Tips Membuat Moodboard yang Menarik

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Moodboard merupakan alat visual yang berguna untuk menyampaikan konsep atau ide dalam bentuk gambar, warna, teks, dan elemen lainnya

Moodboard merupakan alat visual yang berguna untuk menyampaikan konsep atau ide dalam bentuk gambar, warna, teks, dan elemen lainnya. Moodboard adalah suatu kolase dari berbagai elemen visual seperti gambar, warna, teks, dan bahan-bahan lain yang digunakan untuk menyampaikan ide, konsep, atau suasana hati (mood) dalam suatu proyek desain, baik dalam bidang fashion, interior, grafis, dan lainnya. Moodboard membantu mengkomunikasikan visi secara efektif dan jelas kepada tim, klien, dan pemangku kepentingan.

Manfaat Moodboard

  1. Mengkomunikasikan ide dan konsep dengan lebih baik

  2. Membantu tim dalam menyelaraskan visi

  3. Menyediakan referensi visual yang konsisten

  4. Menghemat waktu dalam proses brainstorming

  5. Meningkatkan kualitas hasil desain

Jenis-jenis Moodboard

Terdapat beberapa jenis moodboard yang dapat kamu gunakan, antara lain:

Moodboard Fisik

Moodboard fisik adalah moodboard yang dibuat menggunakan elemen nyata seperti potongan kertas, kain, foto, dan bahan lain yang ditempel pada papan atau dinding. Jenis moodboard ini cocok untuk proyek yang melibatkan bahan-bahan fisik dan tekstur.

Moodboard Digital

Moodboard digital dibuat menggunakan perangkat lunak desain seperti Adobe Photoshop, Illustrator, atau Canva. Kelebihannya adalah mudah dibagikan, diedit, dan disimpan dalam berbagai format.

Moodboard Interaktif

Moodboard interaktif merupakan moodboard digital yang dilengkapi dengan fitur interaktif, seperti animasi atau efek transisi. Jenis moodboard ini cocok untuk proyek desain web atau aplikasi.


Baca Juga: Konten yang Menarik: Jenis dan Etika

Cara Membuat Moodboard yang Menarik

Sebelum membuat moodboard, kamu harus menentukan tujuan dan konsep yang ingin disampaikan

Berikut beberapa langkah yang perlu kamu ikuti untuk membuat moodboard yang menarik:

Menentukan Tujuan dan Konsep

Sebelum membuat moodboard, kamu harus menentukan tujuan dan konsep yang ingin disampaikan. Hal ini akan membantu kamu dalam memilih elemen visual yang tepat.

Mengumpulkan Bahan Visual

Kumpulkan berbagai elemen visual yang relevan dengan konsep, seperti gambar, warna, teks, dan lainnya. Kamu bisa mencari inspirasi dari internet, majalah, atau lingkungan sekitar.

Mengatur Elemen Visual

Atur elemen visual yang telah kamu kumpulkan secara harmonis dan seimbang. Pastikan elemen-elemen tersebut saling melengkapi dan menciptakan suasana yang konsisten.

Menyesuaikan dengan Target Audiens

Pastikan moodboard yang kamu buat sesuai dengan selera dan kebutuhan target audiens. Hal ini penting untuk memastikan moodboard efektif dalam menyampaikan pesan yang diinginkan.

Memberi Judul dan Keterangan

Berikan judul dan keterangan pada setiap elemen visual dalam moodboard untuk memberikan konteks yang lebih jelas mengenai ide atau konsep yang ingin disampaikan.

Mengevaluasi dan Memperbaiki

Setelah moodboard selesai, evaluasi dan perbaiki jika diperlukan. Mintalah masukan dari tim atau klien untuk memastikan moodboard telah mencapai tujuan yang diinginkan.

Inspirasi Moodboard untuk Berbagai Proyek

Berikut beberapa inspirasi moodboard yang bisa kamu gunakan untuk berbagai proyek:

Moodboard Fashion

Moodboard fashion biasanya mencakup elemen seperti sketsa desain, swatch kain, aksesori, dan referensi gaya dari runway atau majalah fashion. Moodboard ini membantu dalam merancang koleksi pakaian atau aksesori yang sesuai dengan tren dan target pasar.

Moodboard Interior

Moodboard interior meliputi elemen seperti foto ruangan, referensi warna, tekstur, dan bahan, serta contoh furnitur dan dekorasi. Moodboard ini membantu dalam merancang konsep interior yang harmonis dan fungsional.

Moodboard Grafis

Moodboard grafis mencakup elemen seperti tipografi, ilustrasi, ikon, warna, dan contoh desain yang inspiratif. Moodboard ini berguna dalam merancang konsep grafis untuk branding, iklan, atau media sosial.

Moodboard Film atau Video

Moodboard film atau video melibatkan elemen seperti storyboard, referensi visual dari film atau video lain, sketsa karakter, dan lokasi. Moodboard ini membantu dalam merancang konsep film atau video yang menarik dan berkualitas.

Moodboard Event

Moodboard event mencakup elemen seperti tema, dekorasi, susunan ruangan, dan contoh undangan. Moodboard ini berguna dalam merancang konsep acara yang sesuai dengan keinginan klien dan target audiens.


Tips dalam Membuat Moodboard yang Efektif