Menilik Pengertian hingga Contoh Internet Marketing di Sini!

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Internet marketing bersifat lebih responsif dan terbuka kepada target audiensnya.

Kini, di era digitalisasi banyak orang dapat mengakses informasi terbaru dengan mudah melalui internet. Penggunaan internet ini tidak hanya sekadar untuk mencari informasi terbaru, tapi digunakan untuk kegiatan bisnis seperti dengan menerapkan strategi internet marketing yang tepat.

Internet memerankan peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, khususnya dalam kegiatan bisnis karena internet digunakan sebagai media pemasaran.

Lalu, pengertian lengkap tentang internet marketing itu apa?  Apa saja manfaat, ciri, dan contohnya?

Untuk mengetahui jawaban lebih lengkapnya, yuk, baca artikel ini sampai habis, ya! 

Apa Itu Internet Marketing?

Internet marketing sering disebut online marketing, karena proses pemasaran dilakukan secara online dengan bantuan teknologi digital.

Internet marketing adalah strategi marketing (pemasaran) dengan menggunakan internet melalui berbagai online platform. Contoh online platform yang sering dipakai, di antaranya website, email, blog, search engine (mesin pencari), dan social media (media sosial).

Jadi, bisa dikatakan bahwa internet marketing adalah salah satu strategi dalam memasarkan produk atau jasa yang berguna untuk membangun hubungan dengan customer melalui media perantara internet. 

Baca Juga: Jenis dan Contoh Digital Campaign

Ciri-Ciri Internet Marketing

Setelah kamu mengetahui pengertian dari internet marketing, berikut ini beberapa ciri-ciri yang perlu kamu ketahui tentang internet marketing.

  • Internet marketing adalah jenis strategi pemasaran yang lebih fleksibel dan tersebar. Strategi promosi ini bisa kamu lakukan melalui artikel, blog, status sosial media dan lain sebagainya.

  • Ruang lingkup internet marketing yang lebih luas sehingga semua orang bisa mengakses tanpa batas ruang dan waktu.

  • Internet marketing ini bersifat lebih responsif dan terbuka kepada target audiensnya. Kamu bisa melihat dengan banyaknya marketplace yang melayani customer-nya 24/7.

  • Bisa mendapatkan feedback dan komunikasi yang bisa dilakukan pada banyak arah.


Manfaat Internet Marketing

Manfaat utama dari internet marketing memang membantu kamu dalam memasarkan produk atau jasa dari bisnismu dengan jangkauan yang lebih luas. Tapi, selain itu banyak manfaat lain yang bisa bisnismu rasakan ketika menggunakan internet marketing, lho! Manfaat lainnya, antara lain: 

1.    Jangkauan luas

Internet memberikan akses global, sehingga bisnismu dapat menjangkau potential customer di seluruh dunia. Dengan menggunakan internet marketing, bisnis yang kamu jalani dapat mencapai target audiens yang lebih besar dan lebih luas dibandingkan dengan metode marketing konvensional. 

2.    Hemat biaya

Internet marketing cenderung lebih ekonomis dibandingkan dengan marketing konvensional seperti iklan televisi atau cetak. Kamu dapat menggunakan media sosial, iklan online, atau email marketing dengan biaya yang lebih rendah daripada harus mengeluarkan anggaran besar untuk iklan dengan sistem konvensional. 

3.    Targeting yang spesifik

Internet marketing memungkinkan bisnismu bisa menargetkan audiens dengan sangat spesifik. Kamu dapat menggunakan alat dan platform pemasaran digital yang canggih untuk mengidentifikasi dan menjangkau kelompok demografis, minat, atau perilaku tertentu dari audiens. Dengan demikian, bisnismu bisa dapat bisa diarahkan ke orang-orang yang tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

4.    Analisis dan pengukuran yang lebih baik

Salah satu manfaat dari internet marketing adalah kemampuan untuk melacak dan menganalisis data dengan lebih akurat dan real-time. Kamu dapat menggunakan berbagai tools analitik untuk memantau dan mengukur kinerja marketing campaign-mu secara real-time. Tentunya cara ini bisa untuk menilai efektivitas strategi pemasaran yang tepat dan jika ada perubahan bisa untuk meningkatkan hasil yang lebih maksimal.

5.    Interaksi dan keterlibatan audiens yang lebih baik

Internet marketing memungkinkan interaksi dua arah antara bisnis dan pelanggan, lho! Bisnismu dapat berinteraksi dengan pelanggan potensial melalui media sosial, email, atau saluran komunikasi lainnya. Hal ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas, dan mendapatkan feedback langsung dari mereka.

6.    Meningkatkan brand awareness

Dengan internet marketing, tentunya kamu dapat membangun brand awareness yang lebih baik. Caranya bisa dengan menggunakan konten kreatif dan strategi pemasaran digital yang efektif untuk memperkenalkan brand bisnismu kepada calon pelanggan. Melalui berbagai saluran online, kamu pun dapat memperluas brand exposure dan membangun brand image yang positif di mata konsumen, ya. 

7.    Fleksibilitas dan adaptabilitas

Internet marketing memberikan fleksibilitas dan adaptabilitas yang tinggi dalam mengubah marketing strategy sesuai dengan kebutuhan dan perubahan pasar. Kamu bisa dengan mudah menguji, mengukur, dan mengoptimalkan marketing campaign untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Di era digitalisasi seperti saat ini, internet marketing telah menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran bisnis. Dengan memanfaatkannya secara efektif, kamu dapat mencapai pelanggan lebih banyak, meningkatkan sales, memperluas jangkauan merek, dan menghasilkan bisnis yang sustainable.

 Salah satu manfaat dari implementasi strategi internet marketing yaitu hemat biaya.


Baca Juga: Mau Pasang Iklan Elektronik? Ketahui Dulu Jenisnya di Sini!

Contoh Internet Marketing

Berikut adalah contoh internet marketing yang bisa kamu terapkan pada bisnis milikmu, yaitu:

1.    Website bisnis

Contoh internet marketing yang pertama yaitu mengoptimalkan website bisnis dengan sebaik mungkin. Jika kamu kesulitan membuat website, kamu bisa menyewa jasa seseorang yang bisa membuatkannya untuk bisnismu.

Hindari fasilitas gratis untuk website jika kamu memang serius menjalankan bisnismu. Gunakanlah fasilitas berbayar untuk domain unik dan hosting sendiri, ya.

Berbayar di sini bukan berarti harus mahal, ada banyak layanan pembuatan website yang cukup terjangkau, kok! Pada umumnya, layanan tersebut sudah termasuk biaya sewa hosting dan domain juga. 

2.    Manfaatkan social media

Setelah website bisnis, contoh selanjutnya yaitu kamu dapat mempromosikan website bisnismu di berbagai media sosial, lho! Zaman sekarang semua orang menggunakan social media seperti Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, dan sebagainya. Tentunya adanya social media ini sangat efektif untuk mempromosikan bisnismu. 

Di media sosial, kamu juga bisa membangun komunitas sehingga akan semakin banyak orang yang mengenal bisnismu dan menjadi loyal customer.

3.    Gunakan ads platform

Contoh internet marketing selanjutnya yaitu memanfaatkan ads platform. Sebagus apapun produk yang kamu miliki, jika tidak didukung oleh strategi marketing yang baik, hasil penjualannya produk atau jasa bisnismu kurang maksimal.

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan produk atau jasa bisnismu yaitu dengan memanfaatkan ads platform atau situs periklanan. Kini sudah banyak media sosial yang memiliki ads platform dan budget yang terjangkau. Dengan demikian, kamu dapat menyesuaikannya dengan budget pemasaran bisnismu. 

4.    Search Engine Optimization (SEO)

Contoh internet marketing satu ini bisa meningkatkan meningkatkan peringkat situs website di hasil pencarian organik mesin pencari seperti Google. Ini melibatkan penggunaan keyword (kata kunci) yang relevan, konten berkualitas, pengoptimalan struktur situs website, dan teknik lainnya demi meningkatkan visibilitas situs bisnismu di halaman pertama hasil pencarian. 

5.    Search Engine Marketing (SEM)

Mengoptimalkan situs bisnismu pada search engine (mesin pencari) akan memberikan keuntungan jangka panjang, lho!

Jika website bisnismu berada di halaman utama hasil pencarian untuk kata kunci tertentu, besar kemungkinan leads pengunjung website­-mu akan meningkat pesat. Tentu saja ini akan memberikan keuntungan bagi bisnismu juga.

Sayangnya, untuk membuat website bisnis untuk berada di halaman utama mesin pencarian bukanlah perkara sepele, nih! Kamu juga perlu membutuhkan Search Engine Optimization (SEO) untuk memaksimalkan situs bisnismu.

6.    Email marketing

Email marketing ini bisa mempromosikan produk atau layanan bisnismu, memberikan konten yang menarik, mengumumkan penawaran khusus, atau mengirim pesan terkait brand milikmu. Email marketing yang efektif bisa membantu bisnismu dalam membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, meningkatkan retensi pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

Kesimpulan

Internet marketing adalah strategi marketing yang dilakukan dengan bantuan internet pada berbagai online platform yang ada, misalnya social media, blog, forum, website, dan search engine (mesin pencari).

Tujuan dari internet marketing sendiri untuk mendapatkan konsumen yang lebih luas, serta sebagai sarana untuk mempromosikan produk, layanan, dan juga kegiatan bisnismu.

Nah, cukup sekian penjelasan seputar internet marketing. Jadi, internet marketing bisa menjadi solusi terbaik untuk mengenalkan produk atau layanan bisnismu ke masyarakat sekaligus meningkatkan sales.

Terlepas dari strategi internet marketing yang kamu gunakan untuk bisnismu, lebih baik jika kamu bisa mengotomasi setiap strateginya dengan bantuan sebuah aplikasi pendukung marketing yang tepat, ya.

Salah satu aplikasi wirausaha lengkap yang di dalamnya terdapat fitur Customer Relationship Management (CRM) yaitu aplikasi majoo. majoo adalah aplikasi wirausaha dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha yang bisa membantu operasional bisnismu.

Fitur CRM yang ada di aplikasi majoo akan sangat membantu bisnismu untuk membuat beragam promosi dan diskon agar pelanggan terus berinteraksi dan repurchase produk atau jasamu kembali.

Yuk, tunggu apa lagi? gunakan majoo segera untuk raih keuntungan dari loyalitas pelanggan bisnismu!

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo