Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Laporan Realisasi Anggaran: Unsur, Contoh, dan Cara Membuatnya

    Laporan Realisasi Anggaran: Unsur, Contoh, dan Cara Membuatnya

    Laporan realisasi anggaran sangat penting dilakukan agar dapat memproyeksikan pendanaan ekonomi di periode selanjutnya.

    Namanya laporan keuangan, pasti diawali dengan sebuah rencana atau rancangan anggaran biaya. Penting bagi perusahaan untuk membuat sebuah anggaran agar kondisi keuangan perusahaan tetap terjaga dan lebih sehat.

    Di dalam artikel kali ini, majoo mengajak kalian mengetahui tentang laporan realisasi anggaran. Termasuk contoh dan cara membuatnya.

    Laporan realisasi anggaran adalah sebuah laporan yang berisi tentang ringkasan sumber anggaran, alokasi anggaran tersebut, serta penggunaan sumber daya yang dikelola suatu instansi dalam satu periode berikutnya dan akan dibandingkan dengan periode yang sebelumnya.

    Dalam memenuhi kewajiban seperti yang sudah diatur di dalam undang-undang, bahkan di level pemerintah pun harus membuat laporan keuangan dan salah satunya adalah laporan realisasi anggaran.

    Tujuan dilakukannya pembuatan laporan realisasi anggaran untuk instansi pemerintahan adalah untuk memenuhi maksud akuntabilitas yang telah ditetapkan oleh peraturan negara.

    Sementara untuk masyarakat pada umumnya, laporan realisasi anggaran bertujuan untuk memberikan informasi realisasi anggaran pemerintah.

    Bagi kamu pemilik bisnis atau perusahaan pun sebaiknya memiliki laporan ini agar kamu bisa mencocokkan antara anggaran dan jumlah yang telah direalisasikan di lapangan. Sudah balance atau belum, nih?

    Pengelolaan anggaran perusahaan ini dapat dilakukan secara manual atau menggunakan aplikasi RAB (Rencana Anggaran dan Biaya) yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

    Untuk memenuhi manfaat dari laporan keuangan, laporan realisasi anggaran berfungsi sebagai penyedia informasi terkait anggaran serta realisasi entitas pelaporan pada suatu periode tertentu.

    Nah, sekarang kita masuk ke pembahasan utama, yuk!

    Baca juga: Bukti Transaksi adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Tujuan

    Pengertian Laporan Realisasi Anggaran

    Kita awali artikel ini dengan mengenal tentang laporan realisasi anggaran atau biasa disingkat LRA ini, ya. 

    Laporan realisasi anggaran adalah laporan yang menyediakan berbagai informasi mengenai realisasi anggaran, pembiayaan, belanja dan lain sebagainya. Kemudian membandingkannya dengan jumlah anggaran di dalam suatu periode.

    Secara umum, laporan tersebut menyajikan berbagai macam hal yang berhubungan dengan anggaran keuangan. Antara lain berkaitan dengan alokasi, sumber serta penggunaan sumber daya keuangan yang biasanya dikelola pemerintah pusat maupun daerah.

    Di lain pihak, perusahaan juga dapat menyusun laporan ini dengan tujuan yang kurang lebih sama. Laporan ini dapat menunjukkan bahwa laporan keuangan yang disajikan valid dan sesuai dengan kenyataan di lapangan.

    Manfaat Laporan Realisasi Anggaran

    Banyak hal yang tercantum pada sebuah laporan realisasi anggaran. LRA menyajikan informasi terkait pendapatan, transfer, belanja, defisit, surplus, serta pembiayaan pada suatu entitas.

    Dari hasil terkumpulnya informasi ini, instansi terkait dapat menjadikan LRA sebagai acuan untuk mengevaluasi berbagai jenis pengambilan keputusan.

    Keputusan yang dimaksud antara lain meliputi pengalokasian sumber daya ekonomi, ketaatan entitas pelaporan pada anggaran, dan akuntabilitas.

    Di bawah ini adalah manfaat laporan realisasi anggaran yang dibuat, antara lain:

    1. Menyajikan informasi mengenai alokasi, sumber, dan pemakaian sumber daya ekonomi.
    2. Sebagai bahan proyeksi sumber daya ekonomi untuk pendanaan kegiatan pemerintah pusat dan daerah dalam periode berikutnya.
    3. Digunakan oleh pengguna laporan dalam melakukan evaluasi terhadap keputusan yang akan dibuat. Keputusan tersebut diambil ketika hendak menggunakan sumber daya ekonomi, akuntabilitas, dan ketaatan dalam entitas pelaporan agar proses pengelolaan uang dapat berjalan lancar.
    4. Gunanya laporan realisasi anggaran untuk melengkapi rincian terhadap catatan kondisi keuangan secara menyeluruh. Lengkapnya laporan dapat menjadi sumber informasi paling akurat untuk mengetahui efektifitas perolehan pendapatan dan realisasi dari sumber daya ekonomi.
    5. LRA juga bisa dimanfaatkan untuk membandingkan pendapatan dari pemakaian anggaran dan mengeceknya kembali. Apakah sudah sesuai dengan peraturan UU atau belum? Laporan ini bermanfaat untuk mengambil keputusan soal alokasi sumber daya ekonomi lengkap dengan akuntabilitasnya pada periode mendatang.

    Kamu perlu mengetahui bahwa LRA pun dapat menyajikan informasi terkait berbagai perolehan dan penggunaan sumber daya ekonomi yang sudah dilaksanakan. Apakah pemakaian tersebut efektif, efisien, hemat serta sesuai dengan anggaran dan peraturan dalam undang-undang atau tidak?

    Unsur-Unsur Laporan Realisasi Anggaran

    Kita beralih ke poin selanjutnya. Di dalam sebuah laporan, terdapat beberapa unsur yang harus diuraikan. Apa saja unsur-unsur yang tercantum di dalam sebuah laporan realisasi anggaran? Hal-hal yang harus ada di dalam pelaporan ini setiap tahunnya yaitu:

    1. Pendapatan

    Sudah jelas, dong, ya, pendapatan adalah hal pertama yang harus ada di dalam laporan realisasi anggaran. Alasannya karena pendapatan adalah sejumlah pemasukan yang diterima oleh suatu instansi pemerintahan untuk dapat melakukan dan menyesuaikan beberapa program pemerintahan. Dari jumlah pendapatan yang diperoleh sebuah instansi ini kemudian dapat disesuaikan dengan unsur-unsur laporan yang lainnya.

    2. Belanja

    Apa yang dimaksud dengan belanja? Belanja adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh Bendahara dalam suatu instansi yang dapat mengurangi Saldo Anggaran Lebih dalam suatu periode. Segala sesuatu yang telah dikurangkan dari Saldo Anggaran Lebih tidak akan mendapatkan Pembayaran kembali, sehingga harus dilakukan dengan seksama.

    Unsur ini memiliki tiga macam, yaitu belanja secara ekonomi, organisasi, dan fungsi. Belanja secara ekonomi meliputi hal yang diperlukan dalam melakukan suatu aktivitas, misalnya: perbelanjaan bagi pegawai dan barang, bunga, subsidi, bantuan sosial, dan hibah yang dilakukan oleh pemerintah demi aktivitas yang dijalani untuk masyarakat.

    Belanja secara organisasi diklasifikasikan berdasarkan unit atau organisasi di bawahnya yang memakai anggaran tersebut. Contohnya, belanja secara organisasi pada Pemerintah Pusat mencakup perbelanjaan yang dilakukan oleh Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD.

    Belanja menurut fungsi yaitu perbelanjaan yang dilakukan berdasarkan pada fungsi utama suatu instansi atau pemerintahan tersebut. Seperti belanja untuk pelayanan umum, pertahanan, ekonomi, kesehatan, pariwisata, dan lain sebagainya sesuai dengan fungsi umum instansi tersebut.

    3. Transfer

    Transfer meliputi kegiatan yang meliputi penerimaan atau pengeluaran suatu dana dari satu instansi ke instansi yang lain yang juga membuat laporan realisasi anggaran. Dana bagi hasil dan dana perimbangan juga masuk ke dalam unsur transfer dalam laporan realisasi anggaran.

    Dalam melaksanakan tugas dan kewajiban untuk memenuhi peraturan yang berlaku, tidak jarang terjadi suatu kerjasama antara salah satu instansi dengan instansi terkait lainnya. Hal inilah yang mendasari unsur transfer dalam melakukan pelaporan.

    4. Pembiayaan

    Pembiayaan atau financing merupakan setiap penerimaan atau pengeluaran yang dilakukan oleh suatu entitas pelaporan tanpa memiliki pengaruh terhadap kekayaan bersih suatu instansi atau entitas tersebut dalam setiap periode. Contoh penerimaan pembiayaan diperoleh dari penerimaan pinjaman, penjualan investasi permanen, penjualan obligasi pemerintah dan lain sebagainya.

    Selain empat unsur yang telah diuraikan, terdapat unsur-unsur lain yang juga dapat diperhatikan dalam menyusun sebuah laporan realisasi anggaran, seperti surplus atau defisit, sisa lebih maupun sisa kurang pembiayaan anggaran, pembiayaan neto, serta transaksi yang dilakukan dengan mata uang asing.

     

     Cara membuat laporan realisasi anggaran menggunakan grafik atau bagan lebih disukai karena lebih mudah dipahami oleh pembaca laporan.

    Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran

    Kita lanjutkan ke poin yang perlu kamu perhatikan, nih, Majoopreneurs. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan saat membuat LRA. Pentingnya langkah yang diambil berpengaruh terhadap keakuratan sebuah laporan dan memudahkan pemahaman bagi pembaca laporan tersebut. 

    Berikut ini langkah-langkah yang dapat diperhatikan dalam membuat LRA::

    1. Membandingkan Anggaran dan Realisasi Keuangan

    Dari anggaran yang telah diterima, harus dibandingkan dengan realisasi keuangan yang berikutnya akan dilakukan sesuai dengan anggaran tersebut. Hasil perbandingan ini dapat diketahui dengan lebih baik dengan menggunakan tabel dan grafik, sehingga pembaca pun dapat memahami laporan lebih dalam.

    Penting bagi pembuat laporan dalam membuat perbandingan antara kinerja anggaran dengan realisasinya untuk mengetahui ketepatan dalam penggunaan anggaran yang telah didapatkan dengan meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

    2. Membandingkan Anggaran Kas dan Realisasi Keuangan

    Anggaran kas yang didapatkan oleh suatu instansi diharapkan dapat memperlancar kegiatan perusahaan terkait dengan arus masuk dan arus keluar dari instansi maupun perusahaan tersebut. Maka anggaran tersebut harus dibandingkan dengan kinerja realisasi keuangan supaya dapat mengetahui secara akurat atas pencatatan laporan yang berlangsung.

    3. Membandingkan Anggaran dengan Realisasi Belanja

    Kegiatan belanja menjadi penting bagi kelangsungan kegiatan instansi. Terjadinya kegiatan perbelanjaan tersebut harus dibandingkan dengan pendapatan anggaran yang telah masuk ke dalam rekening instansi atau entitas pelaporan.

    Di dalam membuat laporan realisasi anggaran, harus dicantumkan identifikasi jelas di setiap halaman laporan.

    Misalnya nama dari entitas atau pun sarana entitas, mata uang yang dipakai, cakupan entitas pelaporan, periode cakupan, serta satuan angka yang digunakan.

    4. Membuat Grafik Realisasi Keuangan pada Setiap Program di Setiap Bulannya

    Adanya grafik dapat mempermudah pembacaan catatan laporan. Perbandingan antara beberapa unsur laporan terhadap pendapatan anggaran pun dapat lebih mudah dipahami.

    Selain uraian dan tabel, grafik merupakan faktor laporan yang sangat penting karena lebih ringkas dan tidak memakan banyak waktu untuk dapat memahami suatu laporan. 

    Contoh Laporan Realisasi Anggaran

    Di bawah ini adalah contoh laporan realisasi anggaran yang dapat kamu pelajari agar kamu dapat membuatnya untuk kebutuhan bisnismu.


    (sumber: bpkad.pemkomedan.go.id)


    (sumber: diskominfo.sukoharjokab.go.id)


    (sumber: bpkad.natunakab.go.id)


    (sumber: bodag-panggul.trenggalekkab.go.id)


    (sumber: dispaperkan.wonosobokab.go.id)

    Selain LRA yang dibuat oleh instansi pemerintah, contoh laporan realisasi anggaran perusahaan dapat kamu lihat seperti di bawah ini:


    (sumber: reasearchgate.net)


    (sumber: ejournal.warmadewa.ac.id)

    Baca juga: Cara Membuat dan Contoh Laporan Neraca Keuangan 

    Kesimpulan

    Membuat laporan keuangan seperti laporan realisasi anggaran tidak sesulit yang kamu bayangkan, loh. Bahkan tidak memerlukan rumus khusus. 

    Karena dalam sebuah laporan realisasi anggaran terdapat banyak deretan dan tampilan angka dalam jumlah banyak, penyajian laporan dalam bentuk grafik atau bagan sangat disarankan agar lebih mudah dipahami oleh pembaca atau penerima laporan. 

    Jangan lupa, sebagai identitas dari sebuah laporan, nama entitas pelaporan merupakan hal penting, termasuk instansi pemerintahan maupun perusahaan. 

    Kamu pasti masih membutuhkan informasi lain terkait pembuatan anggaran atau laporan keuangan lainnya, kan? Silakan membuka artikel lain yang sudah majoo siapkan khusus untukmu, ya!

     

    Referensi:

    • https://www.jurnal.id/id/blog/laporan-realisasi-anggaran/
    • https://mekari.com/blog/laporan-realisasi-anggaran/

    Sumber gambar:

    Freepik

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!