Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    5 Ide Konten Instagram yang Menarik untuk Bulan Ramadan

    Pikat audiens dengan konten yang menarik di Instagram bisnis.

    Dalam pengelolaan Instagram bisnis, kita perlu membuat konten yang relevan agar audiens terpikat. Karena itu, kamu perlu membuat konten khusus di bulan Ramadan

    Konten khusus selama bulan suci membuat engagement lebih optimal. Momen Ramadan dapat kamu jadikan kesempatan untuk menarik perhatian dan meraup audiens lebih banyak.

    Baca juga: Solusi Meningkatkan Brand Awareness Melalui Konten Instagram

    Yuk, langsung saja simak ide-ide konten Instagram yang menarik untuk akun bisnismu selama bulan Ramadan!

    Konten bernuansa Ramadan atau konten Islami

    Pertama, tentu saja kamu bisa mengunggah konten harian yang bernuansa Ramadan. Nuansa tersebut dapat kamu hadirkan dalam tema konten, misalnya suasana Ramadan di daerahmu.

    Selain itu, nuansa Ramadan juga dapat hadir dalam bentuk desain, misalnya memunculkan simbol-simbol yang identik dengan bulan suci. Sebut saja, bulan sabit, buah kurma, lentera, dan lain-lain.

    Riset tentang media sosial juga menunjukkan bahwa pencarian konten Islami meningkat selama bulan puasa. Maka dari itu, konten Islami bisa menjadi salah satu ide konten yang bisa kamu unggah di Instagram bisnis.

    Baca juga: Menyesuaikan Konten Instagram Bisnis untuk Pelanggan 

    Sebagai contoh, kamu posting konten berisi kutipan ayat Al-Qur’an, kisah nabi, hadis, dan lain-lain.  

    Rekomendasi menu buka puasa atau sahur

    Selanjutnya, pencarian resep makanan juga meningkat selama bulan Ramadan. Kamu dapat memanfaatkan hal ini untuk menarik audiens dengan membagikan konten menu berbuka puasa atau rekomendasi makanan sahur.

    Konten tersebut dapat dikemas beragam, mulai dari resep masakan hingga rekomendasi tempat membeli menu buka puasa atau makanan sahur. 

    Bahkan, kamu bisa mengunggah konten trivia seperti menu khas buka puasa dari daerah tertentu.

     Pastikan kamu membuat konten khusus untuk Instagram bisnis selama bulan Ramadan.

    Aneka tutorial dalam bentuk reels

    Tutorial merupakan salah satu ide konten Instagram yang dapat kamu unggah ketika bulan puasa. Tentu saja, kamu perlu mengunggah tutorial yang dekat dengan nuansa Ramadan.

    Sebagai contoh, kamu bisa membuat tutorial video memakai hijab di reels. Tidak perlu khawatir akan kehabisan tema, ada banyak sekali gaya berhijab yang dapat kamu eksplorasi.

    Baca juga: Mau Untung Banyak di Bulan Ramadan? Coba Peluang Usaha Ini!

    Tak hanya itu, reels berisi tutorial membuat menu buka puasa juga merupakan opsi yang tidak kalah menarik.   

    Di samping karakteristik tutorial yang mampu menarik perhatian, pengemasan konten dalam bentuk video juga lebih diminati. Menurut riset yang dilakukan oleh Google, audien lebih banyak melihat video selama bulan puasa dan 57% di antaranya terlibat aktif berkomentar. 

    Hiburan untuk ngabuburit

    Lalu, hal yang cukup hangat diperbincangkan oleh warganet ialah konten hiburan. Maka dari itu, kamu bisa mencoba membuat konten tentang hiburan yang bisa dinikmati jelang buka puasa.

    Rekomendasi aktivitas ngabuburit ini sebetulnya luas sekali, misalnya kamu membuat konten tentang rekomendasi series, beragam podcast, atau kanal YouTube yang menghibur.

    Kamu juga bisa memberikan rekomendasi hiburan berupa aktivitas seru seperti bermain board game, menyusun puzzle, dan lain-lain. Cara ini cukup efektif menarik perhatian audiens.

    Mengelola Tunjangan Hari Raya (THR)

    Nah, topik konten di bulan Ramadan perlu diperlakukan secara dinamis. Ketika sudah mendekati Idulfitri, konten perlu disesuaikan lagi dengan topik yang lebih kental nuansa lebaran.

    Salah satunya ialah konten tentang pengelolaan tunjangan hari raya (THR). Terlebih, saat ini masyarakat kian melek finansial sehingga sangat peduli dengan pengelolaan keuangan. Audiens Instagram bisnismu tentu akan merasa terbantu dengan tips mengelola THR menjelang lebaran.

    Namun, kamu juga perlu menyesuaikan konten dengan target pasar. Jika bisnismu merupakan perusahaan business to business (B2B), membahas tips mengelola THR agar tidak habis seketika tentu kurang pas. Pasalnya, follower akunmu kemungkinan besar akun bisnis atau perusahaan.

    Dalam hal ini, pendekatanmu justru mengelola keuangan agar bisnis bisa menyiapkan dana THR karyawan dengan mudah. Jenis konten seperti ini akan terasa lebih relevan bagi para pemilik dan pengelola bisnis.

    Kamu juga bisa memberikan tips agar penjualan bisnis meningkat selama Ramadan sehingga biaya-biaya, termasuk THR, bisa terbayarkan. Opsi lainnya, kamu juga bisa mengangkat tentang trik mempermudah pengelolaan operasional yang berdampak pada peningkatan keuntungan menjelang Idulfitri, misalnya dengan menyarankan penggunaan aplikasi POS.

    Ada banyak sekali ide konten Instagram yang menarik untuk diunggah oleh akun bisnis selama Ramadan. Di antara ide di atas, mana kira-kira konten yang akan kamu coba unggah di akun Instagram bisnismu?

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menilik Kaitan Barista Cakep dengan Penjualan Coffee Shop
    Barista yang cakep mungkin jadi salah satu alasan konsumen datang ke coffee shop. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya cara meningkatkan penjualan.
    Ide Promosi Tahun Baru sebagai Customer Loyalty Program
    Memberikan promosi tahun baru adalah hal yang sudah biasa dilakukan pebisnis. Bagaimana bila ide tersebut digabungkan dengan customer loyalty program?
    dr. Tirta, Sosok di Balik Cemerlangnya Bisnis Shoes and Care
    Tahukah kamu, dr. Tirta mengawali bisnis Shoes and Care dari sepetak kamar kos? Kini usaha tersebut sudah meraup omzet miliaran rupiah.
    Bikin Konten Bisnis untuk Tingkatkan Omzet Usaha? Hayuk!
    Konten bisnis seperti apa yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan omzet usaha? Platform apa yang sebaiknya dipilih untuk melakukannya?