Komoditi: Pengertian dan Contoh dalam Bisnis

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Komoditi adalah barang atau produk yang diperjualbelikan di pasar global

Komoditi adalah barang atau produk yang diperjualbelikan di pasar global, yang memiliki karakteristik standar dan kualitas yang serupa di seluruh dunia. Komoditi meliputi berbagai jenis produk seperti bahan makanan, energi, logam, dan produk pertanian. Dalam konteks bisnis, komoditi merupakan elemen penting dalam perdagangan internasional dan investasi. Mengerti tentang komoditi, jenis-jenisnya, serta strategi berbisnis terkait akan membantumu memahami cara meningkatkan keuntungan bisnismu.

Jenis-Jenis Komoditi

Komoditi Energi

Komoditi energi mencakup sumber energi yang diperdagangkan di pasar global, seperti minyak mentah, gas alam, batu bara, dan energi terbarukan. Energi ini sangat penting bagi perekonomian global, karena digunakan untuk menghasilkan listrik, menggerakkan industri, dan memenuhi kebutuhan transportasi.

Komoditi Logam

Komoditi logam mencakup logam mulia seperti emas, perak, dan platinum, serta logam dasar seperti tembaga, nikel, dan aluminium. Logam ini digunakan dalam berbagai industri, seperti konstruksi, elektronik, dan otomotif.

Komoditi Pertanian

Komoditi pertanian mencakup produk-produk hasil pertanian seperti padi, jagung, gandum, kedelai, dan kopi. Produk-produk ini diperdagangkan di pasar global dan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pangan dunia.


Baca Juga: Pengertian dan Contoh Pasar Bebas sebagai Bentuk Globalisasi

Faktor yang Mempengaruhi Harga Komoditi