Omnichannel: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Dalam sebuah bisnis terdapat suatu strategi yang dinamakan dengan omnichannel. Omnichannel adalah salah satu cara atau strategi yang digunakan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan secara bersamaan, dimana hal ini dilakukan di berbagai saluran atau channel guna meningkatkan kepuasan para pelanggan.

Omnichannel digunakan sebagai salah satu strategi untuk mencapai goals atau tujuan dari perusahaan. Dengan menggunakan strategi ini, diharapkan penjualan bisnis akan menjadi lebih meningkat sehingga akan banyak keuntungan yang didapatkan.

Pengertian Omnichannel

Omnichannel atau omni channel adalah strategi yang berguna untuk meningkatkan pengalaman pelanggan agar berkualitas di berbagai saluran media komunikasi yang digunakan oleh pelanggan. Tidak sama dengan multichannel, omnichannel merupakan tahap evolusi dari multichannel yang lebih luas.

Omnichannel berasal dari dua kata, yakni omni dan channel. Omni memiliki arti semua, seluruh, atau universal. Sementara, channel berarti saluran. Dengan begitu omnichannel yakni semua saluran atau media yang dapat ditemukan oleh pelanggan dan terhubung dengan bisnis di berbagai channel, namun dengan tingkat pengalaman pelanggan yang baik dan berkualitas. 

Omnichannel adalah tahapan lanjutan dari perubahan multichannel yang lebih luas, diperbarui secara real time pada end-user atau penggunanya. Strategi omnichannel ini mengkombinasikan saluran komunikasi yang paling sesuai atau relevan dengan pelanggan dalam satu waktu. Alih-alih melakukan kerja secara paralel, strategi ini membuat saluran komunikasi serta daya pendukungnya dapat bekerja sama.

Jenis-Jenis Omnichannel

Omnichannel juga memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis ini dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dari strategi bisnis. Berikut beberapa jenis-jenis omnichannel:

  1. Omnichannel call center

Omnichannel call center merupakan sebuah pusat layanan telepon yang memanfaatkan pendekatan omnichannel guna memberikan layanan yang baik kepada pelanggan. Dengan menggunakan pendekatan ini, pusat layanan telepon bisa memberikan kepuasan dan pengalaman yang baik untuk pelanggan sehingga mampu untuk meningkatkan layanan serta penjualan bisnis.


Dengan memanfaatkan omnichannel call center, kamu dapat merekam tiap percakapan yang terjadi antara agen dan juga pelanggan sehingga dapat membantu mengevaluasi dalam pemberian layanan yang lebih baik kedepannya. Omnichannel adalah salah strategi terbaik dalam meningkatkan penjualan perusahaan.

  1. Omnichannel media sosial

Jenis omnichannel yang kedua yaitu omnichannel media sosial. Omnichannel media sosial merupakan sebuah sistem layanan chat yang memanfaatkan pendekatan omnichannel guna memberikan layanan yang baik bagi pelanggan di berbagai media sosial. 


Media sosial dapat diintegrasikan, seperti Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Dengan memanfaatkan pendekatan ini maka bertujuan untuk mempermudah komunikasi pelanggan dengan bisnis guna mendapatkan dukungan yang diperlukan.


Dengan memanfaatkan berbagai media sosial yang telah terintegrasi, maka pelanggan akan mudah untuk menggunakan media sosial guna terhubung dengan bisnis kamu. Selain itu, penggunaan omnichannel ini juga dapat menyimpan semua riwayat percakapan yang terjadi antara bisnis dan agen. 


  1. Omnichannel E-Commerce

Omnichannel E-Commerce merupakan sebuah sistem e-commerce yang memanfaatkan pendekatan omnichannel guna menjual produk atau layanan kepada kepada pelanggan. Dengan memanfaatkan sistem ini maka dapat menyediakan layanan dari berbagai e-commerce.


Penggunaan Omnichannel ecommerce ini memiliki tujuan untuk mempermudah pelanggan untuk melakukan transaksi atau belanja serta mengakses informasi mengenai produk yang dibutuhkan. Omnichannel adalah salah satu cara untuk menaikkan traffic penjualan bisnis secara konsisten dan signifikan.

Untuk membantu dalam meningkatkan penjualan dan pelanggan, kamu dapat memanfaatkan Layanan Omnichannel Majoo. Layanan ini akan memudahkan dan membantu kamu untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan secara efektif dan efisien.

Dengan menggunakan layanan ini kamu dapat mengintegrasikan online seller hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja. Kamu juga akan dimudahkan untuk mengelola stok inventori, pencatatan penjualan, website usaha, dan laporan keuangan secara lengkap dan rinci.

Selain itu, manfaat lainnya yang akan kamu peroleh dengan menggunakan layanan Omnichannel Majoo yaitu menghemat biaya operasional bulanan bisnis hingga 30%, memantau dan mengontrol penjualan dimanapun dan kapanpun, meningkatkan penjualan di toko online dan ecommerce, laporan lengkap penjualan, serta akunting otomatis.

Segera upgrade level bisnis kamu sekarang juga dengan menggunakan layanan Omnichannel Majoo. Mudah dalam menjangkau pelanggan secara luas dan bantu menaikkan traffic penjualan.

Baca Juga: Trik Meningkatkan Penjualan Omnichannel Saat Ramadan

Manfaat Omnichannel

Omnichannel adalah salah satu sistem yang dapat menyatukan seluruh saluran komunikasi dalam satu halaman sehingga menyederhanakan interaksi perusahaan dengan pelanggan secara efektif. Karena itulah, strategi omnichannel memiliki banyak manfaat bagi bisnis atau perusahaan. Berikut beberapa manfaat omnichannel bagi bisnis:

  1. Jangkauan pelanggan lebih luas

Omnichannel dapat membantu perusahaan untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas guna meningkatkan penjualan


Dengan memanfaatkan strategi omnichannel, maka bisnis kamu dapat dengan mudah untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang berasal dari berbagai saluran komunikasi yang berbeda-beda. Semua pesan akan masuk ke dalam satu halaman sehingga memudahkan para staf untuk merespon pesan pelanggan secara cepat dan efektif. 


Selain itu, omnichannel juga dapat membantu staf untuk melakukan penawaran secara mudah hanya dengan satu klik saja. Data mengenai informasi pelanggan secara otomatis akan tersimpan dengan rapi di dalam sistem sehingga saat ingin melakukan penawaran, staf kamu hanya perlu melihat kontak pelanggan yang sudah tersimpan dalam sistem. Omnichannel adalah sistem yang sangat mudah untuk memberikan penawaran dengan cara terbaik.

  1. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Dengan memanfaatkan omnichannel, maka pelanggan dapat dengan mudah untuk menemukan produk yang mereka butuhkan


Perusahaan adalah solusi bagi semua yang dibutuhkan oleh pelanggan. Pelanggan akan merasa senang karena perusahaan kamu dapat membantu mereka untuk menemukan produk atau layanan yang dibutuhkan. Hal ini akan membantu meningkatkan omset penjualan bisnis.


Bagi pelaku bisnis, kepuasan pelanggan merupakan sesuatu yang penting guna menaikkan potensi pemesanan secara berulang. Kamu juga harus membangun hubungan baik dan menjaga kepercayaan pelanggan.


Tujuan dari penggunaan sistem omnichannel adalah untuk membantu staff kamu untuk meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan. Setiap pelanggan pasti menginginkan pelayanan yang baik dimanapun dan kapanpun. Dengan demikian, penjualan akan mengalami peningkatan.

  1. Meningkatkan rekomendasi pelanggan

Pelanggan akan merekomendasikan merek perusahaan jika mereka merasa puas


Pelanggan yang puas terhadap pelayanan perusahaan yang baik dan berkualitas akan berdampak pada kenaikan omset atau keuntungan penjualan. Dengan begitu, para pelanggan yang merasa puas akan merekomendasikan perusahaan kamu kepada rekan-rekannya. 


Jika ada banyak pelanggan yang merasa terpuaskan, maka brand perusahaan akan semakin naik dan meroket. Dari sinilah kamu akan mendapatkan banyak pelanggan baru kedepannya. Hal ini akan terus-menerus secara berulang.

Baca Juga: 5 Tips Omni Channel agar Penjualanmu Naik Level!

  1. Efisiensi kerja meningkat

Dengan memanfaatkan omnichannel akan memudahkan para staf untuk mencatat semua informasi terkait pelanggan


Manfaat lainnya dari omnichannel adalah dapat meningkatkan efisiensi kinerja para staf kamu. Dengan sistem ini, staf kamu akan mudah untuk mencatat seluruh data informasi pelanggan secara real time.


Jika terjadi masalah atau gangguan, kepala departemen dapat langsung mengetahui hal tersebut sehingga penanganannya akan menjadi lebih cepat dan pelanggan tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama. penggunaan sistem ini juga dapat menawarkan database yang terpusat bagi perusahaan.

  1. Hemat biaya

Strategi omnichannel dapat menghemat biaya karena hanya memerlukan trik marketing pada beberapa saluran media


Omnichannel dapat memperoleh data pelanggan yang relevan sehingga kamu dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat serta menerapkan sumber daya yang lebih efisien. 


Dengan melakukan analisis terhadap data omnichannel, maka dapat membantu kamu untuk mengetahui dimana dan kapan harus lebih memusatkan perhatian pada saluran tertentu karena tujuan dari omnichannel adalah untuk meningkatkan keuntungan bisnis.

  1. Pencapaian ROI menjadi lebih tinggi

Omnichannel dapat menghasilkan banyak konversi sehingga membuat ROI menjadi lebih tinggi


Semua manfaat yang diperoleh dari omnichannel dapat menghasilkan lebih banyak konversi sehingga ROI akan menjadi lebih tinggi. Semua ini karena pelayanan perusahaan yang baik dan mampu memuaskan pelanggan sehingga akan terjadi penjualan secara terus-menerus.

  1. Visibilitas merek akan lebih baik

Visibilitas yang baik akan membantu untuk meningkatkan loyalitas pelanggan


Penggunaan omnichannel adalah untuk membantu menempatkan pesan kamu pada semua saluran secara teratur dan tepat waktu, baik itu secara online ataupun pada toko fisik manapun yang paling nyaman menurut pelanggan kamu. 


Dengan cepat pelanggan akan mengetahui merek kamu sehingga kamu dapat menawari mereka pengalaman pelanggan yang baik, tetapi tetap mendapatkan perlakuan khusus. Visibilitas merek yang baik akan berdampak pada loyalitas pelanggan yang lebih besar.


  1. Menghemat waktu

Salah satu manfaat dari penggunaan omnichannel adalah dapat menghemat waktu


Pelanggan yang membeli produk secara online dapat mengembalikan produk tersebut ke toko fisik. Hal ini akan menghemat waktu bagi pelanggan. Jika nyaman atau mendesak, pelanggan dapat mempunyai pilihan untuk menukarkan barang secara langsung dan tidak perlu lagi untuk menunggu produk baru tiba.


Kegiatan menghemat waktu seperti ini dapat menambah kepuasan pelanggan sehingga dapat membantu kamu untuk meningkatkan penjualan.

Omnichannel adalah salah satu cara atau strategi yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. penggunaan strategi ini juga membantu meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan begitu, penjualan dan keuntungan perusahaan akan menjadi lebih meningkat. 

Sumber: 

  • https://www.barantum.com/blog/omnichannel-adalah/

  • https://www.hashmicro.com/id/blog/apa-itu-omnichannel-pengertian-manfaat-strategi/

  • https://www.simplidots.com/segala-sesuatu-tentang-omnichannel/amp/

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo