Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Pameran Produk adalah: Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

    Pameran produk dapat membantu produkmu agar bisa dikenal oleh masyarakat luas.

    Ada informasi pameran produk di sebuah tempat dan kamu tertarik untuk pergi mengunjunginya. Apakah kamu akan datang sendiri atau bersama teman? Apa yang kamu harapkan saat tiba di lokasi pameran produk tersebut?

    Memangnya, apa yang disebut pameran itu?

    Pameran adalah satu dari sekian banyaknya cara yang digunakan untuk menampilkan produk kepada masyarakat umum dengan tujuan untuk bertukar informasi dan juga melakukan negosiasi perdagangan. 

    Pertanyaan lainnya adalah, apa sebenarnya pengertian pameran itu? Apa manfaat serta tujuannya dalam dunia marketing?

    Mari kita kupas di dalam artikel kali ini, ya!

    Baca juga: Memahami Pentingnya Data Penjualan Bagi Kemajuan Bisnismu

    Pengertian Pameran Adalah

    Secara etimologis, kata pameran atau eksibisi diadaptasi dari bahasa Inggris yaitu exhibition. Secara sederhana, eksibisi adalah pertunjukan, peragaan, atau tontonan.

    Secara umum, pengertian pameran adalah suatu kegiatan atau acara di mana satu atau lebih penjual memamerkan produknya (barang atau jasa) kepada sekelompok konsumen atau calon pembeli.

    Dikutip dari laman wikipedia, pengertian pameran adalah bentuk kegiatan di lokasi dengan banyak penjual yang memamerkan produknya, baik itu produk dalam bentuk barang ataupun jasa, kepada calon pembeli.

    Ketika kamu datang ke sebuah pameran, akan terlihat kegiatan pameran memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan acara lainnya, antara lain;

    • Pameran merupakan cara mengkomunikasikan suatu informasi secara kompleks, intuitif, visual, dan jelas.
    • Dalam pameran terjadi komunikasi langsung secara dua arah antara penyelenggara dengan publik.
    • Kegiatan pameran pada umumnya menarik bagi masyarakat umum sehingga sering digunakan perusahaan sebagai ajang pencitraan kepada publik.
    • Pameran merupakan kegiatan publik yang komprehensif berskala besar sehingga berpotensi menjadi berita.

    Pameran merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan sebagai media untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada masyarakat dalam bentuk karya seni, budaya, pendidikan, produk tertentu, dan lainnya.

    Dengan kata lain, kegiatan pameran adalah suatu bentuk promosi yang dilakukan oleh produsen, organisasi, atau perkumpulan tertentu dengan menampilkan display produk kepada calon pembeli atau relasi.

    Pengertian Pameran Menurut Para Ahli

    • Isabel Briggs Myers

    Menurut Isabel Briggs Myers, pameran adalah suatu kegiatan yang melibatkan ruangan dan menampilkan hasil karya seni seperti ukiran, gambar foto, lukisan, dan lainnya.

    • Evelina Lidia

    Menurut Evelina Lidia, pengertian dari pameran adalah suatu bentuk kegiatan yang bisa diadakan oleh suatu organisasi yang independen dan sifatnya terbuka untuk masyarakat.

    • Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun

    Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun mengatakan bahwa pengertian pameran adalah suatu bentuk pemasaran yang sangat efektif untuk kampanye produk tertentu, sosialisasi beberapa program perusahaan, dan juga menginformasikan keunggulan produk kepada masyarakat, serta sebagai usaha untuk meningkatkan pangsa pasar.

    • Frank William Jefkins

    Frank William Jefkins berpendapat pameran adalah suatu bentuk pemasaran yang mampu menyentuh seluruh panca indera banyak orang.

    • Adi Irwanto

    Adi Irwanto mengatakan bahwa pengertian dari pameran adalah satu dari sekian banyak cara untuk memamerkan karya seni dua dimensi atau tiga dimensi secara visual.

    Jenis-Jenis Pameran Produk

    Secara umum, terdapat dua jenis pameran yang dibedakan menjadi pameran dagang dan pameran yang berorientasi pada pelanggan.

    1. Pameran Dagang

    Pengertian pameran dagang adalah suatu jenis pameran yang diselenggarakan untuk beberapa industri tertentu, seperti industri perdagangan dan manufaktur. Tujuan utamanya adalah untuk saling bertukar informasi dan juga melakukan negosiasi perdagangan.

    Umumnya, yang diundang dalam pameran dagang ini hanyalah pihak-pihak tertentu, sehingga sangat jarang masyarakat umum diterima dalam pameran seperti ini. Beberapa contohnya adalah pameran East Food Indonesia, Communic Asia, IFFINA, dan Hongkong Fashion Week.

    2. Pameran Berorientasi Konsumen

    Pengertian pameran berorientasi konsumen adalah suatu bentuk pameran yang melibatkan sejumlah industri berbeda untuk memasarkan produknya kepada masyarakat. 

    Pada dasarnya, pameran ini akan menampilkan barang konsumsi untuk bisa dijual langsung. Pameran ini juga diselenggarakan untuk menarik minat masyarakat luas.

    Beberapa contoh pameran berorientasi konsumen adalah GIIAS, Big Bad Wolf Book Sale, Jakarta Smart Living Expo, dan lainnya.

    Fungsi Pameran Produk

    Dalam pelaksanaan pameran, terdapat beberapa fungsi yang akan didapatkan oleh banyak pihak. Adapun beberapa fungsi pameran produk adalah sebagai berikut:

    1. Fungsi Edukasi

    Fungsi pameran yang bermanfaat untuk mendidik dan melatih masyarakat dalam memahami makna kehadiran manusia. Hal ini sangat bermanfaat karena dapat membantu menyeimbangkan ingatan dan pandangan manusia terhadap sekitarnya.

    2. Fungsi Apresiasi

    Fungsi pameran yang bermanfaat sebagai media dalam menyampaikan inspirasi para seniman dan produsen sehingga para pengunjung dapat memberikan apresiasi kepada seniman dan produsen beserta hasil karya atau produknya.

    3. Fungsi Prestasi

    Fungsi pameran yang membantu memacu para seniman atau produsen untuk berprestasi dan menghasilkan suatu karya atau produk yang menginspirasi masyarakat.

    4. Fungsi Rekreasi

    Fungsi pameran yang bermanfaat sebagai media untuk relaksasi dan melepaskan diri dari tekanan kegiatan sehari-hari yang menguras banyak energi dan pikiran.

    Aneka jenis pameran produk memiliki fungsi dan manfaat bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya.

    Manfaat Pameran Produk

    Tentu saja, digelarnya pameran produk mendatangkan manfaat bagi penyelenggara, peserta, dan pengunjung. Di bawah ini adalah manfaat pameran produk bagi para peserta, yaitu para produsen seperti segmen UMKM.

    • Sarana Efektif Mengenalkan Produk

    Kalau kamu pergi ke sebuah pameran produk, pasti akan melihat banyak sekali produk lokal yang bagus, tapi banyak juga masyarakat yang belum mengenalnya. Para produsen akan berusaha menarik perhatian pengunjung pameran, apalagi pameran besar, tentunya akan ada banyak calon konsumen yang datang. Nah, itu kesempatan kamu untuk mengenalkan produkmu dan kelebihannya secara langsung.

    • Meningkatkan Penjualan Produk

    Ketika pameran berlangsung biasanya berbagai kalangan berkumpul. Kamu harus mempersiapkan diri jika bertemu dengan pengusaha atau pengunjung yang tiba-tiba orang tersebut mau memesan produk kamu dalam skala besar. Ini adalah kesempatan emas untuk meningkatkan penjualan produkmu, Majoopreneurs.

    • Memperkuat Image Perusahaan

    Produsen dan perusahaan yang sering mengikuti pameran akan menanamkan image kuat di benak pengunjung. Pameran bukan hanya ajang mencari keuntungan, Majoopreneurs. Ada hal lebih penting, yaitu image perusahaanmu bisa tertanam di hati masyarakat luas. 

    • Mengenal Kompetitor

    Kamu pasti akan bertemu dengan banyak kompetitor di bidang usaha yang sama di dalam ruang pameran produk. Ini kesempatan bagus bagi kamu untuk belajar dan mengevaluasi bisnismu. Kamu bisa menggali informasi tentang harga jual, strategi, maupun inovasi yang mereka lakukan, agar usahamu tidak tenggelam di tengah persaingan.

    • Riset Tren Pasar

    Kapan lagi bisa meriset tren pasar sekaligus memajang produkmu? Di dalam pameran produk jawabannya. Kamu bisa mengamati tren apa yang sedang digemari oleh masyarakat ketika pameran sedang berlangsung. Kamu bisa mengetahui produk yang sedang diminati para pengunjung. Dengan begitu kamu bisa merancang strategi dan berinovasi agar bisnismu lebih baik lagi.

    • Bisa Memperbaiki Kualitas Produk UKM

    Pameran produk adalah momen yang pas bagi kamu untuk meminta saran dan kritikan bagi produk UKM yang kamu pamerkan. Di sana kamu bisa bertanya langsung kepada pengunjung yang datang setelah mereka menggunakan atau mencicipi produk yang kamu kenalkan.

    • Mengevaluasi Kinerja Tim

    Ada tim khusus yang bekerja ketika mempersiapkan dan mengikuti pameran. Sejak awal rencana sampai pameran selesai, kamu bisa mengevaluasi kinerja tim dalam mempromosikan produk. Hal ini akan bermanfaat juga untuk mempersiapkan pameran selanjutnya.

    Tujuan Pameran Produk

    Apakah kamu mengetahui tujuan pameran produk? Tujuan utama dari pameran pada dasarnya adalah untuk memamerkan ataupun menampilkan suatu karya seni atau produk kepada masyarakat luas.

    Tujuan pameran produk berikutnya adalah untuk mendapatkan opini ataupun apresiasi dari masyarakat terkait produk yang ditampilkannya. 

    Pameran produk pun memiliki tujuan lain, yaitu:

    1. Tujuan Komersial

    Kegiatan pameran yang bertujuan untuk komersial adalah suatu kegiatan pameran yang bertujuan agar setiap produk yang dipamerkan bisa dibeli oleh para pengunjung. Hal ini tentu saja akan menguntungkan pihak penyelenggara.

    Setiap peserta atau produsen yang terlibat dalam pameran juga bisa menjual produknya langsung kepada konsumen yang tepat. Selain itu, pihak perusahaan juga berkesempatan untuk mengakses para konsumennya secara efisien dan efektif.

    2. Mengumpulkan Informasi

    Di dalam sebuah kegiatan pameran, semua pihak yang terlibat berkesempatan untuk mengumpulkan dan mendapatkan informasi tren yang tengah berkembang dalam suatu industri. Sehingga, penyelenggara, peserta, hingga sponsor dalam kegiatan pameran akan mengerti industri yang menjadi bidang bisnis perusahaannya.

    3. Meningkatkan Daya Saing

    Untuk mendukung pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah ) dan meningkatkan daya saing produk lokal. Acara pameran produk juga banyak didukung oleh Pemerintah. Karenanya, kalau kamu punya bisnis dan kesulitan mempromosikan produk, manfaatkan pameran sebagai ajang mengenalkan produk kamu ke masyarakat luas, ya.

    Baca juga: Memahami Segmentasi Pasar Agar Bisnis Lebih Maju

    Kesimpulan

    Pengertian pameran adalah suatu bentuk kegiatan yang diadakan untuk menampilkan suatu produk, karya seni, atau hasil karya lain kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk menampilkan produk dari berbagai industri, teknologi, buku, karya seni, properti, bisnis, otomotif, dan lainnya.

    Ayo, semangat untuk menghasilkan karya produk terbaikmu, Majoopreneurs! Jika sudah siap, kamu bisa mencari informasi pameran produk di kotamu untuk ikut serta agar brand dan produkmu dikenal oleh masyarakat. 

    Jangan lupa untuk terus membaca artikel majoo aplikasi kasir yang berisi informasi untuk bisnis UMKM, ya!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.