Mengenal Analisis Peluang Usaha dan Cara Menerapkannya

article thumbnail


Sebelum memulai usaha penting untuk mengetahui tentang analisis peluang usaha


Sebelum kamu memulai usaha, ada baiknya untuk melakukan analisis peluang usaha. Hal ini bertujuan untuk mengetahui cara menjalankan bisnis supaya bisa berhasil dan sukses.

Menganalisis peluang usaha berlaku untuk semua jenis bisnis, mulai dari makanan, minuman, pakaian, sepatu, analisa usaha rumahan, analisa usaha makanan dan sebagainya.

Bagi kamu yang tidak mempunyai modal besar, sebaiknya merekrut ahli atau pakar yang berpengalaman untuk melakukan analisis peluang usaha yang kamu dirikan. Namun bagi yang memiliki usaha terbatas, manfaatkan yang kamu miliki dan kamu juga bisa melakukan cara-cara dibawah ini.

Pengertian Analisis Peluang Usaha

Analisis peluang usaha dilakukan untuk mengurangi kerugian dalam bisnis


Sebelum kamu berbisnis, analisis peluang usaha merupakan kegiatan yang perlu dilakukan untuk kamu yang lebih serius dalam menjalankannya.

Analisis peluang usaha merupakan analisis yang kamu lakukan pada bisnis kamu mulai perencanaan operasional, riset produk, memprediksi pasar, dan evaluasi suatu bisnis.

Kegiatan ini bukan hanya dilakukan untuk kamu yang baru mendirikan bisnis. Jika kamu ingin ekspansi seperti meluncurkan produk terbaru yang perlu melakukan analisis ini terlebih dulu.


Kamu juga membutuhkan data-data yang akurat berkaitan dengan bisnis, baik yang sifatnya internal hingga eksternal. Setelah melakukan analisis, kamu pasti jadi mengetahui banyak hal terkait bisnis. Hal Ini karena kamu mencoba untuk memetakan bisnis di posisi yang tepat, kamu bisa jadi mengenalnya dengan baik. Kamu bisa dengan  mudah mengambil keputusan nantinya.


Analisis peluang usaha penting untuk dipraktekkan, baik usaha kecil atau perusahaan yang besar. Bahkan bagi yang memiliki modal banyak, akan bersedia mengeluarkan uang lebih untuk kegiatan usaha ini dengan mengundang para profesional. Bisnis memang layak untuk dijalankan dengan serius karena keuntungan yang didapatkan juga bagus.

Jadi secara sederhana analisis peluang usaha dilakukan untuk mengurangi resiko dalam berbisnis. Selain itu hasil dari analisa bisnis yang kamu dapatkan juga bisa menambah keuntungan untuk bisnis.


Baca Juga: Peluang Usaha adalah: Contoh, Ciri, dan Sumber

Cara Menerapkan Analisa Peluang Usaha Dalam Bisnis

Tentunya kamu sudah mengetahui apa itu analisis peluang usaha. Selanjutnya bagaimana cara dalam melakukan analisa peluang usaha untuk bisnis?

  1. Menentukan Peluang Usaha

Cara menganalisis peluang usaha yang pertama yaitu dengan menggunakan analisis SWOT


Cara menganalisa peluang usaha yang pertama yaitu dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT bisa mengetahui kelemahan, kekuatan, hambatan serta kesempatan atau peluang yang kamu dapatkan dari bisnis tersebut. Tujuan dari analisis SWOT yaitu untuk mencari peluang usaha yang bisa dikembangkan dalam bisnis yang kamu dirikan. 


Selain itu juga untuk mengetahui peluang dan potensi usaha, melakukan analisis SWOT juga bisa mengetahui kelemahan dari bisnis kamu. Sehingga kamu bisa melakukan antisipasi dengan cara mencari solusi dan kelemahan dari bisnis tersebut. Kemudian mengenai hambatan dan kesempatan, kedua tersebut merupakan tantangan yang harus kamu hadapi dalam menjalankan bisnis.

  1. Antisipasi Ancaman Bisnis


Melakukan antisipasi terhadap ancaman bisnis yang mungkin akan terjadi adalah salah sau cara analisis peluang bisnis


Cara analisis peluang usaha berikutnya adalah dengan melakukan antisipasi ancaman bisnis yang kemungkinan akan terjadi. Tujuannya adalah untuk membuat bisnis kamu tetap bertahan walaupun dalam keadaan sulit sekalipun. Hambatan dan kesempatan yang terdapat dalam usaha pada umumnya muncul melalui inovasi bisnis yang baru. 


Jadi inovasi usaha merupakan alat yang bisa digunakan oleh para pebisnis untuk mencegah segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi dalam sebuah usaha. Inovasi ini juga bisa digunakan sebagai alat strategi bersaing bisnis dengan kompetitor pada dibidang yang sama.


Baca Juga: Kenali Threat SWOT Lebih Dalam Untuk Bisnis yang Lebih Siap!

  1. Penentuan Target Pasar

Sebelum memulai usaha tentukan target pasarnya terlebih dahulu


Saat kamu sudah membuat antisipasi dari ancaman usaha yang mungkin terjadi, maka tahap analisis peluang usaha berikutnya adalah dengan menentukan target pasar.

Penentuan target pasar penting dan wajib untuk dilakukan oleh semua pengusaha. Karena kamu tidak bisa mendapatkan  keuntungan yang maksimal apabila tidak ada target pasar yang jelas.


Sehingga kamu perlu menentukan target pasar terlebih dahulu sebelum memulai usaha. Hal ini juga berlaku untuk bisnis dengan target pasar semua kalangan.

Sebaiknya pengelompokan target pasar berdasarkan umur, minat, pekerjaaan dan lain-lain agar lebih jelas.


Tujuan lain dalam penentuan target pasar ini adalah untuk melakukan promosi produk dan saat melakukan pemasaran produk. Misalnya saat kamu mempunyai usaha kedai kopi. walaupun kopi diminati oleh semua kalangan mulai dari anak muda hingga dewasa, kamu perlu membuat menu-menu tertentu yang khusus untuk target pasar tertentu.


Apabila kamu sudah tahu target pasar dengan baik selanjutnya kamu bisa dengan mudah melakukan promosi, misalnya dengan melakukan promosi di media sosial jika peminatnya kebanyakan dari kalangan anak muda.

  1. Menghitung Anggaran Dana

Cara analisis peluang usaha berikutnya yaitu dengan penghitungan anggaran dana. Dalam tahapan yang satu ini meliputi penghitungan dana untuk proses produksi hingga produk ada di tangan konsumen. Contohnya kamu perlu menghitung dana untuk kebutuhan bahan baku, biaya pemasaran produk, biaya energi seperti gas, listrik, gaji karyawan serta biaya  lainnya. Hal ini penting sekali dalam menghitung Break even Point apalagi saat usahamu baru mulai.


Setelah kamu menghitung seluruh dana untuk biaya produksi, selanjutnya adalah menghitung jumlah laba yang kamu inginkan. Agar lebih mudah dalam pembuatan anggaran dana usaha terutama dalam memantau keuangan bisnis, akan lebih baik untuk menggunakkan aplikasi akuntansi yang bisa mempermudah dalam proses pengelolaan anggaran, pembukuan, kontrol stok dan sebagainya.


Baca Juga: RAB adalah Rencana Anggaran Biaya, Bagaimana Cara Buatnya?

  1. Rencanakan dan Lakukan Promosi

Dalam analisis peluang usaha yang selanjutnya adalah dengan melakukan perencanaan pemasaran serta promosi dan melaksanakan kegiatan pemasaran serta pemosi tersebut dengan  baik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah penjualan sehingga kamu bisa mencapai target laba yang sudah ditentukan sebelumnya. Oleh karena itu, kamu harus melakukan perencanaan pemasaran dan promosi dengan baik dan matang.

  1. Mintalah Saran dan Kritik

Analisi peluang usaha selanjutnya adalah dengan meminta saran dan kritik dari pelanggan. Selain penting untuk dilakukan juga menjadi nilai tambah dalam sebuah bisnis. Karena pelanggan akan berpikir dan merasa bahwa kritik dan saran yang berasal dari pelanggan mempunyai nilai tertentu dalam sebuah bisnis. Dan faktanya memang kritik dan saran dari pelanggan memang penting karena kamu tidak tahu apa yang dipikirkan oleh konsumen apabila tidak meminta kritik dan saran.

  1. Lakukan Evaluasi

Cara analisis peluang usaha yang terakhir yaitu kamu tidak perlu melakukan evaluasi secara berkala terhadap perkembangan bisnis. Misalnya dengan melakukan evaluasi tiap sebulan sekali. Dengan menggunakan Aplikasi analisa bisnis dari Majoo yang bisa di akses dari dashboard akan memberikan laporan analisa dari aktivitas berjalan. 


Sehingga akan membantu dalam keputusan bisnis yang cepat dan lebih tajam, misalnya analisa waktu teramai penjualan, analisa perputaran stok, kepuasan pelanggan dan sebagainya. Melalui aplikasi Majoo, kamu jadi lebih mengetahui kekurangan dan kelebihan di bisnis yang kamu jalankan. Untuk kelebihannya sebaiknya pertahankan jika perlu ditingkatkan lagi. Sedangkan untuk kekurangannya perlu diperbaiki lagi agar bisnis yang kamu jalankan tetap berkembang.


sumber:

  • https://www.modalrakyat.id/blog/analisis-peluang-usaha

  • https://mekari.com/blog/analisis-usaha/

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo