Baca juga: Mengenal Definisi Point of Sale dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Kini sudah ada sistem POS yang bisa melacak detail pelanggan, seperti nama, nomor telepon, email, alamat, dan riwayat pembelian. Jadi, kamu memiliki data yang akurat dan valid sebagai dasar strategi pemasaran.
Lebih dari itu, saat ini sudah ada aplikasi POS yang sangat mendukung pemasaran digital. Mengingat bisnis tidak mungkin tak terlibat di platform digital, fitur atau layanan yang mendukung pengembangan bisnis di kanal digital tentu sangat penting.
Nah, kira-kira fitur apa saja yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih POS agar pemasaran digital bisnismu optimal?
Fitur Customer Relationship Management
Customer Relationship Management atau CRM memberikan lapisan ekstra terhadap interaksi dengan konsumen, yaitu aspek personalisasi. Pelanggan diperlakukan secara individual sehingga kamu dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan tahan lama dengan mereka.
Fitur CRM di dalam sistem POS memungkinkan kamu mengumpulkan data konsumen. Lalu, kamu dapat membuat segmentasi berdasarkan kriteria tertentu, termasuk membuat program loyalitas khusus.
Dengan demikian, strategi pemasaran menjadi lebih optimal dan menghemat banyak waktu dan uang berkat otomatisasi.
Fitur Website Lengkap
Website menciptakan kredibilitas dan bisa membuat bisnismu dianggap sebagai layanan yang profesional. Tanpa website, calon pelanggan tidak akan menemukan bisnismu dengan mudah di hasil pencarian search engine.
Kamu bisa memanfaatkan website sebagai ‘lokasi’ terpusat untuk menyimpan alamat, nomor telepon, formulir kontak, daftar produk atau layanan, harga, dan informasi relevan lainnya terkait bisnismu.
Kehadiran ‘lokasi’ tersebut akan mempermudah calon konsumen menemukan bisnismu secara online. Karena itu, website bukan sekadar aspek bisnis yang direkomendasikan, melainkan keharusan bagi bisnis yang mau unggul pada era digital.
Sayangnya, banyak usaha kecil yang masih belum memiliki website. Kenapa demikian? Mungkin karena kurangnya bujet atau kurang paham teknologi.
Jika membuat website terasa rumit bagimu, kamu perlu memastikan sistem POS yang dipilih untuk bisnismu memiliki fitur website lengkap. Lebih baik lagi bila sistem POS tersebut menyediakan fitur Webtree yang bisa dipasang di media sosial dan Weborder yang memungkinkan kamu menerima pesanan dari mana pun.
Fitur Integrasi Marketplace
Seperti yang sudah diketahui, marketplace adalah ruang terbuka online yang memungkinkan konsumen mencari aneka produk di satu platform. Dengan kata lain, marketplace menawarkan keberagaman, perbandingan harga, dan pengalaman berbelanja yang lebih mudah.
Baca juga: Hadapi Persaingan Bisnis di Platform Marketplace? Bisa, kok!
Maka dari itu, marketplace menjadi platform yang baik bagi bisnis untuk menjangkau konsumen dan memenuhi kebutuhannya. Menjual produk melalui marketplace tidak hanya bisa meningkatkan penjualan, tetapi juga meningkatkan exposure bisnis sebab hadir di berbagai platform online secara konsisten.
Nah, untuk menjaga kualitas pelayanan, kamu perlu memastikan pengelolaan bisnis di berbagai kanal selaras, misalnya pengelolaan stok. Jumlah stok yang keluar atau masuk di gerai offline, website, serta kanal marketplace harus selaras dan diperbarui secara real time.
Jika tidak, kamu mungkin akan mengecewakan konsumen sebab produk yang mereka pesan ternyata stoknya sudah habis, tetapi ada keterlambatan pembaruan stok di marketplace sehingga tampilannya stok produk masih tersedia.
Karena itu, kamu perlu mencari sistem POS yang sudah dilengkapi dengan fitur integrasi marketplace. Jadi, kamu bisa mengelola berbagai toko online dari satu aplikasi saja. Efisien, bukan?
Fitur Kampanye Digital
Terakhir, dalam kaitannya dengan pemasaran digital, fitur yang perlu kamu pastikan ada dalam sistem POS pilihanmu ialah kampanye digital.
Seperti yang sudah diketahui, kampanye digital adalah upaya pemasaran online yang dilakukan oleh bisnis untuk mendorong engagement, konversi, traffic, dan pendapatan bisnis.
Akan tetapi, masih banyak usaha kecil yang belum menjalankan kampanye digital di tengah pergerakan bisnis yang sudah serba digital ini.
Alasannya beragam, ada pemilik usaha yang belum tahu kampanye digital dan manfaatnya untuk bisnis. Ada juga pebisnis yang sudah mengetahui pentingnya kampanye digital, tetapi tidak memiliki staf khusus untuk menanganinya.
Tak hanya itu, kampanye digital kerap diasosiasikan sebagai strategi pemasaran yang mahal serta rumit.
Padahal, dengan aplikasi POS yang memiliki fitur kampanye digital, semua kebutuhan kampanye digital bisnismu bisa dilakukan secara efektif, efisien, dan bujetnya pun fleksibel. Penasaran? Yuk, cari tahu lebih lanjut.!