Table of Content

    11 Rekomendasi Franchise Minuman 2022 Terlaris

    Kopi Kenangan adalah salah satu merek dari franchise minuman yang sedang digemari masyarakat

    Beberapa tahun belakangan ini, bisnis franchise minuman mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia. Jenis minuman yang dijual di franchise ini pun beragam, mulai dari macam-macam Thai tea, es kopi susu, cheese tea, sampai berbagai minuman dengan campuran boba dan berbagai pilihan topping

    Alasan kenapa bermacam minuman kekinian digemari masyarakat, yang pertama mungkin karena sesuai dengan cuaca dan iklim tropis di Indonesia, sehingga minuman dingin, segar, dan cenderung manis menjadi pilihan yang tepat.

    Kedua, masyarakat Indonesia juga dikenal suka mengikuti tren apa saja yang booming di pasaran. Mulai dari tren fashion, hobi, olahraga, sampai ke makanan atau minuman kekinian ini. 

    Jika dilihat dari segi bisnis, masyarakat Indonesia memang bisa dijadikan sebagai target pasar yang tepat. Bisnis franchise minuman yang menjanjikan keuntungan dalam jumlah besar, bertemu dengan konsumen yang gemar mencoba hal baru, adalah combo profit bagi pebisnis.

    Namun, sebenarnya seperti apa sih konsep yang diterapkan dalam franchise minuman tersebut? Kenapa sampai sekarang semakin banyak outlet baru bermunculan? Apa saja tips membangun bisnis franchise yang bisa kamu pelajari dari beberapa merek minuman kekinian ini? 

    Apa itu Franchise

    Dalam bahasa Indonesia, franchise disebut dengan waralaba. Waralaba merupakan gabungan dari dua kata, yaitu wara yang artinya lebih, dan laba yang berarti keuntungan. 

    Secara umum, franchise atau waralaba adalah salah satu metode bisnis dengan cara memperluas dan mendistribusikan produk atau barang dengan lisensi dagang. 

    Sederhananya, franchise dilakukan dengan cara membuka bisnis menggunakan nama, produk, bahan, sampai merek dagang yang sudah ada sebelumnya. Jika kamu membuka sebuah franchise, kamu perlu membayar biaya awal dan royalti kepada pemilik merek untuk menggunakan merek, logo, bahan, dan sistem dagangnya. 

    Franchise dianggap sebagai metode bisnis yang tepat bagi pebisnis pemula yang baru saja belajar tentang membangun dan mengelola bisnis. Franchise bisa meminimalisir risiko kegagalan terjadinya kerugian karena minim pengetahuan tentang bisnis. 

    Melalui franchise, kamu akan mendapatkan pelatihan, dukungan dalam banyak bentuk, promosi dan pemasaran yang diadakan secara kontinyu, dan sebagainya. 

    Bentuk franchise yang sering digunakan ada dua macam. Pertama, pemilik franchise menjual dan melisensikan hak untuk merek dagang tertentu. Kedua, franchise yang formatnya bisnis, yaitu pemilik bisnis menyediakan layanan dan dukungan sepenuhnya dalam berbagai bentuk kepada pemilik franchise

    Jenis-jenis Franchise

    Jika dilihat dari asalnya, ada dua jenis franchise yang mungkin sudah sering kamu lihat dan temukan.

    1. Franchise Dalam Negeri

    Sesuai namanya, franchise ini murni berasal dari dalam negeri alias Indonesia. Banyak pebisnis yang sudah mencoba metode ini karena dirasa tepat bagi pebisnis pemula yang belum paham benar bagaimana cara mengelola bisnis.

    2. Franchise Asing atau Luar Negeri

    Dari segi sistem dan mekanisme bisnis, franchise asing sebenarnya lebih diminati oleh para pebisnis. Sistemnya lebih jelas dan terarah, selain itu mereknya pun sudah lebih banyak dikenal luas oleh masyarakat. 

    Baca Juga: 4 Bidang UMKM yang Meraih Sukses Sepanjang Tahun 2021

    Menariknya Franchise Minuman

    Salah satu jenis franchise yang sedang booming dan banyak dilirik adalah franchise minuman. Ada beberapa merek yang mungkin juga sudah kamu kenal, seperti Kopi Kenangan, Janji Jiwa, Kulo, Kopi Yor, dan masih banyak lagi. 

    Di Indonesia, macam-macam minuman kekinian seperti ini sudah digemari sebagai salah satu jenis jajanan. Jadi, jajanan sekarang bukan hanya dalam bentuk makanan saja, melainkan juga minuman. Ada yang membelinya untuk menemani jalan-jalan, ada yang membelinya sebagai teman kerja di rumah, bahkan membeli dalam jumlah banyak untuk acara keluarga atau bersama teman pun ada. 

    Intinya, masyarakat Indonesia menyambut dengan baik sekali hadirnya franchise minuman tersebut. Tidak salah bila akhirnya banyak pebisnis yang memanfaatkan peluang ini sebagai cara untuk mendapatkan cuan. 

    Baca Juga: Pahami! Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha 2022

    Salah satu franchise minuman yang memiliki banyak penggemar adalah minuman boba

    Rekomendasi Franchise Minuman

    Sekarang, mari kita berkenalan dengan macam-macam franchise minuman yang ada di Indonesia, yang mereknya pasti sudah sangat akrab di telinga kamu.

    Franchise Minuman Kopi Kenangan

    Bisa dibilang, Kopi Kenangan adalah salah satu gerai kopi yang terbesar di Indonesia saat ini. Bahkan, Kopi Kenangan merupakan bisnis minuman unicorn pertama yang memiliki outlet di hampir seluruh wilayah Indonesia. 

    Sejak hadir tahun 2017 lalu, Kopi Kenangan bukan cuma hadir di mall atau pusat perbelanjaan, banyak outlet mereka yang hadir di SPBU dan menjadikannya lebih mudah untuk dijangkau oleh para konsumen. 

    Bila kamu ingin menjadi salah seorang dari bagian manajemen Kopi Kenangan, kamu perlu memiliki saham di sini. Artinya kamu perlu mempersiapkan modal dengan jumlah yang lebih besar daripada franchise pada umumnya.

    Franchise Minuman Janji Jiwa

    Perlu diakui bahwa es kopi susu made in Janji Jiwa memang memiliki rasa yang khas dan mungkin paling pas di lidah orang Indonesia. Ditambah dengan harga yang sangat terjangkau, membuat Janji Jiwa sukses hadir dengan 800 gerai di Indonesia sejak berdirinya di tahun 2018.

    Menurut kabar yang beredar, cara franchise minuman Janji Jiwa adalah dengan menyediakan modal awal sampai dengan Rp115 juta. Cukup besar juga ya. Kenapa sampai sebesar itu nominalnya? 

    Alasan utamanya adalah karena pihak Janji Jiwa memiliki kualifikasi khusus untuk outlet dan booth yang digunakan. Estimasi biaya yang diperlukan untuk desain outlet dan booth itu saja diperkirakan bisa menyentuh angka Rp30 juta. Namun, rasanya akan sebanding dengan keuntungan yang bisa didapatkan. 

    Ada 2 paket kemitraan yang ditawarkan oleh Janji Jiwa bila kamu ingin bergabung menjadi pemilik franchise minuman ini. 

    Paket Standar

    Modal awal yang dibutuhkan Rp70 juta (Ada refundable deposit yang akan dikembalikan saat masa kontrak habis). Paket ini terdiri atas:

    • Lisensi dagang Janji Jiwa
    • Perlengkapan pembuatan produk
    • Seragam Janji Jiwa
    • Pelatihan dan buku SOP
    • Desain booth standar dari Janji Jiwa
    • Peralatan hot menu

    Paket ini tidak menyediakan bahan baku dan peralatan besar seperti freezer, kulkas, ataupun gadget untuk kasir. 

    Paket Lengkap 

    Biaya awal sebesar Rp105 juta (Refundable deposit Rp5 juta saat masa kontrak berakhir). Semua yang didapatkan pada paket standar juga akan didapatkan di paket ini, ditambah dengan peralatan besar seperti kulkas, freezer, dan gadget untuk kasir. Item yang tidak didapatkan hanyalah bahan baku.

    Baca Juga: Pentingnya Memahami Manfaat Laporan Keuangan

    Franchise Minuman Es Teh Indonesia

    Sedikit bergeser ke franchise minuman selain kopi, ada Es Teh Indonesia. Es Teh Indonesia adalah merek minuman milik seorang pengusaha bernama Haidhar Wurjanto. Menurut Haidhar, saat awal berdirinya merek ini, dia tidak langsung menyertakan paket kemitraan. Baru pada tahun 2019, paket kemitraan Es Teh Indonesia hadir hingga akhirnya saat ini ada kurang lebih 250 outlet di seluruh wilayah Indonesia. 

    Paket kemitraan yang ditawarkan oleh Es Teh Indonesia membuka harga sebagai modal awal di angka Rp120 juta. Bila kamu mengambil paket kemitraan ini, kamu akan mendapatkan bahan baku, perlengkapan, dan juga franchise fee. Namun bila kamu meminta paket lengkap dengan desain tempat, biaya sewa, dan renovasi, nominal modal yang perlu kamu siapkan bisa menyentuh angka Rp200 juta sampai dengan Rp250 juta. 

    Dengan iming-iming omzet sebesar Rp5 juta per hari, sepertinya franchise minuman yang satu ini layak dicoba. 

    Franchise Minuman Xi BoBa

    Tidak bisa dimungkiri, Xi BoBa adalah franchise minuman yang mungkin bukan hanya disukai oleh kalangan muda, tapi juga anak-anak. Penyebabnya apa? Ya tentu saja karena bobanya itu. 

    Xi BoBa mungkin memang bukanlah pelopor minuman dengan tambahan BoBa di dalamnya, namun Xi BoBa bisa dikatakan sebagai outlet yang hampir tidak pernah sepi pembeli. Baik yang membeli langsung maupun order online. Salah satu alasannya juga karena harganya yang hanya sekitar Rp18 ribu sampai dengan Rp24 ribu saja dengan banyak varian menu yang bisa dipilih.

    Satu hal yang sangat fantastis adalah ada kabar yang menerangkan bahwa cara franchise minuman Xi BoBa bisa dimulai dengan modal awal tidak lebih dari Rp10 juta, alias Rp9,9 juta saja. Sangat terjangkau. Dengan modal itu, kamu sudah bisa mendapatkan berbagai peralatan untuk memulai usaha. 

    Pada laman resmi Xi BoBa, ada proposal paket kemitraan yang mereka unggah dan menyebutkan bahwa investasi awal yang perlu kamu siapkan hanyalah sebesar Rp8,5 juta saja. Dengan estimasi omzet per bulan mencapai Rp7 juta. 

    Baca Juga: Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu

    Franchise Minuman Kopi Lain Hati

    Kopi Lain Hati adalah gerai franchise minuman milik artis Ririn Ekawati yang gerainya bisa kamu temukan di banyak lokasi di Indonesia, dengan jumlah total 500 outlet. 

    Salah satu ciri khas kopi kekinian ini terletak pada konsep produk yang dipasarkan. Memiliki nama ‘Lain Hati’, menu Kopi Lain Hati menggunakan nama-nama yang berkaitan dengan relationship antar muda-mudi. Misalnya, es Kopi Lain Hati, es kopi Gemas, es kopi Valakor, es kopi Ketus, es kopi Cemburu, es Sakit Hati, es susu Kenyal, es Lekat, es Cuek.

    Kopi Lain Hati juga menawarkan paket kemitraan jika kamu tertarik untuk memulai usaha ini. Paket yang ditawarkan dengan biaya Rp75 juta di awal dan pembayaran royalti keuntungan sebesar Rp1,5 juta per bulan.

    Dari paket tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan:

    • Grinder
    • Timbangan
    • Rok presso
    • Sealer cup
    • Gelas takar
    • Kompor listrik
    • Shaker
    • Blender
    • Teko termometer
    • Jug stainless susu
    • Seragam (untuk karyawan)

    Ditambah dengan biaya renovasi dan desain booth standar sebesar Rp25 juta dan biaya lain-lain Rp5 juta, maka total yang perlu kamu bayarkan di awal adalah Rp105 juta. 

    Baca Juga: 5 Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia

    Franchise Minuman Fore Coffee

    Fore Coffee bisa dibilang adalah salah satu gerai kopi kekinian yang berani memasang harga tinggi pada paket kemitraannya. Tanpa menyebut nominalnya secara spesifik, Co-founder mereka, menyatakan bahwa investasi awal yang diperlukan tidak akan sampai di angka Rp1 M. 

    Angka ini dinilai layak, karena nantinya franchise Fore Coffee bukan hanya menjual produk minuman saja, melainkan juga produk sandwich a la minute sebagai makanan pendamping. 

    Meski baru berdiri di tahun 2020 lalu, Fore Coffee memang sudah membuktikan kredibilitasnya, dengan mendirikan lebih dari 120 outlet di beberapa wilayah di Indonesia. 

    Franchise Minuman Kulo

    Kedai Kopi Kulo adalah franchise minuman atau waralaba milik Kulo Group. Perusahaan yang memang sudah lama malang melintang di dunia kuliner Indonesia. Beberapa produk franchise lainnya yaitu Pocchajjang Korean BBQ, Kitamura Shabu Shabu, Warung Sambal, dan Xi BoBa.

    Gerai Kulo yang pertama berlokasi di daerah Cikajang, Jakarta Selatan dan resmi berdiri pada Desember 2017. Founder-nya, Michelle Sulistyo, mengaku bahwa di awal membuka kedai mereka bahkan hanya mampu menjual tidak sampai 10 cup per hari.

    Keadaan ini tentunya sudah berubah sekarang, sebagai bukti, ada kurang lebih 300 gerai outlet Kulo di Indonesia. Estimasi biaya yang kamu butuhkan jika ingin bergabung dengan Kulo adalah kurang lebih Rp150 juta. Pihak Kulo sendiri tidak pernah merilis resmi informasi ini, namun beberapa kabar didapatkan dari para franchisee mereka. Dengan biaya itu, kamu mendapatkan lisensi dagang, renovasi booth standar, dan juga bahan baku. Jika kamu ingin menambah dengan sewa lokasi dan biaya operasional lainnya, akan dikenakan hitungan tambahan pula. 

    Franchise Minuman Kopi Yor

    Kopi Yor adalah franchise minuman kekinian yang cukup berani tampil beda dengan pilihan menunya. Kalau selama ini kamu mengenal beberapa pilihan minuman kopi dengan campuran susu, es, atau brown sugar, Kopi Yor menambahkan kopyor ke dalamnya. 

    Kopi Yor juga hadir dengan paket kemitraan yang memberikan penawaran modal awal sebesar Rp75 juta, sudah termasuk lisensi dagang Kopi Yor untuk 3 tahun ke depan. 

    Apa saja yang bisa kamu dapatkan dari paket tersebut? 

    • Perlengkapan membuat produk Kopi Yor
    • Coffee Machine
    • Cup sealer
    • Coffee maker akebono
    • Tablet Android
    • Cash Drawer
    • Printer pos dan sistem
    • Grinder kopi
    • Cooler box

    Selain itu, kamu juga akan mendapatkan modul pelatihan dan SOP, seragam karyawan, dan bahan baku untuk kurang lebih 300 cups. 

    Franchise Minuman HAUS Indonesia

    Dengan adanya kurang lebih 50 outlet di Indonesia saat ini, Haus Indonesia atau yang lebih dikenal dengan HAUS! menawarkan paket kemitraan dengan kisaran modal awal sebesar Rp120 juta. sampai dengan Rp200 juta. Jika dibandingkan dengan harga paket kemitraan dari kompetitor franchise minuman lainnya, harga ini masih terbilang wajar dan masuk akal ya. 

    HAUS! juga membuka kerja sama dalam bentuk pembagian hasil 50:50 dengan tim dari mereka yang akan membimbing langsung pengelolaan outlet. Dari berbagai sumber informasi, bisa disimpulkan jika kamu bergabung menjadi franchise di sini, waktu yang kamu butuhkan untuk balik modal adalah kurang lebih 1,5 tahun, meskipun banyak juga yang sudah balik modal kurang dari setahun. 

    Franchise Minuman Kopi Soe

    Kopi Soe dikenal dengan menu kopi susu dan campuran rum dan regalnya yang aduhai. Bukan hanya itu, selain namanya yang unik, pilihan menu yang anti-mainstream, dan kampanye ramah lingkungan yang mereka gaungkan, membuat merek yang satu ini mempunyai nilai lebih di mata masyarakat.

    Sejak awal berdiri, Kopi Soe memang sudah dibuat dengan paket kemitraan. Saat ini sudah ada lebih dari 200 outlet Kopi Soe di 24 provinsi dan lebih dari 80 kota di Indonesia. 

    Tidak banyak informasi yang bisa didapatkan mengenai franchise minuman Kopi Soe, bahkan pada laman resmi mereka. Namun, menurut kabar yang beredar, biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp100 juta sampai dengan Rp150 juta. Biaya ekstra mungkin kamu perlukan sebagai biaya pemasaran dan promo, karena Kopi Soe juga dikenal dengan promosinya yang luar biasa, baik untuk pembelian langsung di outlet maupun melalui aplikasi online. 

    Tips Membangun Bisnis Franchise

    Setelah melihat dan mengetahui informasi dari beberapa outlet franchise minuman tadi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan pikirkan ulang sebelum memulai bisnis franchise. Hal ini untuk menghindari kegagalan (ya, franchise juga bisa gagal) dan membantu kamu lebih pandai mengelola franchise

    Berikut beberapa tips membangun bisnis franchise yang bisa kamu terapkan.

    Kenali dengan benar apa itu franchise

    Sebelum memulai bisnis franchise, kamu perlu mengenal dengan baik apa dan bagaimana konsep bisnis franchise tersebut. Bagaimana menjalankannya, sistem kerjanya, sampai perhitungan modal dan keuntungannya. 

    Pastikan franchise yang kamu pilih memiliki ciri khas

    Kenapa harus memiliki ciri khas? Tentu saja agar bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya. Bisnis yang baik adalah yang unik, penuh ide kreatif dan inovatif. Ciri khas inilah yang akan menjadi sesuatu yang diingat oleh para konsumen nantinya. 

    Pastikan mendapat dukungan dari mitra bisnis dan pemilik merek

    Tips membangun bisnis franchise berikutnya adalah dengan memastikan bahwa selama masa kontrak berjalan, kamu mendapatkan support atau dukungan penuh, baik dari pemilik merek dagang tersebut, maupun dari mitra bisnis lainnya. 

    Adanya Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dan izin usaha

    Jangan pernah menganggap remeh peranan izin usaha. Pastikan hal ini sudah diurus oleh pemilik merek tersebut secara resmi sah menurut hukum yang berlaku. Ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. 

    Selain itu, periksa juga mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). HAKI mencakup hak merek, hak paten, dan juga hak cipta. 

    Membuat laporan keuangan bisnis secara rutin dan cermat

    Sebenarnya, apapun bentuk bisnis yang kamu jalankan, termasuk franchise minuman, laporan keuangan adalah hal yang memiliki peranan sangat penting. Pencatatan transaksi, pembukuan rutin, laporan stok barang, dan sebagainya berpengaruh pada jalannya bisnis. 

    Ada banyak contoh bisnis yang gagal mempertahankan usahanya hanya karena tidak pandai mengelola keuangan dan membuat laporan keuangan dengan rutin dengan rinci. Padahal jika kamu memiliki catatan dan laporan keuangan yang baik, kamu bisa melakukan analisis bisnis dan melihat berapa keuntungan atau kerugian yang kamu dapatkan, untuk kemudian menentukan langkah bisnis yang perlu diambil berikutnya. 

    Kamu pasti tidak ingin bisnis yang kamu jalankan gagal di tengah jalan hanya karena lalai membuat laporan keuangan kan? Apakah selama ini kamu menganggap membuat laporan keuangan adalah hal yang rumit dan membingungkan? Di sisi lain, kamu merasa kurang mampu mempekerjakan seorang akuntan untuk membantumu dalam hal ini?

    Tidak perlu khawatir, sekarang sudah ada aplikasi keuangan seperti majoo yang akan membantu kamu mengatasi masalah pencatatan transaksi dan laporan keuangan ini. majoo memberikan layanan fitur aplikasi kasir dan aplikasi owner yang bisa melakukan pencatatan transaksi secara otomatis, sehingga bisa mengurangi kesalahan catat seperti yang biasa terjadi pada pencatatan manual.

    Aplikasi inventory dari majoo juga bisa membantu kamu melakukan pengecekan stok barang dan bahan baku untuk bisnis. Tidak akan ada lagi drama kesalahan hitung atau selisih stok barang antara catatan dan jumlah barang di gudang. Semuanya akan tercatat dan terdokumentasi dengan baik dan rapi. Yuk, berlangganan majoo sekarang!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kenali Apa Itu CV ATS Friendly
    CV ATS Friendly adalah CV yang secara otomatis dapat disortir melalui sebuah aplikasi yang disebut ATS. Lalu, bagaimana membuat CV ATS Friendly yang baik?
    NPV adalah: Rumus, Contoh, dan Cara Menghitung
    Tidak hanya bermanfaat untuk menganalisis untung rugi, perhitungan NPV juga akan sangat membantu dalam menyusun perencanaan keuangan perusahaan.
    Bisnis Proposal atau Proposal Bisnis? Mana yang Benar?
    Apa itu bisnis proposal? Apakah sama dengan proposal bisnis? Sebelum membuatnya, pahami pengertian dan ciri-ciri proposal bisnis lebih dulu.
    Bank Digital adalah Kebutuhan Masyarakat Saat Ini. Kok Bisa?
    Bank digital adalah transformasi layanan perbankan dari luring menjadi daring. Kemunculannya semakin marak di Indonesia. Mau jadi nasabahnya?