Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Apa Fungsi dan Tugas Konsultan Pajak?

    Apakah kamu pernah menggunakan jasa konsultan pajak?

    Pernah mendengar istilah konsultan pajak? Atau malah kamu sudah menggunakan jasa konsultan pajak, baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis? Ya, profesi konsultan pajak memang cukup dibutuhkan. Khususnya, di momen awal tahun baru, saat para pekerja dan pemilik bisnis harus melapor dan membayar pajak. 

    Pada momen tersebut, seorang konsultan pajak adalah pihak yang tepat untuk membantu kamu menghitung, menyusun, dan melaporkan pajak yang menjadi kewajibanmu. Kenapa harus dibantu oleh konsultan pajak? Karena memang biasanya proses pelaporan dan pembayaran pajak tahunan merupakan suatu hal yang cukup menyita waktu, bahkan bagi sebagian orang dianggap sebagai tahap yang rumit. 

    Apalagi jika yang perlu dihitung adalah pajak dari suatu bisnis atau perusahaan dengan skala yang cukup besar. Pihak akuntan perusahaan biasanya juga tetap menggunakan jasa konsultan pajak untuk membantu mereka dalam hal tersebut. 

    Baca juga: Unsur-Unsur Perpajakan yang Wajib Kamu Tahu!

    Konsultan Pajak adalah … 

    Konsultan pajak adalah orang atau pihak yang memiliki kredibilitas untuk memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada para wajib pajak. Konsultan pajak yang menjalankan usahanya di bidang jasa secara legal adalah mereka yang memiliki lisensi atau surat izin sah dari lembaga yang berwenang negara untuk menjadi konsultan pajak yang terdaftar.

    Jasa atau layanan konsultasi perpajakan yang diberikan oleh para konsultan pajak dilakukan untuk melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

    Singkatnya, konsultan pajak adalah orang yang bertugas membantu wajib pajak dalam mengurus segala hal yang berhubungan dengan pajak. Dengan adanya jasa konsultan pajak, setiap pihak yang menggunakan jasa tersebut dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik, tanpa ada alasan untuk menunda.

    Di Indonesia, sistem perpajakan diberlakukan dengan sistem self assessment. Sistem ini secara otomatis memudahkan para wajib pajak untuk mengurus sendiri kewajiban perpajakannya. Namun, umumnya ada sebagian wajib pajak yang ternyata lebih fokus pada keuntungan serta kegiatan bisnisnya, daripada merasa harus repot-repot memperhatikan berbagai aturan dan administrasi perpajakan.

    Untungnya, semakin hari kesadaran masyarakat untuk taat melaporkan dan membayar kewajiban pajak sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan pemerintan juga semakin bertumbuh. Namun, ketaatan ini seringkali terkendala kurangnya pemahaman mengenai berbagai perhitungan pajak atau terbatasnya waktu untuk mengurus semuanya.

    Saat itulah, akhirnya banyak para wajib pajak orang pribadi maupun wajib pajak badan usaha yang memilih untuk menggunakan jasa konsultan pajak. Tujuannya tentu saja agar urusan perpajakan mereka bisa cepat tertangani. Para wajib pajak cukup menyerahkan data, membayar fee jasa konsultan, dan duduk manis menunggu hasilnya, tanpa perlu ribet ke sana-sini. 

    Dengan memilih untuk menggunakan jasa konsultan pajak, para wajib pajak bisa merasa lebih efisien karena bisa meminimalisir adanya kesalahan ataupun risiko dalam perpajakan. Selain itu, kamu dan wajib pajak lainnya juga tidak akan dibebani dengan urusan administratif perpajakan. Misalnya, harus membuat laporan sampai melakukan proses pelaporannya, karena semua sudah ditangani oleh pihak konsultan. 

    Suatu saat, jika ternyata ada pemeriksaan pajak, para wajib pajak juga tidak perlu merasa bingung. Konsultan pajak adalah pihak yang akan selalu bisa diandalkan dalam hal semacam itu, karena mereka jauh lebih memahami dan berpengalaman mengenai prosedur pemeriksaan dan cara untuk melakukan antisipasi kesalahan yang bisa saja terjadi.

    Baca juga: Mengenal Konsultan Keuangan: Pengertian, Tugas, & Cara Kerja

    Fungsi Konsultan Pajak dalam Membantu Kewajiban Pajak

    Dari penjelasan mengenai definisi konsultan pajak tadi, bisa disimpulkan bahwa pihak konsultan pajak memiliki beberapa fungsi. Fungsi konsultan pajak secara umum, antara lain adalah: 

    Untuk Memberikan Konsultasi

    Fungsi konsultan pajak yang pertama tentu saja untuk memberikan konsultasi kepada para kliennya. Konsultan akan menawarkan dan memberikan konsultasi terkait perpajakan, juga memberikan nasehat, saran, masukan, dan bimbingan mengenai apa saja yang harus dilakukan oleh para wajib pajak sesuai dengan undang-undang perpajakan. Bukan itu saja, konsultan pajak juga akan membantu kliennya dalam perhitungan pajak yang perlu dibayarkan. 

    Untuk Membantu Mengurus Data

    Konsultan pajak merupakan pihak pihak yang akan memberikan penawaran dalam mengurus dan membantu semua yang terkait dengan data pajak yang harus kamu laporkan sesuai dengan ketentuan pajak. Selain itu semua pengurusan data pajak akan dievaluasi ulang agar tidak ada yang kesalahan saat proses pelaporan.

    Untuk Membantu Penekanan Biaya

    Konsultan pajak juga akan membantu kamu dan wajib pajak lainnya dalam menekan biaya pajak yang perlu dikeluarkan. Penekanan biaya yang dilakukan oleh konsultan pajak pun tidak akan menyimpang dan sesuai dengan ketentuan undang-undang pajak. 

    Untuk Meminimalisir Risiko

    Dengan menggunakan jasa konsultan pajak untuk membantu semua masalah perpajakan, akan menjadikan kamu bisa meminimalisir berbagai hal yang tidak diinginkan, juga segala risiko kesalahan yang mungkin terjadi ketika melakukan pelaporan perpajakan secara mandiri.

    Baca juga: Cari Tahu Cara Daftar Kunjung Pajak di Sini!

    Tugas Konsultan Pajak

    Berikut tugas konsultan pajak dalam memberikan layanan kepada para kliennya selaku wajib pajak.

    Memberikan Jasa Konsultasi

    Para wajib pajak yang menjadi klien bebas untuk melakukan konsultasi kepada pihak jasa konsultan pajak, untuk semua hal yang berkaitan dengan perpajakan. 

    Memberikan Jasa Kepatuhan Pajak

    Konsultan pajak akan mengurusi berbagai hal yang berhubungan dengan kepatuhan pajak kliennya, mulai dari mempersiapkan data, menghitung, membayar, sampai dengan melaporkan pajak.

    Melakukan Perencanaan Pajak

    Konsultan pajak akan melakukan jasa perencanaan pajak kliennya, dengan tujuan untuk bisa mengoptimalkan keuntungan klien. Termasuk mempersiapkan dan membuat laporan tahunan konsultan pajak.

     Apa saja tugas konsultan pajak?

    Membantu Proses Pemeriksaan Laporan Pajak

    Tugas konsultan pajak berikutnya adalah untuk membantu kliennya dalam melakukan evaluasi data yang berhubungan dengan munculnya berbagai beban pajak yang mungkin bisa merugikan perusahaan klien.

    Melakukan Perwakilan dan Pendampingan dalam Pemeriksaan

    Konsultan pajak juga bertugas untuk mewakili atau mendampingi klien saat adanya proses pemeriksaan pajak. Biasanya ini dilakukan dengan alasan para kliennya yang memang kurang memahami permasalahan perpajakan. Konsultan pajak juga akan membantu menyiapkan data atau dokumen yang dibutuhkan saat pemeriksaan.

    Mengurus Restitusi Pajak

    Sebagai seorang wajib pajak, bila ternyata kamu membutuhkan pengembalian kelebihan pembayaran pajak atau restitusi, konsultan pajak adalah pihak yang tepat untuk membantumu dalam mengurusnya. Konsultan pajak akan membantu dan mendampingi pelaksanaan prosesnya, mulai dari mempersiapkan data, menyampaikan restitusi, mendampingi tahap pemeriksaan, sampai proses akhir dari diterimanya pengembalian kelebihan pajak tersebut.

    Membantu Menyelesaikan Masalah Sengketa Pajak

    Konsultan pajak dapat memberikan pelayanan penyelesaian sengketa pajak, yang biasanya muncul saat kliennya mengajukan banding, keberatan pajak, dan sebagainya. 

    Baca juga: Mengenal Fungsi EFIN Pajak dan Cara Mendapatkan EFIN Online

    Manfaat yang Didapatkan dengan Menggunakan Jasa Konsultan Pajak

    Jika melihat dari beberapa fungsi dan tugas konsultan pajak yang diberikan sebagai layanan untuk kliennya tadi, sepertinya ada beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa kamu dapatkan bila menggunakan jasa mereka, ya. Berikut beberapa manfaat atau keuntungan yang bisa kamu dapatkan, baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. 

    • Bisa meminimalisir adanya berbagai risiko kesalahan yang bisa saja terjadi di bidang perpajakan.
    • Bisa mengurangi beban dalam pengurusan pajak bisnis atau perusahaan, sehingga pemiliknya sebagai klien bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnisnya.
    • Bisa jadi lebih efisien karena tingkat kesalahan dalam pelaksanaan kewajiban perpajakan sebagai wajib pajak menjadi minim.
    • Pemilik bisnis menjadi tidak terbebani dengan urusan administratif perpajakan saat membuat laporan sampai dengan proses pelaporannya.
    • Adanya pendampingan dari pihak konsultan pajak yang jauh lebih memahami prosedur pemeriksaan
    • Bisa mengantisipasi risiko kerugian yang diakibatkan dari adanya kesalahan dalam perhitungan dan sanksi pajak/surat teguran dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP).
    • Bisa mengatasi masalah perpajakan dengan cepat dan tuntas, sehingga tak menyita waktu dan pikiran pemilik bisnis atau perusahaan.
    • Perusahaan bisa melakukan perencanaan pajak atau tax planning dengan lebih baik.
    • Perusahaan dapat lebih fokus dalam pengembangan bisnis.
    • BIsa lebih menghemat waktu para pebisnis dalam mengatur dan mengelola proses administrasi pajak.
    • Pemilik dan manajemen perusahaan bisa beraktivitas seperti biasa tanpa ada beban karena urusan pajak sudah ditangani oleh pihak yang lebih kompeten.

    Dengan adanya berbagai keuntungan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jasa yang diberikan oleh konsultan pajak, menjadi semakin wajar bila saat semakin banyak perusahaan baru yang muncul, semakin banyak pula jasa konsultasi pajak yang lahir. Karena memang jasa mereka benar-benar diperlukan. 

    Perlukah Menggunakan Jasa Konsultan Pajak?

    Pertanyaan sekarang adalah: Apakah kamu merasa sudah memerlukan jasa konsultan pajak? Jawabannya tentu saja ada pada diri kamu sendiri. Jika memang kamu memutuskan untuk menggunakan jasa mereka, pastikan kamu sebagai wajib pajak badan usaha atau wajib pajak orang pribadi sudah memilihnya dengan benar. 

    Pertama, pastikan bahwa konsultan pajak yang kamu pilih sudah memiliki izin operasional. Tentu saja biaya atau tarif jasa mereka tidaklah murah. Besarnya tarif biasanya tergantung pada jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh kliennya, jadi cukup bervariasi. 

    Ada kantor konsultan pajak bersertifikasi yang memasang tarif atau biaya per jam, namun banyak juga yang menggunakan tarif flat. Berapa nominalnya? Tergantung dari kesepakatan antara klien, dan biasanya juga diperhitungkan dari berapa besar dan banyaknya tugas serta tanggung jawab yang harus dilakukan konsultan pajak terhadap kliennya.

    Berikutnya, jika ternyata kamu memilih jasa konsultan yang belum terdaftar secara resmi, kamu harus paham bahwa biasanya mereka akan memberikan tarif memang lebih rendah dibandingkan jasa konsultan pajak bersertifikasi. Namun, tidak ada yang bisa menjamin hasil pekerjaannya akan sesuai dengan yang kamu inginkan. 

    Kesimpulan 

    Konsultan pajak adalah pihak yang bertugas untuk membantu wajib pajak dalam mengurus segala hal yang berhubungan dengan pajak. Ada cukup banyak tugas konsultan pajak, mulai dari memberikan layanan konsultasi masalah perpajakan, sampai dengan membantu merancang dan menyusun perencanaan pajak. 

    Setelah membaca penjelasan lengkap mengenai konsultan pajak tadi, diharapkan kamu dapat menentukan sendiri apakah perlu menggunakan jasanya atau tidak. Tadi sudah disebutkan bahwa jasa konsultan pajak biasanya memang memasang tarif yang cukup tinggi, karena memang tugas dan kewajiban mereka yang banyak dan kompleks. 

    Jika kamu memilih untuk menggunakan jasa konsultan pajak, pastikan bahwa keuangan pribadi maupun bisnismu sudah memenuhi syarat untuk membayar jasa mereka. Karena bila ternyata kondisi keuanganmu belum stabil, hanya akan menyusahkan dan menambah beban saja nantinya. 

    Jadi, pastikan kondisi keuanganmu stabil lebih dulu, ya! Untuk mengetahui apakah keuanganmu berada dalam kondisi stabil atau tidak, pastikan juga kamu menggunakan fitur aplikasi keuangan dari majoo. Dengan begitu, tidak ada lagi yang namanya salah input dalam mencatat transaksi bisnis, evaluasi keuangan pun bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efisien. Tunggu apa lagi? Daftar sekarang!

    Pertanyaan Terkait

    • Konsultan pajak dibutuhkan karena proses pelaporan dan pembayaran pajak tahunan cukup menyita waktu, bahkan bagi sebagian orang dianggap sebagai tahap yang rumit. Apalagi jika yang perlu dihitung adalah pajak dari suatu bisnis atau perusahaan dengan skala yang cukup besar. Pihak akuntan perusahaan biasanya juga tetap menggunakan jasa konsultan pajak untuk membantu mereka dalam hal tersebut.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!