Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • ​Perusahaan Jasa adalah: Definisi, Jenis, dan Contohnya

    ​Perusahaan Jasa adalah: Definisi, Jenis, dan Contohnya

    Kegiatan operasional utama dari perusahaan jasa adalah menjual jasa.

    Kamu tentunya sudah tidak asing lagi mendengar tentang perusahaan jasa, bukan? Perusahaan jasa sering ditemui dalam kegiatan sehari-hari. Unsur paling utama dan penting dalam perusahaan jasa adalah sistem pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Dengan memberikan pelayanan yang baik, customer akan merasa puas sehingga ia akan menggunakan lagi jasa dari perusahaan tersebut. Maka dari itu, akan tercipta sebuah hubungan jangka panjang yang menguntungkan kedua belah pihak.

    Perusahaan jasa merupakan sebuah perusahaan yang didirikan seseorang atau sekelompok orang yang aktivitas utama bisnisnya bergerak dalam bidang pelayanan jasa atau menjual jasa.

    Untuk menciptakan informasi yang cepat dan akurat, suatu perusahaan didukung dengan sistem informasi yang baik. Pasalnya dengan sistem informasi yang baik, perusahaan dapat lebih unggul dalam persaingan dengan perusahaan sejenisnya. Berikut ini akan dibahas secara lebih lengkap mengenai definisi, ciri-ciri, jenis, dan contoh perusahaan jasa. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

    Definisi Perusahaan Jasa

    Definisi perusahaan jasa adalah suatu bisnis yang memiliki aktivitas produksi yang produknya tidak berwujud atau jasa dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan.

    Dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak contoh, salah satunya adalah jasa angkutan umum. Adanya perusahaan ini, masyarakat menjadi terbantu untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Dengan teknologi yang semakin maju, saat ini jasa tersebut sudah bisa dipesan dengan aplikasi online. Konsumen dapat memesan jasa transportasi dan mengantarkannya ke tempat tujuan hanya menggunakan smartphone yang mereka miliki. Bahkan kamu pun bisa mengirim barang atau memesan makanan melalui aplikasi online tersebut.

     Bisnis jasa tidak memiliki harga pokok penjualan (HPP).

    Ciri-ciri Perusahaan Jasa

    Keberagaman kebutuhan masyarakat membuat banyak bisnis bermunculan. Umumnya, peluang bisnis ini lebih mudah ditangkap para pebisnis yang inovatif, kreatif dan visioner.  Berikut ini ciri-ciri perusahaan jasa yang wajib kamu ketahui karena memiliki peluang besar saat ini.

    1. Kegiatan Operasional Utama adalah Menjual Jasa

    Perusahaan jasa adalah perusahaan yang bisnisnya menghasilkan atau menjual jasa. Supaya membuat dikenal luas oleh masyarakat, dibutuhkan cara dengan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

    2. Tidak Mempunyai Persediaan Produk Fisik

    Ciri perusahaan jasa berikutnya adalah bisnis ini tidak memiliki persediaan produk secara fisik. Oleh karena itu, produk yang dihasilkan dari perusahaan jasa tidak bisa disimpan atau dilihat, tapi manfaatnya bisa dirasakan oleh customer.

    3. Butuh atau Tidak Butuh Produk Barang Berwujud

    Meskipun produk yang dijual adalah jasa dan tidak membutuhkan produk fisik, tetapi perusahaan jasa mungkin saja membutuhkan barang berwujud untuk melancarkan operasional atau proses produksinya.

    Misalnya saja pada perusahaan jasa transportasi umum yang membutuhkan kendaraan sebagai alat transportasi, seperti mobil, taksi, kapal, sepeda motor dan lain sebagainya. Tanpa adanya alat transportasi tersebut, perusahaan jasa transportasi tidak dapat menjalankan bisnisnya.

    4. Tidak Ada Harga Pokok Penjualan dan Produksi

    Pada perusahaan jasa tidak terdapat harga pokok produksi dan penjualan karena bisnis ini tidak menghasilkan produk berupa barang fisik.

    Baca Juga: Apa Itu Bisnis Ritel? Pahami Definisi hingga Jenisnya!

    Jenis Perusahaan Jasa

    Jasa yang disediakan masing-masing perusahaan jasa tentu berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan serta teknologi, perusahaan jasa semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Berikut ini beberapa jenis perusahaan jasa di Indonesia, antara lain:

    1. Perusahaan Jasa Keuangan

    Perusahaan jasa keuangan sangat penting untuk menjawab berbagai keluhan dan masalah seputar keuangan. Selain itu perusahaan jasa keuangan juga sangat penting sebagai penyedia jasa asuransi, bank, jasa kredit, investasi dan lain sebagainya. Jenis-jenis perusahaan jasa keuangan yang ada di Indonesia, seperti:

    Pegadaian

    Perusahaan jasa satu ini adalah perusahaan di bidang jasa keuangan yang memberikan pelayanan tentang pembiayaan, emas, dan layanan jasa.

    Perusahaan Asuransi

    Perusahaan jasa keuangan ini adalah membuat sebuah perjanjian resmi dengan nasabah untuk melindungi nasabah dari risiko kerugian. Asuransi ini terbagi menjadi beberapa jenis, seperti asuransi kematian, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan lain sebagainya.

    Bank Konvensional

    Perusahaan jasa bank konvensional adalah perusahaan yang menyediakan jasa simpan pinjam dengan sistem suku bunga.

    2. Perusahaan Jasa Transportasi

    Jasa transportasi merupakan bisnis jasa yang menyediakan berbagai alat transportasi darat, laut, dan udara. Jasa yang ditawarkan adalah penyewaan kendaraan atau layanan penumpang dan barang.

    3. Perusahaan Jasa Telekomunikasi

    Jenis perusahaan jasa berikutnya adalah perusahaan jasa telekomunikasi. Jasa telekomunikasi adalah perusahaan yang menawarkan layanan telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dengan menggunakan jaringan telekomunikasi.

    4. Perusahaan Jasa Medis dan Kesehatan

    Perusahaan jasa medis dan kesehatan adalah jenis perusahaan yang menawarkan pelayanan jasa kesehatan. Untuk pengobatan serta pelayanan memakai skill khusus yang dilakukan dokter, perawat, bidan, dan lain sebagainya.

    5. Perusahaan Jasa Kebersihan

    Ada banyak layanan yang bisa diberikan dari perusahaan jasa kebersihan, seperti jasa laundry sepatu dan pakaian, pengangkutan sampah, home cleaning service, dan lain sebagainya.

    6. Perusahaan Jasa Design

    Bisnis satu ini bergerak di pelayanan jasa yang mengandalkan skill desain. Seseorang yang bekerja di bidang design disebut desainer. Ada beberapa jenis jasa design yang sesuai dengan skill, seperti fashion design, interior and exterior design dan lain sebagainya.

    Baca Juga: Soft Skill Adalah: Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkan

    Contoh Perusahaan Jasa

    Contoh perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), antara lain:

    1. Property dan Real Estat

    • Agung Podomoro Land Tbk (APLN)
    • Alam Sutera Realty Tbk (ASRI)
    • Bakrieland Development Tbk (ELTY)
    • Bukit Darmo Property Tbk (BKDP)
    • Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)
    • Ciputra Development Tbk (CTRA)
    • Lippo Karawaci Tbk (LPKR)
    • Sentul City Tbk (BKSL)
    • Summarecon Agung Tbk (SMRA)

    2. Transportasi, Infrastruktur, dan Utilitas

    • Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA)
    • Indika Energy Tbk (INDY)
    • Indosat Tbk (ISAT)
    • Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR)
    • Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS)
    • Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM)

    3. Keuangan

    • Adira Dinamika Multifinance Tbk (ADMF)
    • Bank Central Asia Tbk (BBCA)
    • Bank Danamon Tbk (BDMN)
    • Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI)
    • Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI)
    • Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)
    • Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN)
    • Lippo General Insurance Tbk (LPGI)
    • Panin Insurance Tbk (PNIN)

    4. Perdagangan, Jasa, dan Investasi

    • Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES)
    • Global Teleshop Tbk (GLOB)
    • Hotel Mandarin Regency Tbk (HOME)
    • Hotel Sahid Jaya International Tbk (SHID)
    • Matahari Department Store Tbk (LPPF)
    • Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS)
    • Rimo Catur Lestari Tbk (RIMO)
    • Siloam International Hospital (SILO)
    • Surya Citra Media Tbk ( SCMA )
    • United Tractor Tbk (UNTR)
    • Visi Media Asia Tbk (VIVA)

    Baca Juga: Mengenal Bisnis Ritel: Bentuk Hukum, Fungsi, dan Karakter

    Kesimpulan

    Perusahaan jasa adalah suatu perusahaan yang menghasilkan produk tidak berwujud tetapi terasa manfaatnya untuk customer. Bisnis jenis ini dapat membantu masyarakat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Selain itu, bisnis ini tidak memiliki harga pokok penjualan pada produk jasa yang mereka tawarkan. Transaksi yang ada di bisnis jasa adalah pembelian, investasi, dan pendapatan. Dalam perusahaan jasa, kepuasan customer merupakan hal yang paling penting sehingga penting halnya bagi perusahaan jasa memberikan pelayanan terbaiknya kepada seluruh konsumen.

    Dalam menjalankan bisnis di bidang jasa, pencatatan laporan keuangan sangat penting untuk dilakukan. Hal ini untuk meminimalisasi adanya risiko kerugian. Kamu pun bisa menggunakan aplikasi wirausaha online seperti aplikasi majoo untuk membuat laporan keuangan bisnismu. Aplikasi majoo terdapat fitur akuntansi yang bisa membantu bentuk pendataan keuangan perusahaanmu agar lebih mudah terkontrol.

    Upgrade level bisnismu sekarang juga dengan menggunakan aplikasi majoo!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    11+ Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki!
    Faktor keberhasilan wirausaha tidak terbatas pada modal uang saja, sehingga dibutuhkan adaptasi, inovasi, dan sikap wirausaha untuk mengembangkan usaha.
    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.