Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Kemasan Primer adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

    Kemasan Primer adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

    Kemasan primer sangat penting untuk diperhatikan.

    Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam bisnis adalah kemasan produk. Kemasan sendiri terbagi terbagi menjadi tiga jenis, satu di antaranya adalah kemasan primer. Kemasan merupakan wadah yang dapat meningkatkan nilai dan fungsi sebuah produk. Pengemasan produk menjadi hal yang penting karena kemasan memiliki dampak fisik dan psikologis. Dalam hal dampak fisik, kemasan berfungsi sebagai wadah dan pelindung.

    Sementara itu, kemasan memiliki dampak psikologis karena tampilan kemasan dapat menimbulkan kesan tertentu bagi para konsumen yang akan mempengaruhi preferensi mereka terhadap produk yang dikemas.

    Sebelum membahas lebih jauh, ketahui dan pahami lebih dulu pengertian kemasan primer, fungsi kemasan primer, jenis kemasan primer, dan contoh kemasan primer yang akan dibahas dalam artikel ini.

    Pengertian Kemasan Primer

    Kemasan primer adalah kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk. Dalam kata lain, kemasan primer merupakan wadah ditempatkannya suatu produk. Kemasan primer memungkinkan produk untuk dijual secara eceran kepada konsumen. Kemasan primer biasanya terbuat dari bahan yang dapat menahan air dan udara agar tidak masuk ke dalam produk. Secara garis besar, kemasan primer menjaga stabilitas produk di dalamnya, contohnya adalah berbagai kemasan makanan dan minuman (seperti bungkus mi instan, keripik, saos, susu, dan berbagai minuman berasa), botol sampo, botol kecap, gelas plastik, kemasan obat (seperti strip, ampul, botol, dan vial).

    Baca juga: Jenis-Jenis Gudang: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

    Fungsi Kemasan Primer

    Selain sebagai wadah, kemasan juga banyak memiliki manfaat. Berikut manfaat kemasan produk yang dikutip dari buku The Art of Packaging: Mengenal Metode, Teknik, & Strategi oleh Sri Julianti:

    1. Untuk menjaga produk agar tetap terlindung dan tetap bersih terjaga dari kotoran serta kontaminasi.
    2. Membuat daya tahan produk meningkat, karena terjaga dari kerusakan fisik dan pengaruh cuaca.
    3. Untuk menyeragamkan ukuran atau bobot produk yang akan dijual.
    4. Untuk menambah daya jual produk, konsumen diuntungkan dengan kemudahan pemakaian produk (praktis).
    5. Kemasan mampu menarik konsumen untuk membeli produk yang dijual.
    6. Kemasan juga dapat menampilkan informasi produk yang dapat membantu konsumen untuk menentukan keputusan pembelian. Informasi tersebut dapat berupa bahan baku, berat produk dan tanggal kedaluwarsa.

    Sementara itu, fungsi kemasan primer secara khusus adalah sebagai berikut:

    1. Fungsi Perlindungan

    Jenis kemasan primer adalah kemasan yang pasti akan ada pada hampir semua produk. Nah, berbeda dengan kemasan sekunder dan tersier, kemasan primer adalah lapisan yang bersentuhan langsung dengan produk kamu. Untuk itu, kemasan primer pastinya memiliki fungsi proteksi yang ekstra. Lapisan inilah yang memiliki peran utama dalam melindungi produk kamu dari kotoran atau kerusakan, karena tidak ada lagi alat atau media yang menjaga kualitas produk kamu selain kemasan primer tersebut.

    Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah jenis bahan yang digunakan. Sebagaimana kamu ketahui, bahan yang paling banyak digunakan untuk kemasan primer adalah plastik. Plastik menjadi bahan unggulan untuk kemasan dengan proteksi baik karena sifatnya yang tidak mudah rusak dan anti tembus. Harus kamu perhatikan adalah kualitas perekat yang digunakan kemasan plastik. Apakah perekat yang digunakan mampu melindungi produk kamu dari paparan udara luar, kotoran, bakteri, atau kerusakan? Namun, selain kuat dan mampu melindungi produk, perekat yang berkualitas di kemasan primer juga harus praktis dan mudah digunakan oleh konsumen.

    2. Fungsi Mengawetkan (Preservation)

    Selain melindungi produk, fungsi kedua kemasan primer adalah fungsi mengawetkan (preservation). Maksud dari fungsi ini adalah kemasan primer berperan untuk menjaga kualitas produk ketika produk disimpan. Kemasan primer membantu mengontrol kondisi produk di dalamnya agar bisa memperpanjang umur suatu produk. Misalnya, beberapa produk tertentu seperti makanan lembab yang memerlukan perlindungan dari udara yang terlalu lembab, terlalu panas, atau terlalu dingin untuk menjaga kualitasnya.

    Sementara itu, dalam proses penyimpanan maupun pengiriman, suatu produk akan berada di berbagai lokasi dengan kondisi yang beragam. Nah, kemasan primer adalah aspek yang akan menjamin kondisi produk sesuai dengan kebutuhannya tersebut. Oleh karena itu, fungsi preservation kemasan primer juga menjadi alasan kedua mengapa kemasan primer adalah aspek terpenting untuk apapun produk kamu. 

    3. Fungsi Komunikasi

    Alasan terakhir mengapa kemasan primer adalah aspek terpenting untuk produk kamu adalah fungsi komunikasinya. Nah, fungsi komunikasi kemasan primer ini terbagi menjadi dua aspek komunikasi yang berbeda, yaitu komunikasi promosi dan komunikasi informasi produk.

    • Komunikasi Promosi

    Pada kemasan primer, kamu bisa menampilkan karakter branding yang kamu inginkan, memasang nama produk yang menarik, dan menyampaikan informasi-informasi yang akan meyakinkan konsumen seperti keunggulan produk kamu dibandingkan produk lain. Selain sebagai media komunikasi yang berdiri sendiri, fungsi kemasan primer adalah sebagai media komunikasi relasional yang menghubungkan konsumen kamu dengan media promosi online produk kamu. Media komunikasi relasional yang dimaksud adalah QR Code. Dengan QR Code, kamu bisa mengarahkan konsumen ke website atau sosial media yang menjadi media utama promosi produk kamu.

    • Komunikasi Informasi

    Sebagaimana yang kamu ketahui, setiap produk yang beredar di pasaran, baik itu produk makanan, kecantikan, maupun kesehatan, harus memiliki informasi komposisi yang jelas. Nah, kemasan primer adalah media yang diwajibkan untuk mencakup seluruh informasi tersebut. Selain itu, kemasan primer juga bisa memuat informasi seperti sertifikasi yang dimiliki produk kamu untuk menjamin kredibilitas dan kualitasnya. Singkatnya, kemasan primer adalah aspek utama dalam menyampaikan informasi-informasi yang ingin dan harus diketahui konsumen mengenai produk kamu.

    Baca juga: Best Practice Cara Mencari Investor yang Tepat untuk Usahamu

     Kemasan primer adalah jenis kemasan yang bersinggungan langsung dengan produk yang berfungsi sebagai wadah dan pelindung produk.

    Jenis Kemasan Primer

    Dikutip dari buku Kewirausahaan Dan Studi Kelayakan Bisnis untuk Memulai dan Mengelola Bisnis oleh Apri Winge Adindo, kemasan produk dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan fungsinya, sebagai berikut:

    • Kemasan Primer

    Kemasan primer adalah jenis kemasan yang bersinggungan langsung dengan produk yang berfungsi sebagai wadah dan pelindung produk. Kemasan primer harus bersifat tidak beracun, sehingga tidak menyebabkan reaksi kimia yang menyebabkan perubahan warna, cita rasa, bau atau aspek lainnya.

    • Kemasan Sekunder

    Kemasan sekunder adalah kemasan yang berfungsi sebagai wadah dari sejumlah kemasan primer.

    • Kemasan Tersier

    Kemasan tersier adalah kemasan yang berfungsi sebagai wadah dan pelindung bagi kemasan sekunder dalam pengiriman produk terutama untuk jarak jauh seperti ekspor ke pasar internasional.

    Baca juga: Apa Itu Annual Report? Tujuan, Fungsi, dan Cara Membuatnya

    Contoh Kemasan Primer

     Kemasan primer berperan penting dalam menjaga produk tetap terlindungi dan terjaga bersih bebas dari kotoran maupun kontaminasi zat lainnya.

    Dikutip dari Emballage Cartier, kemasan primer adalah kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk itu sendiri dan kadang disebut sebagai unit konsumen. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tujuan utama pengemasan primer, yaitu untuk menampung, melindungi, dan/atau mengawetkan produk jadi, khususnya terhadap kontaminasi. Ini adalah lapisan pertama yang berisi produk jadi, seperti kantong plastik yang berisi sereal gandum utuh atau kotak kardus yang berisi kantong sereal. 

    Jenis kemasan ini sering ditujukan untuk pengguna akhir atau konsumen. Selain untuk memudahkan konsumen dalam menangani produk, kemasan ini membuat tampilan produk menjadi lebih menarik. Kemasan primer biasa digunakan untuk keperluan komunikasi melalui informasi tercetak mengenai produk kepada konsumen. Misalnya tabel nutrisi pada kemasan makanan, cara pakai, daftar bahan, hingga tanggal kedaluwarsa.

    Penutup

    Kemasan primer tidak hanya berfungsi sebagai wadah dari produk yang dikemas. Kemasan primer berperan penting dalam menjaga produk tetap terlindungi dan terjaga bersih bebas dari kotoran maupun kontaminasi zat lainnya. Tidak hanya itu, packaging utama juga akan meningkatkan daya tahan produk karena dapat menghindarkan dari kerusakan fisik akibat perubahan cuaca. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kemasan primer dapat menampilkan informasi produk yang bisa menentukan keputusan pembelian seorang konsumen. Informasi yang ada bisa berupa bahan baku atau komposisi, berat produk, tanggal kedaluwarsa, dan sebagainya.

    Setelah memahami pengertian kemasan primer, fungsi kemasan primer, jenis kemasan primer, dan contoh kemasan primer, dapatkan juga informasi lain seputar bisnis di sini. Pilih aplikasi yang dapat mendukung kelancaran bisnismu, seperti majoo. Dengan berlangganan majoo, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ditawarkan untuk mendukung kemajuan bisnismu. Tidak perlu khawatir, majoo selalu setia menemani langkahmu dalam bekerja dan membangun bisnis, terutama untuk urusan partner pembayaran. Tunggu apa lagi? Saatnya berlangganan sekarang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!