format kreatif yang malah menjadi CV terlihat lebih rumit.

    Itulah sebabnya, sangat disarankan untuk kamu yang ingin melamar ke sebuah perusahaan untuk menggunakan format CV ini, meskipun perusahaan tersebut belum menggunakan sistem ATS pada proses rekrutmennya.

    Baca juga: Proses Rekrutmen Karyawan Lebih Mudah dengan Aplikasi HR

    Cara Membuat CV ATS Friendly

    Sampai di sini, apakah kamu sudah bisa mengetahui cara membuat CV ATS Friendly? Jika belum, yuk simak cara membuat CV ATS Friendly di bawah ini.

    1. Buat template CV yang sederhana

    Supaya CV yang kamu kirimkan lolos standar ATS, hindari penggunaan gambar, grafik, atau tabel di dalamnya. Selain itu, pilihlah font yang bisa terbaca oleh sistem ATS, seperti Times New Roman, Calibri, atau Garamond

    Jika kamu membuat CV ATS Friendly online, pilihlah template CV ATS Friendly Indonesia yang sederhana dan mudah dipahami agar CV yang kirim mendapatkan poin yang tinggi.

    2. Hindari desain yang terlalu mencolok

    Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan desain pada CV. Hindari pemilihan desain yang terlalu mencolok. Desain yang unik memang menarik perhatian, namun sayangnya, sistem ATS hanya bisa membaca CV dengan format yang rapi dan polos. Jadi, semakin membosankan CV yang kamu buat, semakin mudah mesin ATS akan membacanya.

    3. Menggunakan kata kunci untuk membuat CV ATS Friendly

    Karena sistem ATS ini akan menyaring para pelamar dengan menggunakan kata kunci tertentu, maka dengan pemilihan kata kunci yang relevan pada CV yang kamu buat, akan menarik perhatian sistem sehingga kamu bisa mendapatkan skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan CV lain yang tidak menggunakan kata kunci di dalamnya.

    Misalnya, untuk posisi staff administrasi, kata kunci yang akan dicari seperti “teliti”, “microsoft word”, atau “pembukuan” pada CV yang masuk. Itulah pentingnya kata kunci yang harus ada dalam CV ATS Friendly yang kamu buat.

    4. Pilih simbol poin atau angka pada CV ATS

    Bisa dibilang tampilan CV yang rapi, sistematis, dan sederhana merupakan tampilan yang paling baik untuk CV ATS Friendly. Kamu bisa menggunakan simbol poin dan angka untuk format CV ini agar mudah dibaca oleh sistem.

    5. Simpan CV ATS Friendly pada file yang tepat

    Umumnya, sistem ATS akan lebih mudah membaca file dengan format .doc. Hindari penyimpanan file dalam bentuk JPG, JPEG, atau PNG karena sistem tidak bisa membaca data berbentuk foto.

    Namun kamu juga harus memperhatikan format file yang diminta oleh perekrut. 

    6. Pilih format CV ATS yang sesuai

    Sistem pada ATS akan membaca data yang masuk dari sebelah kiri ke sebelah kanan, lalu dari atas ke bawah. Untuk itu, pastikan tata letak dan penulisannya disesuaikan dengan cara sistem membacanya. 

    Hindari penggunaan hiasan yang berlebihan dan pastikan untuk selalu menjaga kerapian dan kesederhanaan tampilan CV kamu. Dengan membedakan format CV yang ATS Friendly seperti ini akan memudahkan sistem membaca CV tersebut.

    Baca juga: Tips Memilih SDM yang Tepat Agar Bisnis Lebih Maju

    Contoh Template CV ATS Friendly

    Berikut ini adalah template CV yang ATS Friendly kamu bisa jadikan contoh untuk membuat CV ATS Friendly-mu sendiri.

    1. Contoh CV ATS Friendly Fresh Graduate


    Nike Fatimah

    Lulusan Institut Teknologi Bandung dengan predikat cumlaude jurusan Teknik Industri. Aktif dan berperan penting dalam aktivitas keorganisasian mahasiswa. Memiliki pengalaman magang sebagai sales engineer di perusahaan otomotif serta fasih berbahasa inggris.

    Lokasi: Bandung, Jawa Barat           Email: [email protected]          Linked In: Nike Fatimah


    Pengalaman Kerja dan Organisasi

    Sales Engineer Intern | PT. Otomotif ABC April 2020 - Januari 2021

    • Meningkatkan target penjualan sebanyak 5% dengan membangun relasi yang baik dengan customer lama dan baru

    • Berdiskusi dan merancang strategi penjualan bersama tim

    Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) | Institut Teknologi Bandung Februari 2019 -Februari 2020

    • Membuat keputusan dan mengkoordinasi seluruh anggota BEM

    • Bertanggung jawab terhadap setiap acara yang diselenggarakan

    • Memaksimalkan fungsi serta peran setiap pengurus untuk kinerja yang efektif dan efisien


    Riwayat Pendidikan

    Institut Teknologi Bandung

    Sarjana Teknik Industri

    • Juara 2 Lomba Jurusan Teknik Industri ITB 2020

    • Peraih Beasiswa ITB 2019-2020

    SMA ABC Merdeka

    Jurusan Matematika dan IPA

    Skills

    • Microsoft Power Point       

    • Microsoft Excel

    • Problem solving

    • Berpikir kritis

    Bahasa

    • Bahasa Indonesia

    • Bahasa Inggris - TOEFL 860

    • Bahasa Korea



    2. Contoh CV ATS Friendly Profesional

    Hengki Irawan

    HRD profesional dengan latar belakang lulusan S2 Psikologi Universitas Indonesia yang bertujuan membawa pengetahuan serta keterampilan bekerja selama 7 tahun seperti mengorganisir, serta menyusun strategi yang efektif untuk mengelola dan melindungi kebutuhan pekerja. Memahami kebutuhan psikologi manusia yang dapat membantu mengatasi masalah pekerja dari berbagai latar belakang.

    Jakarta, Indonesia

    [email protected]

    Pengalaman Kerja

    Staff HRD - PT. Plastik Surabaya

    Merancang job desk dan standar kualifikasi setiap posisi di perusahaan, serta membangun relasi yang baik antar pegawai juga meningkatkan kreativitas pegawai perusahaan melalui acara kekerabatan serta lomba antar pegawai.

    April 2014 - Mei 2021

    Customer Service - Gojek Indonesia

    Mendengarkan serta memberikan solusi kepada keluhan customer dengan penuh kesabaran dan pengertian. Memahami seluruh produk perusahaan dengan baik sehingga dapat memberikan keputusan yang tepat dalam waktu singkat.

    April 2012 - Januari 2014

    Riwayat Pendidikan

    2011 - 2013 

    Universitas Indonesia

    S2 Psikologi

    2007 -  2011 

    Universitas Diponegoro

    Bisnis Administrasi

    Skill 

    • Microsoft Word

    • Microsoft Power Point       

    • Microsoft Excel

    • Adobe Photoshop

    • Public Speaking

        Bahasa Asing

    • Bahasa Inggris - TOEFL 850

    • Mandarin - HSK 6

        Sertifikat

    • Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Tahun 2020

    • TOEFL 102 (Tahun 2020)

    • HSK 4 (Tahun 2021)

     

     

    3. Contoh CV ATS Friendly Bahasa Inggris

    Vina Wijaya | Social Media Marketing

    A creative and organized professional with 7+ years experience in Social Media Marketing. Experienced at copywriting and proficient at using analytical tools. Have a great interest in the latest social media’s best practice and new technology.

    Address: CIlandak No. 19, South Jakarta

    Email: [email protected]

    Work Experience

    Mar 2017 - Jul 2021    Social Media Marketing

                ABC Management

    1. Creating meaningful content for the viewers

    2. Raise followers to 50K in 5 months

    3. Increase engagement rating by up to 30% in 2 months

        Nov 2013 - Feb 2017    Social Media Marketing

                    XYZ Food Company

    1. Responsible for selecting KOL, influencers, and celebrities to be the company’s Brand Ambassador

    2. Hold social media campaign to promote healthy eating

    3. Brainstorming with the team for the company’s advertisement and social media content

    Education

    Petra Christian University

    Bachelor of Business Administration in Marketing Management

    August 2009 - August 2013

    Skills 

    • Google Analytics

    • Facebook Insight

    • Copywriting

    • Communication

    Languages

    • Bahasa Indonesia - Native

    • English - Professional 


     

    Kesimpulan

    Jadi, apa itu ATS Friendly CV ? ATS friendly CV adalah template CV yang didesain khusus agar pelamar kerja bisa lolos sistem Applicant Tracking System (ATS) yang digunakan oleh HRD di berbagai perusahaan besar. Dengan Applicant Tracking System, HRD dapat secara cepat menyeleksi kualifikasi seorang pelamar pada setiap lowongan pekerjaan yang dibutuhkan.

    Apakah CV ATS harus menggunakan bahasa Inggris ? ATS saat ini kebanyakan hanya bisa membaca bahasa Inggris. Selain itu, penulisan heading untuk CV ATS-friendly harus standar dan sederhana. Pastikan CV kamu terbebas dari typo. Baca kembali keseluruhan isi CV sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan. 

    Lalu, kapan harus memakai CV ATS ? Saat melamar pekerjaan melalui job portal atau web perusahaan-perusahaan besar, disarankan mengirimkan CV ATS-friendly. Dengan CV ATS-friendly, perekrut akan lebih mudah membaca serta mempertimbangkan skill dan pengalaman yang dicantumkan.

    Apabila kamu ingin membuat CV yang ATS Friendly, pakailah kata kunci yang relevan. Kamu tidak perlu menyisipkan gambar atau foto, memperjelas singkatan, atau menggunakan tabel. Hal ini dilakukan guna menghindari kegagalan sistem dalam membaca CV yang kamu kirimkan.

    Apa bedanya CV ATS dan CV biasa ? Perbedaan mendasar dari kedua format CV ini adalah tujuannya. CV ATS Friendly dibuat dengan tujuan agar mudah terbaca oleh aplikasi ATS, maka CV biasa atau CV kreatif dibuat dengan tujuan agar terlihat menarik dan terlihat berbeda dari pelamar lainnya.

    Semoga artikel tips membuat CV ATS friendly dari majoo membuatmu semakin percaya diri saat melamar pekerjaan impianmu, ya!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.