Table of Content

    Jenis dan Contoh Digital Campaign

    Melakukan digital campaign sangat membantu menekan biaya marketing dan mendapatkan hasil lebih maksimal dibandingkan cara konvensional

    Bukan rahasia lagi bila setiap pemilik perusahaan, mungkin termasuk kamu, ingin jika perusahaannya dapat berkembang dan berhasil meningkatkan keuntungan, bukan? 

    Kamu membutuhkan segudang ide dan memikirkan berbagai cara terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

    Banyak cara yang dilakukan para pemilik usaha untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan. 

    Salah satu cara yang terbukti dapat meningkatkan pendapatan secara signifikan di masa saat ini adalah dengan melakukan digital marketing campaign

    Jika kamu melakukan digital marketing campaign, kegiatan promosi produk atau jasa tidak akan mengenal batasan tertentu.

    Kamu tentunya sudah tahu bahwa kehadiran internet mendekatkan mereka yang jauh. Prinsip inilah yang harus kamu coba terapkan. 

    Kamu dapat memanfaatkan digital campaign untuk menjangkau pasar lebih luas untuk meningkatkan peluang penjualan lebih besar.

    Baca Juga: Social Media Marketing: Pengertian Hingga Contohnya

    Digital Marketing Campaign Menurut Ahli

    Digital marketing adalah salah satu tren baru yang wajib kamu pelajari dan kuasai bersama tim perusahaan agar tidak kalah bersaing. 

    Setiap ahli punya cara berbeda-beda dalam menentukan pengertian digital marketing. Pada artikel ini, majoo mencantumkan pendapat para ahli pemasaran digital paling terkemuka di dunia.

    Menurut Marketo, pengertian digital marketing adalah strategi tingkat tinggi berbentuk promosi/periklanan yang disebarkan melalui mesin pencarian (Google, Bing, Yahoo, dan lainnya), website, e-mail, aplikasi, dan media sosial.

    Dari Smart Insights, pengertian digital marketing adalah kesempatan menjangkau konsumen melalui perangkat, platform, media, data, dan teknologi digital. 

    Sementara Hubspot menjabarkan pengertian digital marketing adalah semua upaya pemasaran dengan memanfaatkan perangkat elektronik dan internet.

    Kebayang, ya, Majoopreneurs? Kita bisa simpulkan bahwa pengertian digital marketing adalah strategi untuk mendapatkan konsumen dengan memanfaatkan berbagai perangkat digital berbentuk fisik maupun nonfisik.

    Baca Juga: Memahami Segmentasi Pasar Agar Bisnis Lebih Maju 

    Kelebihan Digital Marketing Campaign Dibandingkan Strategi Pemasaran Konvensional

    Tentunya kamu perlu mengetahui agar dapat membandingkannya sendiri, mengapa digital marketing campaign bisa berdampak besar dibandingkan dengan pemasaran konvensional?

    1. Lebih Hemat Biaya

    Tentu saja ini adalah poin paling penting bagi kamu, kan? Kelebihan digital marketing adalah biayanya lebih murah daripada teknik pemasaran konvensional. 

    Di awal proses branding, kamu mungkin akan mengeluarkan biaya besar. Namun, setelah brand dan basis pengikut (followers) kamu terbangun, biaya marketing digital-nya juga akan berkurang.

    2. Tidak Perlu Banyak SDM Penjualan

    Salah satu sumber pengeluaran terbesar marketing konvensional adalah gaji/fee SDM. Namun, kalau kamu sudah menerapkan digital marketing campaign, hal ini tidak akan jadi masalah. 

    Kamu tidak perlu lagi membayar banyak orang atau banyak tim untuk menjual produk di pertokoan atau pusat perbelanjaan atau keliling perumahan. Cukup dengan menyebarkan promosi produk di media sosial, kamu sudah bisa menjual produk.

    3. Tim Pemasaran Tidak Perlu Terjun ke Lapangan

    Kelebihan digital marketing satu ini masih ada kaitannya dengan poin sebelumnya. Digital marketing adalah sebuah strategi yang membuat tim kamu tidak perlu keluar rumah/kantor untuk mencari konsumen. 

    Cukup dengan duduk di depan laptop/HP dan memanfaatkan internet, tim pemasaran kamu sudah bisa melakukan promosi.

    4. Proses Branding Produk Lebih Mudah

    Kelebihan digital marketing berikutnya adalah proses branding jauh lebih mudah dan cepat. 

    Mungkin kamu sudah paham jika salah satu kelemahan terbesar pemasaran konvensional adalah jangkauan promosinya yang sangat terbatas.

    Dalam strategi pemasaran konvensional, kamu perlu mengeluarkan uang lebih banyak jika ingin melakukan branding lebih luas dan lebih jauh untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

    Berbeda jika kamu menerapkan digital marketing campaign. Hanya dengan satu kali posting konten atau iklan, kamu sudah bisa menjangkau konsumen hingga ke sudut paling jauh di Indonesia, bahkan internasional.

    5. Potensi Pertumbuhan Drastis

    Kelebihan digital marketing selanjutnya adalah potensi pertumbuhan drastis dari bisnis kamu, terutama dari segi penjualan. 

    Saat ini, banyak contoh usaha maju hanya dalam beberapa bulan karena memanfaatkan strategi digital marketing

    Dengan pemasaran digital, kamu tidak perlu menunggu 10 atau 20 tahun untuk berkembang menjadi penguasa industri.

    Baca Juga: Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis

    Jenis-jenis Digital Campaign

    Digital campaign memiliki berbagai jenis atau variasi. Kamu bisa mencoba salah satu dari jenis digital marketing campaign di bawah ini untuk melakukan kegiatan promosi.

    1. Search Engine Optimization (SEO)

    Jenis digital marketing campaign yang pertama adalah Search Engine Optimization atau yang biasa disebut dengan SEO

    Singkatnya, SEO merupakan sebuah cara yang dilakukan oleh para pemilik website untuk mengoptimalkan website bisnis mereka. 

    Cara mengoptimasi website ini melalui konten-konten yaitu artikel yang disesuaikan dengan keyword tertentu sesuai dengan bidang bisnis dari website itu sendiri atau konten apa yang dibutuhkan oleh user

    Melalui SEO, kamu dapat membuat digital marketing campaign melalui keyword tertentu dengan permintaan yang tinggi sesuai dengan kebutuhan pengguna internet saat kampanye dilakukan. 

    Jadi, ketika mereka mengetikkan sebuah kata kunci, maka website yang kamu buat akan masuk ke dalam daftar hasil pencarian Google.

    2. Search Engine Marketing (SEM)

    Sedikit berbeda dengan SEO, SEM atau Search Engine Marketing merupakan sebuah cara untuk mengoptimasi website dengan berbayar atau istilah lainnya adalah Ads. 

    SEM dapat membantu kamu untuk menampilkan digital campaign yang sedang berlangsung pada  bagian paling atas di halaman pertama Google.

    Jika Anda sedang ingin mencari suatu informasi melalui Google, biasanya pada hasil pencarian akan menampilkan beberapa Ads terlebih dahulu. 

    Ads tersebut masuk ke dalam Search Engine Marketing dan tentu akan sangat menguntungkan bagi para pebisnis yang sedang melakukan digital campaign

    3. Email Marketing

    Kamu tentu tahu apa itu email marketing, bukan?

    Email marketing merupakan salah satu bentuk digital campaign yang cukup efektif. Hal ini dikarenakan promosi atau pesan yang hendak kamu sampaikan sudah pasti diterima oleh pemilik email.

    Dengan email marketing, kamu dapat membuat promosi yang bersifat lebih personal dibandingkan dengan menggunakan media sosial yang lebih ditujukan untuk menjangkau pasar yang luas. 

    Jika kamu ingin membangun komunikasi yang lebih personal dengan customer, maka gunakanlah email marketing ini untuk meningkatkan hubungan dengan customer

    4. Video Marketing

    Video marketing juga terbukti dapat membuahkan hasil cukup signifikan. Dengan video, orang akan lebih tertarik untuk menonton konten yang Anda sajikan dibandingkan jenis digital campaign lainnya yang berbentuk teks atau gambar. 

    Untuk melakukan video marketing, cobalah ide membuat digital campaign dengan membuat podcast seperti yang sedang dilakukan oleh banyak pengguna internet akhir-akhir ini.

    5. Influencer Marketing

    Jenis digital campaign menggunakan influencer marketing adalah mengajak beberapa influencer untuk bekerjasama dalam melakukan digital campaign. 

    Meski kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, tapi influencer marketing dapat membawa peningkatan keuntungan lebih besar asalkan kamu tepat dalam pengeluarannya.

    Ketika sebuah brand dipromosikan oleh seorang influencer, secara otomatis citra dari brand tersebut akan terangkat bersamaan dengan banyaknya followers yang dimiliki oleh para influencer tersebut dan melihat kampanye produk. Penggunaan media sosial, email, dan website cukup efektif dalam melakukan digital campaign agar target marketing dan sales bisa tercapai.

     

    Baca Juga: Conversion adalah Hal Penting Dalam Marketing, Apakah Itu?

    Contoh Digital Campaign

    Sekarang kita akan membahas beberapa digital marketing campaign dan contoh penerapannya.

    NetFlix 

    Contoh pertama adalah platform streaming asal Amerika Serikat yaitu Netflix. Mereka menjual berbagai kemudahan dan kualitas nomor satu berbagai film. 

    Memang biaya berlangganannya cukup mahal. Bila dibandingkan dengan berbagai kompetitornya, platform ini menawarkan pengalaman yang berbeda. Contoh digital marketing yang sukses tersebut paham benar apa keinginan penonton.

    Bahkan di Indonesia, Netflix sangat diperhitungkan dan menjadi favorit. Dengan begitu banyak koleksi film membuat penonton yang bingung mencari hiburan rela membayar dan melihat sajian berkualitas, bukan hanya film Hollywood. 

    Gojek 

    Nama Gojek pasti sudah tidak asing lagi, bukan? Layanan transportasi online ini memberikan perubahan besar bagi Indonesia. 

    Gojek menawarkan sebuah kemudahan pergi ke tujuan penumpang tanpa harus takut karena citra tukang ojek yang selalu menakutkan. 

    Selain itu, perkembangan sayapnya tergolong variatif seperti penyediaan layanan antar barang, pengisian pulsa, hingga yang paling favorit seperti Go-Food.

    Apalagi, Gojek juga sering mengadakan berbagai macam promo menarik. Kamu pasti tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan promonya. 

    Tokopedia 

    Di antara berbagai e-Commerce di Indonesia, harus diakui Tokopedia menjadi yang pertama dan sampai saat ini masih di hati para pelanggannya. 

    Walaupun sudah banyak pemain marketplace turun, Tokopedia tetap menjadi pilihan karena menawarkan kebutuhan yang mampu memenuhi keinginan pembeli. 

    Poin penting dalam mengembangkan teknik pemasaran digital adalah memahami keinginan pasar. 

    Contoh digital marketing campaign yang sukses ini bukan hanya karena para pelanggannya saja, melainkan penjual juga demikian. 

    Karena mereka tidak perlu lagi menyisihkan uang sewa toko. Semua bisa dilakukan dari rumah saja. Dengan sistem mudah cepat, aman dan terpercaya seperti ini membuat konsumen nyaman. 

    By.U 

    Operator telepon seluler ini dinilai paling sukses merebut hati pelanggan provider lain. Mereka melakukan teknik digital marketing dengan bekerja sama untuk mendapatkan hasil. 

    Operator ini menjadi pelopor lahirnya kemudahan dalam membeli nomor baru. Mereka hanya menggunakan ponsel sebagai perantaranya. Tidak ada sistem offline dan pangsa pasarnya cukup jelas. 

    Kelebihan yang dipunyai By.U adalah menggunakan jaringan dari Telkomsel memiliki kualitas nomor satu. Ditambah lagi mereka memahami keinginan anak muda.

    Membeli paket internet dengan harga terjangkau dapat dilakukan secara online. By.U menjadi contoh nyata penggunaan digital marketing campaign sangat efektif. 

    Jenius BTPN 

    Dampak terbesar dari penggunaan teknologi adalah bank sudah mengalihkan transaksi manual menjadi serba digital. Langkah BTPN dalam menangkap keinginan pasar tersebut akhirnya disambut baik. 

    Kamu tidak harus datang berkunjung ke bank membawa aneka dokumen atau berkas. Majoopreneurs cukup melakukan transaksi secara online dan semuanya dapat dilakukan tanpa repot sama sekali.

    Misalnya pembayaran tagihan, cek saldo, pengisian pulsa, dan tentu saja transfer antar pengguna Jenius atau bank lain. Semua itu dapat dilakukan selama 24 jam penuh. 

    Semua yang diberikan oleh Jenius memang memanjakan pelanggan. Tidak heran bila pertumbuhannya bisa dinilai cukup pesat dan menjadi contoh bagi bank lain melakukan terobosan serupa.

    Baca Juga: Memahami Tugas Telemarketing 

    Kesimpulan

    Kompetisi bisnis di zaman sekarang sangat berbeda dengan 15 atau 20 tahun lalu. Jika dulu perusahaan menggunakan teknik penjualan door-to-door sebagai salah satu strategi pemasaran pilihan, saat ini dinilai sudah tidak efektif lagi. 

    Digital campaign adalah strategi yang berhasil menggantikannya. Strategi digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran dengan cakupan sangat luas. 

    Jika ingin menguasainya, kamu harus mau mempelajari banyak media sekaligus, membaca aneka artikel seputar bisnis yang disediakan majoo, dan mempraktikkan ilmunya, ya, Majoopreneurs!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kenali Apa Itu CV ATS Friendly
    CV ATS Friendly adalah CV yang secara otomatis dapat disortir melalui sebuah aplikasi yang disebut ATS. Lalu, bagaimana membuat CV ATS Friendly yang baik?
    NPV adalah: Rumus, Contoh, dan Cara Menghitung
    Tidak hanya bermanfaat untuk menganalisis untung rugi, perhitungan NPV juga akan sangat membantu dalam menyusun perencanaan keuangan perusahaan.
    Bisnis Proposal atau Proposal Bisnis? Mana yang Benar?
    Apa itu bisnis proposal? Apakah sama dengan proposal bisnis? Sebelum membuatnya, pahami pengertian dan ciri-ciri proposal bisnis lebih dulu.
    Bank Digital adalah Kebutuhan Masyarakat Saat Ini. Kok Bisa?
    Bank digital adalah transformasi layanan perbankan dari luring menjadi daring. Kemunculannya semakin marak di Indonesia. Mau jadi nasabahnya?