3 Cara Memanfaatkan Insight POS untuk Memajukan Bisnis

Insight penting sekali sebagai dasar pengambilan keputusan dalam bisnis

Bila kamu menganggap sistem POS hanya alat bantu untuk memproses transaksi, kamu keliru. Teknologi sudah berkembang, aplikasi POS sudah dibuat lebih dari sekadar aplikasi kasir.  

 

Sistem POS dapat membantumu mengelola inventori, mendata penjualan, menyajikan laporan keuangan, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, sistem ini menyediakan berbagai insight bagi bisnismu. Jika kamu mampu memanfaatkannya dengan baik, kamu akan memenangkan kompetisi bisnis.

 

Pentingnya data yang disediakan sistem POS

Di antara kamu mungkin ada yang berpikir, mengapa harus peduli dengan insight atau data yang disediakan sistem POS? Apabila kamu ingin memajukan bisnis, kamu harus peduli dengan data.

 

Coba luangkan waktu untuk memperhatikan berbagai bisnis. Kamu mungkin akan menyadari bahwa hampir setiap bisnis berusaha untuk menciptakan atau menjaga pengalaman konsumen. Consumer experience telah menjadi fokus utama berbagai bisnis. Hal ini memang terbukti mampu menciptakan loyalitas dari konsumen.

 

Bagian pentingnya adalah bagaimana cara untuk menjaga pengalaman konsumen tetap menyenangkan? Untuk memahaminya, kamu perlu mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai kanal penjualan.

 

Brand atau bisnis yang mampu memanfaatkan data dari aplikasi POS cenderung mampu lebih menarik minat konsumen. Kabar baiknya, kamu tidak perlu menjadi data scientist untuk melakukan hal tersebut. Dengan memanfaatkan templat laporan dari aplikasi POS saja, kamu sudah dapat memperoleh banyak informasi yang penting bagi kemajuan bisnis.

 

Data-data dari sistem POS dapat membuat bisnis terus bertumbuh

Mengubah insight menjadi keuntungan bisnis

Kini, kamu sudah mengetahui pentingnya data. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana data tersebut dapat memajukan bisnis? Setidaknya, ada tiga cara untuk memanfaatkan data yang disajikan oleh sistem POS.

 

1. Dari data inventori menjadi keputusan bisnis

Sebagian besar bisnis kecil dan menengah tidak memiliki data inventori. Seandainya tersedia data inventori, pendataan dilakukan secara manual. Artinya, potensi kesalahan besar sekali. Data yang tersedia tidak sepenuhnya dapat dipercaya.

 

Bisnismu tidak perlu menjadi bagian dari bisnis yang tidak memiliki data inventori. Rata-rata aplikasi POS saat ini sudah menyediakan fitur perhitungan inventori, pemeriksaan jumlah stok, pendataan mutasi stok, dan seterusnya.

 

Saat aplikasi POS dapat membantumu untuk mengetahui jumlah stok yang akurat, akan lebih mudah untuk mendata perjalanan stok tersebut. Dimulai dari pemesanan produk saat pengadaan sampai produk terjual. Data ini akan membantumu membuat keputusan yang lebih baik terkait forecast, pengadaan, pemasaran, bahkan iklan.

 

2. Insight produk dan konsumen menjadi strategi

Aplikasi POS menyediakan banyak sekali informasi yang spesifik terkait produk. Misal, kamu dapat mengetahui secara spesifik produk yang diminati konsumen tertentu. Dari data ini, kamu dapat memberikan rekomendasi yang tepat bagi konsumen. Masih berdasarkan data ini, kamu juga dapat membuat kampanye yang spesifik menyasar target pasar tertentu.

 

Kamu pun dapat mengidentifikasi penjualan berdasarkan jenis atau kategori produk. Dengan menganalisis secara mendalam, kamu dapat menemukan alasan dibalik popularitas suatu produk. Selanjutnya, kamu dapat menggunakan data ini untuk penyediaan produk lain.

 

Selain itu, kamu juga dapat melihat data produk yang kerap dibeli secara bersamaan. Jadi, kamu tidak akan keliru bila membuat promosi bundling.

 

3.  Analisis performa karyawan

Karyawan merupakan salah satu faktor penting dalam kemajuan bisnis. Menariknya, tidak hanya berguna dalam pembuatan keputusan terkait produk, aplikasi POS juga dapat berperan dalam evaluasi performa karyawan.

 

Data-data terkait karyawan juga disajikan oleh aplikasi ini. Mendata kehadiran karyawan sampai perhitungan komisi dapat dilakukan oleh aplikasi POS. Kamu juga dapat menilai performa karyawan berdasarkan data penjualan. Karyawan mana yang banyak melakukan upsell.

 

Informasi tersebut nantinya dapat terkait dengan pemberian bonus dan penentuan jadwal. Karyawan-karyawan dengan performa terbaik sebaiknya ditempatkan di jam-jam sibuk. Dengan demikian, potensi penjualan pun semakin tinggi.

 

Nah, sekarang sudah terbayang kan betapa data dari aplikasi POS dapat membuat bisnismu terus bertumbuh?

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.