Rekening Payroll adalah: Syarat Buka dan Saldo Minimumnya

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Rekening payroll adalah sebuah layanan perbankan yang penting dalam pengelolaan gaji karyawan sebuah perusahaan. Dalam dunia bisnis, proses pembayaran gaji merupakan salah satu aspek yang krusial karena memengaruhi kesejahteraan dan kepuasan karyawan. 

Dengan adanya rekening payroll, perusahaan dapat melakukan pembayaran gaji secara efisien dan tepat waktu kepada semua karyawan. Selain itu, rekening payroll juga mempermudah pencatatan transaksi keuangan perusahaan serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan. 

Melalui penggunaan rekening payroll, perusahaan dapat memastikan bahwa setiap karyawan menerima gaji dengan aman dan efisien. Sehingga memperkuat hubungan antara perusahaan dan karyawannya.

Apa Itu Rekening Payroll?

Jadi, sebenarnya apa itu rekening payroll? Rekening payroll adalah salah satu jenis rekening yang disediakan oleh suatu bank. Rekening ini berbeda dan terpisah dari rekening utama milik perusahaan. Jadi, fungsi utamanya hanyalah untuk proses transfer atau pembayaran gaji karyawan. Layanan pembukaan rekening ini memang disediakan oleh bank untuk membantu perusahaan dalam proses pembayaran gaji karyawan.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk secara efisien memproses pembayaran gaji karyawan secara serentak. Tanpa perlu melakukan pengiriman secara manual satu per satu. Selain itu, sistem payroll perusahaan juga dapat diintegrasikan dengan rekening payroll untuk mempermudah proses administrasi gaji karyawan.

Rekening payroll adalah rekening yang tidak cuma digunakan oleh perusahaan untuk membayar gaji karyawan. Tapi juga digunakan secara eksklusif untuk tujuan pembayaran insentif atau komisi bonus kepada karyawan. Termasuk potongan-potongan lainnya yang berkaitan dengan pendapatan mereka.

Jenis rekening untuk payroll biasanya sama dengan rekening tabungan biasa, Bedanya adalah di tingkat suku bunga, proses pembukaan atau pendaftaran, dan tentu saja fungsinya.

Selain itu, biasanya jumlah minimum saldo di rekening payroll pun berbeda dengan jenis rekening tabungan biasa. Hal ini tergantung kebijakan dan peraturan yang berlaku di masing-masing bank penyedia layanan payroll.

Penting untuk dicatat bahwa perusahaan biasanya membutuhkan informasi rekening bank karyawan untuk mengatur pembayaran gaji langsung. Oleh karena itu, perusahaan perlu memastikan keamanan dan privasi data karyawan dalam pengelolaan informasi ini. Umumnya, bank yang digunakan pun sudah ditentukan oleh pihak perusahaan. 

Baca Juga: Apa Itu Payroll? Simak Arti, Fungsi, dan Contohnya di Sini!

Apa saja syarat buka rekening payroll?

Cara dan Syarat Buka Rekening Payroll untuk Karyawan

Untuk dapat membuka rekening payroll adalah hal yang praktis dan cukup mudah. Biasanya syaratnya pun tidak terlalu sulit. Karyawan bisa datang langsung ke bank yang ditunjuk dengan membawa berbagai persyaratan tersebut.

Secara umum, syarat buka rekening payroll antara lain:

  • e-KTP karyawan

  • NPWP (bila ada)

  • Surat pengantar dari perusahaan sebagai permohonan untuk membuka rekening payroll.

  • Surat keterangan aktif usaha perusahaan.

Setelah semua dokumen persyaratan tersebut terpenuhi, karyawan dapat melanjutkan proses pendaftaran ke bank yang sudah ditentukan pihak perusahaan. Langkah-langkah untuk membuka rekening payroll adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi kantor bank yang telah ditunjuk.

  • Ambil nomor antrian untuk layanan Customer Service dan tunggu giliran.

  • Isi formulir pembukaan rekening payroll dengan bantuan petugas frontliner bank.

  • Serahkan formulir dan semua syarat buka rekening payroll kepada petugas untuk pengecekan.

  • Setelah proses verifikasi dokumen selesai, ikuti petunjuk petugas untuk melakukan aktivasi rekening.

  • Setelah aktivasi selesai, pihak bank akan memberikan nomor rekening payroll yang akan digunakan oleh perusahaan untuk pembayaran gaji.

Baca Juga: Upah Adalah: Arti, Sistem, dan Perbedaannya dengan Gaji

Daftar Bank di Indonesia yang Menyediakan Pilihan Rekening Payroll

Ada banyak bank di Indonesia yang memiliki layanan rekening payroll untuk gaji karyawan. Namun, ada beberapa bank skala besar yang memang sudah terpercaya dan memiliki layanan terbaik yang menyediakan layanan tersebut. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan masing-masing bank.

Bank tersebut antara lain adalah:

1. Bank BCA

BCA menawarkan layanan rekening payroll dengan berbagai keuntungan. Seperti penawaran khusus untuk karyawan terkait KPR, KKB, KSM, Kartu Kredit, dan Reksa Dana. 

Kalau kamu adalah pemilik bisnis atau perusahaan yang ingin mempermudah pembayaran karyawan melalui payroll BCA, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Seperti mengajukan layanan payroll ke BCA, memiliki rekening BCA dengan saldo tertentu, dan minimal berusia 21 tahun. 

2. Bank BRI

BRI menyediakan layanan payroll melalui CMS BRI atau Cash Management System. Hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk melakukan pengelolaan keuangan bisnis secara online.

3. Maybank

Maybank payroll memerlukan e-KTP dan NPWP untuk proses pembukaan rekening, yang dapat dilakukan dalam waktu 2 hari dengan akses melalui M2U. Maybank juga memiliki berbagai penawaran menarik untuk nasabah payroll, seperti penawaran khusus untuk pengajuan kredit, perlindungan asuransi tanpa premi, biaya transfer online antar bank dan tarik tunai di ATM Bank lain yang gratis.

4. Bank Danamon

Danamon juga memfasilitasi pembayaran gaji karyawan melalui layanan payroll secara online. Dengan fitur layanan ini, para karyawan dapat melakukan sejumlah transaksi perbankan secara langsung dari lokasi kerja, baik melalui smartphone atau perangkat lainnya yang terkoneksi dengan internet.

5. Bank Mandiri

Bank Mandiri menyediakan layanan payroll melalui Mandiri Cash Management (MCM) untuk perusahaan yang memberikan akses transaksi keuangan secara online, termasuk untuk pembayaran gaji. 

Nasabah memiliki opsi untuk mendaftar Mandiri Internet Bisnis di kantor cabang Bank Mandiri. Persyaratan yang dibutuhkan termasuk menyertakan dokumen-dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan buku tabungan untuk pelanggan individu.

6. CIMB Niaga

Banyak perusahaan yang mempercayakan pembayaran gaji karyawannya melalui CIMB Niaga. Alasannya karena bank ini memang memberikan penawaran yang cukup menarik, seperti bunga yang tinggi hingga 4.50% per tahun.

Selain itu juga ada penawaran gratis tarik tunai melalui jaringan ATM Bersama & Prima. Jika saldo sebelum penarikan mencapai minimal 1 juta rupiah, dengan dibatasi maksimal 10 transaksi saja per rekening per bulan. Bahkan, minimum saldo di rekening payroll CIMB Niaga hanya sebesar Rp10.000.

Keuntungan Menggunakan Rekening Payroll

Salah satu alasan banyak perusahaan memilih menggunakan rekening payroll adalah karena bisa mendapatkan banyak keuntungan. Keuntungan tersebut bukan hanya bisa dinikmati oleh pihak perusahaan, tapi juga bagi para karyawannya.

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan rekening payroll yang dapat sangat membantu dalam pengelolaan gaji karyawan setiap bulan:

1. Efisiensi Waktu

Proses pengelolaan gaji karyawan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Ini terjadi karena berbagai komponen penghasilan seperti gaji pokok, tunjangan, bonus, serta perhitungan pajak dapat dihitung secara otomatis.

2. Efisiensi Biaya

Pendistribusian gaji karyawan melalui rekening payroll dinilai lebih hemat biaya, karena semua proses dapat diselesaikan dengan satu sistem. Kebijakan administrasi bank yang dapat disesuaikan juga membantu mengurangi biaya tambahan yang dikeluarkan perusahaan.

3. Kemudahan Pengelolaan Gaji Karyawan

Integrasi data rekening pribadi karyawan dengan layanan bank membuat proses pengelolaan gaji menjadi lebih mudah dan lancar. Masalah keterlambatan pendistribusian gaji juga dapat dihindari karena proses pengiriman yang cepat.

4. Transparansi pada Proses Pembayaran Gaji

Rekening payroll adalah layanan yang menyediakan slip gaji elektronik dan memberikan informasi rinci mengenai perhitungan gaji serta berbagai potongannya setiap bulan. Hal tersebut tentunyai memberikan transparansi kepada karyawan terkait penggajian dan lebih aman dalam menyimpan data.

Dengan demikian, penggunaan rekening payroll di bank tidak hanya membantu mempercepat proses pengelolaan gaji karyawan, tetapi juga memberikan keuntungan transparansi serta efisiensi biaya bagi perusahaan, terutama yang memiliki skala besar dan banyak karyawan.

Baca Juga: Beralih ke Slip Gaji Online, Apa Untungnya?!

Aplikasi keuangan majoo

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa rekening payroll adalah sesuatu yang memiliki peran yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan dan kesejahteraan karyawan. Melalui rekening payroll, perusahaan dapat secara efisien melakukan pembayaran gaji kepada karyawan.

Bukan itu saja, penggunaan rekening ini dapat memudahkan proses administrasi keuangan terkait pendapatan karyawan. Rekening payroll juga memungkinkan perusahaan untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan dan memudahkan pelaporan pajak. 

Aplikasi keuangan majoo dapat membantu kamu sebagai pemilik perusahaan untuk mengelola rekening payroll dengan lebih efektif dan efisien. Dengan menggunakan majoo, kamu dapat melakukan berbagai fungsi terkait rekening payroll, termasuk pemrosesan pembayaran gaji, pemotongan pajak otomatis, dan pencatatan transaksi dengan lebih mudah dan akurat. 

Selain itu, majoo juga menawarkan fitur pelaporan keuangan yang lengkap. Ini tentunya akan sangat memudahkan perusahaan dalam menganalisis dan mengelola pengeluaran dan pendapatan terkait gaji karyawan. Kalau kamu ingin menjalankan bisnis yang mensejahterakan karyawan dengan cara praktis, majoo adalah solusinya!


Sumber: 

  1. https://blog.payrollbozz.com/payroll-bank/

  2. https://www.talenta.co/blog/payroll-bank-pengertian-dan-keuntungan-layanan-ini-bagi-karyawan/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo