Redistribusi Horizontal: Konsep & Implementasi

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Redistribusi horizontal adalah konsep ekonomi yang merujuk pada transfer pendapatan atau kekayaan antara individu atau kelompok dalam suatu masyarakat


Redistribusi horizontal adalah konsep ekonomi yang merujuk pada transfer pendapatan atau kekayaan antara individu atau kelompok dalam suatu masyarakat. Tujuan utama dari redistribusi ini adalah untuk mengurangi ketidaksetaraan dan menciptakan pemerataan dalam distribusi sumber daya. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai definisi redistribusi horizontal, tujuannya, implementasi, dampak, dan beberapa kasus redistribusi.

Definisi Redistribusi Horizontal

Redistribusi Horizontal vs. Redistribusi Vertikal

Redistribusi horizontal berbeda dari redistribusi vertikal. Redistribusi horizontal berkaitan dengan transfer pendapatan atau kekayaan antara individu atau kelompok yang berada pada tingkat ekonomi yang sama, sementara redistribusi vertikal melibatkan transfer pendapatan atau kekayaan antara individu atau kelompok yang berada pada tingkat ekonomi yang berbeda.

Tujuan Redistribusi Horizontal

Mengurangi Ketidaksetaraan Ekonomi

Salah satu tujuan utama dari redistribusi horizontal adalah untuk mengurangi ketidaksetaraan ekonomi. Dengan meratakan distribusi pendapatan dan kekayaan, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Redistribusi horizontal juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Ketika pendapatan dan kekayaan didistribusikan secara lebih merata, lebih banyak individu dan kelompok dapat berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi, seperti konsumsi dan investasi.

Implementasi Redistribusi Horizontal