Pentingnya Aplikasi Kasir Untuk Perkembangan Bisnis

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Secara tidak langsung aplikasi kasir dapat membantu perkembangan bisnis perusahaan


Menggunakan aplikasi kasir merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi serta produktivitas dalam bisnis. Aplikasi kasir juga dapat membantu mengelola berbagai transaksi dan juga laporan keuangan secara mudah dan lebih akurat. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah untuk mengontrol serta mengawasi semua hal yang berkaitan dengan keuangan bisnis secara cepat dan efisien.

Pengertian Aplikasi Kasir

Aplikasi kasir merupakan sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk membantu pengelolaan terkait transaksi dan keuangan dalam sebuah bisnis retail. Aplikasi ini memiliki manfaat untuk mempercepat serta mempermudah proses penjualan manajemen stok hingga pembuatan laporan keuangan secara akurat. Dengan memanfaatkan aplikasi kasir kamu dapat meminimalisir terjadinya human error dan mempersingkat waktu untuk menyelesaikan banyak transaksi.


Aplikasi kasir biasanya dapat dipasang pada perangkat komputer ataupun perangkat mobile, seperti tablet atau smartphone. Dengan adanya aplikasi ini maka pemilik bisnis dapat menghemat waktu serta tenaga untuk mengelola keuangan bisnis mereka.


Untuk memilih aplikasi kasir bisnis yang tepat, ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan, seperti aplikasi tidak mudah error, mudah dalam penggunaannya, fitur yang tersedia lengkap, memiliki harga terjangkau, biaya perawatan atau perbaikan rendah, serta adanya dukungan pelanggan.


Untuk memperoleh aplikasi kasir seperti spesifikasi di atas, kamu dapat menggunakan Aplikasi Kasir Online. Ini merupakan aplikasi kasir online terbaik bagi wirausaha. Aplikasi kasir online ini akan memudahkan kamu untuk mengelola semua transaksi keuangan pada bisnis.


Aplikasi kasir online ini memiliki fitur yang lengkap serta mudah untuk digunakan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini tanpa internet sehingga transaksi penjualan tidak akan terganggu dan data pun akan tetap tersimpan dalam aplikasi.


Beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi kasir online ini yaitu barcode scanner, struk pembayaran, order, saldo kas, hingga laporan transaksi secara lengkap. Dengan begitu, maka transaksi pada bisnis akan menjadi lebih mudah dan efisien. Segera upgrade kasir bisnismu ke Kasir Online Majoo supaya dapat menganalisa keuangan secara cepat efektif dan efisien.

Baca Juga: Mari Mengenal Berbagai Tugas Kasir dan Kewajibannya!

Manfaat Aplikasi Kasir Untuk Perkembangan Bisnis

Aplikasi kasir memiliki banyak manfaat bagi perkembangan bisnis dan juga perusahaan. Hal ini karena aplikasi kasir memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan untuk melakukan berbagai transaksi dalam suatu bisnis khususnya bisnis retail. kamu dapat melihat beberapa manfaat aplikasi kasir untuk perkembangan bisnis berikut ini:

  1. Proses akuntansi menjadi lebih mudah dan sederhana


Proses akuntansi akan menjadi lebih mudah dan sederhana dengan menggunakan aplikasi kasir

Dengan memanfaatkan aplikasi kasir maka semua proses akuntansi pada sebuah bisnis dapat lebih disederhanakan. Kamu tinggal lihat informasi yang terdapat pada tabel penjualan harian yang sudah terekam secara otomatis saat terjadi proses transaksi.


Berbeda dengan mesin kasir yang masih konvensional, dimana pekerja diharuskan untuk menghitung ratusan jumlah struk yang menumpuk secara manual sehingga Kegiatan ini dapat menyita banyak waktu dan tenaga. Terlebih, manusia sering melakukan kesalahan sehingga menjadi tidak efisien.

  1. Mengurangi terjadinya kesalahan dalam transaksi


Transaksi yang menggunakan aplikasi kasir akan meminimalisir terjadinya kesalahan

Dengan menggunakan aplikasi kasir, kamu juga dapat mengecek kembali produk atau barang yang akan diinput. Hal ini untuk memastikan semua produk yang diinput sudah benar serta untuk mengurangi terjadinya kesalahan dalam proses transaksi penjualan. 


Lain halnya jika menggunakan mesin kasir konvensional, dimana akan sangat rentan terjadinya kesalahan saat transaksi. Untuk itulah, kamu dapat menggunakan aplikasi kasir guna mengurangi kesalahan yang terjadi. Bahkan, jika memang terjadi kesalahan kamu dapat memperbaikinya.

  1. Mengurangi kesalahan pegawai


Aplikasi kasir dapat mengurangi kesalahan akibat kelalaian pegawai

Aplikasi kasir tidak hanya dapat mengurangi kesalahan yang terjadi pada transaksi penjualan, namun kamu dan pegawai juga dapat memperbaiki persediaan barang. Dengan begitu, kamu dan pegawai akan mampu memperbaiki kesalahan yang terjadi pada laporan keuangan. Hal ini berguna untuk menyelamatkan uang perusahaan dari kerugian atau kehilangan.

  1. Mudah mengecek transaksi sebelumnya

Aplikasi kasir akan memudahkan kamu untuk melacak informasi mengenai transaksi sebelumnya

Dengan menggunakan aplikasi kasir kamu akan menjadi lebih cepat dan mudah untuk melacak berbagai transaksi pada hari sebelumnya. Kamu dapat melacak informasi yang kamu butuhkan dengan memanfaatkan fitur yang terdapat pada aplikasi kasir.


Sementara pada mesin kasir konvensional tentu saja hal ini akan sulit untuk dilakukan, kamu akan kesulitan untuk mengecek semua transaksi yang terjadi seminggu atau sebulan sebelumnya. 

Baca Juga: Yakin Sudah Tahu Cara Menggunakan Mesin Kasir dengan Benar?

  1. Dapat mengontrol stok persediaan

Kamu dapat dengan mudah untuk mengelola dan mengontrol stok persediaan dengan aplikasi kasir

Aplikasi kasir dapat berguna untuk mengontrol setiap stok persediaan yang ada pada bisnismu. Kamu dapat melihat produk apa saja yang laris atau paling laku di toko. Dengan memanfaatkan Informasi data tersebut kamu dapat menyetok kembali produk yang memerlukan restock atau produk yang mulai menipis.


Langkah ini berguna untuk mengantisipasi supaya kamu tidak kehabisan produk di tengah operasional bisnis. Hal ini juga akan membawa dampak positif bagi perusahaan karena pelanggan tidak akan kecewa dengan pelayanan toko.

  1. Menunjukkan stok barang secara real time

Pada aplikasi kasir terdapat fitur yang menampilkan informasi stok barang secara real time

Dengan Menggunakan aplikasi kasir kamu dapat dengan mudah untuk melihat berapa banyak stok barang yang masih tersedia saat itu juga. Kamu tidak perlu lagi untuk melihat ke area penyimpanan barang atau gudang untuk mengecek persediaan stock. Hal ini dikarenakan aplikasi kasir mempunyai fitur yang dapat langsung memotong atau mengurangi stok barang saat terjadi transaksi penjualan.

  1. Mudah dalam pembuatan laporan stok barang

Kamu juga akan dimudahkan dalam pembuatan laporan stok barang dengan aplikasi kasir

Aplikasi kasir menyediakan fitur dapat digunakan untuk mengontrol stok pada bisnis. Hal ini akan memudahkan kamu untuk membuat laporan mengenai stok jumlah barang sehingga tidak perlu lagi mengalami kesulitan. Selain itu, terdapat juga fitur yang memudahkan kamu untuk melihat semua keuntungan dan kerugian yang terjadi pada bulan ini.


Terdapat juga fitur yang dapat kamu gunakan untuk memperkirakan berapa banyak laba kotor yang kamu dapatkan pada bulan ini melalui informasi jumlah penjualan dan total persediaan. Dengan demikian, kamu akan mudah untuk melihat apakah bisnis mengalami keuntungan atau kerugian.

  1. Pelayanan menjadi lebih cepat

Dengan menggunakan aplikasi kasir maka pelayanan transaksi akan menjadi lebih cepat

Pentingnya aplikasi kasir untuk perkembangan bisnis juga dapat meningkatkan pelayanan menjadi lebih cepat. Setiap bagian dari proses pembayaran contohnya seperti mengecek transaksi melalui kartu kredit, menginput barang, mengecek struk pembelanjaan customer, dan lain sebagainya akan menjadi lebih cepat dan efisien. 


Hal ini secara tidak langsung dapat memberikan keuntungan bagi bisnis. Customer akan merasa dilayani dengan cepat dan baik sehingga bisnis akan memiliki nilai positif di mata pelanggan.

  1. Menawarkan kemudahan bagi pelanggan

Selain bermanfaat bagi bisnis, penggunaan aplikasi kasir juga dapat memudahkan pelanggan

Pada mesin kasir konvensional kadang kita hanya dapat mencetak tanggal serta jumlah penjualan. Namun, dengan memanfaatkan aplikasi kasir kamu dapat melakukan lebih dari itu dikarenakan perangkat POS terhubung dalam sistem kontrol persediaan sehingga mampu memberikan informasi yang jauh lebih rinci, seperti nama produk, harga jual, deskripsi produk, hingga total penjualan.

  1. Membantu strategi marketing bisnis

Penggunaan aplikasi kasir juga dapat membantu strategi marketing bisnis

Penggunaan aplikasi kasir sangat berguna untuk membantu strategi marketing bagi toko bisnis kamu. Kamu bisa meningkatkan retensi dengan cara menawarkan pesan khusus atau diskon kepada pelanggan. Hal ini dapat dilakukan karena pada aplikasi kasir terdapat fitur yang dapat mengatur pemberian diskon dan pengiklan sehingga akan lebih rinci dan terjadwal.


Pengiklan di sini dapat berupa informasi mengenai produk toko terbaru atau dapat juga mengenai produk apa saja yang paling laris terjual. Dengan begitu, maka memungkinkan kamu untuk menarik lebih banyak pelanggan untuk datang kembali ke toko. Untuk itulah, aplikasi kasir dapat menjadi sebuah alat yang berguna bagi strategi Marketing pada bisnis kamu.

  1. Biaya Perawatan dan perbaikan rendah

Biaya perawatan dan perbaikan aplikasi kasir lebih murah dibandingkan dengan kasir konvensional

Dibandingkan dengan mesin kasir konvensional, aplikasi kasir umumnya mempunyai biaya perawatan dan perbaikan yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan terbatasnya perusahaan yang dapat memperbaiki mesin kasir tradisional sehingga harga jasa untuk perbaikannya pun menjadi lebih mahal.


Berbeda dengan aplikasi kasir di mana perangkatnya yang sederhana serta mempunyai banyak vendor yang mampu untuk menangani dan memperbaiki semua kesalahannya sehingga biaya perawatannya pun mencari lebih murah.

  1. Membuat kamu selalu terhubung dengan bisnis

Menggunakan aplikasi kasir juga dapat memudahkan kamu untuk selalu terhubung dengan bisnis dimana saja dan kapan saja

Sebagai pelaku bisnis tentu saja kamu ingin selalu untuk terhubung dengan bisnis yang kamu miliki dimanapun kamu berada. Dengan memanfaatkan aplikasi kasir, maka kamu dapat mengontrol serta terhubung dengan bisnis yang kamu miliki di mana saja dan kapan saja.


Aplikasi kasir ini akan memberikan kamu informasi mengenai seluruh transaksi yang terjadi pada hari itu, banyaknya jumlah barang yang telah terjual, hingga pendapatan dari transaksi penjualan sehingga kamu dapat terus untuk memantau bisnis kamu meskipun berada dalam jarak yang cukup jauh.


Baca Juga: Mengenal Definisi Point of Sale dan Manfaatnya Bagi Bisnis


  1. Meningkatkan efisiensi serta produktivitas bisnis

Kamu juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis dengan memanfaatkan aplikasi kasir

Dengan memanfaatkan penggunaan aplikasi kasir, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh transaksi serta mengelola stok akan menjadi lebih cepat dan efisien. Aplikasi kasir juga akan membantu kamu untuk mempercepat proses pembuatan laporan keuangan, dimana hal ini akan berpengaruh pada  meningkatkan efisiensi serta produktivitas bisnis.

Cara Memilih Aplikasi Kasir Yang Tepat Untuk Perkembangan Bisnis

Untuk perkembangan bisnis, tentu saja kamu harus memilih aplikasi kasir yang tepat. Kamu dapat memilih aplikasi kasir yang menawarkan berbagai fitur guna memudahkan kamu untuk mengelola semua hal yang berkaitan dengan akuntansi. Semakin baik aplikasi kasir yang kamu pilih, maka akan semakin banyak pula manfaat yang akan kamu peroleh. Berikut beberapa cara memilih aplikasi kasir yang tepat untuk perkembangan bisnis:

  1. Keandalan aplikasi

Untuk memilih aplikasi kasir yang tepat maka pastikan kamu untuk memilih aplikasi kasir yang dapat diandalkan serta tidak mudah terjadi error. Aplikasi kasir yang sering mengalami kesalahan dan error dapat mengganggu serta menghambat proses transaksi sehingga mengakibatkan kerugian pada bisnis.

2. Mudah dalam penggunaan

Tidak ada satu orang pun yang mau bekerja dengan aplikasi kasir yang sulit untuk dioperasikan. Untuk itu kamu perlu untuk memilih aplikasi kasir yang user friendly atau mudah Dalam penggunaannya. Menggunakan aplikasi kasir yang rumit dapat membuat proses transaksi menjadi lambat sehingga mengganggu kenyamanan pelanggan.

3. Memiliki fitur yang lengkap

Pastikan kamu memilih aplikasi kasir yang mempunyai fitur yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Misalnya seperti fitur yang dapat memudahkan dalam pelacakan stok barang dapat menerima pembayaran digital membuat laporan keuangan dan lain-lain.

4. Memiliki harga terjangkau

Untuk memilih aplikasi kasir untuk perkembangan bisnis yang tepat maka Pilihlah aplikasi kasir yang sesuai dengan budget bisnis kamu. Pastikan harga untuk aplikasi kasir tidak memberatkan bisnis dan terlalu mahal.

5. Dukungan pelanggan yang baik

Pastikan kamu memilih aplikasi kasir yang mempunyai dukungan pelanggan yang baik sehingga jika kedepannya terjadi kesalahan maka kamu dapat segera untuk meminta bantuan secara langsung. 


Penggunaan aplikasi kasir bagi bisnis memang sangat penting guna operasional yang lancar. Penggunaannya juga akan lebih memudahkan kamu untuk mengelola akuntansi dan keuangan. Untuk itu, pastikan kamu menggunakan aplikasi kasir yang tepat sesuai dengan kebutuhan guna memajukan bisnis dan meningkatkan keuntungan.


Sumber : 

  • https://www.pawoon.com/aplikasi-kasir-toko-pengertian-manfaat-dan-cara-memilihnya/

  • https://www.jurnal.id/id/blog/manfaat-aplikasi-kasir-untuk-pengusaha-umkm/

  • https://kawn.co.id/14-manfaat-menggunakan-aplikasi-kasir-untuk-bisnis-anda/

  • https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-tentang-program-kasir-gratis-sederhana/

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo