Hampir semua orang tahu bahwa profesi store manager adalah sebuah posisi atau kedudukan yang mungkin benar-benar diidam-idamkan oleh sebagian besar karyawan toko atau ritel.
Secara tidak langsung, hal ini menyiratkan bahwa posisi store manager adalah pemimpin tertinggi di toko tersebut. Hmmm, apakah benar demikian? Memangnya apa sih tugas store manager sampai bisa disebut seperti itu?
Kamu mungkin pernah melihat atau terlibat kejadian di sebuah toko yang mengharuskan kamu untuk bertemu langsung dengan store manager di tempat itu. Atau mungkin kamu juga pernah melihat adegan konsumen yang merasa kurang puas dengan pelayanan sebuah toko dan meminta untuk bertemu dan mengadukan keluhan tersebut pada store manager?
Ya, dari situ bisa kamu pahami bahwa tugas store manager sebenarnya cukuplah kompleks dan berat. Tanggung jawabnya cukup besar karena bukan hanya mengurusi hal-hal internal toko melainkan juga menjaga hubungan baik dengan para konsumen.
Supaya lebih jelas, simak penjelasan singkat mengenai deskripsi pekerjaan store manager dan tugas serta tanggung jawabnya berikut ini, ya.
Baca Juga: Apa Itu Bisnis Ritel? Pahami Definisi hingga Jenisnya!
Store Manager adalah …
Store manager adalah seseorang yang memiliki tugas cukup kompleks berkaitan dengan hal-hal internal toko atau ritel, mulai dari merekrut karyawan baru, memberikan pelatihan, memberikan inovasi untuk meningkatkan semangat mereka, berusaha untuk mencapai target penjualan yang diinginkan oleh perusahaan, sampai dengan yang berhubungan dengan menjaga customer relationship.
Store manager merupakan seseorang dengan posisi yang bertugas dan memiliki tanggung jawab penuh pada seluruh toko dan juga semua staf yang bekerja dalam perusahaan atau tempat tersebut. Pada umumnya store manager memiliki tanggung jawab yang cukup besar, poin paling utamanya adalah menjaga agar performa toko tetap optimal.
Dalam urutan posisi di perusahaan, store manager berada di bawah general manager. Store manager mengepalai semua staf toko atau ritel, seperti petugas pelayanan, kasir, sampai dengan petugas kebersihan. Store manager bersama dengan seluruh stafnya inilah yang kemudian memaksimalkan performa toko untuk mencapai sasaran yang telah disepakati.
Seorang store manager adalah orang yang memang memiliki banyak tanggung jawab penting dalam sebuah ritell sehingga gaji store manager termasuk tinggi di beberapa wilayah Indonesia dan dari berbagai sektor industri. Hal inilah yang menjadikan posisi ini didambakan oleh sebagian orang ritel.
Deskripsi Pekerjaan Store Manager
Secara umum, deskripsi pekerjaan store manager bisa dijelaskan sebagai berikut:
- Mengelola dan memantau operasional pelayanan sehari-hari
- Melakukan pengawasan terhadap operasional pelayanan
- Memberikan solusi yang terbaik sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk menjaga kepercayaan dari konsumen
- Melakukan pembinaan kedisiplinan dan kerjasama tim di dalam lingkungan counter yang menjadi tanggung jawabnya
- Mengawasi pelaksanaan CRM (data pelanggan)
- Menangani keluhan pelanggan
- Membina hubungan untuk menciptakan kolaborasi dan kepercayaan dari pelanggan
Baca Juga: Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
Tugas Store Manager
Dari deskripsi pekerjaan store manager tadi, bisa pula kamu ketahui tugas store manager yang ternyata memang cukup banyak, antara lain:
- Mengembangkan strategi toko yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang datang, meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan keuntungan.
- Memimpin, melatih, memotivasi, membimbing dan memberi feedback kepada staf toko.
- Memastikan pelayanan toko sebaik mungkin untuk menciptakan kepuasan pelanggan yang tinggi.
- Mengatur layout/penempatan barang dan mengatur lokasi produk yang tepat untuk menciptakan customer experience yang baik.
Tugas store manager bisa juga digolongkan dalam 5 jenis bidang, yaitu:
Bidang Sales and Profitability
Seorang store manager harus bisa mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan perusahaan dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
Bidang Inventory Handling
Inventory handling/penanganan barang dagangan juga merupakan bidang yang menjadi tugas penting seorang store manager. Artinya seorang store manager dituntut untuk dapat menangani/mengelola barang dagangan dengan baik, baik itu assortment atau availability-nya.
Bidang Human Resource Handling
Selain itu, penanganan dan pengelolaan SDM juga menjadi tugas utama seorang store manager. Store manager dituntut agar dapat menggerakan seluruh SDM yang dimiliki untuk bekerja seefektif mungkin dan dapat mencapai target yang telah disepakati.
Bidang Assets Handling
Tugas store manager berikutnya adalah dalam bidang pengelolaan aset yang dimiliki oleh perusahaan, baik aset berwujud maupun tidak berwujud. Dengan pengelolaan aset yang baik diharapkan setiap aset yang dimiliki dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya bahkan sampai melampaui masa ekonomis barang.
Baca Juga: Menghitung Efisiensi Aset dengan Rumus Return on Asset
Bidang Service atau Pelayanan
Service atau pelayanan bukan sekadar ramah saja, namun lebih jauh lagi service juga tentang pemenuhan ekspektasi pelanggan. Store manager adalah orang yang dianggap mampu untuk melakukan hal ini.
Tanggung Jawab Store Manager
Bila bicara mengenai tanggung jawab seorang store manager, tentunya akan tetap berkaitan dengan tugas store manager itu sendiri.
- Mengembangkan strategi bisnis guna meningkatkan jumlah customer, meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan keuntungan.
- Memimpin, memotivasi, melatih, membimbing dan mengawasi staf kantor secara efektif.
- Memastikan pelayanan toko seoptimal mungkin
- Membagi tugas kepada staf toko, termasuk memberikan jadwal masuk, ijin, dll.
- Menjaga agar kondisi/suasana/kebersihan toko terjaga dengan baik dan membuat pelanggan merasa nyaman.
- Mengawasi administrasi toko dan memastikan pekerjaan staff administrasi sesuai dengan peraturan dan prosedur.
- Menganalisis dan melaporkan tren pembelian dan kebutuhan pelanggan.
- Menangani semua masalah yang muncul dari staf atau konsumen seperti keluhan maupun kritik.
- Melakukan penilaian kinerja staf dan menimbang apakah diperlukan pelatihan atau tidak.
- Memutuskan kontrak kerja staf akan dilanjutkan atau stop sampai disitu.
Dalam menjalankan tugasnya, umumnya seorang store manager adalah posisi yang akan dibantu oleh wakil store manager dan juga supervisor. Hal ini biasanya terjadi pada manajemen toko atau ritel dalam skala besar.
Seorang wakil store manager akan membantu menjalankan tugas store manager agar menjadi lebih ringan, seperti:
Perencanaan Kerja
- Membuat rencana bulanan tahunan dan strategi pencapaiannya.
- Bersama store manager membuat estimasi budget tahunan untuk operasional toko.
- Bersama store manager membuat target penjualan harian mingguan.
Pengawasan
- Pengendalian sistem dan prosedur kerja operasional.
- Memantau produktivitas kinerja karyawan.
Pengorganisasian
- Melaksanakan koordinasi secara internal untuk kelancaran program kerja
- Melaksanakan membina hubungan yang harmonis dengan pihak customer, maupun rekan bisnis
- Mengkoordinir program promosi penjualan secara baik
Administrasi
- Laporan administrasi harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.
- Laporan penjualan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.
Evaluasi
- Bersama store manager melaksanakan evaluasi kinerja secara periodik.
- Bersama store manager melaksanakan analisa penjualan bulanan tahunan.
Tugas-tugas Tambahan
- Bersama store manager melaksanakan otorisasi pengeluaran dana.
- Bersama store manager memutuskan retur penjualan dari customer
- Bersama store manager menentukan pemesanan barang dan retur barang.
Baca Juga: Pekerja Wajib Tahu: Panduan Hak Cuti Karyawan
Persyaratan dan Kualifikasi Store Manager
Sebagai posisi yang diinginkan oleh sebagian besar karyawan toko atau ritel lainnya, posisi store manager adalah profesi yang menuntut bermacam syarat sebagai standar kualifikasinya.
Beberapa syarat tersebut, antara lain:
- Memiliki pengalaman minimal 2 tahun sebagai seorang store manager
- Memiliki riwayat pendidikan S1 jurusan administrasi Bisnis dan yang setara
- Memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu memimpin para staff.
- Memiliki keterampilan manajemen pelanggan.
- Memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang baik.
- Jurusan manajemen/ekonomi/akuntansi/komunikasi lebih disukai.
- Berorientasi pada kepuasan pelanggan.
- Memiliki keterampilan organisasi yang kuat
- Bisa menggunakan Microsoft Office minimal Microsoft Word dan Excel
- Dapat memahami skema inventory dengan baik
- Dapat memahami cara membuat laporan
- Dapat membantu memecahkan permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi
- Dapat berbicara dengan intonasi yang baik
- Memiliki kepercayaan diri yang baik
- Dapat bekerja dengan profesional dan sesuai dengan kebutuhan operasional perusahaan
Pekerjaan seorang store manager adalah pekerjaan yang benar-benar kompleks dan saling berkaitan satu dan lainnya. Karena itulah, posisi ini memerlukan sumber daya manusia yang memang mumpuni dan memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan.
Selain itu, tugas store manager sebenarnya bisa dipermudah bila ada yang membantunya untuk melakukan pengelolaan karyawan. Bila di toko atau ritel besar, seperti yang sudah sempat dibahas tadi, ada yang namanya wakil store manager dan juga supervisor.
Namun, umumnya di toko dengan skala yang lebih kecil, hal seperti ini tidak ada. Store manager melakukan semuanya sendiri. Lantaran itulah, rasanya akan menjadi sebuah solusi yang tepat bila pekerjaan ini bisa dibantu dengan aplikasi yang juga mumpuni. Aplikasi pengelolaan karyawan seperti yang dimaksud juga bisa kamu dapatkan di fitur yang disediakan oleh majoo.
Di aplikasi ini, ada fitur absensi karyawan yang semuanya dilengkapi dengan PIN sehingga meminimalisir terjadinya kecurangan, pencatatan absensi ini penting untuk nantinya berpengaruh pada komisi atau gaji yang diterima oleh para karyawan, yang juga menjadi salah satu tugas dari seorang store manager. Yakinlah, dengan majoo semuanya akan lebih mudah. Bisnis ritelmu sudah berlangganan majoo, kan?