Menjadi Narasumber yang Profesional & Menginspirasi

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Narasumber adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki keahlian, pengetahuan, dan pengalaman di bidang tertentu


Narasumber adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki keahlian, pengetahuan, dan pengalaman di bidang tertentu sehingga dapat memberikan informasi, gagasan, dan pendapat yang relevan dan bermanfaat untuk suatu topik

Sebagai narasumber, kamu memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan materi yang informatif, menarik, dan relevan kepada audiens. Peran ini melibatkan persiapan, penelitian, dan penyampaian materi dengan cara yang jelas dan efektif.

Syarat Menjadi Narasumber

Untuk menjadi narasumber yang baik dan kredibel, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

Keahlian

Narasumber harus memiliki keahlian di bidang yang menjadi topik pembahasan. Hal ini dapat diperoleh melalui pendidikan formal, pelatihan, atau pengalaman praktis yang cukup lama.

Pengalaman

Selain keahlian, narasumber juga harus memiliki pengalaman yang relevan. Pengalaman ini bisa berupa keterlibatan dalam proyek, penelitian, atau kegiatan lain yang berkaitan dengan topik yang dibahas.

Kemampuan Berkomunikasi

Narasumber harus bisa menyampaikan informasi dengan jelas, sistematis, dan menarik perhatian audiens. Kemampuan berbicara di depan umum, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, serta mampu menjawab pertanyaan yang diajukan menjadi syarat penting dalam hal ini.

Kredibilitas

Narasumber harus memiliki kredibilitas yang baik, baik dalam hal reputasi, integritas, maupun etika. Ini penting agar informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh audiens dan tidak menimbulkan keraguan.

Kemampuan Beradaptasi

Seorang narasumber harus mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada. Misalnya, narasumber harus siap menjawab pertanyaan yang tidak terduga atau menghadapi audiens dengan berbagai latar belakang pengetahuan.


Baca Juga: Motivasi Kerja adalah: Pengertian, Indikator, dan Contohnya

Etika Narasumber yang Profesional