Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Mau Untung Banyak di Bulan Ramadan? Coba Peluang Usaha Ini!

    Bulan Ramadan sarat dengan peluang usaha yang menjanjikan.

    Bulan Ramadan dianggap sebagai ladang kebaikan oleh umat muslim. Di luar momen ibadah, bulan ini juga sebetulnya membuka banyak peluang usaha. Wajar saja bila bulan puasa kerap dinanti kehadirannya.

    Berjualan aneka makanan sampai busana muslim merupakan beberapa peluang yang patut kamu coba jalankan di bulan penuh berkah ini. Pasalnya, permintaan pasar untuk produk tertentu memang pasti akan meningkat.

    Nah, jika kamu berencana turut meraup cuan di bulan Ramadan, simak beberapa ide peluang bisnis di bawah ini!

    Baca juga: Perhatikan Hal Ini Saat Menilai Peluang Usaha

    Takjil untuk Berbuka Puasa

    Kamu tentu sering melihat penjual takjil selama bulan puasa, bukan? Meskipun usaha ini termasuk jenis bisnis musiman, kamu tetap layak mencobanya sebab berjualan takjil memang cukup menjanjikan.

    Kamu bisa mencoba berjualan takjil bermodal meja sederhana di halaman rumah. Bila kamu memiliki modal lebih, kamu juga dapat berburu lapak di lokasi strategis. 

    Bahkan, kini kamu dapat berjualan takjil secara online melalui Whatsapp atau Instagram. Lalu, pesanan takjil diantarkan ke rumah konsumen.

    Masyarakat Indonesia sendiri memiliki kebiasaan berbuka puasa dengan menyantap hidangan manis. Karena itu, camilan tradisional yang manis bisa menjadi menu jualanmu, misalnya kolak pisang, biji salak, dan bubur sumsum.

    Selain itu, es buah juga termasuk salah satu menu takjil yang banyak diburu, lho. Sebaiknya, kamu melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan jenis takjil yang akan kamu jual.

    Katering Makanan Sahur dan Buka

    Untuk kamu yang sudah memiliki bisnis makanan, baik online maupun warung makan. Peluang usaha yang satu ini layak kamu pertimbangkan.

    Saat bulan puasa, cukup banyak orang yang tidak sempat memasak hidangan sahur atau berbuka. Maka dari itu, katering makanan khusus untuk sahur dan buka puasa tentu dapat menjadi solusi bagi mereka.

    Idealnya, makanan ini diantarkan setiap hari kepada konsumen pada jam yang sama. Jadi, konsumen benar-benar tidak harus repot dan merasa sahur serta buka puasanya terjamin sepanjang bulan.

    Walaupun katering tersedia selama bulan puasa, sebaiknya kamu tidak hanya menawarkan paket katering bulanan, tetapi juga mingguan. Dengan begitu, konsumen bisa memilih paket sesuai preferensi mereka.

    Adapun target pasar yang tepat untuk bisnis ini, antara lain para ibu yang bekerja, anak indekos, atau pasangan-pasangan muda yang menginginkan kepraktisan.

    Kurma merupakan komoditas yang permintaannya selalu naik setiap bulan Ramadan.

    Berjualan Kurma

    Tahukah kamu, berbuka puasa dengan kurma dianggap sunah oleh sebagian besar umat muslim? Maka dari itu, permintaan kurma di pasaran selalu meningkat setiap kali bulan puasa datang.

    Kalau kamu ingin turut meraup cuan dengan berjualan kurma, persiapkan usaha tersebut sejak sebelum bulan Ramadan tiba. Pasalnya, konsumen kerap mencari kurma menjelang bulan puasa.

    Berbicara bisnis kurma, tidak selalu berarti kamu berjualan langsung ke konsumen akhir. Apabila modalmu cukup besar dan kamu memiliki network yang memadai, kamu juga bisa menjadi supplier untuk toko atau supermarket.

    Baca juga: Supplier atau Pemasok: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

    Namun, jika kamu berjualan langsung ke konsumen akhir, pastikan kamu memperoleh supplier yang memasok kurma berkualitas serta menawarkan harga yang kompetitif.

    Berbisnis Busana Muslim

    Sepanjang bulan puasa sering kali terasa meriah sebab masyarakat biasanya lebih banyak berbelanja. Salah satu produk yang kerap diburu saat Ramadan, apalagi jelang lebaran, ialah busana muslim.

    Karena masyarakat muslim akan bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat saat Idulfitri, setiap orang umumnya berusaha memberikan penampilan terbaiknya. Tidak heran bila permintaan busana muslim pun meningkat.

    Tak mau ketinggalan potensi cuan yang satu ini? Mungkin kamu perlu mempertimbangkan peluang usaha busana muslim ini. Ada banyak sekali fashion item yang bisa kamu eksplorasi, mulai dari hijab hingga baju koko.

    Menariknya, sekarang bisnis fesyen tidak lagi harus dalam bentuk gerai. Kamu bisa membuka toko fesyen online di marketplace. Produk yang dijual pun tidak harus brand-mu sendiri, kamu dapat menjual produk brand lain di toko online-mu.

    Bagaimana bila modal untuk membeli stok produk terbatas? Tenang saja sebab kini ada opsi berjualan busana muslim tanpa modal atau modal kecil, yaitu dengan menjadi dropshipper atau reseller.

    Baca juga: Kenali Apa Itu Reseller serta Cara Menjadi Reseller

    Nah, dari peluang-peluang di atas, kira-kira kamu anggap menarik untuk dicoba? Ide-ide di atas tidak menuntut modal yang terlalu besar. Jadi, semestinya tidak terlalu sulit bagimu untuk memulainya.

    Akan tetapi, jika kendalamu terletak pada pengelolaan operasional, kamu perlu memanfaatkan aplikasi POS. Aplikasi POS akan membantumu mengelola bisnis dengan lebih mudah dan efisien.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Inilah Brand yang Berhasil Menerapkan Omnichannel Marketing
    Cek contoh omnichannel marketing yang berhasil dieksekusi oleh brand besar, seperti Starbucks, Timberland, dan Singapore Airlines. Yuk, simak selengkapnya!
    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM
    Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu
    Cloud Kitchen, Peluang Bagi Bisnis Kuliner untuk Bangkit
    Pada era new normal cloud kitchen dapat menjadi peluang menjanjikan bagi bisnis kuliner. Apa saja sih keuntungan model bisnis cloud kitchen ini?
    5 Usaha Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan Menjelang Idulfitri
    Meskipun Idulfitri kali ini berlangsung di tengah pandemi, tetap ada berbagai peluang usaha sampingan yang bisa kamu jalankan.