4 Langkah Analisis Peluang Pasar untuk Bisnis Baru


Analisis peluang pasar adalah suatu proses riset pasar terhadap faktor-faktor lingkungan ekstern yang memengaruhi kegiatan usaha perusahaan tersebut. Lingkungan ekstern merupakan kekuatan yang tidak dapat dikendalikan, sehingga perusahaan harus menyesuaikan diri, dan juga menghasilkan ancaman dan peluang. 


Melakukan analisis peluang pasar juga dapat membantu kamu  memutuskan apakah bisnismu akan terus menjalankan kegiatannya dengan meningkatkan kualitasnya atau harus keluar dari pasar. Untuk meningkatkan penjualan dan merebut ruang pasar yang besar, maka kamu selayaknya menggunakan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang tepat untuk memasuki peluang pasar yang ada. 


1. Mengamati kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengetahui lebih dulu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Kebutuhan akan produk apa yang sekiranya mampu membuat mereka menjadi pelanggan tetap bisnismu. Bukan hanya menjadi konsumen yang datang sekali lalu tidak kembali. 


Metode polling, survei di internet atau memaksimalkan mesin pencari di internet akan sangat bisa kamu gunakan di tahap ini. Dengan begitu kamu jadi paham apa yang benar-benar diperlukan oleh konsumenmu. 



2. Mengenal lebih dekat konsumen.

Mengetahui karakter para konsumen berdasarkan analisis usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, pendapatan, juga status sosialnya. Hasil analisis ini bisa kamu gunakan untuk memperkirakan potensi beli konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan.


3. Menentukan target pasar secara spesifik

Setelah melakukan proses analisa terhadap konsumen, maka target pasar bisa dengan segera ditentukan. Pasar yang kamu tuju biasanya dikenal dengan nama pasar relevan. Di dalam pasar relevan ini nantinya kamu bisa menemukan mana konsumen calon pelanggan tetap bisnismu, mana yang sekiranya membeli hanya saat sedang butuh sekali, dan mana yang tidak akan membeli sama sekali. Semuanya tergantung dari hasil analisismu di poin satu dan dua. 


Pasar relevan yang baik berarti segmentasi pasar selayaknya mudah dijangkau sehingga proses pemasaran bisa lebih efektif. Jika segmen yang pilih memiliki banyak kendala, maka proses pemasaran tidak akan berjalan dengan lancar.


4. Menilai Persaingan

Setelah tiga poin di atas kamu lakukan, langkah terakhir adalah memperhatikan apakah ada pesaing pasar bagi bisnismu atau tidak. 


Kamu sebagai pemilik bisnis baru sepatutnya mampu menilai produkmu dibandingkan dengan tawaran dari pesaing. 


Bukan hanya pesaing yang sudah ada yang harus dianalisa, kamu juga perlu melakukan analisis bagi pesaing pasar yang kemungkinan akan hadir di kemudian hari. Bagaimana cara menghadapi persaingan dengan sehat, tips agar produkmu tidak kehilangan potensi jualnya bisa kamu tentukan di tahap ini.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Lihat semua edisi

Related Article

Aplikasi Kasir untuk Toko dengan Banyak Cabang

Salah satu indikator pertumbuhan toko adalah jumlah cabang. Bagaimana cara mengelola toko dengan banyak cabang? Apakah aplikasi kasir dapat membantumu? Jawabannya, ya.

Memahami Seluk-Beluk Aplikasi Kasir Cafe dan Restoran

Aplikasi kasir cafe dan restoran mampu menyederhanakan operasional dan mengontrol penjualan. Pelajari fitur dan manfaat menggunakannya di sini.

Bedah Fitur e-Wallet majoo yang Dapat Diandalkan

Ingin mulai merambah model pembayaran digital? Gunakan fitur e-wallet majoo yang penuh dengan beragam fungsionalitas serta keunggulan yang dapat diandalkan ini!

Menulis Rencana Bisnis, Kapankah Waktu yang Tepat?

Pemilik usaha yang memiliki rencana bisnis tertulis berpeluang lebih besar untuk maju.
instagram Klik untuk follow majoo.indonesia Banyak inspirasi harian wirausaha dan games seru ×
Whatsapp