Bukan rahasia lagi bila setiap pemilik perusahaan, mungkin termasuk kamu, ingin jika perusahaannya dapat berkembang dan berhasil meningkatkan keuntungan, bukan?
Kamu membutuhkan segudang ide dan memikirkan berbagai cara terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.
Banyak cara yang dilakukan para pemilik usaha untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan.
Salah satu cara yang terbukti dapat meningkatkan pendapatan secara signifikan di masa saat ini adalah dengan melakukan digital marketing campaign.
Jika kamu melakukan digital marketing campaign, kegiatan promosi produk atau jasa tidak akan mengenal batasan tertentu.
Kamu tentunya sudah tahu bahwa kehadiran internet mendekatkan mereka yang jauh. Prinsip inilah yang harus kamu coba terapkan.
Kamu dapat memanfaatkan digital campaign untuk menjangkau pasar lebih luas untuk meningkatkan peluang penjualan lebih besar.
Baca Juga: Social Media Marketing: Pengertian Hingga Contohnya
Digital Marketing Campaign Menurut Ahli
Digital marketing adalah salah satu tren baru yang wajib kamu pelajari dan kuasai bersama tim perusahaan agar tidak kalah bersaing.
Setiap ahli punya cara berbeda-beda dalam menentukan pengertian digital marketing. Pada artikel ini, majoo mencantumkan pendapat para ahli pemasaran digital paling terkemuka di dunia.
Menurut Marketo, pengertian digital marketing adalah strategi tingkat tinggi berbentuk promosi/periklanan yang disebarkan melalui mesin pencarian (Google, Bing, Yahoo, dan lainnya), website, e-mail, aplikasi, dan media sosial.
Dari Smart Insights, pengertian digital marketing adalah kesempatan menjangkau konsumen melalui perangkat, platform, media, data, dan teknologi digital.
Sementara Hubspot menjabarkan pengertian digital marketing adalah semua upaya pemasaran dengan memanfaatkan perangkat elektronik dan internet.
Kebayang, ya, Majoopreneurs? Kita bisa simpulkan bahwa pengertian digital marketing adalah strategi untuk mendapatkan konsumen dengan memanfaatkan berbagai perangkat digital berbentuk fisik maupun nonfisik.
Baca Juga: Memahami Segmentasi Pasar Agar Bisnis Lebih Maju
Kelebihan Digital Marketing Campaign Dibandingkan Strategi Pemasaran Konvensional
Tentunya kamu perlu mengetahui agar dapat membandingkannya sendiri, mengapa digital marketing campaign bisa berdampak besar dibandingkan dengan pemasaran konvensional?
1. Lebih Hemat Biaya
Tentu saja ini adalah poin paling penting bagi kamu, kan? Kelebihan digital marketing adalah biayanya lebih murah daripada teknik pemasaran konvensional.
Di awal proses branding, kamu mungkin akan mengeluarkan biaya besar. Namun, setelah brand dan basis pengikut (followers) kamu terbangun, biaya marketing digital-nya juga akan berkurang.
2. Tidak Perlu Banyak SDM Penjualan
Salah satu sumber pengeluaran terbesar marketing konvensional adalah gaji/fee SDM. Namun, kalau kamu sudah menerapkan digital marketing campaign, hal ini tidak akan jadi masalah.
Kamu tidak perlu lagi membayar banyak orang atau banyak tim untuk menjual produk di pertokoan atau pusat perbelanjaan atau keliling perumahan. Cukup dengan menyebarkan promosi produk di media sosial, kamu sudah bisa menjual produk.
3. Tim Pemasaran Tidak Perlu Terjun ke Lapangan
Kelebihan digital marketing satu ini masih ada kaitannya dengan poin sebelumnya. Digital marketing adalah sebuah strategi yang membuat tim kamu tidak perlu keluar rumah/kantor untuk mencari konsumen.
Cukup dengan duduk di depan laptop/HP dan memanfaatkan internet, tim pemasaran kamu sudah bisa melakukan promosi.
4. Proses Branding Produk Lebih Mudah
Kelebihan digital marketing berikutnya adalah proses branding jauh lebih mudah dan cepat.
Mungkin kamu sudah paham jika salah satu kelemahan terbesar pemasaran konvensional adalah jangkauan promosinya yang sangat terbatas.
Dalam strategi pemasaran konvensional, kamu perlu mengeluarkan uang lebih banyak jika ingin melakukan branding lebih luas dan lebih jauh untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
Berbeda jika kamu menerapkan digital marketing campaign. Hanya dengan satu kali posting konten atau iklan, kamu sudah bisa menjangkau konsumen hingga ke sudut paling jauh di Indonesia, bahkan internasional.
5. Potensi Pertumbuhan Drastis
Kelebihan digital marketing selanjutnya adalah potensi pertumbuhan drastis dari bisnis kamu, terutama dari segi penjualan.
Saat ini, banyak contoh usaha maju hanya dalam beberapa bulan karena memanfaatkan strategi digital marketing.
Dengan pemasaran digital, kamu tidak perlu menunggu 10 atau 20 tahun untuk berkembang menjadi penguasa industri.
Baca Juga: Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
Jenis-Jenis Digital Campaign
Digital campaign memiliki berbagai jenis atau variasi. Kamu bisa mencoba salah satu dari jenis digital marketing campaign di bawah ini untuk melakukan kegiatan promosi.
1. Search Engine Optimization (SEO)
Jenis digital marketing campaign yang pertama adalah Search Engine Optimization atau yang biasa disebut dengan SEO.
Singkatnya, SEO merupakan sebuah cara yang dilakukan oleh para pemilik website untuk mengoptimalkan website bisnis mereka.
Cara mengoptimasi website ini melalui konten-konten yaitu artikel yang disesuaikan dengan keyword tertentu sesuai dengan bidang bisnis dari website itu sendiri atau konten apa yang dibutuhkan oleh user.
Melalui SEO, kamu dapat membuat digital marketing campaign melalui keyword tertentu dengan permintaan yang tinggi sesuai dengan kebutuhan pengguna internet saat kampanye dilakukan.
Jadi, ketika mereka mengetikkan sebuah kata kunci, maka website yang kamu buat akan masuk ke dalam daftar hasil pencarian Google.
2. Search Engine Marketing (SEM)
Sedikit berbeda dengan SEO, SEM atau Search Engine Marketing merupakan sebuah cara untuk mengoptimasi website dengan berbayar atau istilah lainnya adalah Ads.
SEM dapat membantu kamu untuk menampilkan digital campaign yang sedang berlangsung pada bagian paling atas di halaman pertama Google.
Jika Anda sedang ingin mencari suatu informasi melalui Google, biasanya pada hasil pencarian akan menampilkan beberapa Ads terlebih dahulu.
Ads tersebut masuk ke dalam Search Engine Marketing dan tentu akan sangat menguntungkan bagi para pebisnis yang sedang melakukan digital campaign.
3. Email Marketing
Kamu tentu tahu apa itu email marketing, bukan?
Email marketing merupakan salah satu bentuk digital campaign yang cukup efektif. Hal ini dikarenakan promosi atau pesan yang hendak kamu sampaikan sudah pasti diterima oleh pemilik email.
Dengan email marketing, kamu dapat membuat promosi yang bersifat lebih personal dibandingkan dengan menggunakan media sosial yang lebih ditujukan untuk menjangkau pasar yang luas.
Jika kamu ingin membangun komunikasi yang lebih personal dengan customer, maka gunakanlah email marketing ini untuk meningkatkan hubungan dengan customer.
4. Video Marketing
Video marketing juga terbukti dapat membuahkan hasil cukup signifikan. Dengan video, orang akan lebih tertarik untuk menonton konten yang Anda sajikan dibandingkan jenis digital campaign lainnya yang berbentuk teks atau gambar.
Untuk melakukan video marketing, cobalah ide membuat digital campaign dengan membuat podcast seperti yang sedang dilakukan oleh banyak pengguna internet akhir-akhir ini.
5. Influencer Marketing
Jenis digital campaign menggunakan influencer marketing adalah mengajak beberapa influencer untuk bekerjasama dalam melakukan digital campaign.
Meski kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, tapi influencer marketing dapat membawa peningkatan keuntungan lebih besar asalkan kamu tepat dalam pengeluarannya.
Ketika sebuah brand dipromosikan oleh seorang influencer, secara otomatis citra dari brand tersebut akan terangkat bersamaan dengan banyaknya followers yang dimiliki oleh para influencer tersebut dan melihat kampanye produk.
Baca Juga: Conversion adalah Hal Penting Dalam Marketing, Apakah Itu?
Contoh Digital Campaign
Sekarang kita akan membahas beberapa digital marketing campaign dan contoh penerapannya.
NetFlix
Contoh pertama adalah platform streaming asal Amerika Serikat yaitu Netflix. Mereka menjual berbagai kemudahan dan kualitas nomor satu berbagai film.
Memang biaya berlangganannya cukup mahal. Bila dibandingkan dengan berbagai kompetitornya, platform ini menawarkan pengalaman yang berbeda. Contoh digital marketing yang sukses tersebut paham benar apa keinginan penonton.
Bahkan di Indonesia, Netflix sangat diperhitungkan dan menjadi favorit. Dengan begitu banyak koleksi film membuat penonton yang bingung mencari hiburan rela membayar dan melihat sajian berkualitas, bukan hanya film Hollywood.
Gojek
Nama Gojek pasti sudah tidak asing lagi, bukan? Layanan transportasi online ini memberikan perubahan besar bagi Indonesia.
Gojek menawarkan sebuah kemudahan pergi ke tujuan penumpang tanpa harus takut karena citra tukang ojek yang selalu menakutkan.
Selain itu, perkembangan sayapnya tergolong variatif seperti penyediaan layanan antar barang, pengisian pulsa, hingga yang paling favorit seperti Go-Food.
Apalagi, Gojek juga sering mengadakan berbagai macam promo menarik. Kamu pasti tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan promonya.
Tokopedia
Di antara berbagai e-Commerce di Indonesia, harus diakui Tokopedia menjadi yang pertama dan sampai saat ini masih di hati para pelanggannya.
Walaupun sudah banyak pemain marketplace turun, Tokopedia tetap menjadi pilihan karena menawarkan kebutuhan yang mampu memenuhi keinginan pembeli.
Poin penting dalam mengembangkan teknik pemasaran digital adalah memahami keinginan pasar.
Contoh digital marketing campaign yang sukses ini bukan hanya karena para pelanggannya saja, melainkan penjual juga demikian.
Karena mereka tidak perlu lagi menyisihkan uang sewa toko. Semua bisa dilakukan dari rumah saja. Dengan sistem mudah cepat, aman dan terpercaya seperti ini membuat konsumen nyaman.
By.U
Operator telepon seluler ini dinilai paling sukses merebut hati pelanggan provider lain. Mereka melakukan teknik digital marketing dengan bekerja sama untuk mendapatkan hasil.
Operator ini menjadi pelopor lahirnya kemudahan dalam membeli nomor baru. Mereka hanya menggunakan ponsel sebagai perantaranya. Tidak ada sistem offline dan pangsa pasarnya cukup jelas.
Kelebihan yang dipunyai By.U adalah menggunakan jaringan dari Telkomsel memiliki kualitas nomor satu. Ditambah lagi mereka memahami keinginan anak muda.
Membeli paket internet dengan harga terjangkau dapat dilakukan secara online. By.U menjadi contoh nyata penggunaan digital marketing campaign sangat efektif.
Jenius BTPN
Dampak terbesar dari penggunaan teknologi adalah bank sudah mengalihkan transaksi manual menjadi serba digital. Langkah BTPN dalam menangkap keinginan pasar tersebut akhirnya disambut baik.
Kamu tidak harus datang berkunjung ke bank membawa aneka dokumen atau berkas. Majoopreneurs cukup melakukan transaksi secara online dan semuanya dapat dilakukan tanpa repot sama sekali.
Misalnya pembayaran tagihan, cek saldo, pengisian pulsa, dan tentu saja transfer antar pengguna Jenius atau bank lain. Semua itu dapat dilakukan selama 24 jam penuh.
Semua yang diberikan oleh Jenius memang memanjakan pelanggan. Tidak heran bila pertumbuhannya bisa dinilai cukup pesat dan menjadi contoh bagi bank lain melakukan terobosan serupa.
Pertanyaan yang Sering Muncul Seputar Digital Campaign
Setelah membaca artikel tentang digital campaign di atas, kamu pasti memiliki banyak pertanyaan, kan? Nah, di bawah ini adalah pertanyaan seputar digital campaign yang sering banget ditanyakan.
1. Apa yang dimaksud digital campaign?
Digital campaign adalah sebuah strategi untuk melakukan pemasaran secara online melalui konten media sosial yang akan meningkatkan awareness. Digital campaign ini mempunyai pengaruh besar terhadap digital marketing karena prosesnya akan membantu dalam meraih keuntungan bisnis yang sedang dijalankan.
2. Apa itu strategi campaign?
Strategi marketing campaign adalah suatu tindakan yang terorganisir dan juga terencana yang sengaja dibuat untuk mencapai tujuan tertentu. Contohnya meningkatkan kesadaran konsumen atas munculnya produk baru atau untuk mendapatkan feedback dari pelanggan.
Strategi campaign juga biasanya digunakan untuk menjangkau konsumen yang dikemas dalam berbagai cara yang kreatif dan melibatkan banyak media. Strategi marketing campaign bisa dilakukan melalui beragam media, baik media konvensional maupun media online.
3. Apakah televisi termasuk digital marketing?
Bila diartikan, digital marketing merupakan aktivitas memasarkan atau promosi sebuah produk, brand, atau jasa menggunakan media elektronik (digital). Metode ini sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Namun keterbatasan media membuat aktivitas pemasaran kurang berjalan optimal.
Media seperti televisi dan radio sejak dahulu hanya bisa menyampaikan informasi secara satu arah. Namun seiring perkembangan teknologi digital yang semakin pesat serta adanya penerimaan yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, maka metode digital marketing pun jadi cara utama bagi para pelaku usaha. Termasuk oleh televisi dan radio.
4. Apa saja strategi digital?
Kamu mungkin sudah mengetahui secara umum mengenai macam-macam strategi digital marketing, kan? Namun tidak cukup hanya itu, kamu juga harus mempelajari secara spesifik setiap strategi yang sudah kamu dapatkan.
Di bawah ini majoo akan jelaskan 5 jenis strategi digital marketing tersebut, semoga bermanfaat,ya!
a. Adakan Giveaway
Strategi yang pertama untuk memasarkan produk bisnis kamu secara online adalah dengan mengadakan giveaway. Giveaway adalah acara spesial yang banyak dilakukan oleh toko online untuk meningkatkan jumlah pengikut dan membuat pengikut mengetahui keberadaan produk yang dijualnya.
Kamu pun bisa mencoba melakukan giveaway ini, tapi pastikan untuk melakukan giveaway dengan syarat-syarat yang membuat pengikut tertarik dengan produk yang kamu jual, ya!
b. Buat Konten Pemasaran Berupa Video
Sebelum tiba ke zaman serba video, kebanyakan konten dari pemasaran yang dilakukan secara digital adalah berbentuk audio, foto, atau review (tulisan). Kenyataannya saat ini selain berbagai hal tersebut, konten pemasaran berupa video dapat lebih mudah diterima karena menjelaskan produk dengan spesifik.
Kamu dapat mencoba menggunakan cara pemasaran dengan konten video ini. Walaupun membutuhkan proses yang lebih rumit menyiapkannya, namun hasilnya tidak akan mengecewakan.
c. Lakukan Kolaborasi
Satu lagi jenis strategi untuk melakukan digital marketing yang ampuh tapi belum banyak dilakukan. Cara ini dilakukan dengan melakukan kolaborasi antar brand. Bersama-sama bisnis kamu dan brand lain yang berkolaborasi dapat menargetkan konsumen setia dari kedua brand yang ada.
Hasilnya pun tidak akan mengecewakan mengingat pengikut yang sebelumnya hanya mengikuti salah satu brand dapat berubah menjadi mengikuti keduanya, sehingga pangsa pasar menjadi jauh lebih luas.
d. Manfaatkan Media Sosial sebagai Tempat Pemasaran
Jangan lupa juga untuk membuat akun media sosial bisnis kamu. Semua cara-cara dan strategi pemasaran secara digital yang dapat kamu lakukan harus menggunakan media sosial sebagai alatnya.
Jadi pastikan untuk membuat akun bisnis yang atraktif dan sesuai dengan target konsumen yang kamu tuju. Misalnya kamu ingin menjual kaos secara online, maka pastikan membuat akun di TikTok agar mudah mengunggah video produk kaos yang dijual.
e. Manfaatkan Iklan Sebaik Mungkin
Iklan secara digital dapat dipastikan akan menjadi jauh lebih efektif daripada jenis iklan lainnya. Apalagi jika kamu memanfaatkan iklan menggunakan media sosial. Modalnya tidak terlalu besar dan kamu bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.
Iklan produk bisnis kamu bahkan dapat langsung dikirimkan ke target konsumen sesuai yang kamu inginkan. Jadi pastikan untuk memanfaatkan iklan digital ini sebaik mungkin agar bisa merasakan keuntungannya.
Baca Juga: Memahami Tugas Telemarketing
Kesimpulan
Kompetisi bisnis di zaman sekarang sangat berbeda dengan 15 atau 20 tahun lalu. Jika dulu perusahaan menggunakan teknik penjualan door-to-door sebagai salah satu strategi pemasaran pilihan, saat ini dinilai sudah tidak efektif lagi.
Digital campaign adalah strategi yang berhasil menggantikannya. Strategi digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran dengan cakupan sangat luas.
Jika ingin menguasainya, kamu harus mau mempelajari banyak media sekaligus, membaca aneka artikel seputar bisnis yang disediakan majoo, dan mempraktikkan ilmunya, ya, Majoopreneurs!