Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Mengenal Admin Toko: Tugas, Cara Kerja, dan Gajinya

    Sebagai admin, penting untuk bersikap teliti saat mencatat kebutuhan toko.

    Setiap perusahaan, baik besar maupun kecil, tentu memiliki berbagai divisi untuk menjalankannya. Salah satu divisi yang bertugas mengolah data dan banyak melakukan pekerjaan tulis-menulis dalam sebuah perusahaan adalah admin. Ya, admin adalah seseorang atau sekelompok karyawan yang bertanggung jawab untuk mengurus administrasi, mulai dari mengolah berkas, membuat laporan, mengarsipkan berkas, hingga mengatur keuangan. Sebagai seorang admin, penting untuk memiliki sikap cekatan, detail, dan teliti saat menginput serta memproses data-data di perusahaan. Di sisi lain, seorang admin juga harus mampu untuk mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu alias multitasking dan dapat berkomunikasi dengan baik dengan karyawan dari divisi lainnya. 

    Lantas, bagaimana dengan admin toko? Walau terdengar sepele, nyatanya admin toko memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dalam usaha pertokoan. Secara tidak langsung, admin toko menjadi ujung tombak sebuah toko dan dapat memberikan dampak yang besar. Umumnya, tugas admin toko akan berkutat pada mencatat kebutuhan toko, melayani pelanggan toko, juga mengelola pendapatan sehari-hari. Akan tetapi, masih banyak tugas admin toko yang menarik untuk diketahui. Langsung saja, simak pengertian admin toko, tugas admin toko, dan gaji admin toko selengkapnya melalui artikel ini.

    Apa yang Dimaksud Admin Toko?

    Berasal dari kata administrator, admin toko adalah seseorang yang bekerja untuk mengerjakan urusan administrasi sebuah bisnis. Data yang dikumpulkan oleh bisnis tersebut akan diolah oleh admin menjadi sebuah laporan. Dengan adanya admin, pekerjaan di perusahaan akan menjadi lebih efektif, sebab data yang dibutuhkan akan terorganisir dengan baik. Dengan demikian, data perusahaan menjadi lebih mudah untuk ditemukan. Semua data atau arsip yang masuk atau keluar yang berkaitan dengan bisnis akan langsung dicatat dalam laporan admin. Selain itu, data yang dicari karyawan lainnya juga akan tersedia dengan lebih akurat, sebab data tersebut sudah diolah oleh admin melalui sistem. Jadi, sebenarnya apa saja tugas admin toko yang perlu diketahui? Cari tahu jawabannya di pembahasan berikutnya. 

    Baca juga: Rekomendasi Nama Toko yang Bagus: Online dan Offline

    Apa Tugas Admin Toko?

    Tidak hanya mengolah data, admin toko juga memiliki berbagai tugas yang wajib dilakukan, yaitu sebagai berikut:

    • Merapikan Data

    Hal pertama yang menjadi peran admin toko adalah merapikan atau melakukan rekapitulasi data dari produk dan jasa yang kamu jual. Rekapitulasi adalah rincian data yang sudah diatur sesuai dengan kelompok dan kategorinya, misal data penjualan, pembelian, jadwal pengiriman, dan stok barang yang tersedia sampai sudah habis. Seorang admin harus merapikan dan menyimpan semua data usaha dengan teratur, sehingga ketika membutuhkan laporan kerja, kamu bisa menemukannya dengan mudah.

    • Membuat Penyimpanan Arsip

    Saat berjualan di toko, tentu ada banyak hal yang arsip dan data terkait bisnis kamu. Mulai dari data kecil, seperti alat tulis, sampai besar, misalnya data pelanggan dan pemasukan usaha. Arsip-arsip data tersebut perlu admin rapikan dan simpan di tempat yang tersembunyi, tetapi tetap mudah ditemukan ketika mencarinya. Jenis pengarsipan data bisa secara offline seperti di dalam map dan rak, atau penyimpanan secara online seperti Google drive atau cloud. Kamu bisa memilih jenis tempat pengarsipannya sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dijalani. 

    • Membuat Jadwal

    Seorang admin toko tidak hanya merapikan arsip, tetapi juga membuat jadwal yang dibutuhkan. Ambil contoh, membuat jadwal belanja bahan kebutuhan toko, mengisi stok yang kosong, merapikan data hasil penjualan, sampai jadwal servis alat penunjang kerja. Meski tampak sepele, pembuatan jadwal ini sangat penting agar alur pekerjaan terorganisir dengan baik. Pembuatan jadwal juga akan memudahkan kamu dan admin toko dalam melakukan pekerjaan lain sehingga lebih teratur.

    • Melayani Pelanggan

    Admin toko adalah orang yang akan berhubungan langsung dengan pelanggan atau pembeli, sehingga ini tugas cukup penting. Admin akan menjadi orang pertama yang ditanya oleh pelanggan terkait produk atau jasa di bisnis kamu. Maka dari itu, admin toko harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai produk yang dijual. Tidak hanya pengetahuan tentang produk, admin juga perlu mengetahui penataan atau layout toko. Ini akan memudahkan admin saat menjawab pertanyaan pelanggan tentang barang yang ia cari. Meski terkesan mudah, melayani pelanggan bukan pekerjaan sepele. Admin perlu memiliki kemampuan untuk memberikan solusi dari keluhan yang disampaikan pelanggan. Ambil contoh, pelanggan menemukan barang kedaluwarsa atau rusak di etalase toko dan mengeluhkannya kepada admin. Tugas admin di sini untuk memberikan solusi dari permasalahan barang yang rusak tersebut. Admin toko bisa mengeluarkan stok barang yang lebih baru dan tidak rusak agar pelanggan lain tidak mengalami hal yang sama. Tidak lupa untuk mengucapkan permintaan maaf karena sudah menyimpan barang rusak. Agar kepuasan pelanggan lebih baik, admin toko juga perlu bersikap ramah sehingga pelanggan tidak segan untuk bertanya ketika mencari barang yang dimaksud.

    • Memproses Barang Penjualan

    Setelah pelanggan menemukan barang atau jasa yang tepat di bisnis kamu, admin toko akan mulai proses transaksi jual beli. Proses jual beli ini bisa dari pelanggan online atau offline yang datang langsung ke toko. Agar alur transaksi tidak berantakan, admin perlu membuat aturan atau SOP yang jelas tentang transaksi dan pengiriman barang. 

    • Memperbarui Barang di Toko

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, admin toko perlu membuat jadwal agar alur pekerjaan terorganisir dengan baik. Salah satu jadwal yang perlu dibuat adalah update atau pembaruan stok barang yang ada di toko. Untuk memperbarui barang yang ada di toko, admin perlu mengetahui jenis dan tanggal barang datang sampai kedaluwarsa. Ini adalah tugas yang memerlukan ketelitian dan sangat penting karena menyangkut kualitas dan kredibilitas toko. Selain itu, admin juga perlu memeriksa kelengkapan barang di toko, mana yang sudah habis dan mana yang perlu ditambahkan lagi. Proses memperbarui barang ini akan lebih mudah bila dilakukan pagi hari ketika toko belum buka atau malam, saat toko sudah tutup. Jadwal ini sangat penting agar tidak mengganggu proses penjualan dan tugas lain yang admin lakukan saat toko sedang buka.

    • Mencatat Inventaris Toko

    Admin harus mengetahui dengan betul hal-hal dan barang yang diperlukan dan memeriksa ketersediaannya di gudang agar manajemen toko lebih rapi. Tugas ini memang tidak bisa dilakukan seorang diri, sehingga kamu sebagai pemilih toko perlu membantunya dalam menyelesaikan pendataan. Bila tidak sempat, kamu bisa mempekerjakan admin toko lebih dari satu agar pendataan barang bisa selesai dengan baik. Dalam hal ini, admin toko perlu memiliki pengetahuan tentang cara memasukkan data dan membuat laporan masuk dan keluar barang setiap hari. Admin toko akan melakukan tugas tersebut setiap hari agar jumlah barang yang keluar dan masuk terdata secara tepat. Perhitungan setiap hari ini juga bermanfaat agar tidak ada selisih harga atau barang, sehingga mengurangi kemungkinan penumpukan masalah di kemudian hari.

    Baca juga: Inilah SOP Kasir yang Harus Diketahui!

    Tidak sama rata, gaji admin biasanya ditentukan oleh beberapa faktor.

    Berapa Gaji Admin Toko?

    Seorang admin adalah fungsi yang dibutuhkan di hampir semua perusahaan. Oleh sebab itu tidak heran lowongan admin sangat mudah ditemukan. Dengan tingginya kebutuhan admin, kamu tentu bertanya-tanya, sebenarnya berapa sih gaji seorang admin?

    Seperti yang kita ketahui, pekerjaan admin sendiri saat ini semakin beragam, mulai dari admin online shop, admin sosial media, dan lain sebagainya. Admin di setiap industri tentu memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Hal tersebut dapat menjadi faktor besar gaji seorang admin. Selain itu, beberapa faktor yang menjadi pertimbangan besar gaji seorang admin adalah sebagai berikut:

    • Lokasi perusahaan‍
    • Ukuran perusahaan
    • Kualifikasi‍
    • Pengalaman

    Sementara itu, untuk admin toko, besar gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp800.000 hingga Rp3.000.000. Besar gaji tersebut ditentukan oleh ukuran toko dan bisnis yang dijalankan.

    Baca juga: Mengenal Timesheet Kerja Karyawan: Pengertian dan Fungsinya

    Penutup

    Bagi sebagian orang, tugas admin toko mungkin hanya dipkamung sebelah mata. Akan tetapi, sebenarnya admin toko memiliki peran dan tanggung jawab yang besar. Sebagai pebisnis atau pemilik toko, ada baiknya kamu memudahkan pekerjaan admin dengan menggunakan platform yang tepat, seperti majoo. Dengan berlangganan majoo, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ditawarkan dan menambah pengetahuan yang dapat mendukung kemajuan bisnismu. Tidak perlu khawatir, majoo selalu setia menemani langkahmu dalam bekerja dan membangun bisnis, terutama untuk urusan partner pembayaran.

    Dalam aplikasi majoo, terdapat berbagai fitur praktis dan menarik yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik seputar kredit, digital marketing, peluang usaha, dan strategi bisnis yang tepat di sini. Tunggu apa lagi? Saatnya berlangganan sekarang!

     

    Pertanyaan Terkait

    • Tidak hanya mengolah data, admin toko juga memiliki berbagai tugas yang wajib dilakukan, yaitu sebagai berikut: (1) merapikan data, (2) membuat penyimpanan arsip, (3) membuat jadwal, (4) melayani pelanggan, (5) memproses barang penjualan, (6) memperbarui barang di toko, (7) mencatat inventaris toko.
    • Berasal dari kata administrator, admin toko adalah seseorang yang bekerja untuk mengerjakan urusan administrasi sebuah bisnis. Data yang dikumpulkan oleh bisnis tersebut akan diolah oleh admin menjadi sebuah laporan. Dengan adanya admin, pekerjaan di perusahaan akan menjadi lebih efektif, sebab data yang dibutuhkan akan terorganisir dengan baik.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.