Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Bagaimana Caranya Mencari Mentor Bisnis yang Tepat?

    Seorang mentor bisnis tidak harus berprofesi sebagai pengusaha sukses. Teman kerja, kolega, atau atasanmu bisa menjadi mentor terbaikmu.

    Kamu baru memulai bisnis dan bingung bagaimana caranya menjalankan dunia barumu ini? Bingungnya kamu adalah indikator penting bahwa kamu membutuhkan seorang mentor bisnis.

    Siapa sebenarnya orang yang disebut mentor bisnis itu?

    Mentor bisnis adalah orang yang dapat memberikan bimbingan dan masukan tentang cara mengelola bisnis yang baik. Umumnya, seorang mentor telah berpengalaman dan memiliki pengetahuan luas karena sudah lebih dulu terjun menggeluti dunia bisnis.

    Seorang mentor bisnis mempunyai andil besar di balik kesuksesan seseorang. Sebab, mereka akan mendampingi kamu agar bisa mengembangkan diri dan mengambil keputusan terbaik untuk bisnis.

    Bagaimana caranya mendapatkan mentor bisnis? Ayo baca artikel ini sampai tuntas, ya!

    Baca juga: Bagaimana Manajemen Bisnis yang Baik Itu? Cari Tahu di Sini! 

    Mentor Bisnis adalah

    Sebenarnya, apa, sih, yang dimaksud dengan mentor? Sederhananya, mentor adalah pembimbing atau penasihat atau pelatih. Untuk siapa? Untuk seorang mentee, pihak yang diberi nasihat atau pelatihan.

    Jadi, mentor adalah individu yang bertindak sebagai penasihat atau pelatih untuk mentee yang kurang berpengalaman atau belum mahir untuk memberikan keahlian dan pengetahuan profesional dari perspektif yang lebih berpengalaman.

    Kombinasi dari pengalaman dan pengetahuan tersebut berubah menjadi sebuah panduan sistematis yang dapat membimbing orang lain untuk bisa berkembang dan berproses dengan lebih pesat. Tentu saja mentor akan mendampingi dengan langkah yang tepat.

    Oleh karena itu, orang tersebut dipercaya untuk menjadi seorang guru yang mampu membagikan ilmunya untuk melatih serta mendorong orang yang baru saja memasuki suatu bidang dan masih minim akan pengalaman.

    Intinya, seorang mentor akan hadir dan menyediakan waktunya untuk mentee saat sesi pelatihan atau belajar. Mereka akan menawarkan saran, memberikan dukungan, dan menjawab pertanyaan. 

    Mentor wajib melindungi kepentingan mentee mereka. Mentee mendapat ilmu dari hasil belajar, dan mentor pun mendapat manfaat dari posisinya sebagai penasihat terpercaya.

    Hubungan antara seorang mentor dengan mentee disebut dengan istilah mentoring. Lebih tepatnya, mentoring adalah sebuah hubungan antara seseorang yang berpengalaman dengan orang lain yang masih membutuhkan dukungan, motivasi, dan dorongan agar mampu mencapai sebuah keberhasilan dan kesuksesan.

    Fungsi Mentor dalam Bisnis

    Apakah bisnis perlu mentor? Jawaban singkatnya: tentu saja perlu. Mentor bisnis adalah seorang profesional yang berpengetahuan luas dan bersedia membagikan ilmu yang telah mereka pelajari. 

    Nah, kalau kamu memang ingin berkembang maju dan ilmu bisnismu semakin lengkap, bantuan dari seorang profesional adalah suatu kebutuhan penting. Kamu dapat belajar dan tumbuh dengan bimbingan mentor yang tepat, Majoopreneurs.

    Manfaat memiliki seorang mentor dapat dilihat dari beberapa poin di bawah ini: :

    • Mereka bisa memberimu motivasi dan inspirasi dari pengalaman yang diberikannya. Kebanyakan mentor sudah terbukti sukses di bidangnya. Memiliki panutan dapat menginspirasi kamu untuk mendorong diri sendiri dan belajar menyelesaikan contoh kasus yang diberikan mentor.
    • Mereka dapat menawarkan umpan balik yang membangun. Pengalaman seorang mentor berarti mereka bisa menilai dan mengukur kemampuan kamu sehingga dapat membantu kamu fokus di posisi seharusnya kamu berkembang.
    • Mereka dapat mengajari kamu untuk membaca situasi yang menantang dengan percaya diri. Mentor sudah berpengalaman dalam mengatasi berbagai kendala. Saat kamu menghadapi tantangan umum, seorang mentor dapat memberikan arahan yang tepat untukmu dalam menanggapinya.
    • Mentor dapat membantu kamu mengembangkan jaringan profesional yang kamu butuhkan. Sssttt… Berkat mentor, kamu bisa mendapatkan kesempatan terhubung dengan banyak pihak dan para profesional di bidang yang sesuai dengan kebutuhanmu, loh.
    • Selama periode mentoring, mentor kamu akan sering membantu kamu dalam membangun jaringan barumu dengan menawarkan koneksinya. Asyik, kan? 
    • Mentor dapat menawarkan informasi terkait pengembangan jalur karier kamu. Seorang mentor bisnis juga dapat membantu kamu melihat jalur karier kamu saat ini dari sudut pandang berbeda. Biasanya, seiring waktu, mentor dapat melihat potensi pilihan bisnis yang tidak kamu sadari dan memandu kamu sesuai kebutuhanmu.

    Seperti Apa Ciri Mentor Hebat Itu?

    Kamu perlu memahami satu hal penting, yaitu mencari seorang mentor tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Bayangkan jika kamu salah memilih mentor, Majoopreneurs. 

    Mentor yang salah justru dapat menjerumuskanmu dan menjauhkan kamu dari jalan kesuksesan yang sebenarnya sudah ada di depan matamu. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui tentang ciri mentor yang hebat dan layak untuk dipilih seperti di bawah ini.

    • Memberi Ruang untuk Belajar dari Kesalahan

    Kamu pasti tahu, kan, pengalaman adalah guru terbaik dan membuat seseorang akan lebih mampu memahami suatu hal secara nyata. Hal inilah yang dipahami oleh seorang mentor andal dan tak menahan mentee-nya untuk melakukan kesalahan sebagai bagian untuk berproses dan belajar.

    • Tak Merasa Dirinya sebagai Pahlawan

    Ilmu boleh lebih banyak. Jam terbang pun jauh lebih lama. Namun, seorang mentor tidak akan menganggap dirinya lebih hebat dari kamu. Mentor yang baik akan memahami bahwa tugas seorang pembimbing adalah memberikan saran dan mengarahkan.

    • Bertugas sebagai Pendamping dan Pemberi Masukan

    Selama melakukan mentoring, seorang mentor tidak akan langsung memberi solusi saat kamu menghadapi sebuah masalah seputar bisnismu. Mentor akan memberikan kesempatan kepadamu untuk berusaha menyelesaikan suatu masalah sendiri. Mentor tetap mendampingi dan memberi masukan jika diperlukan.

    Kamu baru bisa berkembang dan menjadi individu yang lebih berkualitas dari sebelumnya dengan menghadapi permasalahan bisnismu, bukan sekadar meminta bantuan kepada mentor.

    Ketika sedang mencari mentor bisnis, pastikan kamu sudah mengetahui kebutuhan minimal untuk dirimu sendiri dan bisnismu. 

    Cara Mencari Mentor Bisnis

    Memiliki mentor akan sangat menguntungkan bagi perjalanan bisnismu, loh. Mereka akan menuntun kamu mencapai keberhasilan. Bagaimana cara mendapatkan mentor bisnis yang baik? Simak caranya di bawah ini.

    • Jangan Ragu dalam Mendekati Mentor

    Apakah pernah terlintas di benakmu jika kamu bisa mendapatkan mentor dari berbagai sosok yang mungkin tidak kamu duga sebelumnya? Mentor bisnis yang cocok mendampingimu bisa saja kolega, rekan kerja, teman, keluarga, atau bahkan atasan kamu. Seorang mentor tidak harus seorang pengusaha sukses yang terkenal.

    Penting untuk kamu perhatikan adalah semangatmu dalam belajar dan percaya bahwa mereka mampu membimbing kamu dalam berbisnis.

    Jika kamu merasa menemukan seseorang untuk dianggap sebagai mentor, jangan ragu untuk mendekatinya. Tanyakan kepadanya, apakah ia mau menjadi mentor bagi kamu? Jika bersedia, tentu saja kamu dapat menjalin hubungan baik dengannya.

    Apalagi di era digital seperti sekarang, berkenalan dengan seseorang sangat mudah. Misalnya melalui media sosial seperti LinkedIn atau Instagram.

    Tips lainnya adalah identifikasi terlebih dahulu kebutuhan kamu. Lalu temukan mentor yang ahli dalam bidang yang ingin Anda pelajari tersebut.

    • Sampaikan Kebutuhan dengan Jelas

    Kamu harus mengetahui kebutuhanmu dalam mencari seorang mentor, lalu katakan secara spesifik kepada calon mentor kamu. Jangan lupa tanyakan metode bimbingan yang bisa dan biasa digunakan oleh calon mentor dan cocok dengan kebutuhanmu, seperti melalui telepon, pertemuan langsung, jumlah bimbingan per pekan, dan lain-lain.

    Sudah coba bertanya kepada investor bisnismu? Mereka juga dapat menjadi mentor kamu, loh.

    • Buat Hubungan Timbal Balik dengan Mentor

    Kamu pasti paham, ya, jika relasi yang baik terjadi dua arah alias hubungan simbiosis mutualisme terjalin dengan baik. Artinya, kamu juga perlu memberikan nilai lebih kepada mentor kamu.

    Dengan begitu, kegiatan belajar terjadi bagi kedua belah pihak. Mentor kamu mendapatkan pengalaman baru yang mungkin lebih relevan untuk situasi di masa kini.

    Kamu juga dapat membantu mentor bisnis dengan mengenalkannya kepada jejaring yang kamu miliki. Di saat kamu belajar dari mentor bisnis, dia pun turut memiliki kesempatan untuk berkembang dan belajar dari kamu.

    Baca juga: Kreatif Adalah Kemampuan Penting Dalam Bisnis, Apa Artinya? 

    Mendapatkan Mentor Bisnis Online

    Di zaman digital seperti sekarang, apakah bisa mendapatkan mentor bisnis secara online? Tentu saja bisa! Untuk Majoopreneurs yang memang ingin mendapatkan bimbingan secara khusus oleh mentor bisnis, majoo menyediakannya untukmu!

    Daftarkan bisnismu dan dapatkan mentoring serta modal puluhan juta rupiah bersama majoo, yuk! Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan jika ikut serta dalam akselerasi bisnis lengkap, mulai dari workshop, mentoring, sampai dengan hadiah pendanaan untuk bisnismu. Menarik, kan?

    Melakukan mentoring bersama majoo akan mendapatkan sertifikat, loh. Artinya, kamu akan lebih percaya diri dalam menggaet calon investor untuk mengembangkan bisnismu!

    Segera hubungi majoo untuk mendapatkan bimbingan bersama mentor bisnis terbaik dan selamat mengembangkan usahamu!

    Pertanyaan Terkait

    • Jawaban singkatnya: tentu saja perlu. Mentor bisnis adalah seorang profesional yang berpengetahuan luas dan bersedia membagikan ilmu yang telah mereka pelajari.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!