Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Inilah Fitur Aplikasi POS yang Optimalkan Pemasaran Digital!

    Saatnya kamu mencari aplikasi POS yang fungsinya lebih dari sekadar pengganti mesin kasir konvensional.

    Fungsi aplikasi POS saat ini telah berkembang pesat. Jika sebelumnya sistem point of sale (POS) hanya melacak waktu dan lokasi transaksi penjualan, menghitung nominal uang yang harus dibayar oleh konsumen, dan memberikan tanda terima setelah menyelesaikan pembelian, sekarang sudah lebih dari itu.

    Baca juga: Mengenal Definisi Point of Sale dan Manfaatnya Bagi Bisnis

    Kini sudah ada sistem POS yang bisa melacak detail pelanggan, seperti nama, nomor telepon, email, alamat, dan riwayat pembelian. Jadi, kamu memiliki data yang akurat dan valid sebagai dasar strategi pemasaran.

    Lebih dari itu, saat ini sudah ada aplikasi POS yang sangat mendukung pemasaran digital. Mengingat bisnis tidak mungkin tak terlibat di platform digital, fitur atau layanan yang mendukung pengembangan bisnis di kanal digital tentu sangat penting.

    Nah, kira-kira fitur apa saja yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih POS agar pemasaran digital bisnismu optimal?

    Fitur Customer Relationship Management

    Customer Relationship Management atau CRM memberikan lapisan ekstra terhadap interaksi dengan konsumen, yaitu aspek personalisasi. Pelanggan diperlakukan secara individual sehingga kamu dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan tahan lama dengan mereka.

    Fitur CRM di dalam sistem POS memungkinkan kamu mengumpulkan data konsumen. Lalu, kamu dapat membuat segmentasi berdasarkan kriteria tertentu, termasuk membuat program loyalitas khusus.

    Dengan demikian, strategi pemasaran menjadi lebih optimal dan menghemat banyak waktu dan uang berkat otomatisasi.

    Fitur Website Lengkap

    Website menciptakan kredibilitas dan bisa membuat bisnismu dianggap sebagai layanan yang profesional. Tanpa website, calon pelanggan tidak akan menemukan bisnismu dengan mudah di hasil pencarian search engine

    Kamu bisa memanfaatkan website sebagai ‘lokasi’ terpusat untuk menyimpan alamat, nomor telepon, formulir kontak, daftar produk atau layanan, harga, dan informasi relevan lainnya terkait bisnismu. 

    Kehadiran ‘lokasi’ tersebut akan mempermudah calon konsumen menemukan bisnismu secara online. Karena itu, website bukan sekadar aspek bisnis yang direkomendasikan, melainkan keharusan bagi bisnis yang mau unggul pada era digital. 

    Sayangnya, banyak usaha kecil yang masih belum memiliki website. Kenapa demikian? Mungkin karena kurangnya bujet atau kurang paham teknologi.

    Jika membuat website terasa rumit bagimu, kamu perlu memastikan sistem POS yang dipilih untuk bisnismu memiliki fitur website lengkap. Lebih baik lagi bila sistem POS tersebut menyediakan fitur Webtree yang bisa dipasang di media sosial dan Weborder yang memungkinkan kamu menerima pesanan dari mana pun.

    Temukan aplikasi POS dengan fitur yang mampu menghubungkan kamu dengan calon pelanggan. 

    Fitur Integrasi Marketplace

    Seperti yang sudah diketahui, marketplace adalah ruang terbuka online yang memungkinkan konsumen mencari aneka produk di satu platform. Dengan kata lain, marketplace menawarkan keberagaman, perbandingan harga, dan pengalaman berbelanja yang lebih mudah.

    Baca juga: Hadapi Persaingan Bisnis di Platform Marketplace? Bisa, kok!

    Maka dari itu, marketplace menjadi platform yang baik bagi bisnis untuk menjangkau konsumen dan memenuhi kebutuhannya. Menjual produk melalui marketplace tidak hanya bisa meningkatkan penjualan, tetapi juga meningkatkan exposure bisnis sebab hadir di berbagai platform online secara konsisten.

    Nah, untuk menjaga kualitas pelayanan, kamu perlu memastikan pengelolaan bisnis di berbagai kanal selaras, misalnya pengelolaan stok. Jumlah stok yang keluar atau masuk di gerai offline, website, serta kanal marketplace harus selaras dan diperbarui secara real time.

    Jika tidak, kamu mungkin akan mengecewakan konsumen sebab produk yang mereka pesan ternyata stoknya sudah habis, tetapi ada keterlambatan pembaruan stok di marketplace sehingga tampilannya stok produk masih tersedia.

    Karena itu, kamu perlu mencari sistem POS yang sudah dilengkapi dengan fitur integrasi marketplace. Jadi, kamu bisa mengelola berbagai toko online dari satu aplikasi saja. Efisien, bukan? 

    Fitur Kampanye Digital

    Terakhir, dalam kaitannya dengan pemasaran digital, fitur yang perlu kamu pastikan ada dalam sistem POS pilihanmu ialah kampanye digital.

    Seperti yang sudah diketahui, kampanye digital adalah upaya pemasaran online yang dilakukan oleh bisnis untuk mendorong engagement, konversi, traffic, dan pendapatan bisnis.

    Akan tetapi, masih banyak usaha kecil yang belum menjalankan kampanye digital di tengah pergerakan bisnis yang sudah serba digital ini. 

    Alasannya beragam, ada pemilik usaha yang belum tahu kampanye digital dan manfaatnya untuk bisnis. Ada juga pebisnis yang sudah mengetahui pentingnya kampanye digital, tetapi tidak memiliki staf khusus untuk menanganinya.

    Tak hanya itu, kampanye digital kerap diasosiasikan sebagai strategi pemasaran yang mahal serta rumit. 

    Padahal, dengan aplikasi POS yang memiliki fitur kampanye digital, semua kebutuhan kampanye digital bisnismu bisa dilakukan secara efektif, efisien, dan bujetnya pun fleksibel. Penasaran? Yuk, cari tahu lebih lanjut di sini!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.
    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.