Table of Content

    4 Alasan Pentingnya Peran Omnichannel dalam Pengelolaan Bisnis

    Omnichannel mempermudah kontrol bisnis ke dalam satu sistem saja.  

    Digitalisasi bisnis memang memudahkan para pebisnis atau pengusaha dalam menjalankan strategi bisnisnya untuk memasarkan produk. Jika selama ini kamu mungkin sudah mengenal apa yang dinamakan multichannel, sekarang sudah hadir inovasi dalam pengelolaan bisnis yang dikenal dengan nama omnichannel.

    Omnichannel berasal dari kata Omnis yang berarti universal. Pengertian omnichannel secara sederhana adalah penggabungan semua platform atau channel ke dalam satu channel saja. Tujuannya adalah mempermudah pebisnis dan juga konsumen untuk melakukan pencarian, membeli, menjual, bahkan menukar produk. 

    Dengan adanya omnichannel, maka pebisnis tidak perlu membuka beberapa platform dalam satu waktu untuk mengelola bisnisnya. Cukup buka satu channel, dan semuanya bisa langsung dikelola. Bagi konsumen, omnichannel membantu mereka mendapatkan pengalaman belanja online dengan baik. 

    4 Alasan Omnichannel Penting dalam Pengelolaan  Bisnis

    Lantas, mengapa omnichannel dinilai memiliki peranan yang penting dalam pengelolaan bisnis? Berikut ini adalah alasan dan penjelasan singkatnya.

    1. Korelasi antara Data Pelanggan dan Strategi Pemasaran

    Seorang pebisnis membutuhkan data pelanggannya untuk keperluan promosi dan pemasaran. Dalam omnichannel, data tersebut tercatat dengan rapi, bukan hanya dari satu platform, melainkan seluruh platform yang digunakan sebagai media promosi bisnis. 

    Dengan begitu, data diri sampai perilaku konsumennya dapat dibaca dengan mudah sebagai bahan analisis. Hal ini penting agar pebisnis bisa memahami para konsumennya dari segi perilaku, psikologis, dan juga demografisnya. 

    Jika pebisnis sudah memegang hal ini, strategi bisnis khususnya dalam bidang pemasaran akan bisa ditetapkan dengan mudah. Pebisnis bisa mendapatkan gambaran kira-kira produk seperti apa yang disukai oleh para konsumennya. Selain itu, memberikan pelayanan dalam bentuk customer engagement atau customer reward akan menjadi lebih gampang dan praktis, karena semua data yang dibutuhkan sudah tersedia. 

    2. Efektivitas Kerja

    Sebelumnya, pebisnis mungkin perlu membuka satu persatu platform yang digunakan sebagai media promosi hanya untuk mengecek stok produk, status pengiriman atau order barang dari konsumen. 

    Dengan adanya omnichannel, hal ini bisa dilakukan dengan efektif dari satu channel saja. Mulai dari promosi, proses penerimaan order, pengiriman, sampai dengan mengecek stok produk yang tersisa. Efektif dari segi waktu, dan juga tenaga kan? Apabila seluruh pengelolaan bisnis bisa dilakukan dengan mudah dan efisien, secara otomatis waktu yang kamu miliki bisa lebih dimaksimalkan untuk memikirkan strategi bisnis. 

    Ada 4 alasan kenapa omnichannel dianggap penting dalam pengelolaan bisnis

    3. Meningkatkan Traffic dan Penjualan

    Hal yang umum terjadi dalam bisnis penjualan online adalah saat orang melihat produk yang kamu tawarkan sekali, maka berikutnya produk tersebut akan muncul setiap kali mereka mencoba melakukan pencarian lagi. Dengan begitu, traffic penayangan produk kamu akan meningkat. Secara otomatis, angka penjualan juga akan ikut mengalami kenaikan. 

    Bukan hanya terjadi pada bisnis online, beberapa penelitian menunjukkan bahwa toko offline yang menerapkan omnichannel pada pengelolaan bisnis, mengalami peningkatan penjualan. Ini terjadi karena saat seseorang melihat produk yang kamu jual melalui website atau marketplace, ada keinginan mereka untuk mendatangi tokonya secara langsung. Jika jumlah pengunjung bertambah, peluang produk untuk terjual lebih banyak juga menjadi lebih besar. 

    4. Memberikan Pengalaman Berbelanja yang Berkesan bagi Konsumen

    Cara pebisnis untuk memberikan tawaran dan promosi produk yang baik juga termasuk sebagai hal yang bisa berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Omnichannel memberikan pengalaman yang berkesan untuk para konsumen karena adanya interaksi yang mudah antara pebisnis dan konsumen. 

    Mulai dari mudahnya mendapatkan informasi mengenai produk yang sedang dicari, proses order dan pembelian produk, penerimaan barang, sampai dengan evaluasi kepuasan konsumen setelah menerima produk bisa dilakukan hanya dengan satu klik. 

    Kamu tahu bahwa kepuasan pelanggan dengan produk dari kamu akan mempengaruhi keinginan mereka untuk melakukan pembelian ulang. Konsumen tidak akan ragu untuk repeat order jika mereka merasa mendapatkan layanan yang maksimal dan memuaskan. Sebuah keuntungan tersendiri bagi kamu sebagai pebisnis, kan? 

    Baca Juga: Menerapkan Strategi Omnichannel pada Bisnis, Apa Untungnya?

    Evolusi channel dalam pengelolaan bisnis dimulai dari singlechannel, disusul dengan hadirnya multichannel, sampai dengan omnichannel, semakin memudahkan para pebisnis untuk menjalankan dan mengembangkan usahanya.

    Apakah channel ini hanya bisa digunakan oleh bisnis dalam skala besar? Jawabannya adalah tidak. Semua skala bisnis, mulai dari mikro, menengah, sampai yang besar bisa memanfaatkan omnichannel. 

    Jika kamu adalah pelaku bisnis usaha mikro atau menengah (UMKM), kamu bisa memanfaatkan layanan aplikasi majoo untuk menerapkan strategi omnichannel ini pada pengelolaan bisnis. 

    Dengan berlangganan majoo, kamu bisa mengatur dan mengintegrasikan keseluruhan tahapan bisnis dalam satu sistem saja. Promosi di media sosial atau marketplace, aktivitas penjualan pada toko offline, sampai dengan melakukan rekapan stok produk bisa dikelola dengan mudah. Jika tertarik untuk mendapatkan banyak keuntungan seperti ini, segera berlangganan majoo mulai dari sekarang yuk!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
    Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.
    Keuntungan yang Didapatkan Pemilik Bisnis dari Sistem Paylater
    Paylater adalah sistem pembayaran yang sedang digemari oleh konsumen karena menguntungkan, apakah metode ini juga menguntungkan pihak pebisnis?
    5 Strategi Pemasaran Online untuk Bulan Ramadan
    Bisnis perlu menerapkan strategi pemasaran online dan optimalkan omnichannel bila mau meningkatkan penjualan selama Ramadan. Bagaimana caranya?
    Kapan Waktu Terbaik Mengatur Stok Bahan Baku di Bulan Puasa?
    Meningkatnya harga stok bahan baku untuk proses produksi merupakan kepusingan baru yang harus dihadapi pelaku usaha di bulan puasa. Bagaimana mengakalinya?