Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Rekomendasi Nama Toko yang Bagus: Online dan Offline

    Nama toko yang bagus secara otomatis akan menarik minat konsumen.

    Menurutmu, selain strategi pemasaran dan produk yang berkualitas, hal apa lagi yang bisa menarik minat konsumen? Jawabannya adalah nama toko yang bagus. Kok bisa? Tentu saja bisa. 

    Tidak bisa dimungkiri, nama toko unik dan aesthetic menjadi salah satu hal yang pertama kali akan mencuri perhatian kita saat berada di posisi sebagai konsumen. 

    Namun, saat kamu berada di posisi pemilik bisnis, memilih dan menentukan nama toko yang bagus ternyata merupakan sebuah tantangan tersendiri. Selain karena nama toko adalah cerminan dari brand dan produk yang dijual, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, mulai dari nama yang sesuai dengan brand, pilihan nama yang akan mudah diingat oleh konsumen, sampai dengan nama yang tidak terkesan menjiplak atau menyalin dari brand kompetitor. 

    Wah, ternyata ribet ya? Tidak juga, kok. Kali ini kita akan membahas banyak hal mengenai nama toko, mulai dari syarat pemilihan nama, sampai dengan berbagai rekomendasi nama toko yang bagus, unik, dan juga aesthetic. 

    Mengapa Nama Toko yang Bagus Merupakan Hal Penting dalam Bisnis?

    Salah seorang pakar branding dalam bisnis yang juga penulis buku The Brand Gap, Marty Neumeier, berpendapat bahwa nama toko yang bagus adalah investasi bisnis jangka panjang. 

    Pemilihan nama toko menjadi hal yang penting bagi bisnis, karena memang akan mendatangkan berbagai manfaat yang cukup signifikan, antara lain:

    Menjadikan Bisnis Lebih Populer

    Nama toko aesthetic dan unik secara otomatis akan lebih mudah diingat oleh konsumen dan calon pembeli. Secara otomatis pula akan memudahkan proses pemasaran yang dilakukan melalui penyebaran informasi dari mulut ke mulut, sehingga jumlah pelanggan bertambah.

    Bisnis akan Mudah Dicari di Web Search

    Harus diakui bahwa menjadikan nama toko bisa tercantum di halaman teratas hasil pencarian Google merupakan hal yang sangat penting bagi pebisnis modern. Nama toko unik dan mudah diingat cenderung lebih dikenali oleh algoritma Google. Ketika ada orang yang mencari produk tertentu di Google, nama toko milikmu akan dengan mudah muncul.

    Bisa Menarik Minat Konsumen Baru

    Nama yang bagus akan membuat suatu bisnis cenderung lebih menonjol di antara bisnis lainnya yang serupa. Inilah yang akan memberi keyakinan tambahan dan poin plus pada calon pelanggan baru untuk memilih toko milikmu.

    Baca Juga: Memilih Nama Toko yang Menarik Agar Online Shop Cepat Maju

    Syarat Nama Toko yang Bagus

    Percaya atau tidak, nama toko yang bagus masih sangat berpengaruh pada penilaian orang akan kualitas bisnismu. Apabila nama toko terkesan aneh, berlebihan, dan tidak bisa dipercaya, pembeli tidak akan ragu untuk mengurungkan niatnya membeli produk.

    Sebaliknya, jika nama toko terkesan tidak aneh, unik, menarik, dan dapat dipercaya, pastinya akan mendatangkan banyak pelanggan ke depannya, karena bisa menumbuhkan citra positif bagi toko itu sendiri. 

    Beberapa syarat pemilihan nama toko yang bagus berikut ini memang tidaklah mutlak, namun sangat penting untuk diperhitungkan. 

    Cerita di Balik Nama

    Nama toko unik adalah nama yang punya cerita di baliknya. Melalui nama tersebut, kamu seakan bercerita tentang background dari bisnis yang kamu jalankan. Selain bisa membuat dirimu menjadi semakin merasa bersatu dengan bisnis tersebut, konsumen juga akan semakin mengenali bisnismu.

    Ada cukup banyak cara untuk menyampaikan cerita dalam nama toko. Salah satunya dengan menceritakan tujuan awal berdirinya bisnis secara tidak langsung melalui nama toko.

    Mengandung Pesan yang Jelas

    Suatu nama tidak boleh menciptakan kesan yang membingungkan. Misalnya, jika Anda menggunakan kata “enak” atau “selera” di suatu lapak atau toko, hal itu pasti akan dipandang sebagai sesuatu terkait makanan. Jangan sampai menggunakan kata-kata terkait makanan untuk toko produk bahan bangunan, misalnya.

    Mengikuti Perkembangan Zaman

    Dalam memilih dan menentukan nama toko, sebaiknya jangan sampai kamu menggunakan kata-kata yang berkesan kuno atau ketinggalan zaman, dan tidak sesuai dengan suasana bisnis serta tren konsumsi masa kini.

    Mudah Diingat dan Disebutkan

    Nama toko juga sebaiknya tidak terlalu rumit untuk diingat dan disebutkan. Nama toko yang terlalu rumit akan membuat konsumen merasa tidak akrab dengan bisnis tersebut. 

    Tidak Menyinggung Norma dan Adat

    Memilih nama kontroversial yang jarang digunakan oleh pebisnis lain mungkin akan menarik perhatian secara drastis di awal, namun umumnya kamu tidak akan mendapat pelanggan jangka panjang.

    Deskriptif

    Nama toko yang deskriptif maksudnya adalah mampu menjelaskan tentang produk tersebut, tanpa perlu disertai dengan penjelasan panjang lebar. Contohnya, hanya dengan menyebut nama “SoundCloud”, orang akan langsung tahu bahwa situs tersebut pasti berfokus pada produk-produk audio. 

    Memiliki Daya Jual

    Nama toko yang bagus harus memiliki potensi atau daya jual yang berguna untuk memikat konsumen. Kalau kamu memutuskan untuk memberi nama toko dengan kombinasi kata, pastika nama tersebut harus bisa dipromosikan atau dijual berulang-ulang. 

    Otentik dan Orisinil

    Pastikan nama toko yang kamu pilih otentik dan orisinil agar tidak terkesan mengikuti usaha-usaha lainnya milik kompetitor dan membuat brand milikmu memiliki reputasi negatif. 

    Baca Juga: Logo Perusahaan Harus Dibuat Unik dan Berbeda. Apa Iya?

    Nama toko unik akan lebih mudah diingat oleh konsumen.

    Tips Memilih Nama Toko yang Bagus?

    Memilih nama toko yang bagus baik untuk outlet offline maupun online memang tidak mudah dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat memilih nama toko. 

    Riset Nama Toko yang Bagus

    Jangan pernah meremehkan riset dalam memilih nama toko, ya! Melakukan riset nama toko yang bagus penting untuk dilakukan agar kamu bisa mengetahui ide-ide apa saja yang bisa menjadi masukan.

    Coba perhatikan toko-toko yang ramai pembeli, bagaimana mereka memberikan nama untuk toko miliknya. Apakah menggunakan nama toko yang punya konotasi positif? Atau nama toko yang ada kaitannya dengan apa yang mereka jual? 

    Jangan Menjiplak atau Menyalin Nama Toko Lain

    Ingat, dalam memilih nama toko, yang kamu lakukan adalah menganalisis pasar bukan untuk meniru orang lain, tetapi untuk memahami nilai-nilai audiens target. 

    cek secara berulang untuk memastikan sudah ada atau belum toko dengan nama yang sama. Jika kamu ingin menghindari plagiarisme, kamu juga bisa mendaftarkan nama hak cipta sebagai merek dagang.

    Bagaimana untuk pelaku bisnis kecil, apakah perlu mendaftarkan merek? Memang kita akan berpikir, tidak perlu kan masih kecil. Tentu saja memang sangat dianjurkan, ya. 

    Jika kamu ingin melakukan cek ketersediaan merek, kamu bisa mengunjungi website ini https://pdki-indonesia.dgip.go.id. Website tersebut resmi milik Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Indonesia untuk mendaftar merek agar bisa mendapatkan HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual).

    Baca Juga: Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu Tentang Merek Dagang

    Gunakan Kata-Kata Positif 

    Tips memilih nama toko yang bagus berikutnya adalah dengan menggunakan kata-kata yang berkonotasi positif. Terlihat sepele memang. Namun, yakinlah efeknya bisa panjang.

    Walaupun ada beberapa nama toko yang bisa viral dengan menggunakan kata-kata dengan konotasi negatif, sebaiknya kamu jangan ikut-ikutan. Karena nama toko dengan konotasi negatif akan membuat mindset atau pikiran yang negatif pula bagi sebagian orang. Mungkin saja toko kamu bisa viral, tetapi itu hanya sesaat.

    Usahakan untuk menghindari pemberian nama toko yang menggunakan nama makhluk halus, binatang buas, dan kata-kata negatif atau berkonotasi negatif lainnya.

    Menyesuaikan Nama Toko dengan Produk/Jasa yang Dijual

    Ingat, kamu perlu menyesuaikan nama toko dengan produk yang ingin kamu jual. Hal ini dilakukan agar pembeli merasa yakin untuk membeli di toko milikmu. Tidak mungkin kan kamu memakai nama toko Hijab Cantik, tapi yang kamu jual adalah produk alat tulis kantor? 

    Cek Nama Toko dengan Menggunakan Tools

    Terakhir, kamu juga bisa lho mengecek terlebih dahulu ketersediaan nama toko secara online menggunakan tools, terutama bila kamu akan membuka online shop. Kamu perlu melakukan riset nama sebanyak-banyaknya sampai kamu yakin bahwa nama yang kamu minati tidak dipakai oleh penjual lain.

    Saat ini, banyak tools yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan ide nama toko online, seperti:

    • Zyro’s Business Name Generator
    • Shopify Business Name Generator
    • Oberlo Name Generator, dan lainnya.

    Tools tersebut bisa kamu akses secara gratis dan akan membantu kamu untuk cek nama toko supaya mendapatkan inspirasi untuk nama toko yang bagus. Kamu hanya perlu memasukkan keyword nama yang ada di pikiran atau rencanamu, lalu akan muncul beberapa pilihan nama sesuai keyword. 

    Contoh Nama Toko yang Sudah Populer

    Nama-nama berikut ini adalah contoh nama toko yang sudah populer dan mungkin juga sudah cukup kamu kenal. Tujuannya bukan untuk kamu tiru secara mentah-mentah, namun sebagai bahan referensi untuk memilih nama toko yang bagus sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan. 

    • Blibli
    • Hijup
    • Zalora
    • Amazon
    • Sociolla
    • Zara
    • Blanja
    • Elevenia
    • Saqina
    • Shopee
    • Amazon
    • Lazada
    • Tokopedia
    • H&M

    Dari beberapa contoh nama toko tadi, bisa kamu lihat bahwa memang kesuksesan mereka juga merupakan faktor dari nama. Nama yang mereka gunakan sesuai dengan produk yang dijual, dan tentunya merupakan nama yang memiliki value tersendiri. 

    Rekomendasi Nama Toko yang Bagus

    Berikut rekomendasi nama toko yang bagus yang bisa kamu gunakan atau kamu modifikasi ulang sesuai dengan bisnismu. Mulai dari bisnis fashion, kosmetik, sampai dengan kuliner, baik makanan maupun minuman.

    1. Cherry Blossom
    2. Cotton Candy
    3. Morning Joy
    4. Teman Dandan
    5. Jajan Buku
    6. Kosmetik Apik
    7. Cherry Merah
    8. Juice Sehat
    9. Jamumu Jamuku
    10. Footwear Kita
    11. Tas Kulit Room
    12. Toko Kain Emas
    13. Laundry So Clean
    14. Makan Murah Maknyus
    15. Hiking Clothes and Apparel
    16. Hijab High Class
    17. Blankeet
    18. Linen Keren
    19. Fashion Lab
    20. Skin Story

    Rekomendasi Nama Toko Aesthetic

    Dalam dunia bisnis, yang dimaksud dengan aesthetic adalah dimensi kualitas yang berkaitan dengan tampilan, bunyi, rasa, maupun bau suatu bisnis. Kamu pasti tahu bahwa hal-hal yang aesthetic saat ini sedang sangat trend dan banyak digemari. 

    Memilih nama toko aesthetic tentunya akan membawa pengaruh tersendiri bagi bisnismu. Lantaran itulah, rekomendasi nama toko aesthetic berikut mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan.

    1. Sweeter Side
    2. Sweet Wave
    3. My Soul to Wave
    4. Bake on me
    5. 9 to 5 Coffee Shops
    6. Bean Station
    7. Coffee Maniac
    8. Coffee Story
    9. Bee Chic
    10. Dressed Up!
    11. Chic Chic
    12. Who’s That Girl?
    13. Focused on You
    14. Capturing You
    15. Potrait Happiness
    16. Stories of You
    17. The Sweet Spot
    18. Sugar Rush
    19. Delish Desserts
    20. Lickable Treats

    Rekomendasi Nama Toko Unik

    Meski terkesan mudah, nyatanya menentukan nama toko yang bagus cukup membingungkan. Bahkan, tak sedikit pebisnis memerlukan waktu dalam hitungan minggu hingga bulanan untuk menentukan nama yang tepat dan “klik” untuk toko mereka.

    Jika akhirnya kamu memilih nama toko unik yang akan digunakan untuk bisnismu, pastikan keunikan tersebut bukan hanya terdapat pada nama, melainkan juga keseluruhan unsur yang ada di toko. Agar keunikan tersebut bisa terlihat seimbang.

    Berikut beberapa rekomendasi nama toko unik yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi dalam memilih nama toko.

    1. Authentic Shop
    2. Snowdrop
    3. Ngopi di Rumah
    4. Laundry Umbah Dewe
    5. Bamboo Craft
    6. Spice Heaven
    7. Shop till Drop
    8. Jajan Yuk!
    9. Finders Keepers
    10. Tukusiji Klambi
    11. Sedoyo Batik
    12. Toko Doa Ibu
    13. Gaskeun Boba
    14. Puding Lunyu
    15. Mik Susu
    16. Tukuo Cireng
    17. WarSeg (Warung Sego)
    18. Belok Kiri Ngopi
    19. Thrift Terus Fashion
    20. Skincare Ciamik

    Rekomendasi Nama Toko Online

    Membuka sebuah online shop mungkin memerlukan persiapan yang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan membuka toko konvensional yang dijalankan secara offline. Namun, proses memilih dan menetapkan nama toko yang bagus tetap saja sama. 

    Selain simpel, usahakan membuat nama toko online yang unik dan berbeda. Beberapa rekomendasi nama toko online yang bisa menarik minat audiens, antara lain adalah: 

    1. Sportfans Only
    2. Distributor Jersey Murah
    3. Pusatbelanjamurah.net
    4. Juaranyaaksesoris.id
    5. Footprint Shoes
    6. Eternalglasses.id
    7. Leverage Thrift
    8. Korean Merch
    9. Mom And Kiddie
    10.  Survival Kit
    11.  Kitchenwarrior.id
    12.  Pusatbarangunik.id
    13.  Fashgenics
    14.  Hair Darling
    15.  Oppa Cosmetics
    16.  Hijab Hasanah
    17.  Jajanpasar.id 
    18.  Keripik Hero
    19.  Pedes Dower
    20.  Vegan Heritage

    Baca Juga: Daftar Produk Jualan Online Paling Laris Pembawa Cuan

    Kesimpulan

    Memilih dan menetapkan nama toko yang bagus ternyata memang bukanlah hal yang mudah. Tidak heran kalau ada sebagai pebisnis yang bingung saat harus melakukan hal tersebut. 

    Namun, tahap ini akan bisa menjadi sedikit lebih mudah bila kamu sebagai pebisnis sudah paham mengenai syarat pemilihan nama toko yang sesuai dengan bisnismu. Beberapa rekomendasi nama toko yang sudah disebutkan tadi, diharapkan bisa memberikan sedikit inspirasi buatmu.

    Jika nanti nama toko sudah terpilih, jangan lupa pula untuk memilih aplikasi bisnis yang sesuai. Nama toko yang bagus dan unik, strategi pemasaran yang baik, dan promosi yang gencar dilakukan, akan menjadi tidak seimbang bila ternyata operasional bisnismu tidak kamu lakukan dengan baik pula. 

    Kamu bisa mencoba berlangganan aplikasi Point of Sales seperti majoo yang menawarkan berbagai fitur pengelolaan bisnis. Selain itu, majoo juga menyediakan fitur majoo capital yang akan membantu kamu mendapatkan bantuan modal untuk memulai usaha. 

    Dengan proses pengajuan yang mudah, kamu bisa mendapatkan modal yang kamu butuhkan jika memang bisnismu dinilai layak. So, kenapa harus menunda? Cek fitur-fitur menariknya dan segera berlangganan, ya! Selamat mencoba!

    Pertanyaan Terkait

    • Nama toko online yang bagus adalah nama yang: (1) memiliki cerita di balik nama tersebut, (2) mengandung pesan yang jelas, (3) mengikuti perkembangan zaman, (4) mudah diingat dan disebutkan, (5) tidak menyinggung norma dan adat, (6) deskriptif, (7) memiliki nilai jual, (8) otentik dan orisinil.
    • Memilih nama toko yang bagus baik untuk outlet offline maupun online memang tidak mudah dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Kita harus (1) Riset Nama Toko yang Bagus, (2) Jangan Menjiplak atau Menyalin Nama Toko Lain, (3) Gunakan Kata-kata Positif, (4) Menyesuaikan Nama Toko dengan Produk/Jasa yang Dijual

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.