Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Sejauh Manakah Peran UMKM dalam Pemerataan Ekonomi?

    Pemerataan ekonomi dapat dibantu dengan memaksimalkan peran UMKM.

    Di negara mana pun, pemerataan ekonomi selalu menjadi salah satu target yang harus dicapai. Beberapa negara bahkan menjadikan pemerataan ini sebagai dasar untuk program-program utamanya.

    Memangnya, kenapa, sih, ekonomi ini harus dibuat rata? Apakah pengaruhnya begitu besar bagi proses pengelolaan suatu negara? Lalu, bagaimana para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dapat berperan dalam upaya yang dirasa penting ini?

    Yuk, langsung saja kita bahas bersama-sama!

    Baca juga: 3 Pemilik Usaha UMKM yang Maju, Ini Kisahnya Memulai Bisnis

    Mengapa Ekonomi Harus Dibuat Merata?

    Banyak yang beranggapan bahwa yang dimaksud dengan ekonomi yang merata hanya sebatas terlaksananya kegiatan ekonomi di seluruh lapisan masyarakat. Secara singkat, anggapan tersebut memang tak sepenuhnya salah.

    Namun, yang tidak disadari oleh banyak orang adalah dengan adanya ekonomi yang merata, ada manfaat besar yang bisa dinikmati. Pasalnya, ketika suatu perekonomian di suatu negara sudah merata, artinya setiap orang di negara tersebut sudah memiliki penghasilan dan juga daya beli.

    Ketika daya beli masyarakat meningkat, perekonomian negara pun bisa lebih stabil dan tidak mudah kolaps ketika, misalnya saja, harus menghadapi krisis global. Alasannya cukup sederhana, daya beli yang kuat, bahkan di saat krisis, bisa memastikan negara tetap memperoleh pendapatan, terutama yang berasal dari pajak.

    Apabila ekonomi tidak merata dan hanya sebagian kecil masyarakat yang memiliki daya beli, otomatis pemasukan yang diterima negara pun hanya bisa diperoleh dari kelompok kecil tersebut. Inilah yang membuat pemerataan kerap menjadi target utama pengelolaan suatu negara.

    Baca juga: Mengulas Kembali Kontribusi UMKM di Program Go Digital

    Di Manakah Peran UMKM?

    Setelah mengetahui pentingnya ekonomi yang merata, tentu banyak yang kemudian bersemangat untuk mendukung upaya ini, kan? Untungnya, upaya-upaya pemerataan ini tidak melulu menjadi mainan negara saja, lho! Bahkan pelaku UMKM pun bisa turut berkontribusi di dalamnya.

    Bahkan, sama sekali tidak salah jika kita bilang peran UMKM dalam upaya pemerataan ini cukup besar. Penasaran mengapa bisa demikian? Yuk, langsung saja kita urai satu per satu peran yang dimiliki oleh usaha mikro, kecil, dan menengah dalam membantu negara mewujudkan pemerataan!

    Ada setidaknya tiga peran UMKM dalam mendukung pemerataan ekonomi.

    • Memastikan Kegiatan Ekonomi Berjalan di Setiap Lapisan

    Secara skala usaha, UMKM memang tergolong kecil, sehingga tenaga kerja yang dibutuhkan pun tak sebanyak bisnis-bisnis besar yang bisa membentuk industrinya sendiri. Akan tetapi, pengelolaan bisnis-bisnis berskala besar ini bukanlah sesuatu yang gampang sehingga jumlahnya pun terbatas.

    Di sisi lain, pengelolaan UMKM cenderung lebih mudah karena skalanya yang kecil, sehingga UMKM pun bisa lebih mudah untuk ditemukan di mana saja. Jadi, sekalipun tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah UMKM tergolong kecil, angka tersebut menjadi sangat besar sekali ketika kita menghitung jumlah totalnya.

    Dengan banyaknya lapangan pekerjaan yang dilahirkan oleh UMKM, jumlah orang yang memiliki penghasilan dan juga daya beli pun bisa ditingkatkan. Artinya, bahkan mereka yang berada di lapisan bawah tetap memiliki penghasilan dan mampu mengikuti kegiatan jual-beli secara umum.

    • Mempermudah Pemerintah Memberikan Bantuan

    Mengayomi serta melindungi seluruh warga negaranya merupakan salah satu bagian tugas sebuah pemerintah. Akan tetapi, jika kita ambil Indonesia sebagai contoh kasus, tentu tak mudah dalam memperhatikan sekitar 276,4 juta penduduknya satu per satu.

    Dibandingkan dengan jumlah penduduk, tentu lebih mudah memperhatikan UMKM yang jumlahnya tak sampai seperempatnya, kan? Nah, inilah peran UMKM yang sangat membantu pemerintah dalam memberikan bantuan untuk warga negaranya.

    Dibandingkan harus memberi bantuan kepada ratusan juta penduduk yang pengelolaannya jelas tidak mudah, memberikan bantuan kepada puluhan juta UMKM dirasa lebih masuk akal. Selanjutnya, pemerintah dapat mengandalkan trickle down effect dari bantuan yang diberikan kepada UMKM tersebut.

    Maksudnya, dengan membantu UMKM, diharapkan akan muncul rangsangan untuk masyarakat yang ada di sekitarnya, sehingga efek dari bantuan yang diberikan pun bisa dirasakan pula oleh orang banyak di luar tenaga kerja UMKM itu sendiri.

    Baca juga: Suumbangsih Besar UMKM bagi Ekonomi saat Pandemi

    • Memaksimalkan Potensi Sumber Daya di Setiap Daerah

    Peran UMKM yang juga tak bisa dilupakan adalah kemampuannya untuk memaksimalkan seluruh sumber daya yang ada di daerahnya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

    Mungkin, untuk perkara sumber daya manusia, sudah sempat disinggung bahwa keberadaan UMKM akan melahirkan lapangan-lapangan kerja baru yang memberdayakan SDM di daerah sekitar UMKM tersebut. Namun, bagaimana dengan sumber daya alam?

    Seperti yang kita ketahui bersama, dalam persaingan bisnis, menjadi unik dan memberikan nilai tambah merupakan salah satu kunci untuk memenangkan kompetisi. Oleh karena itu, tak jarang pula UMKM yang menjadi kekhasan daerah sekitarnya sebagai komoditas usahanya.

    Dengan kata lain, keberadaan UMKM tak hanya membantu merangsang tingkat ekonomi di setiap lapisan masyarakat, tetapi juga membantu pemerintah dalam mengelola seluruh sumber daya Indonesia yang bisa dibilang cukup kaya.

    Nah, jadi jangan malu jika saat ini hanya sanggup membuka usaha kecil-kecilan, karena ternyata UMKM pun memegang peranan yang tak bisa dibilang kecil dalam upaya pemerataan ekonomi. Agar niat baik dapat terus dilakukan dengan lebih efektif dan efisien, coba manfaatkan layanan dari aplikasi majoo dengan berbagai fiturnya yang dapat membuat pengelolaan bisnis menjadi jauh lebih mudah lagi!

    Yuk, langsung saja berlangganan layanan aplikasi majoo!

    Baca juga: Menilik Geliat Jumlah UMKM di Indonesia di Masa Pandemi

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pentingnya Manajemen Inventory yang Efektif Bagi UMKM
    Manajemen inventory merupakan bagian krusial dari menguntungkan atau tidaknya sebuah bisnis, terlebih bagi UMKM.
    Awas! Jangan Coba-Coba Bisnis Kopi Sebelum Tahu 5 Hal Ini!
    Sempat diprediksi bakal meredup, bisnis kedai kopi nyatanya justru semakin merebak. Layakkah terjun ke bisnis kedai kopi?
    Tampilan Dashboard Baru dari majoo Hadir Memudahkan Bisnismu
    Tampilan dashboard baru majoo tidak hanya lebih rapi dan modern, tetapi menghadirkan fungsionalitas yang lebih optimal. Yuk, cari tahu highlight fiturnya!
    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.