Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Partner Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya Untuk Kamu!

    Partner Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya Untuk Kamu!

    Partner bisnis merupakan salah satu aset penting untuk mendirikan sebuah usaha.

    Partner bisnis merupakan salah satu aset penting dalam pembangunan sebuah bisnis. Memiliki partner dalam berbisnis juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan bisnis yang akan kamu bangun.

    Tidak hanya itu, adanya partner bisnis bisa memberi keuntungan lain untuk perusahaan, seperti dapat melengkapi kekurangan kamu dalam berbisnis, menambah sumber pendanaan untuk mengembangkan perusahaan, atau menjadi teman diskusi saat perusahaan mengalami kesulitan.

    Agar lebih memahami apa yang dimaksud dengan partner bisnis dan bagaimana cara menemukan partner bisnis yang baik, kami akan menguraikannya untuk kamu. Baca artikel ini sampai tuntas, ya!

    Definisi Partner Bisnis

    Secara umum, partner bisnis adalah individu atau organisasi yang memiliki peran penting dalam pembangunan sebuah bisnis. Ada pula yang menyebutkan bahwa partner bisnis merupakan satu atau sekelompok orang yang terlibat dalam suatu perusahaan sebagai pengelola, pemilik, atau bahkan pencipta suatu bisnis usaha.

    Biasanya, kerja sama yang dibangun akan tertulis dan tertuang secara legal di dalam sebuah kontrak tertentu. Dalam kontrak tersebut nantinya akan berisi perjanjian-perjanjian kerja sama yang akan disetujui oleh kedua belah pihak, dan akan membagi keuntungan yang didapatkan sesuai dengan nilai yang telah disepakati.

    Namun, perlu kamu pahami bahwa memiliki partner bisnis juga membutuhkan pertimbangan yang matang. Sebab, jika salah memilih partner berbisnis, maka akan berdampak pada perjalanan bisnis tersebut.

    Oleh karena itu, pastikan partner bisnis yang kamu pilih sudah sesuai dengan kriteria dan kepentingan dari perusahaan yang akan kalian bangun.

    Manfaat Partner Bisnis

    Di Indonesia, masih banyak bisnis yang dibangun dengan kepemilikan tunggal. Padahal, mempunyai partner bisnis juga banyak memberi manfaat bagi bisnis tersebut. Beberapa manfaat dari adanya partner bisnis adalah sebagai berikut.

    1. Saling Bertukar Pikiran

    Memiliki partner dalam berbisnis membuat kamu bisa berdiskusi dan bertukar pikiran untuk mengambil keputusan-keputusan yang akan memengaruhi perjalanan bisnis kamu ke depannya. 

    2. Meningkatkan Akuntabilitas

    Umumnya, partner bisnis merupakan seseorang atau sekelompok orang yang memiliki tujuan untuk mengembangkan bisnis yang sama. Dengan adanya partner bisnis bisa membantu kamu untuk lebih bertanggung jawab memajukan bisnis yang dibangun bersama. 

    3. Dukungan Finansial, Emosional, dan Profesional

    Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki partner bisnis adalah adanya orang yang bisa membantu mencari solusi dan membagi beban kerja baik dalam hal finansial atau yang lainnya.

    4. Memperbesar Peluang Bisnis

    Memilih partner bisnis yang tepat juga bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan. Hal ini tentu dapat memperbesar peluang untuk mendapatkan jaringan profesional yang akan membantu pertumbuhan perusahaan.

    5. Meningkatkan Produktivitas

    Terakhir, adanya partner bisnis bisa membuat kamu lebih produktif menjalankan bisnis, lho! Seluruh pekerjaan yang dilakukan bersama-sama bisa lebih mudah dan cepat untuk diselesaikan, sehingga memiliki partner bisnis yang tepat akan sangat membantu untuk mengembangkan bisnis lebih baik lagi.

    Baca juga: Ingin Memulai Usaha Bersama? Kenali Dulu Partner Bisnismu!

    Pilih partner bisnis yang tepat agar usaha yang akan kamu bangun berjalan dengan baik.

    Cara Menemukan Partner Bisnis yang Tepat

    Menemukan partner bisnis memang bukan perihal yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak pertimbangan yang mesti kamu pilih untuk dapat menentukan partner yang cocok untuk kamu. 

    Namun, ada tiga cara umum yang bisa kamu gunakan untuk dapat menemukan calon partner yang ideal. Berikut ini adalah cara memilih partner bisnis yang tepat yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

    1. Menggunakan Jaringan Usaha

    Seringkali, partner bisnis yang dipilih merupakan orang-orang yang satu lingkungan pekerjaan dengan kita. Alasannya, karena pengetahuan dan kemampuannya sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

    2. Bekerja Sama dengan Teman

    Cara kedua adalah dengan memilih teman atau anggota keluarga sebagai partner bisnis kamu. Meskipun begitu, kamu tetap perlu memperhatikan kemampuan serta dedikasinya dalam bekerja.

    3. Mendatangi Acara Industri

    Menghadiri acara-acara industri juga bisa menjadi peluang yang bagus untuk mendapatkan koneksi dengan calon partner. Kamu bisa mendatangi acara spesialisasi yang paling kamu butuhkan.

    4. Mencari Koneksi Bisnis secara Online

    Selain ketiga cara di atas, kamu juga bisa mencari calon partner secara online. Saat ini sudah banyak situs online yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang mencari mitra bisnis.


    Tips Memilih Partner Bisnis

    Untuk mendapatkan partner bisnis yang tepat memang bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan memperhatikan tahapan cara mencari partner bisnis yang tepat bisa membantu kamu mendapatkan orang-orang yang berpotensi menjadi partner bisnis kamu kelak.

    Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan partner bisnis yang baik, di antaranya:

    • Punya Visi dan Misi yang Sama

      Memiliki visi dan misi yang sama merupakan sebuah pondasi dalam membangun sebuah bisnis. Dengan kesamaan ini diharapkan kamu dan partner bisa menjalankan bisnis dengan baik hingga mencapai kesuksesan bersama.

    • Memiliki Keahlian yang Dibutuhkan untuk Mengembangkan Perusahaan

      Mendapatkan partner bisnis dengan keahlian, pengalaman, dan latar belakang pendidikan yang sesuai juga dibutuhkan untuk mengembangkan perusahaan. 

    • Standar Moral yang Baik

      Etika menjadi poin penting untuk dimiliki oleh calon partner dalam berbisnis. Sebab, mencari partner bisnis tidak hanya membutuhkan aspek kompetensi saja. Seseorang dengan sikap dan moral yang baik juga dapat memengaruhi perjalanan bisnis ke depannya.

    • Bertanggung Jawab dan Dapat Dipercaya

      Perjalanan bisnis tidak selalu bisa berjalan dengan mulus. Terkadang, kamu akan menemui tantangan yang dapat memengaruhi kinerjamu dan partner bisnismu.

      Itulah sebabnya, kamu membutuhkan partner bisnis yang dapat bertanggung jawab, agar setiap permasalahan yang datang bisa kalian selesaikan dan cari jalan keluarnya bersama.

      Selain itu, agar hubungan bisnis bisa berjalan dengan lancar, ada baiknya partner yang kamu pilih juga merupakan seseorang yang dapat dipercaya.

    • Punya Relasi yang Luas

      Partner bisnis dengan relasi yang luas bisa menguntungkan bisnis yang akan kamu bangun, lho! Sebab, bisnis yang kamu jalankan bisa lebih mudah menjalin kerjasama dengan banyak pihak. Hal ini tentu dapat meningkatkan potensi pertumbuhan bisnis menjadi lebih cepat.

    • Saling Melengkapi

      Ada baiknya kamu memilih partner bisnis yang bisa melengkapi kekuranganmu. Misalnya, jika kamu adalah orang yang mahir dalam bidang keuangan, tentu kamu membutuhkan orang yang mahir di bidang pemasaran atau komunikasi.

      Dengan begitu, kalian akan saling mengisi kekosongan dan membuat bisnis berjalan lebih mudah.

    Baca juga: Partnership adalah: Pengertian, Strategic dan Jenis-Jenis Partnership

    Penutup

    Itu tadi penjelasan dan beberapa tipsnya agar kamu bisa mendapatkan partner bisnis yang tepat. Sebagai aset penting bagi perusahaan, ada baiknya kamu mempertimbangkan dengan baik sebelum memilih partner bisnis yang sesuai dengan kriteriamu.

    Untuk menunjang seluruh pekerjaan yang sudah berjalan dalam bisnis tersebut, kamu bisa memanfaatkan bantuan aplikasi POS majoo untuk membantu mengelola segala aktivitas perusahaan. 

    Aplikasi ini menjadi solusi untuk menjalankan segala jenis usaha mulai dari inventori, pengaturan karyawan, pencatatan aktivitas keuangan, analisa bisnis, hingga melakukan marketing campaign untuk perusahaan yang akan kamu bangun. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, pakai majoo sekarang!

    Pertanyaan Terkait

    • Pengertian dari partner bisnis adalah individu atau sekelompok orang yang memiliki andil dalam mengelola, memiliki, hingga menciptakan suatu bentuk usaha.
    • Ada empat cara yang bisa kamu gunakan untuk memilih mitra bisnis yang baik, di antaranya adalah melalui jaringan usaha, bekerjasama dengan teman, mendatangi acara industri, hingga mencarinya secara online.
    • Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan partner bisnis yang baik, di antaranya: (1) Punya visi dan misi yang sama, (2) Memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk mengembangkan perusahaan, (3) Standar moral yang baik, (4) Bertanggung jawab dan dapat dipercaya, (5) Punya relasi yang luas, (6) Saling melengkapi

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.