Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Iklan Baris

    Iklan baris adalah iklan singkat dalam kolom surat kabar.

    Apakah kamu terbiasa membaca koran? Jika iya, kamu tentu familier dengan kolom iklan baris yang biasa ada di koran. Iklan baris adalah salah satu cara yang lazim dilakukan untuk mempromosikan barang atau jasa.

    Dalam istilah bahasa Inggris, iklan jenis ini disebut classified advertising. Mengingat tulisan yang dijadikan classified advertising sangat singkat, jenis iklan yang satu ini dianggap sebagai cara unik untuk mempromosikan suatu produk.

    Untuk memahami perbedaannya dengan iklan di televisi, media sosial, dan lain-lain, mari cermati ulasan berikut ini!

    Baca juga: Iklan Komersial: Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Contohnya

    Iklan Baris Adalah…

    Apabila merujuk pada KBBI, definisi classified advertising atau iklan baris adalah iklan kecil atau singkat yang hanya terdiri dari beberapa baris saja dalam sebuah kolom.

    Ternyata, iklan yang satu ini merupakan salah satu jenis iklan yang pertama kali dikenal oleh masyarakat Indonesia.

    Karena karakternya yang unik, classified advertising memang memiliki target audiens yang cukup spesifik. Hanya prospek atau calon-calon konsumen yang tertarik saja yang mengamati iklan ini, misalnya para broker atau makelar. 

    Adapun pemuatan iklan ini di surat kabar didasari oleh beberapa tujuan. Pertama, iklan bentuk baris dapat memberikan kemudahan kepada orang yang mau memberikan penawaran barang dan jasa sebab biayanya relatif terjangkau.

    Tidak hanya itu, iklan ini juga dianggap lebih memudahkan sebab hanya berbentuk kata-kata saja. Pemasang iklan tidak perlu memikirkan desain atau konsep tertentu dari iklan yang akan dibuatnya.

    Ciri-Ciri Iklan Baris

    Saat kamu membaca koran, sebetulnya bagian mana sih yang termasuk iklan baris? Untuk mengetahuinya, kamu perlu mengenali ciri-ciri iklan baris.

    Saat menemukan pertanyaan, sebutkan ciri-ciri iklan baris? Kalimat singkat dan jumlah baris yang terbatas bisa menjadi penandanya. Selain itu, iklan juga umumnya dikelompokkan sesuai jenisnya.

    Agar lebih jelas, yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

    Jumlah Baris yang Terbatas

    Telah disebutkan sebelumnya, iklan baris adalah iklan yang singkat. Selain itu, koran akan menetapkan biaya iklan berdasarkan banyaknya jumlah baris. Wajar saja bila pemasang iklan berupaya memadatkan informasi demi menekan biaya iklan.

    Maka dari itu, biasanya iklan jenis ini hanya terdiri dari dua atau tiga baris saja. Meskipun begitu, informasi yang terkandung dalam baris singkat tersebut, umumnya cukup mendalam dan rinci.

    Terdapat Pengelompokan Sesuai Jenisnya

    Ketika kamu menyusuri halaman-halaman koran dan melihat bagian iklan, umumnya iklan berbentuk baris dikelompokkan sesuai jenisnya. Sebut saja, kolom yang berisi iklan di bidang jasa.

    Lalu, kamu perlu beralih melirik kolom iklan yang lain bila mencari iklan barang atau iklan lowongan pekerjaan.

    Baca juga: Banner Adalah? Apa Saja Jenis dan Contohnya?

    Kalimat Singkat 

    Tentu saja salah satu ciri-ciri iklan baris yang utama ialah disusun oleh kalimat singkat. Bahkan, classified advertising kerap menggunakan singkatan-singkatan atau istilah khusus agar informasi yang disampaikan kian padat.

    Istilah-istilah atau singkatan yang mungkin sering kamu temui dalam iklan baris, antara lain:

    • Nomor disingkat menjadi ‘no.’
    • Administrasi hanya ditulis ‘admn.’
    • Cepat menjadi ‘cpt’
    • Dekat dicantumkan sebagai ‘dkt’
    • Luas tanah menjadi ‘lt’

    Pastinya, singkatan di atas hanyalah sebagian kecil singkatan dari aneka singkatan yang muncul dalam classified advertising

    Biaya Iklan Terbilang Ekonomis

    Dibandingkan dengan berbagai bentuk iklan lainnya, iklan dalam bentuk baris di kolom surat kabar termasuk dalam jenis iklan yang biayanya ekonomis. Adapun biaya yang ditetapkan oleh koran berbeda-beda, tergantung pada jumlah baris dari iklan itu sendiri.

    Mengandung Fakta serta Opini

    Dalam classified advertising, pembaca akan menemukan informasi berupa fakta dan opini. Kamu mungkin menemukan informasi lokasi rumah bila iklan tersebut memaparkan informasi rumah yang akan dijual.

    Apabila iklan merupakan iklan lowongan pekerjaan, kamu tentu akan memperoleh informasi tentang tempat kerja, kualifikasi yang dibutuhkan untuk jabatan terkait, dan sebagainya.

    Baca juga: 4 Pengertian Reklame: Contoh, Jenis, Menurut Para Ahli

    Biaya iklan baris termasuk ekonomis daripada jenis iklan lainnya.

    Jenis-Jenis Iklan Baris

    Iklan atau berita pesanan memang lazim digunakan sebagai sarana pemasaran suatu barang atau jasa. Akan tetapi, penawaran produk bukanlah satu-satunya jenis iklan berbentuk baris dalam kolom koran. Berikut ini beberapa jenis iklan baris yang lazim ada di surat kabar.

    Iklan Penawaran

    Iklan penawaran adalah strategi pemasaran yang melibatkan pembayaran ruang untuk mempromosikan produk, layanan, atau tujuan perusahaan. Iklan penawaran bisa beragam, mulai dari poster, video interaktif, hingga iklan berbentuk baris di kolom koran.

    Biasanya, iklan penawaran ditujukan untuk menginformasikan, meyakinkan, atau mengingatkan target pasar terkait produk atau layanan. Sebagai contoh, iklan yang menawarkan produk makanan atau jasa angkut. 

    Iklan Penjualan

    Sesuai namanya, iklan penjualan adalah iklan yang ditulis oleh pihak penjual produk, seperti iklan properti, kendaraan, peralatan rumah tangga, dan lain-lain. Biasanya, iklan ini mencantumkan informasi penting terkait produk serta kontak penjual yang bisa dihubungi.

    Iklan Lowongan Kerja

    Lembaga atau perusahaan yang memiliki lowongan pekerjaan kadang memasang iklan untuk menginformasikan keberadaan posisi kosong tersebut. Iklan inilah yang dikenal dengan iklan lowongan pekerjaan.

    Walaupun singkat, iklan lowongan pekerjaan dalam baris koran tetap mencantumkan kualifikasi atau syarat keterampilan yang dibutuhkan. Selain itu, terdapat pula kontak atau narahubung yang bisa dihubungi oleh pembaca iklan.

    Baca juga: Word of Mouth: Definisi, Faktor, serta Kelebihannya

    Iklan Pencarian

    Tujuan dari iklan pencarian ialah mencari produk atau orang yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu, misalnya iklan pencarian kendaraan, asisten rumah tangga, rumah, dan lain-lain.

    Iklan pencarian tenaga kerja memang hampir serupa dengan iklan lowongan kerja. Akan tetapi, iklan lowongan kerja biasanya memaparkan informasi kualifikasi yang lebih detail.

    Contoh Iklan Baris

    Sekarang kamu sudah mengetahui pengertian, jenis, dan ciri-ciri iklan baris. Supaya kamu bisa memahaminya dengan lebih jelas, silakan amati contoh iklan baris berikut ini.

    Contoh Iklan Baris Penawaran

    MOBIL DISEWAKAN

    Tidak lepas kunci. Tanpa perantara. Hubungi: 0812456789xxx

    Contoh Iklan Baris Jual Rumah

    RUMAH DIJUAL: Daerh Atsiri Permai, Cihampls. Jl. Woltr mgsd no.22. Lt/Lb. 152/ 45.SHM. 233 jt ngo. Hub. 081317009588

    RUMAH DIJUAL: Jl. ry bdg km 7,5, chrg karate,cianjur, dpn htl ptri, ls tnh 750m, ls bgnn 500 tnp prntra, hub 0263264733. RUMAH DIJUAL:Jl Soekrno htt km 7, dpn htl whz prm. Lt/Lb. 143/ 45. 45 jt nego tnp prntra, hub 0263264733.

    Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja

    LOWONGAN

    DIBUTUHKAN

    SUPERVISOR PEMASARAN


    • Laki-laki

    • Pendidikan min. STM/D3

    • Punya SIM A

    • Bersedia ditempatkan di mana pun (saat ini akan menetap di Jakarta)

    • Usia max. 35 tahun


    LAMARAN HARAP DIKIRIM KE

    PT SUMBER INDOCHEM

    Jl. Raden Intan No.98/100

    Tanjung Karang, Bandar Lampung

    35111


    Contoh Iklan Baris Pencarian

    DICARI

    KEHILANGAN satu buah surat pemesanan kendaraan (SPK) dengan nomor 32143. Terjadi pada 29 Maret 2022 di sekitar Hartono Mall. Hub: 081123456xxx

    Kesimpulan

    Pemasaran merupakan bagian esensial dalam pengelolaan bisnis. Terdapat banyak inisiatif atau strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh pemilik usaha, salah satunya iklan baris atau classified advertising.

    Seperti telah disebutkan sebelumnya, iklan baris adalah iklan singkat yang ditampilkan di media cetak, tepatnya surat kabar. Berbeda dari kebanyakan iklan yang dibuat atraktif, mempertimbangkan aspek desain, bahkan kadang interaktif, classified advertising hanya berisi kata-kata.

    Terkait media yang digunakan, iklan baris ditampilkan di ? Yap, benar sekali. Karena sifat iklannya sendiri, iklan baris umumnya mudah ditemui di media cetak seperti koran, majalah, tabloid, maupun pamflet.

    Bahkan, ciri-ciri iklan baris yang utama ialah kalimatnya singkat. Memang benar, iklan yang satu ini banyak melibatkan singkatan atau istilah-istilah khusus. Alasan utamanya karena biaya iklan ini dihitung berdasarkan jumlah baris sehingga pembuat iklan sering kali memadatkan informasinya dalam bentuk singkatan.

    Tidak heran bila kamu menemukan iklan ini hanya terdiri dari dua atau tiga baris saja. Meskipun dihitung berdasarkan jumlah baris, biaya iklan yang satu ini tetap terbilang paling ekonomis dibandingkan dengan berbagai jenis iklan lainnya.

    Kalau kamu terbiasa membaca koran, kamu mungkin familier dengan aneka contoh iklan baris, mulai dari iklan penawaran, iklan penjualan, iklan lowongan kerja, hingga iklan pencarian.

    Iklan di kolom koran seperti ini sebetulnya sangat membantu pemilik usaha kecil yang ingin menawarkan produk atau jasanya. Pemasangan iklan mudah, biayanya pun relatif terjangkau.

    Namun, bila memasang iklan tetap masih terasa berat, terutama untuk usaha rintisan, kamu bisa memaksimalkan pemasaran yang terintegrasi dengan aplikasi POS. Sebut saja, email pemasaran, SMS pemasaran, dan sebagainya.

    Karena itu, pastikan bisnismu sudah menggunakan aplikasi POS yang lengkap dalam pengelolaan operasional hariannya. Dengan demikian, pengelolaan operasional bisnis lebih mudah, strategi pemasaran pun makin terarah.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.