Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    10+ Peluang Usaha Rumahan 2022

    Peluang Usaha Rumahan: Menjahit Pakaian

    Bagi sebagian orang, memiliki usaha yang bisa dijalankan dari rumah adalah sebuah impian. Terlihat sederhana, tapi membutuhkan nyali cukup kuat untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut. Banyak peluang usaha rumahan yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

    Memasuki tahun 2022, ada beberapa usaha rumahan yang sudah muncul sejak tahun-tahun sebelumnya. Ada juga yang diperkirakan akan menjadi tren bisnis rumahan jika kamu jeli melihat dan menangkap peluangnya.

    Jika kamu belum tahu hendak memutuskan akan memilih dan memulai usaha rumahan apa yang cocok, di bawah ini beberapa saran majoo yang bisa kamu pertimbangkan.

    Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

    Semenjak pandemi menyerang dunia tahun pada awal 2020, banyak orang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau bisnisnya terpaksa gulung tikar. Bukan hanya menimpa pedagang kecil, bahkan pebisnis besar pun terkena dampaknya.

    Ketika memasuki tahun 2021, keadaan mulai berangsur membaik meski masih harus berjuang lebih keras lagi demi membalik keadaan menjadi seperti sebelum pandemi.

    Dengan kebutuhan dasar hidup yang kian terasa mahal dan ditambah dengan kenyataan harga beberapa bahan pokok menjulang tinggi di akhir 2021 lalu, tampaknya memilih usaha rumahan sebagai tambahan pemasukan bisa menjadi alternatif.

    Para karyawan yang ingin menambah penghasilan agar dapur tetap mengebul sementara gaji pun belum ada hilal kenaikan dari bos, mari memilih ide peluang usaha rumahan modal kecil di sini.

    Baca Juga: Pahami! Langkah - Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha 2022

    1. Agen Pembayaran Elektronik

    Hanya bermodalkan telepon pintarmu, menjadi agen pembayaran elektronik bisa menjadi pilihan pertama. Mudah banget! Kamu bisa menjadi andalan para tetangga, teman, bahkan rekan kerja ketika mereka hendak membayar iuran PLN, PDAM, PBB, TV berlangganan, top-up dompet digital, hingga pengisian pulsa. 

    2. Agen Pulsa dan Paket Data

    Kalau usaha yang satu ini lebih spesifik dari pilihan pertama. Jika kamu mengiklankan jasamu di grup WhatsApp keluarga atau rekan kerja, otomatis mereka akan mencarimu jika mereka membutuhkan pulsa dan paket data internet yang sudah habis. 

    Modal kamu benar-benar hanya telepon selularmu. Bahkan tidak perlu model yang terlalu canggih. Cukup memiliki telepon yang bisa mentransfer pulsa kepada si pembeli melalui SMS/pesan singkat. 

    3. Berjualan Camilan/Makanan Ringan

    Siapa, sih, orang Indonesia yang tidak suka ngemil? Kudapan manis dan asin bisa menjadi pilihan. Camilan kering atau basah, tergantung selera pembeli untuk menentukan favoritnya. 

    Kemasan camilan makin beragam dan memanjakan mata calon pembeli. Kreasi yang menggugah selera akan menentukan bagaimana pembeli melabuhkan pilihannya. 

    Peluang usaha rumahan yang satu ini tidak memerlukan modal besar. Bahkan, banyak dari teman-teman kamu yang menjadi reseller atau dropshipper camilan ini. Benar-benar pilihan peluang usaha minim modal!

    4. Usaha Katering

    Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha katering ini sebenarnya tidak banyak. Apalagi jika kamu memiliki hobi memasak. Berbekal modal seadanya di rumah, kamu bisa memulai usaha katering ini. 

    Kamu bisa tawarkan jasa dan produk menu masakan rumahan ini kepada tetangga terdekat, saudara, teman-teman arisan, atau bahkan ke atasan di kantor. 

    Jika kamu tidak hobi memasak tetapi ingin mencoba peluang usaha baru ini, kamu bisa colek teman atau tetangga yang membutuhkan seorang tenaga pemasaran. Kamu juga bisa sekalian belajar memasak kepada mereka. 

    5. Jasa Laundry Kiloan

    Benarkah jasa laundry kiloan termasuk peluang usaha rumahan dengan modal kecil? Rasanya banyak peralatan bernilai jutaan yang sulit dikategorikan modal minim, kan?

    Tenang! Kamu tetap bisa memilih usaha rumahan ini dimulai dengan satu mesin cuci yang ada di rumah, kok. Kamu bisa menawarkan jasa ini ke tetangga sekitar. Apalagi jika rumahmu dekat dengan kampus. Banyak calon pelangganmu dari kalangan mahasiswa. 

    Paling penting adalah menjaga kualitas pelayanan yang kamu berikan dan meningkatkan hubunganmu dengan para pelanggan. Suatu saat, jika kamu konsisten dan persisten, dijamin usaha jasa laundry kiloan kamu akan makin berkembang. 

    6. Jasa Menjahit Pakaian


    Apakah menurutmu membuka jasa menjahit pakaian ini ketinggalan zaman? Oh, tentu tidak, Marimar! Selama manusia membutuhkan pakaian, selama itu pula peluang kamu untuk menawarkan jasa khusus ini tetap ada. 

    Kamu bisa memulai dari satu mesin jahit yang ada di rumah. Kamu bisa mengunggah foto-foto hasil karyamu di Instagram, Facebook, hingga grup jualan di WhatsApp. Biarkan para calon pengguna jasamu yang memilih model pakaian seperti apa yang mereka mau.

    7. Minuman Kekinian

    Nah! Peluang usaha rumahan yang satu ini bisa dibilang sudah menjadi tren dari beberapa tahun terakhir. Kamu masih ingat bagaimana ramainya penjualan Es Kepal Milo? Meski gaungnya mulai meredup, tapi majoo yakin kamu pernah mencoba mencicipinya, kan?

    Saat ini, minuman kekinian yang banyak dipilih oleh para pebisnis pemula adalah tipe minuman dari bahan baku bubuk kemasan kiloan (di beberapa merek sudah dikemas per porsi) aneka rasa seperti bubble gum, matcha tea, green tea, chocolate oreo, cappucino, atau rasa buah-buahan seperti strawberry dan mangga. 

    8. Jasa Cuci Tas, Sepatu, Topi

    Berbeda dengan jasa laundry kiloan yang sudah ramai sejak dulu, untuk jasa pencucian tas, sepatu, dan topi memang masih jarang. Salah satu alasannya adalah karena untuk material yang melekat pada tas, sepatu, atau topi tidak bisa sembarangan dicuci atau dibersihkan.

    Bukan tidak mungkin kamu membuka usaha rumahan yang satu ini. Jika kamu termasuk orang yang apik dan telaten dalam membersihkan barang-barang koleksimu, rasanya kamu bisa mulai mencoba menawarkan jasamu kepada teman-teman dekatmu. 

    9. Jasa Desain Grafis

    Untuk peluang usaha rumahan ini, kamu benar-benar hanya duduk manis di kursi dan buka komputermu untuk mengulik grafis yang diminta oleh klien. Modalmu hanya seperangkat komputer dan alat desain yang mumpuni. 

    Jangan lupa lengkapi komputer dan gawai pendukungmu dengan perangkat lunak desain terkini agar klien semakin puas dengan kualitas kerjamu. 

    10. YouTuber, Tiktoker, Instagramer

    Gen Z dan Gen Alpha tampaknya menyukai peluang usaha rumahan yang satu ini. Mereka adalah generasi dengan tingkat melek digital lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. 

    Bukan berarti Gen X dan Gen Y tidak bisa mencoba peluang yang satu ini. Apalagi jika kamu tipe banyak ide kreatif yang harus dituangkan dalam bentuk video agar maksud yang disampaikan bisa diterima oleh para penonton. 

    Pesaingnya memang banyak. Tetapi jika kamu bisa mempertahankan orisinalitas dan ciri khas yang melekat pada dirimu, orang pun akan terus menanti konten-konten kreatifmu dan cuan pun akan datang mendekati rekeningmu.

    11. Bisnis Thrift Shop

    Sejak pandemi menyerang, tren toko-toko penjualan baju seken mulai bermunculan. Tentu saja yang dijual adalah baju-baju atau pakaian masih layak pakai dengan harga jual cukup ramah di kantong. 

    Peluang bisnis rumahan yang satu ini cocok dilakukan oleh anak muda berselera fesyen kekinian dan bisa dilakukan hanya dari rumah. Kamu mau mencobanya?

    12. Bisnis Sembako

    Sampai waktu tidak terhingga, kebutuhan manusia terhadap bahan pokok akan tetap ada. Di Indonesia, toko sembako memang banyak. Kamu tidak tertarik mencobanya?

    Kamu bisa memulai usaha rumahan ini dari beberapa kilo beras, beberapa liter minyak goreng, beberapa bungkus garam masak, dan beberapa kilo gula pasir. Tawarkan kepada tetangga dengan harga terbaik. 

    13. Jasa Penerjemah

    Usaha rumahan yang satu ini tentu saja tidak membutuhkan modal besar. Cukup dengan kepandaianmu menggunakan bahasa asing dan beberapa buku penunjang, kamu bisa mulai menawarkan jasa terjemahan ini kepada orang lain. 

    Banyak bacaan yang bisa kamu terjemahkan. Mulai dari cerita pendek, novel, karya ilmiah, sampai dokumen rahasia sebuah perusahaan. Tentu saja, beberapa pekerjaan penerjemahan ini membutuhkan keahlian dan syarat khusus. 

    14. Jasa SEO Writer

    Zaman sekarang, agar pengguna internet bisa lebih mudah mencari sebuah artikel yang mereka butuhkan, jasa SEO writer atau penulis SEO makin banyak dibutuhkan. 

    Lakukan usaha rumahan ini dengan modal pengetahuan terkini tentang kata kunci yang paling banyak dicari orang ketika berselancar di mesin pencari. 

    Peluang Usaha Rumahan: Jasa Desain Grafis atau SEO Writer

    Memaksimalkan Peluang Usaha Rumahan

    Kamu bisa memulai usaha rumahan kapan saja. Tetapi harap diingat bahwa setiap usaha dagang atau bisnis yang akan dimulai ini membutuhkan beberapa catatan penting agar kamu bisa mendapatkan cuan lebih banyak.

    Konsisten dan Tidak Bosan Mencoba

    Kegagalan itu hal biasa dalam dunia bisnis. Mulai dari level rumahan sampai setaraf internasional, yang namanya kegagalan menjadi semacam bumbu penyedap saat merintis dan mengembangkan bisnis.

    Kunci dari keberhasilan tentu saja konsisten dalam berusaha. Terus belajar dari setiap kegagalan. Dengan demikian, kamu akan belajar sesuatu yang baru setiap kali menemukan peluang dalam menjalankan usaha rumahan pilihanmu.

    Pilih Usaha Rumahan Sesuai Kemampuan

    Jika kamu masih dalam tahap memilih peluang usaha rumahan yang akan kamu jadikan sumber penghasilan baru, pastikan benar-benar sesuai dengan kemampuanmu.

    Jangan karena melihat orang lain memulai usaha rumahan jasa laundry kiloan, kamu pun memaksakan diri untuk memilih hal itu meski kamu sadar, kamu sebenarnya tidak mampu. 

    Kalau kemampuanmu adalah membuka usaha rumahan jasa cuci tas, sepatu, dan topi, maka lakukan hal itu dengan konsisten. 

    Lakukan Promosi

    Tanpa melakukan promosi, usaha rumahan mana pun tidak akan dikenal oleh orang lain, bahkan oleh tetangga sebelah rumahmu. Jangan malu untuk mulai memperkenalkan usaha yang baru kamu rintis tersebut. 

    Saat ini, aneka media promosi sudah banyak bertebaran di internet. Media sosial bisa menjadi pintu sekaligus jendela agar produk dan jasamu dikenal oleh dunia. Siapa tahu, berkat promosi gencar, produk atau jasamu dilirik oleh Miley Cyrus atau Zendaya. 

    Belajar Mengelola Keuangan

    Inilah poin paling riskan dan penting dalam usaha rumahanmu. Meski dilakukan dengan modal minim, bisnis barumu tetap membutuhkan pencatatan keuangan yang baik. 

    Kamu pun akan belajar memisahkan mana uang untuk keperluan pribadi dan mana uang untuk kebutuhan bisnis.

    Gunakan aplikasi pencatat keuangan majoo sekarang. Kamu juga bisa mulai mencari mentor bisnis agar usaha rumahanmu mendapat arahan dan masukan dari orang yang lebih berpengalaman.

    Jangan pernah bosan belajar untuk mengetahui dan menemukan peluang usaha rumahan yang cocok untukmu hanya dengan modal minim. Bersama majoo, kamu akan menemukan banyak informasi terkait bisnis barumu.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.