Memahami Core Value dan Pentingnya Menerapkannya dalam Bisnis

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Pentingnya menentukan core value pada bisnis

Bisnis yang sukses tidak hanya mengandalkan strategi pemasaran atau produk yang berkualitas saja, tetapi juga bagaimana core value atau nilai inti diterapkan dalam setiap aspek bisnis tersebut. Dalam artikel ini, kamu akan memahami apa itu core value, mengapa penting untuk bisnis, serta bagaimana menerapkannya dalam bisnis kamu.

Apa itu Core Value?

Core value merupakan prinsip-prinsip dasar yang menjadi pedoman dalam menjalankan bisnis. Nilai-nilai ini mencerminkan apa yang paling penting bagi perusahaan, dan menjadi landasan dalam pengambilan keputusan serta interaksi dengan pelanggan, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya.

Mengapa Core Value Penting untuk Bisnis?

manfaat core value dapat membantu perusahaan mencapai kesuksesan jangka panjang

Penerapan core value yang kuat dalam bisnis memiliki berbagai manfaat yang akan membantu perusahaan mencapai kesuksesan jangka panjang. Berikut ini beberapa alasan mengapa core value penting untuk bisnis:

  1. Membangun identitas perusahaan

Core value membantu perusahaan menciptakan identitas unik yang membedakannya dari kompetitor. Identitas ini akan membantu pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya mengenali dan mengingat perusahaan kamu. Dengan identitas yang kuat, perusahaan akan lebih mudah membangun reputasi dan meningkatkan brand awareness.

  1. Meningkatkan kinerja

Core value yang jelas akan membantu karyawan fokus pada tujuan bersama dan bekerja lebih efisien. Karyawan yang memahami dan menjalankan core value akan lebih termotivasi untuk mencapai tujuan perusahaan, sehingga mendorong peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam operasional perusahaan.

  1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Perusahaan yang menerapkan core value dalam pelayanannya akan lebih mudah memenangkan hati pelanggan. Pelayanan yang sesuai dengan core value perusahaan akan menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan, sehingga mereka lebih mungkin untuk kembali dan merekomendasikan perusahaan kamu kepada orang lain.


Baca Juga: Menjaga Kepuasan Pelanggan, Kunci Pertahankan Bisnis!

  1. Membangun kultur perusahaan yang positif

Core value menjadi landasan dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi karyawan. Dengan core value yang konsisten, perusahaan akan lebih mudah membentuk kultur kerja yang positif, di mana karyawan merasa dihargai, termotivasi, dan memiliki rasa memiliki yang tinggi terhadap perusahaan.

  1. Meningkatkan daya saing

Dengan core value yang kuat, perusahaan akan lebih mudah bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Core value yang unik dan relevan dengan kebutuhan pasar akan membantu perusahaan menonjol di antara pesaing, sehingga meningkatkan daya saing dan potensi pertumbuhan bisnis.

  1. Mempertahankan integritas dan etika bisnis

Core value yang mencakup prinsip-prinsip etika akan membantu perusahaan menjaga integritas dalam menjalankan bisnis. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan dari pelanggan, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya, serta meminimalkan risiko masalah hukum atau reputasi yang dapat merugikan bisnis.

  1. Mendukung keberlanjutan bisnis

Core value yang mencerminkan komitmen terhadap keberlanjutan bisnis, seperti tanggung jawab sosial dan lingkungan, akan membantu perusahaan menjaga kesinambungan operasional dan pertumbuhan bisnis jangka panjang. Selain itu, perusahaan yang menerapkan core value berkelanjutan akan lebih mudah mendapatkan dukungan dari pemangku kepentingan, seperti investor dan mitra bisnis yang juga peduli terhadap keberlanjutan.


Dengan memahami dan menerapkan core value yang kuat dalam bisnis, kamu akan merasakan berbagai manfaat yang dapat membantu perusahaan mencapai kesuksesan jangka panjang. Selain itu, core value juga akan membantu perusahaan menghadapi tantangan dan perubahan yang mungkin terjadi di masa depan, sehingga bisnis tetap kuat dan berkembang seiring waktu.

Contoh Core Value dalam Bisnis Terkenal

contoh core value dari berbagai perusahaan besar di dunia

Berikut ini adalah beberapa contoh core value yang diadopsi oleh perusahaan-perusahaan terkenal di dunia sebagai bagian dari pondasi bisnis mereka:


  • Google: Google memiliki core value yang dikenal sebagai "10 Prinsip Google" yang mencakup inovasi, fokus pada pengguna, kebebasan berekspresi, dan pengambilan keputusan yang demokratis. Core value ini membantu perusahaan menciptakan produk dan layanan yang sangat inovatif dan berkualitas, serta menjadikan Google sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia.


  • Apple: Core value Apple mencakup inovasi, kesederhanaan, dan fokus pada desain produk yang indah dan fungsional. Core value ini telah menjadi dasar dalam menciptakan produk-produk ikonik seperti iPhone, iPad, dan MacBook, yang membuat Apple menjadi salah satu perusahaan teknologi paling berpengaruh di dunia.


  • Starbucks: Core value Starbucks meliputi menyediakan produk dan layanan berkualitas, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi karyawan, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan komunitas lokal. Core value ini membantu Starbucks menciptakan pengalaman kopi yang unik dan membuat perusahaan menjadi salah satu jaringan kedai kopi terbesar di dunia.


  • Amazon: Core value Amazon dikenal sebagai "14 Prinsip Amazon" yang mencakup orientasi pelanggan, kepemimpinan, inovasi, dan keberanian untuk mengambil risiko. Core value ini telah membantu Amazon menjadi perusahaan e-commerce terbesar di dunia dan memperluas bisnisnya ke berbagai sektor industri.


  • Unilever: Core value Unilever mencakup integritas, tanggung jawab sosial, dan keberlanjutan. Core value ini membantu perusahaan menjalankan bisnis yang etis dan berkelanjutan, serta mendukung pertumbuhan jangka panjang dalam industri konsumen dan produk rumah tangga.


  • Coca-Cola: Core value Coca-Cola meliputi kepemimpinan, kolaborasi, integritas, akuntabilitas, dan keberagaman. Core value ini menjadi landasan dalam menciptakan iklim kerja yang positif dan mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan sebagai salah satu perusahaan minuman terbesar di dunia.


  • Tesla: Core value Tesla mencakup inovasi, keberlanjutan, dan fokus pada keselamatan. Core value ini telah membantu Tesla menjadi perusahaan otomotif listrik terkemuka di dunia dan mempromosikan adopsi kendaraan ramah lingkungan secara global.


  • Netflix: Core value Netflix meliputi keberanian, kepemimpinan, inklusivitas, dan adaptabilitas. Core value ini membantu perusahaan menciptakan dan menyajikan konten berkualitas tinggi yang mencerminkan keberagaman budaya dan selera audiens, serta menjadikan Netflix sebagai salah satu platform streaming terpopuler di dunia.


Dari contoh-contoh di atas, kita dapat melihat bahwa core value yang kuat dan konsisten dapat menjadi pondasi yang membantu perusahaan mencapai kesuksesan jangka panjang dan membedak Contoh Core Value dalam Bisnis Terkenal.


Baca Juga: Identitas Produk Berupa Apa Saja? Pengaruhkah ke Branding?

Langkah-langkah Membangun Core Value

langkah membangun core value

Membangun core value yang kuat dan konsisten merupakan langkah penting dalam menciptakan pondasi bisnis yang kokoh. Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk membentuk core value perusahaan:

  1. Identifikasi visi dan misi perusahaan

Sebelum menentukan core value, kamu perlu memahami visi dan misi perusahaan. Ini akan membantu kamu memastikan bahwa core value yang akan dibentuk sejalan dengan tujuan perusahaan dan arah yang ingin dicapai.

  1. Pertimbangkan karakteristik bisnis

Pikirkan tentang karakteristik bisnis yang ingin kamu jadikan keunggulan perusahaan. Hal ini akan membantu kamu memilih core value yang relevan dan dapat mendukung pencapaian keunggulan tersebut.


Baca Juga: Tips dan Trik Manajemen Bisnis Online

  1. Lakukan brainstorming

Ajak tim dan pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan brainstorming bersama. Diskusikan apa saja nilai-nilai yang dianggap penting dan relevan dengan bisnis perusahaan. Buatlah daftar nilai-nilai yang telah diusulkan.

  1. Evaluasi dan prioritas

Setelah mendapatkan daftar nilai-nilai yang diusulkan, evaluasi dan tentukan prioritas nilai-nilai yang paling penting dan sesuai dengan visi, misi, serta karakteristik bisnis perusahaan.

  1. Susun core value

Gabungkan nilai-nilai yang telah diprioritaskan menjadi core value perusahaan. Biasanya, core value terdiri dari 3-5 nilai utama yang mencerminkan prinsip-prinsip dasar yang akan menjadi panduan bagi perusahaan dalam menjalankan bisnis.

  1. Sosialisasikan core value

Setelah menentukan core value, sosialisasikan kepada seluruh anggota perusahaan. Pastikan bahwa setiap karyawan memahami dan menjalankan core value tersebut dalam pekerjaan sehari-hari.

  1. Integrasikan core value dalam proses bisnis

Core value harus diintegrasikan dalam semua proses bisnis, mulai dari strategi, pengambilan keputusan, hingga operasional sehari-hari. Hal ini akan memastikan bahwa core value benar-benar menjadi landasan dalam menjalankan bisnis.


  1. Evaluasi dan perbaiki

Secara berkala, evaluasi sejauh mana core value telah diimplementasikan dan diterapkan dalam bisnis perusahaan. Jika diperlukan, lakukan perbaikan atau penyesuaian untuk memastikan core value tetap relevan dan efektif dalam mendukung pencapaian tujuan bisnis.


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membentuk core value yang kuat dan konsisten yang akan menjadi landasan dalam menciptakan identitas perusahaan, meningkatkan kinerja, serta mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis.


Jika sudah sudah berhasil membangun core value, langkah selanjutnya adalah menjalankan bisnismu dengan serius. Untuk membantu kamu melancarkan bisnis majoo menghadirkan aplikasi analisa bisnis. Dengan aplikasi ini kamu bisa memantau penjualan bisnismu secara real-time. Tidak hanya itu dengan aplikasi analisa bisnis kamu bisa membuat laporan bisnismu secara manual. Terdapat 26 jenis laporan penjualan pada aplikasi ini. Dengan begitu kamu gak perlu repot-repot lagi menghandle bisnismu. Yuk, coba sekarang juga aplikasi analisa bisnis dari majoo.

Cara Menerapkan Core Value dalam Bisnis

cara menerapkan core value pada bisnis

Setelah berhasil membentuk core value yang kuat dan konsisten, langkah selanjutnya adalah menerapkannya dalam bisnis perusahaan. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengimplementasikan core value dalam bisnis:

  • Komitmen dari pemimpin

Pemimpin perusahaan harus menunjukkan komitmen yang kuat terhadap core value yang telah ditetapkan. Pemimpin harus menjadi contoh dalam menjalankan core value dan menjadikannya sebagai landasan dalam pengambilan keputusan serta strategi bisnis.

  • Sosialisasi dan komunikasi

Sampaikan core value secara jelas kepada seluruh anggota perusahaan. Gunakan berbagai media komunikasi seperti rapat, pelatihan, dan dokumen internal untuk memastikan setiap karyawan memahami dan menerapkan core value dalam pekerjaan sehari-hari.

  • Integrasi dalam kebijakan dan prosedur

Pastikan core value diintegrasikan dalam kebijakan dan prosedur perusahaan. Hal ini akan membantu karyawan untuk menginternalisasi core value dan menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas kerja.

  • Perekrutan dan seleksi

Ketika merekrut karyawan baru, pastikan untuk mencari individu yang memiliki nilai-nilai yang sejalan dengan core value perusahaan. Hal ini akan memudahkan pengembangan kultur kerja yang sesuai dengan core value dan menciptakan tim yang solid.

  • Pelatihan dan pengembangan

Berikan pelatihan dan pengembangan kepada karyawan untuk memastikan mereka memahami dan mampu menerapkan core value dalam pekerjaan mereka. Pelatihan ini bisa berupa seminar, workshop, atau diskusi kelompok yang diarahkan untuk membahas core value dan penerapannya dalam situasi kerja yang spesifik.

  • Evaluasi kinerja

Dalam proses evaluasi kinerja, pastikan untuk mempertimbangkan sejauh mana karyawan menerapkan core value dalam pekerjaan mereka. Hal ini akan menegaskan pentingnya core value dan memastikan karyawan terus menjadikannya sebagai prioritas dalam pekerjaan.

  • Kontinuitas dan pembaruan

Core value perlu diperbarui dan disesuaikan secara berkala untuk memastikan relevansinya dengan perubahan lingkungan bisnis dan kebutuhan perusahaan. Jaga kontinuitas core value dan pastikan seluruh anggota perusahaan tetap berkomitmen untuk menerapkannya dalam bisnis.


Dengan menerapkan core value secara konsisten dan efektif, perusahaan dapat membangun kultur kerja yang positif, meningkatkan kinerja, membangun reputasi yang baik, serta meningkatkan loyalitas pelanggan. Dan core value akan menjadi landasan yang kuat dalam menciptakan identitas perusahaan dan mengejar keberhasilan bisnis.

Mengukur Keberhasilan Penerapan Core Value

Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penerapan core value dalam bisnis, kamu bisa menggunakan beberapa metode berikut:


  • Survei kepuasan karyawan: Survei ini akan mengukur sejauh mana karyawan merasa core value diterapkan dalam lingkungan kerja mereka.

  • Survei kepuasan pelanggan: Survei ini akan mengukur sejauh mana pelanggan merasa core value diterapkan dalam pelayanan yang mereka terima.

  • Pengukuran kinerja perusahaan: Perhatikan apakah kinerja perusahaan meningkat setelah penerapan core value, seperti peningkatan omzet atau jumlah pelanggan.


Secara keseluruhan, mengukur keberhasilan penerapan core value memerlukan pendekatan yang holistik, melibatkan pemantauan kinerja perusahaan, evaluasi karyawan, serta analisis kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dengan menggabungkan berbagai metode pengukuran ini, perusahaan dapat memastikan bahwa core value benar-benar menjadi landasan dalam mengambil keputusan dan menjalankan operasional bisnis, serta membantu mencapai pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis jangka panjang.


Manfaat Core Value bagi Karyawan dan Pelanggan serta Investor

Menerapkan core value dalam bisnis tidak hanya menguntungkan perusahaan, tetapi juga karyawan dan pemangku kepentingan lainnya, antara lain:


  1. Karyawan: Karyawan yang bekerja di perusahaan dengan core value yang kuat akan merasa lebih termotivasi, memiliki kepuasan kerja yang lebih tinggi, dan lebih loyal terhadap perusahaan.

  2. Pelanggan: Pelanggan yang merasakan penerapan core value dalam pelayanan yang mereka terima akan memiliki kepercayaan yang lebih besar terhadap perusahaan dan lebih mungkin untuk menjadi pelanggan setia.

  3. Pemangku kepentingan: Pemangku kepentingan, seperti investor dan mitra bisnis, akan lebih percaya dengan perusahaan yang memiliki core value yang kuat, karena menunjukkan komitmen perusahaan terhadap etika dan keberlanjutan bisnis.


Manfaat core value tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh karyawan dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan menerapkan core value yang kuat dan konsisten, karyawan akan merasa lebih terikat, termotivasi, dan memiliki rasa kepemilikan yang tinggi terhadap perusahaan. Sementara itu, pemangku kepentingan seperti pelanggan, mitra bisnis, dan investor akan merasa lebih percaya dan puas dengan kinerja perusahaan. 


Core value merupakan elemen penting dalam bisnis yang tidak boleh diabaikan. Dengan memahami core value dan menerapkannya dalam setiap aspek bisnis, kamu akan lebih mudah menciptakan identitas perusahaan yang kuat, meningkatkan kinerja, dan membangun hubungan yang baik dengan karyawan, pelanggan, serta pemangku kepentingan lainnya.


Sumber: 


  • https://id.hrnote.asia/orgdevelopment/kiat-mengintegrasikan-core-value-dalam-kinerja-harian-220830/

  • https://myrobin.id/untuk-pekerja/core-value-apa-itu-contoh-dan-penerapannya-dalam-karir/

  • https://www.linkedin.com/pulse/bangun-brand-perlu-core-value-apa-sih-maksudnya-nur-rachmawati

  • https://medium.com/the-codefathers/core-values-a0b7565f1a2c

  • https://www.freepik.com

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo