Tips dan Trik Manajemen Bisnis Online

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Beberapa tips dan trik manajemen online dapat kamu terapkan guna mendapatkan banyak keuntungan


Bisnis online adalah salah satu jenis bisnis yang paling banyak digeluti di zaman sekarang. Untuk terjun ke dalam bisnis online kamu harus tahu bagaimana cara dalam manajemen bisnis online yang baik supaya mendapat banyak keuntungan. Salah dalam manajemen bisnis online dapat berdampak pada kerugian atau bahkan kebangkrutan.

Apa itu bisnis online?

Bisnis online merupakan salah satu jenis bisnis yang dijalankan melalui internet. Dalam kegiatan bisnis online semua aktivitas bisnis seperti jual beli, marketing, pelayanan kepada konsumen, dan lain sebagainya dilakukan secara daring atau online.


Hal menarik dari bisnis online adalah kamu dapat menjual berbagai jenis produk, mulai dari jasa, barang, hingga produk digital. Konsumen yang membeli produk yang dijual pun tidak terbatas dan dapat berasal dari seluruh Indonesia atau bahkan dari luar negeri. 


Dengan bisnis online kamu tidak perlu untuk membangun sebuah toko atau ruko. Kamu juga dapat mengelola bisnis online dari mana saja dan kapan saja. Modal yang harus dikeluarkan untuk memulai bisnis online juga tidak besar.  Meskipun terbilang sangat mudah untuk dijalankan, namun bisnis online menawarkan banyak keuntungan. Karena alasan itulah banyak orang yang tergiur untuk memulai bisnis Online.


Tips dan Trik Manajemen Bisnis Online

Dalam menjalankan bisnis online, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, salah satunya yaitu bagaimana cara manajemen bisnis online yang baik. Manajemen bisnis online sangat penting untuk diterapkan supaya bisnis yang kamu jalani dapat meraup banyak keuntungan. 


Dengan adanya manajemen bisnis online kamu dapat lebih mudah untuk mengelola serta menerapkan strategi pada bisnis online yang kamu jalani. Dengan begitu, kamu dapat menarik lebih banyak pelanggan sehingga dapat meningkatkan keuntungan bisnis online. Berikut beberapa tips dan trik manajemen bisnis online yang bisa kamu terapkan:


  1. Lakukan analisis pasar

Melakukan analisis pasar sangat penting bagi pelaku bisnis online guna mengetahui persaingan serta menentukan target konsumen

Jika ingin terjun ke dalam bisnis online, sebaiknya kamu memulainya dengan menganalisis pasar terlebih dahulu. Kamu harus membuat persiapan supaya bisnis yang kamu jalani akan lebih matang, salah satunya adalah dengan melakukan analisis pasar.


Kamu dapat melakukan analisis pasar seperti menemukan masalah yang dihadapi konsumen, menganalisis kompetitor bisnis, riset keyword, hingga cek tren di media sosial.


Dengan melakukan analisis pasar kamu dapat dengan mudah untuk menentukan strategi yang akan digunakan serta hal-hal apa yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis Online. Dengan persiapan yang matang bisnis online yang kamu jalani akan berjalan dengan baik dan lancar.


Baca Juga: Belajar Bisnis Online dari Nol Tanpa Modal: untuk Pemula


  1. Memahami kompetitor bisnis

Pahami kompetitor bisnis dengan baik supaya kamu dapat mempelajarinya supaya dapat bersaing di pasaran

Tips dan trik manajemen bisnis online berikutnya yaitu memahami siapa kompetitor bisnis kamu. Setelah melakukan analisis pasar, selanjutnya kamu dapat memahami kompetitor bisnis. Memahami kompetitor bisnis bertujuan untuk mengetahui siapa saja yang akan menjadi pesaing bisnis kamu. 


Memahami serta mengenali kompetitor bisnis dapat membantu kamu untuk dapat bersaing di pasaran. Kamu dapat melakukan analisis terhadap kompetitor seperti harga produk, kualitas produk yang dijual, sampai dengan pelayanan yang diberikan. Dari hasil analisa ini kamu dapat melakukan hal yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor supaya dapat bersaing di pasaran.


  1. Cari supplier terbaik

Carilah supplier yang mau diajak bekerja sama serta menawarkan harga dan kualitas produk yang baik

Mencari supplier atau pemasok terbaik merupakan salah satu hal yang terpenting di dalam menjalankan usaha bisnis online. Bisa dibilang kalau supplier dapat mempengaruhi operasional bisnis online. Memilih supplier terbaik berlaku bagi semua jenis bisnis online, baik itu yang menjual produk sendiri atau bagi reseller.


Dalam manajemen bisnis online, jika kamu ingin memperoleh keuntungan yang lebih baik maka harus bekerja sama dengan supplier yang menawarkan kualitas serta harga terbaik. Kamu juga harus memilih supplier yang mau diajak bekerja sama dan cepat merespon. Dengan begitu, kamu akan mudah untuk mengelola bisnis online dengan bekerja sama dengan supplier terbaik.


  1. Hubungkan dengan berbagai media sosial

Promosikan semua bisnis online kamu dengan memanfaatkan berbagai media social

Bagi kamu yang menjalankan bisnis online dapat menggunakan media sosial sebagai cara untuk mempromosikan bisnis online kamu. Hal ini dikarenakan media sosial merupakan tempat untuk berinteraksi dan melakukan aktivitas, salah satunya untuk berbelanja.


Kamu dapat memanfaatkan keadaan ini dengan cara mempromosikan bisnis online kamu atau produk yang kamu jual. Promosikan semuanya pada semua media sosial yang kamu miliki supaya dapat menarik lebih banyak pembeli. Ini adalah salah satu cara manajemen bisnis online yang sangat mudah untuk dilakukan, namun memiliki dampak yang baik bagi bisnis.



Untuk memudahkan kamu dalam menemukan pelanggan yang tepat, gunakanlah layanan Omnichannel Majoo. Layanan ini akan membantu untuk menjangkau lebih banyak pelanggan sehingga mampu menaikkan traffic penjualan. 


Layanan ini mampu mengintegrasikan marketplace dalam satu aplikasi, kamu dapat mengelola stok inventori, pencatatan penjualan, website usaha, dan laporan keuangan secara efektif dan efisien.


Hanya dengan memanfaatkan satu aplikasi saja kamu sudah dapat memantau serta mengontrol penjualan secara otomatis dimanapun kamu berada. Selain itu, kamu juga dapat menghemat biaya bulanan operasional bisnis hingga akunting yang otomatis.


Jadi, tunggu apa lagi segera bergabung dengan layanan Omnichannel Majoo sekarang juga. Dengan meng-upgrade level bisnis maka keuntungan akan menjadi lebih meningkat.  


  1. Buat website bisnis

Membuat website bisnis dapat memperluas produk serta lebih dikenali oleh banyak pelanggan

Supaya bisnis online yang kamu jalani dapat lebih berkembang dan dikenal lebih banyak orang maka kamu dapat membuat website bisnis. Selain menggunakan media sosial, keberadaan website bisnis juga merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis online.


Dengan adanya website maka bisnis yang kamu jalani akan lebih dipercaya oleh para konsumen serta produk pemasaran pun akan menjadi semakin luas. Selain itu, kamu juga dapat mengoptimasi website kamu dengan memanfaatkan SEO.


Baca Juga: Organic Traffic: Arti, Manfaat, serta Cara Mendapatkannya


  1. Bergabung dengan marketplace

Marketplace adalah salah satu tempat berkumpulnya para pelanggan untuk berbelanja

Bergabung dengan marketplace juga dapat menjadi salah satu tips dan trik dalam manajemen bisnis online. Marketplace merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari yang namanya bisnis online. Hal ini dikarenakan banyak konsumen atau pembeli yang memilih menggunakan marketplace sebagai tempat untuk berbelanja dibandingkan dengan media sosial.


Marketplace dapat menjadi tempat yang cukup aman untuk dapat bertransaksi secara online. Selain itu, banyak promo menarik yang ditawarkan oleh marketplace, baik bagi penjual ataupun pembeli sehingga dapat meningkatkan traffic penjualan dan keuntungan.


  1. Posting produk semenarik mungkin

Posting gambar produk semenarik mungkin serta dengan kualitas yang baik dan jelas guna menarik para pelanggan

Untuk Menarik lebih banyak pembeli, kamu dapat memposting produk semenarik mungkin serta memiliki kualitas yang bagus. Gunakan gambar produk yang jelas lalu postinglah di berbagai media sosial, marketplace, ataupun website bisnis.


Selain itu, kamu juga dapat membuat jadwal posting yang juga menjadi bagian dari manajemen bisnis online. Pembuatan jadwal posting ini bertujuan supaya penjualan menjadi lebih terarah dan teratur. Kamu juga dapat menambahkan tema dengan menggunakan berbagai warna menarik supaya dapat menarik lebih banyak pembeli.


Jangan pernah memposting gambar produk secara asal-asalan karena dapat menurunkan minat para calon pembeli sehingga penjualan kamu akan menjadi sepi.


  1. Buat promo menarik

Terapkan strategi promosi supaya dapat menarik banyak pelanggan agar penjualan dapat meningkat

Salah satu cara manajemen bisnis online yang paling banyak disukai oleh orang yaitu promo. Semua orang yang ingin berbelanja baik itu secara online maupun offline pasti sangat menyukai produk promo. Untuk itu, kamu dapat menerapkan strategi ini guna meningkatkan penjualan produk.


Buatlah promo yang menarik supaya dapat menarik banyak pembeli, contohnya seperti mengadakan giveaway, pemberian diskon, atau beli satu produk dapat hadiah random.


Kamu dapat menyesuaikan promo dengan keinginan dan keuntungan yang kamu inginkan. Cara ini juga sudah banyak dipraktekkan oleh penjual lain dan terbukti ampuh untuk meningkatkan traffic penjualan.


  1. Pisahkan uang bisnis dengan uang pribadi

Pisahkan uang pribadi dengan uang bisnis supaya kamu dapat mengetahui kondisi keuangan dalam bisnis

Dalam manajemen bisnis online yang baik, kamu harus memisahkan antara uang pribadi dan uang bisnis. Hal ini penting supaya kamu dapat mengetahui berapa banyak keuntungan yang telah kamu peroleh.


Jika menggabungkan uang pribadi dengan uang bisnis maka dapat menyebabkan terganggunya keberlangsungan bisnis. Terlebih, jika kamu menggunakan uang bisnis seenaknya sehingga dapat mengakibatkan bisnis menjadi bangkrut.


Untuk itu, kamu dapat mengelola keuangan bisnis dengan mencatatnya secara rinci pada buku laporan atau menggunakan aplikasi pendukung bisnis. Dengan begitu, kamu dapat mudah untuk mengetahui semua keuntungan, laba, atau omzet yang ada pada bisnis kamu.


  1. Pantang menyerah

Memiliki sikap pantang menyerah supaya dapat menjalankan bisnis hingga sukses

Tips dan trik terakhir yang harus dilakukan dalam mengelola manajemen bisnis online yaitu pantang menyerah. Pantang menyerah adalah salah satu karakter dari pelaku bisnis yang sukses. 


Meskipun bisnis online terlihat mudah untuk dijalankan, namun nyatanya susah untuk mendapatkan banyak keuntungan. Namun, jika kamu memiliki sikap yang pantang menyerah maka semuanya akan membuahkan hasil karena pada dasarnya kerja keras pada akhirnya akan berbuah manis. 


Jika kamu merupakan pelaku bisnis online, maka dapat menggunakan tips dan trik manajemen bisnis online di atas. Melakukan manajemen bisnis online sangat penting untuk mendapatkan banyak pelanggan guna meningkatkan penjualan. Dengan banyaknya penjualan yang terjadi maka otomatis keuntungan yang kamu peroleh juga akan bertambah. 


Sumber: 

  • https://kledo.com/blog/bisnis-online-shop/

  • https://mitra.bukalapak.com/artikel/tips-bisnis-online-116600

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo