Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • 6+ Jenis Usaha Jasa yang Dibutuhkan Warganet Indonesia

    6+ Jenis Usaha Jasa yang Dibutuhkan Warganet Indonesia


     Beragam jenis usaha jasa dan contoh usaha jasa yang cocok untuk kebutuhan warganet

    Sebagai sekumpulan orang-orang yang aktif berselancar di internet, warganet, atau istilah populernya adalah netizen, mereka termasuk cepat tanggap dengan tren atau isu yang ramai di dunia maya.


    Tidak berlebihan jika mereka disebut berperan penting dalam sektor ekonomi, sebab mereka bisa memengaruhi pengambilan keputusan pembelian.


    Kehadiran warganet menjadi cukup penting bagi perusahaan dalam membentuk top of mind atas barang dan bisnis jasa yang dipasarkan. Salah satu buktinya adalah fenomena endorser yang sudah lumrah dilakukan saat melakukan promosi pemasaran.


    Tidak mengherankan jika perilaku dan kebiasaan warganet yang kemudian membangkitkan semangat wirausaha di kalangan anak muda. Berbagai ide bisnis jasa yang segar lahir dari kepala mereka.


    Jenis usaha jasa yang bermunculan dapat dikatakan kreatif, karena memang baru hadir setelah sebuah perilaku muncul. Beberapa ide bisnis jasa yang mereka tawarkan sudah teruji kesuksesannya, meskipun dimulai dengan keterbatasan.

    Pengertian Bisnis Jasa

    Dari namanya, kamu pasti sudah bisa menyimpulkan bahwa usaha bidang jasa merupakan sebuah bisnis yang menawarkan keahlian dan tenaga seseorang dalam bidang tertentu. Bisnis di sektor ini semakin hari mengalami kemajuan.


    Pemilik bisnis jasa menjual dan menawarkan produk dalam bentuk pelayanan jasa. Meskipun tidak menyediakan produk dalam bentuk fisik, namun usaha jasa mesti punya manfaat yang dapat dirasakan.


    Kelebihan dari menjalankan bisnis usaha jasa adalah tidak perlu modal yang besar. Kamu bisa mulai menjalankan bisnis di bidang jasa kapan saja dengan menawarkan keahlian atau kemampuanmu di bidang tertentu kepada orang lain.


    Selain itu, memulai usaha jasa tidak membutuhkan banyak karyawan, sehingga menghemat pengeluaran untuk membayar gaji.


    Kelemahan dari bisnis jasa adalah harga yang ditawarkan kepada konsumen sulit untuk ditentukan dengan pasti. Sebab, nilai sebuah jasa yang ditawarkan kepada konsumen memiliki patokan harga yang berbeda-beda. Hal tersebut bergantung dari kondisi ekonomi dari sasaran pasar yang akan dituju. Selain itu, jasa yang ditawarkan apakah memiliki permintaan yang cukup tinggi.


    Kelemahan lainnya adalah kesulitan dalam mempromosikan layanan jasa yang dimiliki. Sebab tidak memiliki produk fisik, strategi promosi bisnis jasa sangat bergantung dari kepuasan dan testimoni konsumen.


    Jenis usaha di bidang jasa yang paling mudah dikenali adalah firma hukum, biro iklan, pusat permainan (game center), kantor akuntan publik, kantor arsitek, dan usaha penerjemah.

    Contoh Bidang Jasa

    Kemajuan teknologi mengakibatkan terjadinya perubahan pola belanja masyarakat. Meskipun generasi Y masih berperan penting dalam ekonomi makro, namun kehadiran generasi milenial dan Gen Z telah mengubah peta perekonomian.


    Semakin berkembangnya jenis usaha jasa yang unik dan kreatif menjadi jawaban dari perubahan itu. Seperti yang disebutkan di awal artikel, berikut beberapa contoh bisnis jasa yang dibutuhkan oleh warganet Indonesia:

    1. Jasa Pembuatan Konten Video

    Warganet haus akan konten. Karena itu, penikmat konten video durasi pendek seperti TikTok dan Instagram Reels tumbuh sangat cepat, dan menjadi faktor utama yang mendorong pertumbuhan interaksi di platform media sosial tersebut.


    Kebutuhan warganet itu membuka peluang usaha jasa di bidang pembuatan konten video. Sebab konten video kini telah menjadi sebuah keniscayaan dalam mengkomunikasikan sebuah pesan ke masyarakat.


    Contoh jenis usaha jasa pembuatan konten video 

    Layanan pembuat konten video kian dibutuhkan, baik konsumen individu maupun oleh perusahaan. Karena tidak semua orang bisa membuat konten video yang bagus dan kreatif. Ini kesempatan yang baik bagi kreator konten untuk meraup keuntungan dari bisnis jasa ini.


    Meskipun demikian, jenis usaha jasa pembuatan konten ini kini kian menjamur. Tentu ini menjadi tantangan dalam mencari klien yang tertarik bekerja sama.


    Untuk itu, penting bagi kreator konten untuk mengumpulkan dan membangun portofolio terlebih dahulu di media sosial. Cara ini telah terbukti ampuh karena banyak kreator konten yang berhasil menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar.

    2. Jasa Sewa Peralatan Videografi

    Banyak warganet yang berkeinginan menjadi kreator konten tapi belum punya peralatan. Sulit dimungkiri, harga kamera-kamera untuk videografi masih cukup tinggi, sehingga tidak semua orang mampu untuk memilikinya.


    Masalah ini bisa dimanfaatkan menjadi ide bisnis jasa. Jika memiliki peralatan videografi, kamu bisa memulai layanan ini.


    Memang, modal yang harus dikeluarkan di awal cukup besar. Tapi, dengan maraknya kehadiran kreator konten digital, usaha jasa ini patut kamu pertimbangkan.

    3. Jasa Laundry Sepatu

    Layanan cuci sepatu cukup menggiurkan karena menjadi salah satu bisnis terlaris saat ini. Semakin banyak orang yang menjadikan sepatu sebagai bagian dari gaya hidup. Mereka rela memburu sepasang sepatu, hingga harus mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.


    Kini sepatu bukan sekadar alas kaki. Sepatu sudah menjadi sebuah identitas. Sepatu sneakers yang biasa digunakan untuk berolahraga, sekarang bisa digunakan untuk berbagai macam aktivitas, termasuk untuk pesta dan bekerja karena sangat nyaman. Tak ayal, berbagai produsen alat-alat olahraga berlomba-lomba mengeluarkan jenis sneakers terbaru setiap bulannya.


    Dengan harga jutaan rupiah, pemilik sneakers butuh perawatan ekstra agar sepatunya tidak mudah rusak. Sneakers mahal membutuhkan perawatan yang tidak sembarangan. Membersihkan sneakers memerlukan alat pembersih khusus yang rata-rata produk impor dan kemampuan khusus agar sneakers bisa kembali bersih.


    Karena itu, laundry sepatu jadi salah satu contoh ide bisnis jasa yang penting untuk ditekuni dan akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang. Bahkan, laundry sepatu adalah contoh bisnis jasa yang sudah bisa diwaralaba. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis jasa ini bisa menjalin kerja sama dengan merek laundry sepatu yang sudah terkenal dan ada waralabanya. Jadi lebih mudah, kan?

    4. Jasa Pembuatan Website

    Sebuah usaha tanpa memiliki website atau laman resmi ibarat seperti sayur tanpa garam. Pasti terasa hambar. Pasalnya, melalui website resmi, calon konsumen akan lebih mudah mempelajari jenis usaha jasa yang kamu jalani.


    Saat warganet ingin mencari sesuatu yang membuat mereka penasaran, maka langkah pertama yang akan mereka lakukan adalah dengan melakukan riset di mesin pencarian.


    Hasil pencarian teratas biasanya akan diisi oleh informasi berupa akun media sosial dan tautan menuju website resmi. Dua hal tersebut menjadi informasi yang valid untuk menjawab rasa penasaran dan keingintahuan mereka.


    Karena itu, website menjadi hal penting bagi dunia usaha, termasuk bisnis jasa. Sehingga kehadiran jasa pembuat website inilah yang akan membuat para pemilik jenis usaha jasa lainnya akan merasa terbantu.


    Selain menawarkan jasa pembuatan website, kamu juga bisa menawarkan jasa pembelian domain dan hosting. Dengan menawarkan one stop solution, bisnis jasa yang kamu jalankan dapat melayani pelanggan dengan lebih baik.

    5. Jasa Manajemen Media Sosial

    Media sosial memang platform gratis. Semua orang bisa membuat akun media sosial hanya dalam waktu kurang dari lima menit. Tapi, tidak semua orang memiliki kemampuan manajemen media sosial.


    Inilah yang kemudian melahirkan profesi baru seperti Social Media Manager atau Social Media Specialist. Mereka bertugas mengelola akun media sosial milik perusahaan, layanan, tokoh penting, entitas bisnis, atau institusi. Akun yang dikelola harus memiliki konten yang interaktif sebagai sarana promosi kepada warganet yang menjadi target audience.


    Kedua profesi di atas lahir karena ketidaksiapan sebuah entitas bisnis dalam melakukan pengelolaan media sosial. Sebab mengelola media sosial membutuhkan strategi yang baik, copywriting yang apik, hingga pemahaman terkait pemasaran yang ciamik.


    Jika kamu berpengalaman di bidang ini, inilah peluang untuk menambah pundi-pundi dengan menyediakan jasa pengelolaan media sosial secara komprehensif dan terarah.

    6. Jasa Desain Grafis

    Pernah melihat poster sebuah produk, tapi kamu sulit membaca tulisannya sehingga gagal memahami pesan yang ingin disampaikan? Itu banyak terjadi.


    Tidak peduli apa pun ide bisnis jasanya, jika poster yang dibuat untuk mengiklankan produk atau jasa memiliki desain yang buruk, tentu jadi tidak menarik bagi calon konsumen yang melihatnya. Poster-poster dengan desain buruk ini kerap menjadi bahan guyonan dan cemoohan oleh warganet di media sosial.


    Poster adalah representasi visual dari produk atau layanan. Jika ide desain posternya bagus, maka bisa menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk atau layanan tersebut. Selain itu, poster masih diyakini menjadi salah satu alat promosi untuk mengiklankan bisnis secara kreatif, murah, dan efektif.


    Karena itu, jasa desain grafis semakin dibutuhkan. Seorang desainer grafis berperan penting dalam membantu meningkatkan sebuah bisnis.


    Desainer grafis adalah salah satu profesi yang bertumbuh pesat di era digital. Sarana untuk mendapatkan klien pun juga semakin mudah dengan banyaknya situs-situs yang mencari desainer grafis pekerja lepas.


    Baca Juga: Pahami! Langkah - Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha 2022

    Menentukan Tarif dan Harga Bisnis Jasa

    Setelah membahas jenis usaha jasa yang bisa dibutuhkan oleh warganet Indonesia, lalu bagaimana cara menentukan tarif dan harganya? Karena tidak memiliki harga pokok sebab ketiadaan bahan baku, kamu yang ingin memulai usaha jasa harus melakukan serangkaian riset untuk memastikan tiga hal berikut ini.

    1. Pastikan Ada Pasarnya

    Sah-sah saja jika kamu punya ide layanan jasa yang benar-benar baru. Tapi, jika tidak ada pasarnya, usahamu akan mudah kolaps karena tidak laku. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan apakah jenis usaha jasa yang akan kamu jual sudah dikenal dan menjawab kebutuhan masyarakat atau belum.

    2. Pastikan Siapa Kompetitornya

    Jika layanan jasa yang akan ditawarkan memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, pasti ada pesaing yang sudah lebih dahulu memulainya. Kamu tidak perlu cemas.


    Dengan kehadiran kompetitor, maka kamu bisa memantau bagaimana pesaing menjalankan usaha jasanya. Mengamati dan mempelajari pesaing akan membuat kamu bisa memodifikasi fitur-fitur dari bisnis jasa yang akan kamu jalankan.

    3. Pastikan Harganya Sesuai Pasaran

    Bolehkah memulai layanan jasa dengan mematok harga yang tinggi? Itu hak kamu. Tapi, kamu harus tahu, apakah harga yang kamu tawarkan sudah sesuai dengan harga di pasaran.


    Karena baru memulai bisnis jasa, yang paling penting adalah membuat konsumen percaya dan nyaman terhadap bisnis jasa yang kamu tawarkan. Patoklah harga sewajarnya, sesuai dengan gambaran harga pada jenis usaha jasa sejenis di pasaran.


    Kesimpulan

    Jika kamu memiliki keahlian pada bidang tertentu dan passion pada jenis usaha jasa yang telah dijelaskan, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk memulainya. Semakin banyak jenis usaha jasa berkembang, maka semakin luas juga lapangan pekerjaan akan tercipta.


    Selain itu, lima contoh bisnis jasa digital di atas sudah terbukti hasilnya, meskipun dilakukan dengan modal terbatas. Maka dari itu, manfaatkan peluang yang ada agar bisa menawarkan bisnis jasa yang kamu miliki ke warganet Indonesia.


    Gunakan fitur-fitur ekosistem digital pada aplikasi majoo untuk mempermudah kamu dalam menjalankan usaha jasa.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.