Kegiatan distribusi adalah salah satu kegiatan yang mempunyai peranan penting dalam pengiriman barang dalam suatu bisnis atau perusahaan. Tanpa adanya kegiatan ini, maka barang tidak akan sampai pada tangan konsumen. Untuk itu, diperlukan pengelolaan kegiatan distribusi yang baik guna mengoptimalkan proses pengiriman barang.
Pengertian Kegiatan Distribusi
Kegiatan distribusi merupakan proses yang ada dalam pengiriman barang dari satu pihak kepada pihak yang lainnya. Barang-barang ini akan didistribusikan dari pihak produsen ke pihak konsumen. Ini merupakan kegiatan penting dalam proses bisnis karena membantu dalam proses transfer barang dari produsen kepada konsumen.
Kegiatan distribusi erat kaitannya dengan proses pemasaran dalam bisnis sehingga menjadi peranan yang cukup penting dalam bisnis. Dalam hal ini distributor akan menjadi perantara antara produsen kepada konsumen dengan tujuan untuk dijual kembali.
Dalam era serba teknologi dan digital seperti sekarang, kegiatan distribusi barang menjadi semakin mudah dan cepat sehingga memperpendek waktu dalam penyaluran barang sehingga lebih sederhana.
Banyak orang yang bisa mendapatkan barang atau jasa hanya dari smartphone saja. Karena itulah, perlu untuk melakukan manajemen kegiatan distribusi yang tepat supaya dapat mengoptimalkan proses pengiriman barang.
Tujuan Kegiatan Distribusi
Kegiatan distribusi mempunyai peranan yang cukup penting dalam dunia perdagangan dan ekonomi. Tanpa adanya kegiatan yang satu ini maka barang tidak akan sampai pada konsumen akhir. Untuk itu kegiatan distribusi ini mempunyai beberapa tujuan, diantaranya adalah sebagai berikut:
Menjamin kelangsungan produksi
Pengelolaan kegiatan distribusi yang baik dan tepat dapat menjamin kelangsungan produksi suatu bisnis. Dalam hal ini perusahaan dapat melakukan pelacakan terhadap barang, mengoptimalkan penggunaan ruang gudang, hingga analisis laporan gudang. Dengan demikian, kegiatan distribusi akan tetap berjalan dengan lancar.
Mengirim barang atau jasa pada konsumen
Tentu saja tujuan utama dari kegiatan distribusi ini adalah untuk mengirim barang atau jasa kepada konsumen akhir untuk digunakan. Hal ini karena tidak seluruh konsumen mempunyai hubungan dan akses kepada produsen sehingga diperlukan kegiatan distribusi. Dengan adanya kegiatan ini, maka proses untuk mendapatkan barang bagi konsumen akan menjadi lebih mudah.
Memelihara sistem bisnis dan ekonomi
Banyak dari produsen tidak mempunyai keahlian dalam memasarkan barang atau jasa yang mereka miliki. Di sinilah distributor diperlukan supaya dapat menjaga ekonomi dalam bisnis berjalan dengan lancar. Jika barang atau jasa produksi tidak didistribusikan maka produsen akan mengalami kerugian.
Begitupun dengan konsumen, mereka akan rugi jika tidak mendapatkan barang yang dibutuhkan. Dengan begitu, proses ini akan berjalan secara terus-menerus dalam hubungan ekonomi sebagai bagian dari proses dalam bisnis.
Untuk dapat mengelola kegiatan distribusi secara optimal, kamu dapat memanfaatkan aplikasi inventory majoo. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan menjadi lebih mudah untuk mengelola, menganalisa, serta memantau persediaan barang secara real time.
Beberapa fitur yang terdapat didalam aplikasi ini yaitu produk dan varian, resep dan bahan baku, stok masuk dan purchase order, HPP, stok produksi, terbuang, opname, mutasi stok antar cabang dan gudang, hingga laporan. Dengan begitu kamu dapat dengan mudah untuk mengoptimalkan proses distribusi untuk pengiriman barang.
Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan aplikasi Inventory Majoo. Bantu memudahkan dalam mengelola kegiatan distribusi guna mengoptimalkan proses pengiriman barang.
Cara Melakukan Kegiatan Distribusi
Untuk melakukan kegiatan distribusi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Hal ini untuk menunjang proses distribusi yang lancar dan tepat sehingga barang dapat tersalurkan dengan baik. Berikut beberapa cara dalam melakukan kegiatan distribusi:
Pelajari konsumen
Untuk melakukan proses kegiatan distribusi kamu perlu untuk mempelajari konsumen. Kamu dapat mempelajari bagaimana karakteristik dari konsumen tersebut yang meliputi, gender, latar belakang, kondisi ekonomi, minat, serta hal-hal yang lainnya.
Kamu juga dapat mempelajari bagaimana produsen tersebut melakukan proses pembelian, misalnya apakah konsumen tersebut lebih menyukai berbelanja secara online atau offline. Dengan begitu, kamu dapat menentukan model penjualan seperti apa yang akan digunakan dalam bisnis.
Kenali kompetitor
Kamu dapat mempelajari bagaimana cara kompetitor melakukan kegiatan distribusinya dan apa strategi yang mereka terapkan. Hal ini dapat membantu kamu dalam menemukan ide serta strategi yang akan diterapkan dalam kegiatan distribusi bisnis kamu.
Kamu perlu melakukan analisis terhadap kompetitor sehingga jika ditemukan kecurangan maka dapat segera dicarikan solusinya.
Menentukan biaya
Biaya merupakan salah satu faktor terpenting dalam kegiatan distribusi. Hal ini karena kegiatan distribusi tak bisa lepas dari yang namanya biaya. Dari produsen hingga ke konsumen proses penyaluran barang banyak memakan biaya.
Kamu dapat menentukan untuk menggunakan tenaga yang tepat dalam proses distribusi supaya dapat menekan biaya. Kamu bisa membuat saluran penjualan menjadi lebih kecil serta melakukan pekerjaan hanya dengan pengecer ahli sehingga dapat meminimalkan pengeluaran budget bisnis.
Perhatikan dampak dan risiko
Kegiatan distribusi yang kamu pilih dan tentukan juga akan berdampak pada keputusan lainnya dalam proses bisnis, termasuk dalam bagaimana cara meneliti serta membangun produk kamu.
Untuk itu, kamu harus dapat mempertimbangkan setiap dampak yang akan diberikan dari kegiatan distribusi sehingga dapat membantu dalam mengembangkan produk kamu.
Analisis data pengiriman sebelumnya
Dengan melakukan analisis terhadap data pengiriman yang sebelumnya maka kita akan menjadi tahu apakah strategi yang diterapkan sudah efektif atau belum.
Kamu dapat melakukan analisis terhadap waktu pengiriman, umpan balik konsumen, dan optimasi rute dapat membantu perusahaan mendapatkan informasi mengenai bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang berguna dalam efektivitas operasional.
Buat jadwal yang tepat
Dalam melakukan kegiatan distribusi, maka kamu perlu untuk membuat jadwal yang tepat. Hal ini bertujuan untuk memastikan jika barang dikirim sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Hal ini juga berguna supaya pengemudi tidak mengambil pengiriman yang berlebihan melebihi yang dapat mereka tangani.
Manfaatkan teknologi
Perusahaan juga perlu untuk melakukan pelacakan barang secara real time dengan tujuan untuk mengetahui dimana lokasi barang saat ini sehingga perusahaan dapat memantaunya selama perjalanan.
Untuk itu, perusahaan dapat memanfaatkan penggunaan teknologi dalam pelacakan barang secara langsung sehingga dapat memantau barang dengan baik. Penggunaan teknologi ini juga berguna untuk memantau sikap atau perilaku pengemudi.
Latih sumber daya manusia
Melatih sumber daya manusia sangat penting dalam proses kegiatan distribusi supaya semuanya dapat ditangani dengan baik dan tepat. Hal ini bertujuan supaya pekerja bisa melakukan tugasnya dengan baik sehingga mengoptimalkan proses pengiriman barang.
Melatih karyawan akan membantu meningkatkan keterampilan mereka dalam menjalankan tugas. Hal ini juga akan membawa pengaruh baik bagi perusahaan karena kegiatan distribusi dapat berjalan dengan lancar.
Baca Juga: 7+ Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler
Kegiatan distribusi merupakan salah satu kegiatan yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Bisa dikatakan ini adalah kegiatan yang bertujuan supaya proses pembelian dan perdagangan tetap berlangsung dengan lancar. Tanpa adanya kegiatan distribusi maka penggunaan barang atau jasa akan terbatas. Untuk itu, diperlukan manajemen yang tepat dalam proses kegiatan distribusi guna mengoptimalkan proses pengiriman barang.
Sumber:
https://www.poslogistics.co.id/alur-distribusi-logistik/
https://kledo.com/blog/kegiatan-distribusi/
https://www.freepik.com/