Cari Tahu Sasaran Promosi Bisnis yang Paling Tepat, di Sini!

Ditulis oleh Retna Kumalasari

article thumbnail

Pilih target promosi sesuai dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Setiap bisnis pasti membutuhkan strategi tersendiri untuk dapat terus mengembangkan dan memasarkan produk-produknya. Salah satu cara yang sering digunakan adalah dengan menentukan sasaran promosi

Kegiatan promosi ini dilakukan untuk dapat mencapai target pasar yang perusahaan inginkan. Dengan adanya kegiatan promosi, diharapkan para konsumen yang mengetahui promosi tersebut dapat melakukan tindakan pembelian pada produk-produk yang dipasarkan.

Namun, kamu perlu memahami apa itu sasaran promosi dan langkah-langkah yang tepat untuk menentukan sasaran promosi untuk bisnis kamu. Hal ini perlu kamu pertimbangkan, sebab seluruh kegiatan promosi akan memengaruhi anggaran yang ada di dalam perusahaan.

Nah, agar kamu lebih memahami aktivitas promosi dan bagaimana cara menentukan sasaran promosi yang tepat, simak penjelasan di bawah ini sampai tuntas, ya!

Apa Itu Sasaran Promosi? 

Lalu, apa yang dimaksud dengan sasaran promosi? Sasaran promosi adalah kelompok masyarakat atau audiens yang menjadi target promosi oleh perusahaan dan diharapkan dapat bergerak untuk melakukan pembelian terhadap produk yang telah ditawarkan.

Selain itu, sasaran promosi juga diartikan sebagai suatu kelompok pelanggan, audiens, atau orang-orang tertentu yang dipilih dan dijadikan segmentasi bisnis. Pengelompokan ini dijadikan sebagai sasaran promosi yang berpotensi menghasilkan suatu tindakan pembelian pada setiap produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Contoh Sasaran Promosi

Dalam perjalanannya, sebuah bisnis dituntut untuk terus meningkatkan daya jual produk-produknya. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan promosi pada target pasar yang telah ditentukan sebelumnya. 

Namun, melakukan promosi juga tidak selalu bisa dilakukan dengan mudah, setiap jenis industri memiliki gaya promosi yang berbeda-beda. Nah, untuk membantu kamu memudahkan proses promosi ini, berikut adalah contoh sasaran promosi yang mesti kamu pahami, yakni:

  • Instansi Pemerintah

Contoh sasaran promosi yang pertama adalah instansi pemerintah. Ternyata, cukup banyak kebutuhan yang mesti dipenuhi agar dapat terus menjalankan seluruh pekerjaan di dalam instansi pemerintahan. 

Ini bisa menjadi salah satu sasaran promosi yang berpotensi meningkatkan daya jual produk perusahaan. Akan tetapi, pastikan barang-barang yang kamu jual memang barang yang dibutuhkan oleh instansi tersebut, ya!

  • Distributor

Ternyata, distributor juga bisa menjadi sasaran promosi yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan daya jual produk-produkmu, lho! Keberadaan distributor bisa membantu kamu memasarkan sekaligus menjual produk perusahaan kepada masyarakat luas, bahkan pada segmentasi pasar yang tidak pernah kamu duga sebelumnya.

  • Masyarakat yang Mempunyai Daya Beli

Jika kamu ingin memiliki kelompok pasar yang lebih spesifik, masyarakat yang memiliki daya beli yang tinggi bisa jadi pilihan yang tepat. Masyarakat jenis ini dianggap lebih potensial untuk terus menggunakan produk perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Proses promosi yang dijalankan terhadap kelompok masyarakat ini juga cenderung lebih mudah dilakukan, sehingga perusahaan dapat mencapai target penjualan dengan lebih cepat.

  • Masyarakat Luas

Berbeda dengan sasaran promosi sebelumnya yang lebih spesifik pada jenis masyarakat tertentu, melakukan promosi pada masyarakat yang lebih luas juga perlu kamu lakukan, lho!

Namun, saat memilih masyarakat yang lebih luas sebagai sasaran promosi, berarti kamu perlu membuat materi promosi yang lebih kompleks lagi. Hal ini dilakukan agar setiap promosi yang kamu lakukan dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat yang ada.

Jika sasaran promosi ini berhasil, dampaknya akan sangat baik bagi perusahaan kelak.

  • Pelanggan Tetap

Selain beberapa sasaran promosi yang sudah disebutkan di atas, kamu juga tidak boleh lupa untuk selalu melakukan promosi kepada pelanggan tetap. Sebagai orang-orang yang sering membeli produk perusahaan, kamu perlu memberikan promosi terbaik kepada mereka.

Dengan terus memperhatikan para pelanggan tetap ini, mereka akan merasa lebih dekat dengan perusahaan, kemudian akan kembali menggunakan produk-produk perusahaan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Selain membuat mereka merasa senang, perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan dari adanya pelanggan yang konsisten menggunakan produk perusahaan.

Baca juga: Pemasaran pada Generasi Muda, Inilah Kuncinya!

Membentuk Sasaran Promosi

Aktivitas promosi yang efektif tidak hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya sementara saja, tapi juga untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan agar pelanggan dapat terus menggunakan produk perusahaan untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Untuk dapat menjalankannya, kamu perlu memahami tujuan-tujuan yang membentuk sasaran promosi ini. Tujuan inilah yang nantinya akan membantu kamu menjalankan promosi pada target pasar yang telah ditentukan sebelumnya.

1. Tujuan Jangka Pendek

Tujuan yang pertama adalah tujuan jangka pendek. Tujuan ini lebih mengutamakan hasil yang bisa didapatkan secara langsung, seperti interaksi, tanggapan, atau perilaku yang harus dimiliki atau dilakukan oleh seseorang setelah melihat promosi yang ditampilkan oleh perusahaan.

2. Tujuan Jangka Menengah

Sasaran promosi yang menargetkan untuk jangka menengah akan cenderung untuk membuat para konsumennya memiliki kemampuan untuk bisa membedakan brand yang kamu bangun dengan brand pesaingnya.

Bentuk promosi ini akan membutuhkan usaha yang lebih besar dan waktu yang lebih lama untuk bisa mencapainya. Lain halnya dengan tujuan jangka pendek yang memang menargetkan reaksi cepat dari konsumen yang mengetahui promosi tersebut.

3. Tujuan Jangka Panjang

Sedangkan, tujuan jangka panjang akan memastikan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan dapat menciptakan brand image yang baik sesuai dengan keinginan perusahaan. Selain itu, tujuan ini juga menargetkan untuk bisa membangun komunitas atau pelanggan setia yang akan terus menggunakan produk-produk dari perusahaan tersebut.

Baca juga: Merespons Digitalisasi agar Lebih Dekat dengan Konsumen

 Menentukan sasaran promosi dapat membantu proses pemasaran jadi lebih efektif.

Cara yang Tepat dalam Menentukan Sasaran Promosi

Agar perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, ada banyak cara yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah dengan menentukan sasaran promosinya. Sasaran promosi ini perlu disesuaikan dengan produk dan target pasar yang memiliki kebutuhan serta kemampuan untuk membeli produk-produk perusahaan. 

Langkah-langkah berikut ini merupakan cara promosi yang tepat sasaran yang bisa kamu gunakan untuk menentukan sasaran promosi. 

  • Segmentasi Geografi

Langkah pertama yang perlu kamu perhatikan adalah dengan menggunakan segmentasi geografi. Cara ini digunakan untuk menentukan target pasar berdasarkan lokasi dan wilayah tertentu, mulai dari kota, wilayah, provinsi, wilayah, kode pos, kode area, dan lain-lain.

Segmentasi geografi ini berfungsi agar kamu bisa mengetahui kebutuhan dari target pasar yang kamu tuju berdasarkan karakteristik produk yang akan dipasarkan. 

Salah satu contohnya adalah jika di daerah tempat tinggalmu banyak lapangan olahraga, kamu bisa membuka toko perlengkapan olahraga, seperti kaos olahraga, sepatu, raket, dan lain sebagainya.

  • Demografi

Selanjutnya adalah segmentasi yang ditentukan berdasarkan demografinya. Segmentasi ini meliputi jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, tingkat pendapatan, dan lain sebagainya. Dari data ini kamu bisa mengetahui produk seperti apa yang lebih sesuai dengan waktu promosi atau bentuk promosi yang lebih tepat.

Contoh yang bisa diaplikasikan dari segmentasi geografi berdasarkan gender yang spesifik adalah dengan membuat promosi untuk merek makeup, kamu pasti akan lebih banyak menampilkan produk yang dibutuhkan oleh para wanita.

  • Psikografis 

Segmentasi pasar juga bisa dinilai berdasarkan psikografis yang secara khusus menilai sikap dan kepribadian seseorang. Dalam segmentasi ini, seseorang akan memilih produk yang sesuai dengan kemampuan ekonominya. 

Kemampuan ini ternyata memengaruhi psikologis seseorang, apalagi kemampuan ekonomi satu orang dan lainnya tidak bisa disamaratakan. Contohnya di bidang produk makanan adalah saat kamu menargetkan orang yang senang bersantai atau bersantai sembari menikmati makanan ringan yang mudah didapat.

  • Waktu Promosi

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan waktu promosi yang tepat. Pemilihan waktu yang tepat bisa memengaruhi ketertarikan calon konsumen untuk membeli produk-produk yang kamu tawarkan.

Contohnya seperti saat kamu menjual dan memasarkan alat-alat kesehatan di masa pandemi. Kamu juga bisa memberikan promo pada kebutuhan-kebutuhan tersebut untuk menarik perhatian para konsumennya.

  • Insentif Promosi

Saat kamu sudah menentukan segmentasi pasar dengan waktu promosinya, kamu bisa menentukan besaran insentif promosi yang akan digunakan beserta syarat dan ketentuan yang jelas. 

Misalnya, dengan memberikan potongan harga sebesar 20% kepada pelanggan yang sudah menjadi member di perusahaan. Untuk dapat menggunakan diskon tersebut, member perlu melakukan pembelian sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat oleh perusahaan.

  • Media Promosi

Langkah terakhir adalah dengan memilih media yang tepat untuk melakukan proses promosi ini. Media merupakan salah satu variabel penting yang mesti kamu perhitungkan. Kamu bisa menggunakan berbagai macam media sebagai sarana untuk melakukan promosi yang tepat sasaran, seperti spanduk, televisi, internet, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ketahui Tren Social Media Marketing di Tahun 2023!

Kesimpulan

Sasaran promosi menjadi langkah awal yang mesti kamu lakukan untuk dapat melakukan kegiatan promosi yang tepat sasaran. Namun, dalam proses perjalanannya, kamu membutuhkan aspek-aspek lain yang mendukung kegiatan promosi ini.

Seluruh kegiatan promosi ini akan melibatkan anggaran yang dimiliki perusahaan. Biasanya, pengeluaran yang digunakan untuk melakukan promosi ini akan dicatat dan dilaporkan ke dalam laporan keuangan perusahaan.

Nah, kegiatan pencatatan dan pembuatan laporan keuangan ini bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah menggunakan bantuan aplikasi POS majoo. Majoo mempunyai banyak layanan yang akan mendukung segala aktivitas bisnis kamu secara online.

Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi ini pun beragam, mulai dari aplikasi inventori, aplikasi karyawan, aplikasi CRM, hingga aplikasi akuntansi yang bisa kamu manfaatkan untuk memudahkan segala pekerjaanmu.

Dengan aplikasi majoo, kelola bisnis jadi lebih mudah dengan beragam solusi yang dimilikinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba majoo sekarang!


Referensi

  • https://accurate.id/marketing-manajemen/sasaran-promosi/
  • https://marketz.id/sasaran-promosi/
  • https://toffeedev.com/blog/apa-saja-sasaran-promosi-yang-cocok-untuk-bisnis-anda/
  • https://theperfectmediagroup.com/id/sasaran-promosi/
  • https://cognira.com/knowledge-base/promotion/what-are-targeted-promotions 

Gambar

  • Freepik.com 

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo