Temukan Ide Strategi Pemasaran Cafe dan Contohnya di Sini!

Ditulis oleh Nisa Destiana

article thumbnail

Strategi pemasaran cafe yang bagus perlu kamu miliki agar banyak konsumen berkunjung ke kedaimu.

Selamat kamu sudah berhasil membuka kedai kopi impianmu! Kamu sudah berhasil menciptakan resep menu kopi dan pastry yang enak. Lalu, bagaimana cara mendatangkan konsumen ke kafemu? Strategi pemasaran cafe jawabannya.

Ya, menarik konsumen tak cukup dengan mesin kopi canggih dan Wi-Fi kencang, tetapi kamu perlu strategi pemasaran.

Terdapat studi yang menyebutkan bahwa 30% bisnis F&B mengalami kegagalan. Jadi, apa yang membuat kafe tertentu lebih sukses daripada kafe lainnya? Strategi marketing cafe yang baik, lokasi strategis, dan suasana yang menyenangkan umumnya menjadi faktor utama yang mendatangkan konsumen.

Nah, kali ini kami akan membahas contoh strategi pemasaran cafe. Namun, sebelum masuk pada pembahasan tersebut, mari kita samakan persepsi terlebih dahulu: Mengapa bisnis cafe harus memiliki marketing plan?

Mengapa Cafe Memerlukan Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran cafe adalah serangkaian taktik yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan dan mempromosikan bisnis cafe kepada pelanggan. Taktik tersebut tentu terdiri dari banyak inisiatif, termasuk komunikasi, iklan, dan branding

Langkah ini penting karena kamu bisa membangun engagement dengan konsumen dan menghasilkan permintaan terhadap bisnismu. Dengan kata lain, kamu perlu marketing plan untuk menciptakan penjualan dan membangun loyalitas pelanggan.

Tentunya, strategi bisnis untuk setiap cafe tidak bisa disamakan sebab tergantung pada target demografis, sumber daya, dan lokasi kedai kopi itu sendiri.

Akan tetapi, pemasaran cafe saat ini secara umum merupakan gabungan pemanfaatan search engine, media sosial, email marketing, dan manajemen reputasi atau branding. Walaupun begitu, tetap ada taktik-taktik lain di luar ranah digital yang perlu dilakukan oleh suatu kedai kopi supaya bisa menggaet konsumen sekitar.

Satu hal yang pasti, di tengah pasar yang mengharuskanmu bersaing dengan chain cafe besar seperti Starbucks, kamu memerlukan startegi pemasaran dan strategi promosi cafe yang solid supaya kedai milikmu tampak menonjol.

Ide Strategi Marketing untuk Cafe

Saat kamu merencanakan strategi bisnis cafe, khususnya strategi pemasaran, mulailah dengan memikirkan apa yang membedakan kedai kopimu dari pesaing.

Apakah kamu menyediakan banyak tempat duduk? Apakah kamu menyiapkan banyak stopkontak? Apakah di kedaimu dipajang karya seni dari pelukis lokal? Apakah kamu punya program entertainment khusus, misalnya live music

Kenapa kamu perlu tahu keunggulan cafe-mu? Pasalnya, berbicara bisnis cafe, kita tidak hanya menjual minuman atau makanan, tetapi juga menjual pengalaman. Dengan mengingat hal tersebut, mari susun rencana pemasaran untuk cafe milikmu!

Tonjolkan unique selling point-mu

Seperti yang sudah kita ketahui, Unique Selling Point (USP) adalah suatu aspek yang bisa membedakan produk atau bisnismu dari bisnis-bisnis pesaing yang sejenis. 

Kenali “posisi” kedaimu dan tonjolkan hal tersebut sebagai suatu keunggulan yang menarik. Pastikan setiap inisiatif pemasaran sejalan dengan USP yang kamu miliki.

Sebut saja, kamu adalah seorang pencinta seni dan ingin menyasar demografi pasar yang juga meyukai seni. Maka dari itu, kamu memutuskan menjadikan kedaimu tidak hanya sebagai tempat minum kopi, tetapi juga sebagai ruang seni alternatif atau galeri.

Kemungkinan konsumen bisa menikmati karya-karya seni dari para seniman lokal menjadi poin unik yang mau kamu jual. Nah, tonjolkan hal ini dalam setiap inisiatif pemasaran yang kamu buat.

Manfaatkan juga strategi pemasaran offline

Kini hampir semua bisnis melakukan transformasi digital. Strategi pemasaran digital memang penting, tetapi kamu juga sebaiknya tidak mengabaikan potensi yang didatangkan oleh taktik pemasaran offline.

Berikut ini beberapa ide strategi pemasaran offline yang bisa kamu pertimbangkan.

  • Menawarkan diskon khusus untuk pelajar atau mahasiswa

  • Bergabung dengan komunitas pengusaha dan menghadiri acara-acaranya untuk membangun reputasi bisnis lokal milikmu

  • Memasang flyer atau iklan di media lokal yang relevan

Baca Juga: Tujuan, Komponen, dan Contoh Strategi Promosi

 Aplikasi kasir online

Menjalankan campaign iklan di media sosial

Kampanye iklan di media sosial menjadi strategi pemasaran yang sebaiknya tidak kamu lewatkan. Pasalnya, peluang yang tersedia di media sosial memang sangat besar.

Bayangkan saja, Indonesia masuk dalam urutan lima besar pengguna terbanyak untuk beberapa platform media sosial. Sebut saja, pengguna Facebook di Indonesia per Januari 2023 mencapai 119,9 juta, urutan tiga besar dunia.

Adapun pengguna Instagram di Indonesia menempati urutan keempat terbesar di dunia dengan jumlah 89,15 juta.

Tentunya, tidak semua pengguna tersebut merupakan potensi pasar bagi bisnismu. Kamu bisa mengatur iklan muncul di akun pengguna dengan radius beberapa meter dari lokasi kedaimu.

Berkolaborasi dengan influencer

Influencer sebagai suatu industri disebutkan memiliki value hingga $16,4 miliar pada 2022. 

Bukan rahasia lagi, sekarang ada banyak platform media sosial yang bisa kamu manfaatkan. Baik kamu membangun komunitas di Facebook, Instagram, atau TikTok, kolaborasi dengan influencer akan membantu meningkatkan follower dan brand awareness terhadap bisnismu.

Baca Juga: Contoh Daftar Menu Cafe Inspirasi untuk menampilkan Hidangan

Contoh Strategi Pemasaran Cafe

Apakah kamu sudah mendapat gambaran tentang marketing plan yang perlu kamu jalankan? Kalau kamu masih bingung, berikut ini kami siapkan beberapa contoh strategi pemasaran cafe.

Kamu bisa langsung meniru atau menerapkannya bila strategi terkait dianggap relevan dengan bisnismu. Yuk, simak selengkapnya!

Strategi ‘Business of the day

Target pasar sebagian besar cafe ialah warga sekitar. Sebagai contoh, kedai kopimu dikelilingi gedung perkantoran yang kemungkinan karyawannya butuh asupan kafein sebelum memulai kerja.

Karyawan yang perlu asupan kafein tersebut merupakan kandidat pelanggan setia yang utama. Tentunya, konsumen potensial di sekitar cafe-mu tidak akan otomatis menjadi pelanggan setia, kamu perlu menarik perhatian mereka dengan berbagai strategi pemasaran.

Nah,Business of the day’ bisa menjadi strategi promosi cafe yang akan menjadikan konsumen potensial di sekitar bisnismu berubah menjadi pelanggan setia. Bagaimana cara kerja strategi pemasaran business of the day?

Tentukan kantor terdekat yang kamu ketahui jumlah karyawannya mungkin sekitar 20 orang atau lebih. Jika skala kantor tersebut cukup besar, kamu bisa memilih salah satu departemen saja.

Kunjungi kantor tersebut dan sampaikan bahwa kantor ini terpilih sebagai business of the day sehingga seluruh karyawannya bisa mengambil kopi gratis di kedai kopi milikmu, khusus hari ini saja.

Jangan lupa, serahkan kartu namamu yang menunjukkan lokasi cafe, jam operasional, dan idealnya ada QR menu. Dengan demikian, staf kantor yang menerima pesan pemasaranmu bisa dengan mudah menjelaskan program marketing tersebut kepada koleganya.

Jika karyawan kantor tersebut datang berkunjung, itulah kesempatanmu untuk membuat mereka menyukai kopimu yang berkualitas, pelayanan di kedaimu yang maksimal, serta suasana yang menyenangkan.

Pengalaman pertama mereka baik? Begitu mereka ingin minum kopi, kemungkinan besar kedaimu akan menjadi pilihan utama.

Program ini bisa disesuaikan dengan konsumen potensial di sekitar kedaimu. Mungkin di dekat kedaimu ada kampus, kamu bisa membuat program ‘student of the day’. Beberapa mahasiswa terpilih untuk menikmati kopi gratis pada hari itu dan lain-lain, tergantung situasi lingkungan sekitar kedaimu.

Strategi pop-up store di event-event lokal

Umumnya, penjualan berkesinambungan sebuah kedai kopi berasal dari komunitas setempat. Karena itu, kamu perlu selalu mengetahui kabar-kabar terkini terkait event yang diadakan komunitas lokal.

Jika terbuka peluang bagi cafe-mu untuk berpartisipasi dalam event tersebut, pastikan kamu bergabung dan membuka pop-up store di sana.

Strategi pemasaran ini bisa meningkatkan brand awareness dan membuka peluang terhadap akuisisi konsumen baru yang selama ini mungkin belum masuk radarmu, mengingat pengunjung event tentu lebih beragam.

Di samping itu, acara tersebut juga tentu membuka peluang penjualan. Tak sedikit bisnis yang meraup untung banyak justru dari membuka pop-up store di event, lho!

Strategi kompetisi media sosial

Sebelumnya, kamu telah melihat dua contoh strategi pemasaran cafe yang dijalankan secara offline. Bagaimana dengan contoh strategi pemasaran online?

Untuk pemasaran online, salah satu marketing initiative yang bisa kamu lakukan ialah mengadakan kompetisi media sosial. Perlu diingat, jenis kompetisi yang kamu laksanakan harus sesuai dengan target pasar atau buyer persona-mu.

Berikut ini beberapa contoh kompetisi media sosial yang bisa kamu jadikan strategi marketing cafe.

  • Kompetisi gambar di Instagram

Strategi ini pas dilakukan oleh cafe yang USP-nya galeri dan mempunyai target pasar anak muda dengan karakteristik artsy.

  • Kompetisi dengan hadiah Mother’s Day Lunch

Kompetisinya bisa beragam, misal menuliskan komentar tentang makna ibu di unggahan pengumuman kompetisi. Kompetisi ini sesuai untuk cafe yang target pasarnya keluarga muda.

  • Brewing video competition

Audiens diminta menggunggah video dirinya sedang menyeduh kopi secara manual brew. Video paling kreatif atau paling banyak di-like menjadi pemenangnya. 

Strategi ini tepat dilaksanakan oleh cafe yang dikenal dengan komitmennya dalam menyajikan specialty coffee berkualitas dengan target pasar penikmat kopi yang peduli dengan cara kopi disajikan.

Di antara berbagai ide strategi pemasaran di atas, manakah yang akan kamu terapkan di bisnismu?

Referensi:

  • https://pos.toasttab.com/blog/on-the-line/cafe-marketing-ideas

  • https://www.sevenmiles.com.au/blogs/editorial/cafe-marketing-ideas





Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo