Franchise Minuman Kekinian Dibawah 5 Juta untuk Pemula

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Franchise minuman kekinian dibawah 5 juta dapat menjadi pilihan bisnis yang menarik

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa memilih franchise minuman kekinian? Franchise adalah salah satu cara terbaik untuk memulai usaha sendiri tanpa perlu mulai dari nol. Dengan sistem franchise, kamu bisa mengambil manfaat dari brand yang sudah terkenal, pelatihan dan dukungan dari perusahaan pusat, dan peluang untuk menjalankan bisnis kamu sendiri dengan investasi yang lebih rendah.


Minuman kekinian, baik itu bubble tea, kopi susu kekinian, atau minuman manis lainnya, selalu menjadi tren. Orang-orang selalu mencari minuman baru dan unik untuk dicoba. Dengan menjadi bagian dari franchise minuman kekinian, kamu bisa memanfaatkan tren ini untuk membangun bisnis yang sukses.

Franchise Minuman Kekinian Dibawah 5 Juta: Apa Saja Pilihannya?

Dalam menjalankan usaha, modal menjadi salah satu hal yang kerap kali menjadi pertimbangan. Namun, bukan berarti dengan modal minim kamu tidak bisa memulai usaha, terutama di bidang kuliner seperti minuman kekinian. Berikut ini beberapa pilihan franchise minuman kekinian dibawah 5 juta yang bisa kamu coba:

Franchise Bubble Tea

Bubble tea atau teh boba kini menjadi tren minuman kekinian yang digemari banyak kalangan, mulai dari anak muda hingga dewasa. Selain rasanya yang lezat, variasi topping seperti pearl, puding, hingga jelly membuat minuman ini semakin diminati. Banyak brand bubble tea yang menawarkan paket franchise dengan modal awal di bawah 5 juta rupiah. Dengan modal minim tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan peralatan yang diperlukan, bahan-bahan pembuatan bubble tea, hingga pelatihan cara membuatnya.

Contoh Brand Bubble Tea

Sebagai referensi, kamu bisa melirik brand-brand seperti "Boba Kuy" atau "DusDusan" yang menawarkan paket franchise dengan modal awal yang terjangkau. Jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu, seperti melihat review dari konsumen dan bagaimana dukungan dari brand tersebut kepada para franchisenya.

Franchise Kopi Susu Kekinian

Kopi susu kekinian juga menjadi salah satu minuman yang paling digemari. Karena itu, menjalankan franchise kopi susu kekinian bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Banyak brand kopi susu yang menawarkan paket franchise dengan modal dibawah 5 juta rupiah. Dengan modal tersebut, kamu akan mendapatkan mesin kopi, bahan-bahan untuk membuat kopi, dan pelatihan cara pembuatan kopi yang enak dan sesuai dengan selera pasar.

Contoh Brand Kopi Susu Kekinian

Beberapa brand kopi susu kekinian yang bisa kamu pertimbangkan antara lain "Kopi Kenangan", "Janji Jiwa", atau "Upnormal Coffee". Sekali lagi, lakukan riset tentang review konsumen dan dukungan yang diberikan brand tersebut sebelum memutuskan untuk bermitra dengan mereka.

Meski bubble tea dan kopi susu tengah menjadi tren, ada berbagai pilihan franchise minuman kekinian lainnya yang bisa kamu pertimbangkan dengan modal di bawah 5 juta. Berikut ini beberapa contohnya:

Franchise Minuman Sehat

Minuman sehat kini semakin digemari oleh masyarakat, terutama oleh mereka yang sedang menjalani gaya hidup sehat. Ada berbagai macam minuman sehat yang bisa kamu jadikan pilihan, seperti jus buah, smoothie, hingga minuman berbahan dasar tumbuhan seperti matcha atau kunyit.

Contoh Brand Minuman Sehat

Beberapa contoh brand franchise minuman sehat dengan modal di bawah 5 juta antara lain "SehatQ Juice" yang menawarkan aneka jus buah segar dan "Smoothie Factory" yang menyajikan aneka smoothie buah.

Franchise Teh Tradisional

Teh tradisional, seperti teh tarik atau teh poci, bisa menjadi pilihan franchise minuman kekinian dengan modal minim. Meski merupakan minuman tradisional, teh ini tetap memiliki pasar yang luas dan digemari oleh berbagai kalangan.

Contoh Brand Teh Tradisional

Untuk franchise teh tradisional, kamu bisa melihat brand seperti "Teh Tarik Mas Agus" atau "Teh Poci Mbak Sri". Dengan modal di bawah 5 juta, kamu sudah bisa memulai usaha franchise teh tradisional ini.

Franchise Minuman Dessert

Minuman dessert seperti milkshake atau es krim float juga bisa menjadi pilihan franchise minuman kekinian. Minuman ini selalu menjadi favorit bagi banyak orang, baik untuk dinikmati saat cuaca panas maupun hanya sekedar penghilang dahaga.

Contoh Brand Minuman Dessert

Beberapa brand franchise minuman dessert yang bisa kamu pertimbangkan antara lain "Shake Break" yang menawarkan aneka milkshake dan "Float Inc" yang menawarkan aneka minuman dengan topping es krim.


Dengan berbagai pilihan franchise minuman kekinian dibawah 5 juta ini, kamu memiliki banyak opsi untuk memulai usaha di bidang minuman. Pilihlah yang paling sesuai dengan passion dan target pasar kamu. 

Tips Sukses menjalankan Franchise Minuman Kekinian

Memiliki franchise minuman kekinian memang terdengar menarik. Namun, ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan agar usaha tersebut bisa berjalan sukses.

Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis franchise minuman kekinian. Pilihlah lokasi yang mudah diakses dan ramai dikunjungi banyak orang. Hal ini akan membantu meningkatkan visibilitas usaha kamu dan menarik lebih banyak pelanggan.

Jaga Kualitas Produk

Tidak peduli seberapa bagus lokasi dan promosi yang kamu lakukan, jika kualitas produk minuman kamu tidak baik, pelanggan tidak akan kembali. Oleh karena itu, selalu jaga kualitas minuman yang kamu jual. Pastikan selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas dan menjaga kebersihan tempat usaha.

Latihan dan Inovasi

Jangan lupa untuk terus menerus belajar dan mengasah skill dalam membuat minuman. Jika kamu mendapatkan pelatihan dari brand franchise, manfaatkan sebaik mungkin. Selain itu, jangan takut untuk melakukan inovasi dengan menciptakan varian minuman baru yang menarik.

Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang baik bisa membuat pelanggan merasa dihargai dan membuat mereka ingin kembali lagi. Mulailah dengan menyapa pelanggan dengan ramah, mendengarkan pesanan mereka dengan baik, hingga menyajikan minuman dengan cepat dan tepat.

Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Media sosial bisa menjadi alat promosi yang efektif untuk bisnis franchise minuman kekinian. Kamu bisa memposting foto minuman yang menarik, promo-promo menarik, atau bahkan ulasan positif dari pelanggan. Ini bisa membantu menarik minat calon pelanggan baru dan memperkuat brand awareness usaha kamu.

Konsisten dalam Manajemen

Bisnis, termasuk franchise minuman kekinian, membutuhkan konsistensi. Mulai dari menjaga kualitas produk, pelayanan, hingga manajemen usaha, semua harus dilakukan secara konsisten. Dengan begitu, pelanggan akan selalu mendapatkan pengalaman terbaik setiap kali berkunjung ke tempat usaha kamu.

Sebagai pemilik usaha, penting untuk memantau kinerja bisnismu dari mana saja. Kamu dapat gunakan aplikasi owner Majoo untuk mengelola bisnis dengan lebih efisien! Dapatkan solusi komprehensif untuk mengontrol dan memantau berbagai aspek bisnis. Mulai dari analisis data, manajemen keuangan, hingga pengelolaan tim kerja!


Dengan berbagai pilihan franchise minuman kekinian dibawah 5 juta ini, siapa bilang jika usaha kuliner memerlukan modal besar? Asalkan kamu telaten dan konsisten, franchise minuman kekinian bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.


Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan usaha franchise minuman kekinian dibawah 5 juta yang kamu jalankan bisa berjalan sukses. Ingatlah bahwa setiap usaha butuh proses, jadi jangan mudah menyerah dan teruslah berusaha!

Tantangan Menjalankan Franchise Minuman Kekinian Dibawah 5 Juta

Memulai bisnis franchise minuman kekinian dengan modal di bawah 5 juta rupiah mungkin terdengar menjanjikan

Memulai bisnis franchise minuman kekinian dengan modal di bawah 5 juta rupiah mungkin terdengar menjanjikan. Namun, seperti halnya bisnis lainnya, ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi. Berikut ini beberapa tantangan tersebut:

Persaingan yang Ketat

Salah satu tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis franchise minuman kekinian adalah persaingan yang cukup ketat. Banyaknya brand dan jenis minuman kekinian di pasaran bisa membuat konsumen memiliki banyak pilihan, dan ini bisa berdampak pada penjualan minuman kamu.

Mengatasi Persaingan

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu memiliki strategi pemasaran yang baik. Selain itu, memilih lokasi yang strategis dan menjaga kualitas minuman juga sangat penting.

Perubahan Selera Konsumen

Selera konsumen terhadap minuman kekinian bisa berubah-ubah seiring dengan tren yang ada. Jika kamu tidak bisa mengikuti tren tersebut, bisa jadi penjualan minuman kamu akan menurun.

Mengikuti Tren Konsumen

Untuk mengatasi tantangan ini, kamu perlu selalu update dengan tren minuman kekinian yang sedang hits di pasaran. Kamu juga bisa melakukan inovasi dengan menciptakan varian minuman baru yang sesuai dengan tren tersebut.

Manajemen yang Belum Teruji

Dengan modal di bawah 5 juta, mungkin beberapa franchise minuman kekinian yang kamu pilih adalah franchise baru yang manajemennya belum teruji. Ini bisa menjadi tantangan karena ada kemungkinan sistem manajemen dari brand tersebut belum terlalu baik.

Evaluasi Manajemen

Untuk mengatasi tantangan ini, kamu perlu melakukan evaluasi dan penyesuaian secara berkala. Jika perlu, kamu bisa meminta bantuan konsultan bisnis untuk membantu memperbaiki sistem manajemen usaha kamu.


Menjalankan franchise minuman kekinian dibawah 5 juta memang tidak selalu mudah dan menghadirkan beberapa tantangan. Namun, dengan persiapan dan strategi yang tepat, kamu bisa mengatasi tantangan tersebut dan menjalankan usaha dengan sukses.

Peluang Bisnis Franchise Minuman Kekinian Dibawah 5 Juta di Indonesia

Franchise minuman kekinian dengan modal di bawah 5 juta menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. Berikut ini beberapa alasan mengapa peluang tersebut cukup besar:

Minat Konsumen yang Tinggi

Minuman kekinian memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi generasi muda. Baik itu bubble tea, kopi susu, minuman sehat, hingga minuman tradisional dalam format kekinian, semuanya memiliki pasar yang cukup luas.

Modal yang Terjangkau

Dengan modal di bawah 5 juta, franchise minuman kekinian menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memulai bisnis namun dengan modal yang terbatas. Hal ini membuka peluang bagi lebih banyak orang untuk menjadi pengusaha di bidang ini.

Efisiensi Biaya

Meski modalnya terjangkau, beberapa franchise minuman kekinian tersebut sudah menyertakan paket lengkap, mulai dari peralatan, bahan baku, hingga pelatihan. Ini tentu saja menjadi nilai plus tersendiri.

Tren Gaya Hidup Sehat

Tren gaya hidup sehat yang kini sedang digemari banyak orang juga membuka peluang bagi franchise minuman kekinian yang berkonsep sehat. Mulai dari jus buah, smoothie, hingga teh herbal, semuanya memiliki potensi pasar yang besar.

Dukungan Brand

Franchise biasanya sudah didukung oleh brand yang cukup dikenal. Hal ini bisa membantu dalam membangun kepercayaan konsumen dan menarik lebih banyak pelanggan.


Meski peluangnya cukup besar, memulai bisnis franchise minuman kekinian tetap membutuhkan persiapan dan strategi yang matang. Jadi, pastikan kamu sudah melakukan riset pasar dan perencanaan yang baik sebelum memutuskan untuk memulai bisnis ini.


Menjalankan franchise minuman kekinian dibawah 5 juta bisa menjadi peluang bisnis yang menarik dan menguntungkan. Dengan pilihan brand yang beragam, dari bubble tea hingga kopi susu kekinian, ada banyak peluang untuk sukses. Selain itu, dengan tips dan trik yang tepat, kamu bisa memastikan bisnis franchise kamu berjalan lancar dan sukses. Jadi, tunggu apa lagi? Mulai bisnis franchise minuman kekinian kamu sekarang!


Sumber Data:

  • https://kumparan.com/berita-bisnis/bisnis-franchise-di-bawah-5-juta-cek-daftarnya-di-sini-207SbOlPTmn/full
  • https://store.sirclo.com/blog/bisnis-franchise-di-bawah-5-juta/
  • https://evermos.com/home/panduan/franchise/modal/5-juta/
  • https://unsplash.com/s/photos/boba-tea

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo