Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Mau Jualan di TikTok Shop? Intip Caranya di Sini!

    Mau Jualan di TikTok Shop? Intip Caranya di Sini!

    Saatnya pilih TikTok Shop sebagai platform penjualan.

    Selain menjadi platform untuk berbagi konten, saat ini beberapa sosial media juga menghadirkan fitur yang memudahkan pengguna untuk berbelanja produk dari brand favorit, langsung melalui aplikasinya. Salah satu sosial media yang sukses memperkenalkan fitur tersebut adalah Instagram. Selain menjadi fitur favorit, Instagram Shopping juga berhasil meningkatkan traffic berbagai brand yang bergabung ke dalam platform tersebut.

    Tidak menunggu lama, TikTok juga ikut menghadirkan fitur belanja ke dalam platform miliknya. Aplikasi jebolan ByteDance yang dinyatakan sebagai platform dengan penguna terbanyak dan sudah diunduh lebih dari 2 miliar kali tersebut menyematkan nama “TikTok Shop” untuk fitur belanja miliknya. Dapat digunakan sejak bulan September tahun lalu, pengguna bisa membeli produk dari pengguna lain dan juga menjual produk miliknya.

    Proses berbelanja di TikTok Shop tergolong mudah. Sebelum mulai belanja, pastikan aplikasi TikTok yang sudah ter-download di smartphone kesayanganmu merupakan versi terbaru dan sudah mempunyai akun terdaftar. Saat berbelanja, kamu tidak perlu beralih ke aplikasi lain untuk melanjutkan transaksi. Ya, seluruh proses transaksi dapat dilakukan langsung di TikTok Shop. Tidak hanya produk dari luar negeri, di TikTok Shop kamu juga bisa menemukan berbagai produk lokal dari teman-teman UMKM.

    Dengan hadirnya fitur TikTok Shop, rasanya tidak heran jika saat ini TikTok makin digandrungi banyak orang. Hmm, jadi penasaran dan ingin mencari tau lebih lanjut mengenai TikTok Shop? Atau, kamu sudah siap mengetahui cara jualan di TikTok Shop serta cara daftar TikTok Shop?

    Langsung saja, yuk, temukan jawaban dari berbagai pertanyaan mengenai TikTok Shop melalui artikel ini!

    Mengenal TikTok Shop

    Dikutip dari Hootsuite, TikTok Shop merupakan fitur social commerce yang memungkinkan pengguna dan kreator untuk mempromosikan serta menjual produknya melalui TikTok. Bukan untuk akun personal, fitur ini tersedia untuk pengguna TikTok dengan akun bisnis. Sejak bulan September tahun lalu, fitur ini tersedia untuk pengguna akun bisnis di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Indonesia.

    Fitur belanja ini hadir di TikTok sebagai respon terhadap meningkatnya penjualan berbagai produk setelah brand melakukan promosi melalui platform media sosial tersebut. Berdasarkan survei Adweek-Morning Consult yang dirangkum Deseret News, 49% pengguna akan membeli produk atau layanan setelah melihat iklan, promosi, atau ulasan di TikTok. Dikutip dari situsnya, TikTok Shop menjadi platform e-niaga sosial yang bertujuan untuk memfasilitasi pedagang menawarkan produk kepada pengguna TikTok.

    Secara khusus, TikTok Shop memberikan kemudahan penjual untuk mendapatkan akses ke pusat penjual dan memanfaatkan layanan/fitur TikTok Shop. Selain itu, penjual juga dapat mengunggah dan mengelola informasi beserta daftar produk untuk ditampilkan kepada pengguna TikTok. Sistem yang dilakukan TikTok Shop berbasis pada penerimaan pesanan dan penyelesaian penjualan dengan pembeli, serta melacak pengelolaan pengiriman. Tak hanya itu, TikTok Shop juga turut berperan dalam penyusunan rencana promosi seperti fitur afiliasi dan penggunaan fungsi dan fitur seperti etalase.

    Menurut laporan Hootsuite, TikTok memiliki total 732 juta pengguna aktif di seluruh dunia hingga kemudian TikTok bekerja sama dengan Shopify dalam merilis TikTok Shop. Secara garis besar, TikTok Shop merupakan social commerce bagi pengguna atau kreator TikTok untuk mempromosikan dan menjual produknya melalui platform tersebut.

    Baca juga: 11+ Cara Memulai Bisnis Thrift Shop Raih Cuan

     Sudah siap berjualan melalui TikTok Shop dan meraih keuntungan?

    Cara Daftar TikTok Shop dan Cara Jualan di TikTok Shop

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu harus memiliki akun bisnis terlebih dahulu agar bisa menggunakan fitur TikTok Shop. Jika sudah memuliki akun bisnis, ikuti cara daftar TikTok Shop dan cara jualan di TikTok Shop berikut ini:

    1. Buka aplikasi TikTok Shop.
    2. Setelah muncul pop-up “Become Seller”, daftar dengan akun TikTok atau dengan nomor telepon dan email.
    3. Isi informasi data pribadi yang diperlukan, seperti nomor telepon, email, dan informasi lainnya.
    4. Isi profil Seller Center TikTok Shop, seperti nama toko hingga jenis usaha yang dijalankan.
    5. Klik “Lanjutkan”.

    Jika semua data pribadi sudah dikonfirmasi, Seller Center Tiktok Shop milikmu dapat digunakan untuk melakukan penjualan online. Tidak hanya followers, kamu juga bisa memasarkan produk milikmu ke pengguna TikTok lainnya. Untuk mendukung hal tersebut, kamu juga bisa membuat iklan yang diarahkan langsung ke halaman produk yang dijual.

    Baca juga: Ketahui Cara Memanfaatkan Strategi Pemasaran Online

    Keuntungan Berjualan di TikTok Shop

    Berbeda dengan platform media sosial lainnya, terdapat beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berjualan di TikTok Shop. Dikutip dari Katadata, keberadaan TikTok Shop dalam dunia komersial daring ini lebih mudah diterima. Sebab, pada dasarnya pengguna tidak perlu membuat akun di platform baru. Pengguna TikTok bisa langsung menyambungkan akun TikTok miliknya dengan TikTok Shop setelah melalui proses verifikasi.

    Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berjualan di TikTok Shop adalah sebagai berikut:

    • Dapat menjadi platform untuk membangun bisnis bagi perorangan/individu.
    • Praktis dan terintegrasi dengan media sosial sehingga mudah diakses dan mudah digunakan untuk bertransaksi.
    • Populer di kalangan remaja (generasi Y dan Z atau rentang usia 14-24 tahun).
    • Memiliki potensi pasar yang tinggi seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna TikTok.
    • Memiliki fitur tagar (hashtag) yang memudahkan indeks konten atau produk.
    • Memiliki fitur TikTok Ads untuk promosi berbayar.
    • Memiliki layanan gratis ongkir.

    Jika dijelaskan lebih detail, keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berjualan di TikTok Shop adalah sebagai berikut:

    • Brand atau pelaku usaha bisa dengan mudah untuk memperluas pasarnya. Sebab, pengguna aplikasi TikTok sangat banyak dan terus meningkat seiring berjalannya waktu.
    • TikTok bisa menjadi platform media sosial sekaligus belanja

      Tidak perlu repot membuka aplikasi marketplace untuk berbelanja, sebab TikTok siap memberikan pengalaman gabungan antara marketplace dengan media sosial. Jadi, kamu cukup menggunakan satu platform untuk berinteraksi dan berbelanja. Praktis dan menarik, kan?

    • Memiliki banyak pengguna aktif

      Saat ini, TikTok memiliki kurang lebih 800 juta pengguna aktif dengan rata-rata pengguna membuka aplikasi TikTok sebanyak 8 kali dalam sehari. Dari data tersebut, tentu dapat diketahui bahwa TikTok menjadi aplikasi yang sering dikunjungi oleh penggunanya. Jangan sia-siakan kesempatan, langsung gunakan fitur TikTok Shop untuk mempromosikan produk milikmu.

    • Langkah bisnis untuk memperluas pasar

      Menggunakan fitur TikTok Shop tentu bisa menjadi salah satu langkah bisnis untuk memperluas pasar. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, TikTok memiliki banyak pengguna aktif dan sering dikunjungi oleh penggunanya. Dengan demikian, peluangmu untuk memperluas pasar otomatis menjadi semakin terbuka.

    Baca juga: Definisi dan Cara Menentukan Target Penjualan dengan Tepat

    Tips Berjualan di TikTok Shop

    Jadi, apa saja yang harus dilakukan agar produk yang kamu tawarkan di TikTok Shop bisa laku keras? Yuk, simak tipsnya berikut ini:

    1. Optimalkan katalog produk milikmu

    Tab Tiktok Shop di akunmu sama dengan etalase. Sehingga, pastikan tab tersebut dimaksimalkan untuk menarik pelanggan. Saat menambahkan gambar produk, ingat untuk fokus pada kualitas dan gaya. Foto produkmu harus mudah dikenali sebagai ciri khas brand milikmu. Sementara itu, nama produk juga harus sesuai dengan batas karakter, yaitu sebanyak 34 karakter dan wajib menyertakan informasi dasar tentang produk. Penjelasan yang lebih panjang mengenai produk dapat kamu tulis pada bagian deskripsi dengan detail sebanyak mungkin.

    2. Beri tahu audiens tentang TikTok Shop milikmu

    Setelah kamu mendapatkan akses ke TikTok Shop, jangan tunggu hingga audiens menemukan sendiri tab belanja di akunmu. Buat beberapa konten TikTok khusus yang mengarahkan audiens untuk berbelanja di akunmu.

    3. Jangan lupa promosikan produkmu

    Ya, jangan lupa untuk mempromosikan katalog produk setelah kamu memiliki TikTok Shop. Sesekali, sebutkan produkmu melalui konten di Tiktok milikmu. Jangan takut untuk berkreasi dengan gayamu sendiri, audiens tentu tidak akan bosan melihat produk dari katalogmu jika ada sentuhan humor dalam promosi.

    4. Pertimbangkan untuk bekerja sama dengan influencer

    Jika kamu tidak berpengalaman dalam mempromosikan produk, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan seseorang yang lebih berpengalaman, seperti influencer. Bekerja sama dengan influencer TikTok adalah cara tepat untuk menjangkau audiens baru. Pastikan agar  influencer yang diajak bekerja sama memiliki citra yang sesuai dengan brand milikmu.

    Cara Belanja di TikTok Shop

    Lantas, bagaimana jika kamu ingin membeli produk di TikTok Shop? Serupa dengan aplikasi e-commerce lainnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

    • Buka aplikasi TikTok di smartphone
    • Kunjungi akun toko atau merchant yang ingin kamu beli produknya. Kamu juga bisa menggunakan hashtag #tiktokshop untuk mencari produk yang diinginkan.
    • Pilih icon shop untuk melihat berbagai produk yang ditawarkan oleh akun tersebut.
    • Pilih produk yang ingin kamu beli dengan tap
    • Pilih opsi “Buy Now” atau “Add to Cart” jika kamu ingin membeli lebih dari 1 produk.
    • Masukkan alamat dan pilih metode pembayaran.
    • Tap tombol “Place Order” untuk menyelesaikan pembelianmu.
    • Selanjutnya, toko akan mengonfirmasi pembelian dan pembayaran darimu untuk diproses ke tahap pengiriman barang ke alamat yang telah dicantumkan.

    Mau lihat riwayat pesanan? Bisa! Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

    • Klik menu “My Account”.
    • Klik tiga titik di pojok kanan atas.
    • Klik tulisan “Orders”.
    • Lihat tampilan pesan yang menayangkan pesanan terkirim.

    Penutup

    Sekian pembahasan mengenai TikTok Shop, mulai dari cara daftar TikTok Shop, cara jualan di TikTok Shop, keuntungan berjualan di TikTok Shop, tips berjualan di TikTok Shop, hingga cara belanja di TikTok Shop. Dengan hadirnya fitur TikTok Shop, pengguna TikTok diharapkan bisa membangun bisnis dan memberi kemudahan berbelanja bagi pengguna yang menginginkan produk yang direkomendasikan oleh para influencer TikTok.

    Selain memasarkan produk melalui TikTok, kamu juga memerlukan berbagai strategi marketing untuk bisa menjangkau lebih banyak audiens dan meningkatkan penjualan. Kamu bisa mempelajari beragam strategi marketing melalui artikel yang tersedia di sini. Temukan berbagai informasi seputar bisnis dan dunia kerja melalui majoo yang setia menemani langkahmu. Dalam aplikasi majoo, terdapat berbagai fitur praktis dan menarik yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhanmu. Belum berlangganan? Yuk, sekarang!

    Pertanyaan Terkait

    • Tiktok shop seller adalah pebisnis yang sudah mendaftarkan akun bisnisnya untuk melakukan penjualan lewat TikTok Shop.
    • Jika semua data pribadi sudah dikonfirmasi, Seller Center Tiktok Shop milikmu dapat digunakan untuk melakukan penjualan online. Tidak hanya followers, kamu juga bisa memasarkan produk milikmu ke pengguna TikTok lainnya. Untuk mendukung hal tersebut, kamu juga bisa membuat iklan yang diarahkan langsung ke halaman produk yang dijual.
    • Lantas, bagaimana jika kamu ingin membeli produk di TikTok Shop? Serupa dengan aplikasi e-commerce lainnya, simak langkah-langkahnya: (1) Buka aplikasi TikTok di smartphone kesayanganmu. (2) Kunjungi akun toko atau merchant yang ingin kamu beli produknya. Kamu juga bisa menggunakan hashtag #tiktokshop untuk mencari produk yang diinginkan. (3) Pilih icon shop untuk melihat berbagai produk yang ditawarkan oleh akun tersebut. (4) Pilih produk yang ingin kamu beli dengan tap produknya. (5) Pilih opsi “Buy Now” atau “Add to Cart” jika kamu ingin membeli lebih dari 1 produk. (6) Masukkan alamat dan pilih metode pembayaran. (7) Tap tombol “Place Order” untuk menyelesaikan pembelianmu. (8) Selanjutnya, toko akan mengonfirmasi pembelian dan pembayaran darimu untuk diproses ke tahap pengiriman barang ke alamat yang telah dicantumkan.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.