Kenapa Perlu Memiliki Aplikasi CRM Untuk Bisnismu?

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Di era digitalisasi kamu harus menggunakan aplikasi CRM guna mengotimalkan keuntungan bisnis

Di era digitalisasi seperti sekarang ini banyak bisnis yang harus beradaptasi dengan perubahan zaman, salah satunya dengan menggunakan aplikasi CRM. Aplikasi ini dalam dunia bisnis berguna untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Tanpa adanya CRM, maka bisnis akan susah untuk berkembang dan maju.

Pengertian CRM

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) merupakan sebuah cara yang digunakan oleh bisnis untuk melakukan hubungan dengan para pelanggan, baik itu pelanggan lama atau pelanggan baru. Dengan menggunakan aplikasi CRM kamu dapat melakukan transaksi dengan pelanggan lebih dari sekali. 

Penggunaan aplikasi CRM ini juga dapat kamu manfaatkan sebagai sebuah strategi dalam perusahaan atau bisnis agar dapat berkembang serta melakukan persaingan dengan perusahaan yang lainnya. 

Sebagai seorang pebisnis yang profesional, kamu harus dapat membangun hubungan yang baik dan berkelanjutan dengan seluruh pelanggan.

Alasan Kenapa Kamu Perlu Menggunakan CRM Untuk Bisnis

Aplikasi CRM sangat diperlukan oleh bisnis supaya dapat bertahan dalam transformasi digital. Penggunaan aplikasi ini akan memudahkan sebuah perusahaan untuk menjalankan operasionalnya secara lancar. Ada beberapa alasan kenapa kamu perlu menggunakan CRM untuk bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat Mengatur Data Pelanggan Secara Otomatis

Dengan memanfaat aplikasi CRM maka dapat mengatur data pelanggan secara otomatis

Aplikasi CRM dapat berguna untuk mengumpulkan data pelanggan secara otomatis dan tepat. Data pelanggan ini nantinya akan digunakan untuk berbagai keperluan dalam bisnis atau perusahaan.


Misalnya, perusahaan dapat melakukan pelacakan terhadap minat pelanggan pada suatu produk atau jasa sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun strategi promosi dan penjualan perusahaan, dan untuk kepentingan yang lainnya.

Baca Juga: Apa Itu CRM ? Kenali Manfaat dan Fungsinya di Sini!

  1. Menjadi Ruang Penyimpanan Yang Aman

Aplikasi CRM dapat menjadi ruang penyimpanan data yang aman bagi perusahaan

Kasus kehilangan data pelanggan dapat berdampak pada hilangnya pelanggan yang potensial. Tentu saja hal ini dapat merugikan perusahaan sehingga harus dihindari, salah satunya dengan memanfaatkan penggunaan aplikasi CRM yang tepat.


CRM dapat membantu staf sales atau penjualan untuk menyimpan data kontak, kegiatan, rencana dan kegiatan terjadwal di satu tempat, peluang penjualan, serta mempunyai akses tanpa gangguan ke database dari beberapa lokasi. Seluruh data ini akan aman dan tidak akan hilang sehingga sangat berguna bagi perusahaan.

  1. Sebagai Sarana Promosi Terbaik

Salah satu sarana promosi terbaik bagi bisnis atau perusahaan adalah dengan menggunakan aplikasi CRM

Alasan mengapa kamu harus menggunakan aplikasi CRM untuk bisnis yaitu karena dapat digunakan sebagai sarana promosi terbaik bagi produk perusahaan. Kamu dapat menggunakan CRM ini sebagai media promosi yang efektif dan efisien.


Menggunakan aplikasi CRM yang berbasis web dapat membantu kamu untuk mulai menentukan strategi promosi yang tepat pada sasaran dengan memanfaatkan database para pelanggan.


Sistem yang terdapat pada CRM akan membantu bisnis untuk dapat memahami perilaku serta kebutuhan pelanggan dengan melihat riwayat aktivitas pelanggan. Dengan begitu, maka sales dapat melakukan penawaran yang tepat dan di waktu yang tepat sehingga akan mendorong terjadinya transaksi.

  1. Membangun Loyalitas Pelanggan

Aplikasi CRM dapat membantu bisnis dalam membangun loyalitas terhadap pelanggan

CRM Service mempunyai kemampuan dalam melacak serta menangani testimoni pelanggan terkait dengan produk, jasa, serta layanan perusahaan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan aplikasi CRM Indonesia untuk meminta feedback dari para pelanggan. Kegiatan ini bermanfaat supaya strategi dalam membangun kepuasan pelanggan terhadap bisnis kamu

Baca Juga: Wajib Tahu! Apa Itu Loyalitas?

  1. Mengelola Manajemen Penjualan Secara Efektif

Kamu dapat menggunakan aplikasi CRM untuk mengelola manajemen penjualan secara efektif

Penggunaan aplikasi CRM pada bisnis atau perusahaan juga akan membantu kamu untuk dapat mengelola dan memanajemen penjualan dengan baik. Hal ini berkat adanya laporan hasil dari penjualan yang ditunjukkan secara real time. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah untuk mengelola seluruh transaksi penjualan yang telah dilakukan.

  1. Memantau Aktivitas Tiap Pekerja

Setiap aktivitas pekerja dapat dipantau melalui aplikasi CRM guna menilai kinerja para pekerja secara adil

Penggunaan aplikasi CRM juga akan membantu kamu dalam memantau dan mengelola setiap aktivitas para pekerja secara praktis. Hal ini karena CRM mampu menampilkan serta mencatat dengan otomatis setiap aktivitas yang dilakukan oleh pekerja kamu. Hal ini dapat menjadi tolak ukur dalam pencapaian KPI tiap pekerja sehingga dapat menilai kinerja para pekerja secara adil dan valid.

  1. Pencapaian Target Bisnis Menjadi Lebih Cepat

Pencapaian target bisnis akan menjadi lebih cepat dengan memanfaatkan penggunaan apliakasi CRM

CRM dapat membantu merampingkan semua siklus penjualan. kamu dapat membantu semua orang pada tim untuk dapat mencapai target lebih cepat. Hal ini berkat proses order dan menyiapkan penawaran dilakukan secara otomatis oleh CRM sehingga tim penjualan bisa mengurangi biaya produksi serta meningkatkan pendapatan penjualan.

  1. Terhubung Dengan Banyak Saluran Komunikasi

Aplikasi CRM dapat diintegrasikan dengan banyak saluran komunikasi untuk kepentingan bisnis

Aplikasi CRM sangat mudah untuk dihubungkan dengan berbagai saluran komunikasi dan bisnis. Misalnya, aplikasi chatting seperti WhatsApp Business, media social seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya.


Dengan menggunakan aplikasi CRM berbasis web gratis kamu dapat dengan mudah untuk mengintegrasikan berbagai aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan adanya dukungan dari sistem omnichannel.

Baca Juga: 5 Tips Omni Channel agar Penjualanmu Naik Level!

  1. Menghemat Waktu dan Biaya

Salah satu manfaat dari penggunaan aplikasi CRM adalah dapat menghemat waktu dan biaya pada bisnis

Penggunaan CRM bagi perusahaan juga dapat membantu menghemat waktu dan biaya pengeluaran. Hal ini dikarenakan aplikasi CRM dapat membuat semua tugas rutin menjadi otomatis.


Misalnya, dalam entri data atau membuat laporan. Jika tidak menggunakan aplikasi ini maka dapat dipastikan akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga dalam melakukannya.


Penggunaan CRM ini akan membuat pekerjaan akan menjadi lebih cepat terselesaikan dan pastinya lebih murah. Penggunaan CRM yang multifungsi juga dapat membantu perusahaan untuk menghemat biaya yang seharusnya mereka gunakan untuk biaya penggunaan aplikasi lain.

  1. Pembuatan Laporan Secara Otomatis

Pembuatan laporan akan berjalan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi CRM sehingga menghemat waktu dan tenaga

Dalam membuat laporan atau presentasi mingguan atau bulanan sebelum melakukan meeting atau rapat manajemen biasanya tidaklah mudah. Akan tetapi, dengan memanfaatkan aplikasi CRM semua kegiatan ini akan jauh lebih mudah dan cepat.


Hal ini dikarenakan aplikasi CRM mampu membuat laporan secara otomatis serta dapat membuat dashboard dan visualisasi yang interaktif dan dapat disesuaikan. Setia data yang telah diinput atau dimasukkan ke dalam sistem CRM akan diolah serta dapat dilihat laporannya secara real-time. 

  1. Membantu Dalam Pengambilan Keputusan

Penggunaan aplikasi pada bisnis atau perusahaan juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan

Dalam software CRM dilengkapi dengan laporan-laporan serta dashboard eksklusif. Dengan melihat berbagai insight yang berhubungan dengan penjualan, pemasaran, dan pelayanan, maka manajemen dapat dengan mudah untuk mengambil keputusan dengan lebih baik. 


Manajemen dapat melihat pelanggan mana yang paling banyak melakukan transaksi, yang paling sering melakukan order, yang paling loyal, dan sebagainya. Atas informasi inilah dapat menjadi dasar bagi manajemen dalam membuat keputusan dengan baik dan cepat.

Salah satu rekomendasi aplikasi CRM terbaik yang dapat kamu gunakan untuk bisnis yaitu aplikasi CRM Majoo. Aplikasi ini adalah aplikasi CRM terbaik bagi bisnis dan wirausaha.

Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak fitur lengkap yang akan membantu kamu melakukan kampanye digital secara efektif dan efisien. Kamu dapat dengan mudah untuk menjangkau lebih banyak pelanggan sehingga meningkatkan traffic keuntungan.

Dalam aplikasi ini kamu dapat melihat informasi mengenai membership dan loyalty, profit pembelian pelanggan, saldo deposit pelanggan, promo dan voucher, serta kampanye marketing yang meliputi email dan SMS marketing ke pelanggan.

Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan aplikasi CRM Majoo. Mudahkan dalam melakukan kampanye marketing secara digital dan bantu wujudkan visi misi perusahaan. 

Tips Memilih Aplikasi CRM Untuk Bisnis

Ada beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk memilih aplikasi CRM yang tepat bagi bisnis atau perusahaan. Kamu harus mengetahui apa kebutuhan bisnis yang dapat dimudahkan dengan penggunaan CRM. Memilih aplikasi CRM yang tepat dapat membantu perusahaan untuk berkembang menjadi lebih baik. Berikut beberapa tips memilih aplikasi CRM bagi bisnis:

  1. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan

Dalam memilih aplikasi CRM untuk bisnis, pastikan kamu memilih CRM yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Kamu dapat menggali lebih dalam mengenai apa saja permasalahan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan dalam bidang penjualan, pemasaran, dan pelayanan.


Buatlah daftar dan urutkan berdasarkan prioritas kamu. Setelah itu, kamu dapat memilih aplikasi CRM yang mampu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan dimulai dari masalah yang prioritasnya tinggi.

  1. Alokasikan anggaran

CRM dimulai dari yang gratis sampai dengan harga ratusan juta, semua ada di pasar. Untuk itu, kamu dapat mengalokasikan dana anggaran untuk berinvestasi pada implementasi aplikasi CRM ini. Dengan adanya dana anggaran tersebut maka kamu dapat dengan mudah untuk memilih aplikasi CRM yang sepadan dan sesuai dengan nilai investasinya.

  1. Mudah digunakan serta memiliki dukungan layanan yang baik

Dari sisi produk, kamu dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan bisnis serta mudah dalam penggunaannya. Jangan sampai kamu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mempelajari cara penggunaan aplikasi CRM ini.


Selain mudah, kamu juga harus memastikan jika aplikasi tersebut memiliki layanan pendukung yang baik dan sigap sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kendala, gangguan, atau masalah dalam penggunaannya maka dapat menghubungi customer servicenya secara mudah.

Setelah melihat penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan jika aplikasi CRM memiliki banyak manfaat bagi bisnis atau perusahaan. Penggunaan aplikasi ini dapat membantu melancarkan, memudahkan, serta menghemat waktu segala proses operasional dalam bisnis. Untuk itu, kamu dapat memilih aplikasi CRM yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis supaya dapat berdampak pada perkembangan dan kemajuan bisnis untuk kedepannya. 

Sumber: 

  • https://www.barantum.com/blog/10-alasan-kenapa-bisnis-harus-pakai-crm/

  • https://www.qiscus.com/id/blog/crm-software/

  • https://www.pawoon.com/memahami-pentingnya-crm-untuk-bisnis-anda/

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo