Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Mau Pasang Iklan Elektronik? Ketahui Dulu Jenisnya di Sini!

    Mau Pasang Iklan Elektronik? Ketahui Dulu Jenisnya di Sini!

    Iklan elektronik biasanya disajikan dengan durasi yang cukup singkat.

    Iklan merupakan sebuah sarana atau alat yang digunakan oleh pegiat bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa dari bisnisnya. Kini, sudah ada banyak jenis iklan yang pernah kamu lihat, salah satunya adalah iklan elektronik. Jenis iklan ini merupakan salah satu yang paling efektif dalam mempromosikan sebuah produk.

    Lantas, apa pengertian, ciri-ciri, hingga jenis iklan elektronik? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang iklan elektronik di bawah ini sampai selesai, ya! 

    Apa Itu Iklan Elektronik?

    Di zaman yang sudah serba digital dan cepat seperti saat ini, masyarakat sudah menggunakan berbagai jenis media elektronik untuk memenuhi keperluan, kebutuhan, informasi, dan hiburan hidupnya. Kebutuhan tersebut bisa didapatkan dengan mudah melalui media elektronik, misalnya radio, televisi, dan internet.

    Adanya perkembangan yang begitu pesat tentang media elektronik ini, tentunya memicu perkembangan dalam beriklan. Iklan elektronik adalah jenis iklan yang tayangkan dalam berbagai jenis media elektronik, mulai dari radio, televisi, hingga platform lainnya yang bisa diakses dengan menggunakan internet.

    Tujuan iklan elektronik adalah untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan, dengan menghubungkan mereka melalui situs website dan media elektronik lainnya. Jika bisnismu menggunakan iklan elektronik, khususnya melalui internet, kamu bisa menghemat anggaran marketing bisnismu.

    Fungsi iklan dengan menggunakan iklan elektronik yaitu dapat menargetkan kelompok audiens berdasarkan segmentasi pasarmu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan suara dan gambar bergerak, bahkan menambahkan tautan. Berbeda halnya dengan media cetak yang tidak bisa seperti itu.

    Iklan elektronik menggunakan bahasa persuasif.

    Ciri-Ciri Iklan Elektronik

    Iklan elektronik memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakan dengan iklan jenis lainnya. Ciri-ciri iklan elektronik adalah sebagai berikut.

    • Iklan elektronik memiliki beberapa karakteristik yang berbeda sesuai dengan media-media elektronik yang digunakan. Contoh iklan elektronik, misalnya iklan suara atau audio pada radio dan penggabungan antara suara dengan tampilan gambar atau audio visual melalui televisi.
    • Biasanya menggunakan bahasa menarik, mudah dipahami, dan bersifat persuasif. Tidak hanya itu, gaya bahasa yang digunakan cenderung terdengar lebih sopan dan tepat sasaran.
    • Iklan disajikan dengan durasi yang cukup singkat.
    • Iklan biasanya menggunakan kata-kata yang lebih powerfull serta meng-highlight informasi-informasi penting seperti nama brand serta keunggulan atau kelebihan dari produk yang dipromosikan.

    Baca juga: Contoh Iklan Permintaan dan Tujuan Pembuatannya 

    Gaya Bahasa Iklan Elektronik

    Dalam membuat iklan elektronik, tentunya kamu perlu mengetahui gaya bahasa iklan yang digunakan agar menarik target audiens bisnismu Berikut ini gata bahasa yang perlu kamu gunakan, antara lain:

    Hiperbola

    Ucapan kiasan yang dilebih-lebihkan dan dikemukakan sedikit dari waktu yang sebenarnya digunakan. 

    Persuasif

    Komunikasi yang digunakan untuk memengaruhi kepercayaan target audiens.

    Sugestif

    Sugesti merupakan pemberian pengaruh dari satu pihak pada pihak lainnya.

    Propaganda

    Propaganda merupakan serangkaian pesan dengan tujuan agar dapat memengaruhi pendapat atau tindakannya kepada orang lain. 

    Informatif

    Informatif dimaknai sebagai iklan yang memberikan informasi kepada audiens mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. 

    Baca juga: Iklan Komersial: Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Contohnya

    Contoh dan Jenis Iklan Elektronik

    Pada dasarnya, terdapat berbagai jenis iklan elektronik, antara lain:

    1. Iklan Radio

    Iklan radio merupakan jenis iklan dari media elektronik yang menggunakan perangkat radio. Karena bentuknya berupa audio, jadi iklan di radio ini hanya bisa didengarkan. Adapun contoh iklan elektronik melalui radio, yaitu spot, ad-lib, dan sponsor program.

    Akan tetapi, iklan produk berbentuk audio lebih sulit dibuat karena mengharuskan pengiklan memberi deskripsi sejelas mungkin tentang barang yang ditawarkan. Pasalnya, audiens tidak bisa melihat barang tersebut dan hanya bisa membayangkan bentuknya.

    Meskipun karakteristiknya terbatas hanya pada suara atau audio, tetapi iklan melalui radio masih digemari banyak orang, lho!. Iklan radio yang sering didengar oleh para audiens, misalnya iklan jasa seperti laundry atau pegadaian. 

    2. Iklan Marketplace di Televisi

    Bagi kamu yang suka menonton televisi, mungkin sudah sering melihat iklan marketplace di televisi. Iklan tersebut biasanya menggunakan warna-warna cerah, kalimat persuasif yang singkat, dan musik yang meriah. 

    3. Iklan Video di YouTube

    Iklan elektronik juga banyak ditemukan di YouTube. Iklan ini hampir sama dengan yang ada di televisi, hanya saja tayang di platform yang berbeda dengan format yang sedikit berbeda. Iklan di YouTube juga menjangkau target audiens yang lebih spesifik karena berdasarkan pada algoritma.

    YouTube mempunyai beberapa jenis iklan, antara lain

    • Skippable in-stream Ads;
    • Non-Skippable Ads;
    • Discovery Ads;
    • Non-Video Ads.

    Baca juga: Iklan Display: Keuntungan, Jenis, dan Contoh 

    4. Iklan Produk di Marketplace

    Pada marketplace juga ditemukan iklan. Bentuknya hampir sama dengan produk yang dijual biasa, hanya saja dengan tambahan detail promo yang membuat pengguna internet tertarik untuk meng klik iklan tersebut. 

    5. Iklan Televisi

    Iklan televisi merupakan jenis iklan elektronik yang menggunakan perangkat televisi. Iklan televisi bukan hanya berbentuk audio, tapi juga visual dan teks. Adapun contoh iklan elektronik di televisi, antara lain animation, live action, stop action, sponsor program, music, running text, credit title, Ad-lib, promo-Ad, backdrop, dan superimposed. 

    6. Iklan Film

    Iklan film merupakan jenis iklan ada ketika ingin menonton film di bioskop. Pada umumnya, iklan ini ditayangkan sebelum film diputar. Adapun contoh iklan elektronik satu ini yaitu endorsement dan live action. 

    7. Iklan Media Digital

    Iklan internet merupakan jenis iklan dengan menggunakan media online atau internet. Penggunaan iklan media digital ini untuk meningkatkan leads website sesuai dengan target audiensnya. Contoh iklan elektronik di media digital ini, antara lain banner & button, sponsorship, SEO (Search Engine Marketing), email marketing, SEM (Social Media Marketing), classified ads, dan lain sebagainya.

    8. Iklan melalui Email

    Iklan elektronik selanjutnya adalah iklan email (email marketing). Iklan melalui email ini bisa dibilang sebagai iklan dalam bentuk surat elektronik yang dikirimkan penyedia jasa atau produk ke email konsumen atau calon konsumennya.

    Baca juga: Apa Itu CRM ? Kenali Manfaat dan Fungsinya di Sini! 

    Unsur-Unsur Iklan Elektronik

    Unsur iklan elektronik berperan sebagai penarik perhatian target audiens agar produk atau jasa yang ditawarkan dapat diterima. Adapun, unsur iklan elektronik, yaitu:

    Attention

    Sebuah iklan dikatakan berhasil jika dapat menarik perhatian audiens saat mereka mendengar dan melihatnya. Penting halnya untuk kamu memberikan pengaruh pada produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.

    Bayangkan saja jika iklan elektronik tidak menarik, alhasil audiens pun akan ragu untuk menggunakan atau membeli produk yang kamu tawarkan dan iklan pun dianggap tidak menarik bagi mereka. Selain itu, bujet yang telah kamu keluarkan untuk memasang iklan elektronik ini pun akan terbuang sia-sia. 

    Interest

    Interest (minat) menjadi hal penting kedua setelah attention. Ketika masyarakat sudah merasa tertarik dengan iklan elektronik yang kamu hadirkan, langkah selanjutnya yaitu memunculkan minat mereka untuk mengetahui informasi lebih detail tentang produk atau jasa yang diiklankan. Setelah itu, terdapat kemungkinan untuk memiliki atau membeli produk atau jasa yang sedang diiklankan.

    Baca juga: Advertising adalah: Pengertian, Tugas, Ciri, dan Komponennya

    Desire

    Sebuah iklan harus menggugah keinginan dari target audiens, jika tidak begitu iklan bisa dikatakan kurang berhasil. Apalagi jika iklan elektronik yang dibuat hanya memunculkan minat, tanpa memunculkan keinginan. Padahal keinginan inilah yang nantinya membuat para target audiens ingin memiliki produk atau jasa yang sedang diiklankan. 

    Conviction

    Unsur iklan elektronik harus memuat rasa percaya dari konsumen agar mereka lebih yakin untuk menetapkan pilihannya dalam menggunakan ataupun membeli suatu produk.

    Action

    Tindakan menjadi ujung tombak dari sebuah pembuatan iklan elektronik. Jika seorang konsumen sudah mengambil suatu action (tindakan) tertentu dengan menghubungi admin untuk memesan barang, iklan tersebut bisa dinyatakan berhasil.

    Baca juga: 8 Media Promosi yang Efektif untuk Bisnis Berkembang 

    Aturan Hukum dalam Membuat Iklan Elektronik

    Ketentuan terkait pembuatan iklan ini sebenarnya sudah diatur dalam Pasal 19 ayat (2) Peraturan Menteri Perdagangan No.5 Tahun 2020, antara lain:

    • Dilarang menyebarkan informasi yang keliru, salah, dan tidak pantas terkait produk atau jasa yang diiklankan.
    • Tidak membohongi konsumen tentang kualitas, bahan, kuantitas, harga produk, fungsi, hingga ketepatan waktu produk yang diterima
    • Dilarang membohongi garansi atau jaminan pada suatu produk atau jasa.
    • Iklan elektronik harus memberikan informasi produk secara lebih detail.
    • Menyediakan pilihan untuk keluar dari tayangan iklan dengan menggunakan tanda tutup, lewati iklan atau tutup iklan.
    • Jika menggunakan media online, iklan elektronik harus ditempatkan dengan jelas agar konsumen bisa menutup iklan.
    • Dilarang mengeksploitasi kejadian atau orang lain tanpa izin atau persetujuan dari orang yang bersangkutan.

    Baca juga: Publisitas adalah: Pengertian, Jenis, dan Tujuannya

    Kelebihan dan Kekurangan Iklan Elektronik

    Adapun kelebihan dan kekurangan iklan elektronik adalah sebagai berikut.

    Kelebihan Iklan Elektronik

    • Karena media yang digunakan adalah media elektronik dan hampir semua orang pernah menggunakannya, dari segi penyebarannya juga lebih luas. iklan elektronik seperti ini akan lebih mudah dan luas untuk menjangkau target audience.
    • Iklan elektronik akan lebih cepat dalam menyebarkan informasi, sehingga untuk menyebarkan informasi penting, iklan dengan media elektronik tentu akan sangat membantu.
    • Iklan elektronik memiliki kualitas visual dan audio yang lebih menarik. Tampilan visual dan audio yang menarik tersebut juga lebih membantu masyarakat untuk lebih mudah memahami isi iklannya yang disajikan. 

    Kekurangan Iklan Elektronik

    • Durasi waktunya terbatas sehingga hanya bisa dinikmati sebentar.
    • Alternatif audiens dalam pemilihan channel lebih banyak dan membuat persaingan semakin ketat.
    • Tidak semua orang memiliki televisi.
    • Iklan elektronik di radio sering kurang didengarkan audiens karena diselingi melakukan pekerjaan lain.
    • Iklan elektronik di radio sulit untuk menyampaikan pesan yang kompleks dan tidak dapat digunakan untuk menyampaikan acara yang abstrak dan rumit. 

    Penutup

    Iklan elektronik adalah jenis iklan yang bisa membantu kamu bersaing di dunia digital seperti saat ini. Minimal, kamu bisa menggunakan salah satu dari beberapa jenis iklan di atas, ya.

    Jika kamu sudah bisa mempromosikan produk atau jasa bisnismu dengan menggunakan jenis iklan di atas, ini saat yang tepat bagi kamu untuk menjalankan bisnis dengan menggunakan media elektronik lain, seperti menggunakan aplikasi kasir digital seperti aplikasi majoo.

    Dengan menggunakan aplikasi majoo, banyak fitur menarik yang bisa kamu gunakan untuk membantu segala operasional bisnismu, misalnya fitur POS (Point of Sales), karyawan, CRM (Customer Relationship Management), inventory, akuntansi, dan lain sebagainya

    Tunggu apalagi? Yuk, gunakan aplikasi majoo segera!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!