9 Jenis Strategi Mobile Marketing yang Perlu Kamu Tahu!

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Dalam perkembangan teknologi yang pesat, tidak ada sektor di dunia ini yang luput dari perubahan, kan? Bisnis pun harus mengalami transformasi ke dunia digital yang penuh inovasi dan kemajuan. 

Membangun dan mengembangkan strategi pemasaran mobile telah menjadi langkah penting dalam menghadapi tantangan bisnis online. 

Namun, mungkin kamu masih penasaran dengan strategi mobile marketing dan macam-macamnya, kamu tak perlu khawatir! Simak selengkapnya di artikel ini, ya! 

Apa Pengertian Strategi Mobile Marketing?

Strategi mobile marketing adalah bentuk pemasaran yang menggunakan perangkat seluler, seperti smartphone dan tablet, sebagai saluran untuk mencapai target audiens. Strategi adalah pendekatan yang sangat penting dalam pemasaran digital, mengingat sebagian besar orang saat ini mengakses internet dan berinteraksi dengan brand melalui perangkat seluler mereka. 

Strategi mobile marketing juga merupakan perencanaan dan pelaksanaan marketing campaign yang dioptimalkan untuk perangkat seluler. Strategi ini mencakup berbagai cara yang dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna di perangkat seluler, meningkatkan brand awareness, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan menghasilkan konversi. 

Strategi mobile marketing mencakup pengembangan situs web yang responsif, penggunaan aplikasi mobile, pemasaran pesan singkat, iklan seluler, pemasaran konten yang dioptimalkan untuk perangkat seluler, dan masih banyak lagi. 

Strategi mobile marketing yang efektif harus mempertimbangkan karakteristik unik perangkat seluler, seperti ukuran layar yang lebih kecil dan mobilitas pengguna. Dari sinilah, bisa diketahui bahwa strategi satu ini memerlukan desain responsif dan penggunaan pesan yang lebih singkat dan direct

Baca Juga: Marketing adalah: Definisi, Fungsi, Strategi, dan Jenis

Manfaat Strategi Mobile Marketing

Mobile marketing strategy memiliki sejumlah manfaat yang signifikan untuk perusahaan, lho! Berikut ini beberapa manfaat utama yang bisa didapatkan dari menerapkan strategi mobile marketing, antara lain: 

Mencapai Pelanggan Potensial di Mana Saja

Strategi mobile marketing memungkinkan kamu untuk mencapai pelanggan di mana pun mereka berada. Ini memanfaatkan adanya banyak orang yang selalu membawa ponsel mereka kemana pun mereka beraktivitas. Dengan begitu, kamu dapat memasarkan produk atau layananmu kepada pelanggan potensial tanpa terkendala oleh lokasi geografis, ya. 

Interaksi Real-Time

Perangkat seluler memungkinkan interaksi real-time dengan pelanggan. Ini memungkinkan kamu untuk merespons secara cepat terhadap permintaan pelanggan, memberikan dukungan pelanggan yang lebih baik, dan bahkan meluncurkan tawaran promosi seketika. 

Kustomisasi

Mobile marketing memungkinkan kustomisasi pesan dan tawaran yang kamu sampaikan kepada pelanggan. Kamu dapat mengumpulkan data pengguna dari aplikasi atau situs web mobile-mu untuk memberikan pesan yang lebih relevan, yang meningkatkan konversi. 

Media yang Kreatif

Strategi dengan mobile marketing memberikan ruang untuk berkreasi yang tak terbatas. Kamu dapat menggunakan gambar, video, pesan suara, dan tautan dalam pesanmu, yang memungkinkan kamu untuk berinovasi dalam mendekati target audiensmu.

Baca Juga: Mengenal Teknik Marketing dan Pentingnya dalam Bisnis

Pemantauan Hasil Secara Real-Time

Mobile marketing memungkinkan pemantauan hasil campaign secara real-time. Kamu dapat melihat seberapa efektif marketing campaign milikmu, berapa banyak orang yang merespons pesanmu, dan melihat tingkat konversi dengan cepat. Bisa dikatakan, bahwa strategi mobile marketing memungkinkan kamu untuk menyesuaikan marketing campaign dengan lebih baik sesuai dengan data yang ada. 

Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Strategi mobile marketing juga meningkatkan keterlibatan pelanggan, lho! Dengan push notifications, pesan teks, dan email yang dioptimalkan untuk perangkat seluler, kamu dapat menjaga pelanggan tetap terhubung dan terlibat dengan brand milikmu, ya. 

Meningkatkan Brand Awareness

Strategi mobile marketing membantu meningkatkan brand awareness (kesadaran merek), karena pesanmu dapat mencapai pelanggan secara teratur dan konsisten, sehingga membantu membangun merek dalam pikiran pelanggan.

Baca Juga: Pengertian, Tips, dan Contoh Penerapan Marketing 4.0

Apa itu strategi mobile marketing?

Jenis-jenis Strategi Mobile Marketing

Ada dua jenis strategi mobile marketing yang sesuai dengan target audiens. Kedua jenis tersebut, yakni: 

1.    App-Based Marketing

App-based marketing yaitu melibatkan penggunaan aplikasi dalam strategi pemasaran. Prinsip dari strategi ini adalah memasang iklan di dalam sebuah aplikasi. 

Jenis mobile marketing strategy ini bisa dijalankan dengan menggunakan layanan seperti Google AdMob. Saat ini, Facebook juga telah menyediakan layanan iklan yang terintegrasi dalam aplikasinya, ya.

2.    In-Game Marketing

In-game marketing adalah jenis dari strategi mobile marketing yang menggunakan permainan di perangkat seluler sebagai medium untuk menampilkan iklan. 

Misalnya, iklan dalam game bisa muncul sebagai pop-up banner, iklan gambar satu halaman penuh, atau bahkan iklan video yang tampil saat permainan sedang dimuat. 

Macam-macam Strategi Mobile Marketing

Mobile marketing mencakup berbagai strategi yang dapat kamu manfaatkan untuk mencapai pelanggan di perangkat seluler mereka. Berikut beberapa macam strategi mobile marketing yang bisa kamu gunakan, yakni: 

Aplikasi Mobile

Membangun aplikasi mobile eksklusif untuk bisnismu adalah salah satu strategi penting dalam mobile marketing, lho! Aplikasi ini memungkinkanmu untuk menyediakan pengalaman yang lebih khusus dan terfokus bagi pelanggan. Kamu dapat mengintegrasikan fitur-fitur seperti push notifications, layanan pelanggan, dan berbelanja langsung di dalam aplikasi. Aplikasi mobile juga membantu untuk mempertahankan pelanggan dengan memberikan kenyamanan dalam berinteraksi dengan bisnismu, ya. 

Optimasi Situs Web untuk Seluler (Mobile Website Optimization)

Macam strategi mobile marketing yaitu kamu perlu memastikan situs webmu optimal untuk tampil dengan baik di perangkat seluler. Optimasi situs ini mencakup responsivitas, kecepatan pemuatan halaman, dan desain yang sesuai dengan perangkat seluler. Ini akan memastikan setiap pengguna yang mengunjungi situs webmu melalui ponsel merasa nyaman dan tidak kebingungan saat menggunakannya. 

Push Notifications

Push notifications adalah pesan yang dapat kamu kirimkan langsung ke perangkat seluler pelanggan yang memiliki aplikasi bisnismu. Cara ini efektif untuk memberitahu pelanggan tentang penawaran, promo, dan pembaruan penting lainnya secara real-time. 

Pemasangan Iklan dalam Aplikasi (In-App Advertising)

Kamu dapat memasang iklan dalam aplikasi populer yang relevan dengan audiensmu, lho! Iklan ini bisa berupa iklan banner, iklan video, atau iklan interaktif. Dengan demikian, kamu dapat mencapai pengguna saat mereka bermain game atau menggunakan aplikasi lain. 

Lokasi Berbasis Marketing (Location-Based Marketing)

Strategi ini menggunakan lokasi geografis pengguna untuk memberikan pesan dan penawaran yang relevan. Misalnya, ketika pengguna mendekati toko fisikmu, mereka akan menerima kupon diskon khusus untuk bisa digunakan berbelanja di offline store milikmu. 

Pemasaran Media Sosial Seluler (Mobile Social Media Marketing)

Kebanyakan pengguna media sosial mengakses platform tersebut melalui perangkat seluler. Oleh karena itu, mengoptimalkan kampanye media sosialmu untuk tampil dengan baik di ponsel sangat penting. Strategi ini mencakup penggunaan iklan berbayar di media sosial yang dirancang untuk tampil dengan baik di seluler. 

Iklan Video Seluler (Mobile Video Advertising)

Pemasaran video seluler melibatkan pembuatan iklan video yang dioptimalkan untuk tampil di perangkat seluler. Iklan video ini dapat muncul di platform seperti YouTube, Instagram, atau Facebook. Video seluler memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi dan mampu menyampaikan pesan dengan cara yang menarik. 

Pemasaran Pesan Teks (SMS Marketing)

Pemasaran pesan teks melibatkan pengiriman pesan teks langsung kepada pelanggan yang telah memberikan izin untuk menerima komunikasi dari bisnismu. Pesan teks ini dapat berisi penawaran, promo, atau informasi lain yang relevan. 

QR Code

QR code (Quick Response code) adalah kode kotak berpola yang dapat dipindai menggunakan kamera ponsel. QR code ini digunakan untuk mengarahkan pengguna ke situs web, aplikasi, atau informasi lain yang relevan. Mencetak QR code pada materi promosi atau produk fisik dapat membantu pelanggan untuk mengakses informasi secara lebih cepat. 

Setiap strategi mobile marketing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan bisnismu. Pasalnya pemilihan strategi ini tergantung pada audiens target, jenis produk atau layanan, dan tujuan marketing campaign bisnismu. 

Dengan memanfaatkan berbagai strategi mobile marketing, kamu dapat mencapai dan terlibat dengan pelanggan secara efektif dari perangkat seluler.

Baca Juga: Bidang Marketing Adalah Bidang Penting yang Harus Dikuasai

Aplikasi majoo Ads

Kesimpulan

Di tengah perkembangan digital yang terus berlanjut, strategi mobile marketing telah menjadi alat yang tak tergantikan dalam menghadapi tantangan pemasaran di era modern seperti saat ini. 

Kemampuannya untuk mencapai konsumen di berbagai waktu dan lokasi memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan atau brand. 

Untuk membantu marketing campaign bisnismu, tentunya kamu memerlukan tools pembantu, kan? Kini ada aplikasi majoo yang memiliki layanan majoo Ads. Layanan majoo Ads adalah layanan yang dimiliki aplikasi majoo untuk meningkatkan penjualan dengan iklan digital. Pembuatan konten dan iklan digital ini ditujukan untuk menjangkau pelanggan lebih banyak dan juga meningkatkan penjualan.

Selain itu, aplikasi majoo juga mempunyai fitur-fitur menarik untuk membantu operasional bisnismu, lho! Fitur-fitur tersebut seperti fitur kasir online, inventory, CRM, akuntansi, dan masih banyak lainnya. 

Jadi, yuk, mulai jangkau pelanggan lebih banyak lagi dengan berlangganan aplikasi majoo!

 

Sumber Data:

https://qontak.com/blog/mobile-marketing/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo