Table of Content

    4 Langkah Analisis Peluang Pasar untuk Bisnis Baru

    Analisis Peluang Pasar untuk Bisnis Baru

    Analisis peluang pasar adalah suatu proses riset pasar terhadap faktor-faktor lingkungan ekstern yang memengaruhi kegiatan usaha perusahaan tersebut. Lingkungan ekstern merupakan kekuatan yang tidak dapat dikendalikan, sehingga perusahaan harus menyesuaikan diri, dan juga menghasilkan ancaman dan peluang. 


    Melakukan analisis peluang pasar juga dapat membantu kamu  memutuskan apakah bisnismu akan terus menjalankan kegiatannya dengan meningkatkan kualitasnya atau harus keluar dari pasar. Untuk meningkatkan penjualan dan merebut ruang pasar yang besar, maka kamu selayaknya menggunakan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang tepat untuk memasuki peluang pasar yang ada. 


    1. Mengamati kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen.

    Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengetahui lebih dulu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Kebutuhan akan produk apa yang sekiranya mampu membuat mereka menjadi pelanggan tetap bisnismu. Bukan hanya menjadi konsumen yang datang sekali lalu tidak kembali. 


    Metode polling, survei di internet atau memaksimalkan mesin pencari di internet akan sangat bisa kamu gunakan di tahap ini. Dengan begitu kamu jadi paham apa yang benar-benar diperlukan oleh konsumenmu. 

    Baca Juga: Memanfaatkan Personal Touch sebagai Nilai Tambah Bisnis



    2. Mengenal lebih dekat konsumen.

    Mengetahui karakter para konsumen berdasarkan analisis usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, pendapatan, juga status sosialnya. Hasil analisis ini bisa kamu gunakan untuk memperkirakan potensi beli konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan.


    3. Menentukan target pasar secara spesifik

    Setelah melakukan proses analisa terhadap konsumen, maka target pasar bisa dengan segera ditentukan. Pasar yang kamu tuju biasanya dikenal dengan nama pasar relevan. Di dalam pasar relevan ini nantinya kamu bisa menemukan mana konsumen calon pelanggan tetap bisnismu, mana yang sekiranya membeli hanya saat sedang butuh sekali, dan mana yang tidak akan membeli sama sekali. Semuanya tergantung dari hasil analisismu di poin satu dan dua. 

    Baca Juga: Lebih Mengenal Segmentasi dan Target Pasar Bagi Bisnis Kamu


    Pasar relevan yang baik berarti segmentasi pasar selayaknya mudah dijangkau sehingga proses pemasaran bisa lebih efektif. Jika segmen yang pilih memiliki banyak kendala, maka proses pemasaran tidak akan berjalan dengan lancar.


    4. Menilai Persaingan

    Setelah tiga poin di atas kamu lakukan, langkah terakhir adalah memperhatikan apakah ada pesaing pasar bagi bisnismu atau tidak. Kamu sebagai pemilik bisnis baru sepatutnya mampu menilai produkmu dibandingkan dengan tawaran dari pesaing. 


    Kamu juga bisa menilai apakah cara operasional bisnismu sudah memadai untuk bersaing. Misalnya, jika kamu tahu pesaingmu masih menggunakan cara transaksi manual, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi kasir modern agar memiliki nilai lebih dari pesaingmu.


    Bukan hanya pesaing yang sudah ada yang harus dianalisis, kamu juga perlu melakukan analisis bagi pesaing pasar yang kemungkinan akan hadir di kemudian hari. Bagaimana cara menghadapi persaingan dengan sehat, tips agar produkmu tidak kehilangan potensi jualnya bisa kamu tentukan di tahap ini.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?