Table of Content

    • majoo blog
    • Trivia
    • Hadapi Persaingan Bisnis di Platform Marketplace? Bisa, kok!

    Hadapi Persaingan Bisnis di Platform Marketplace? Bisa, kok!

    Persaingan bisnis di platform marketplace dapat dimenangi dengan tampil beda.

    Harus diakui bahwa platform marketplace digital mulai menjadi pilihan para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan meningkatnya literasi digital masyarakat serta kepercayaan publik terhadap transaksi digital, jelas alternatif baru ini memang menawarkan keuntungan yang cukup besar bagi para pelaku usaha.

    Pun demikian, banyaknya pelaku usaha yang kemudian mencoba platform online untuk memasarkan produk serta jasanya bukannya tanpa masalah baru. Sederhana saja, bertambahnya pelaku usaha yang menggunakan platform online bisa membuat jumlah pasokan lebih tinggi jika dibandingkan dengan permintaan, dan sesuai hukum kelangkaan pada prinsip ekonomi dasar, situasi ini dapat menyebabkan tingginya persaingan dan turunnya harga.

    Dengan kata lain, cepat atau lambat, persaingan bisnis dalam marketplace pun menjadi sesuatu yang tak lagi dapat dihindari. Bagaimana caranya untuk tetap mengantongi keuntungan di tengah memanasnya persaingan ini?

    Baca juga: Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!

    Tampil Beda di Marketplace, Memenangi Persaingan Bisnis

    Seperti bisnis-bisnis lain pada umumnya, tampil beda menjadi salah satu cara yang bisa dicoba untuk mengungguli kompetitor dalam sebuah persaingan. Dalam marketplace, hal ini bukanlah sesuatu yang sulit karena platform apa pun yang digunakan pasti memiliki ketentuannya masing-masing yang harus diikuti oleh setiap pelaku usaha di dalam marketplace tersebut.

    Artinya, akan ada banyak hal yang seragam antara satu pelaku usaha dengan pelaku usaha lainnya, sehingga dengan menyajikan sesuatu yang berbeda atau memberikan nilai tambah pada bisnis yang dikelola, seorang pelaku usaha dapat tampil lebih unik. Dengan demikian, kemungkinan pelanggan untuk melirik lapak yang disediakan pun akan lebih tinggi, sehingga pelaku usaha tersebut dapat keluar sebagai pemenang dalam persaingan tersebut.

    Pertanyaannya, bagaimana cara untuk tampil beda tanpa melanggar ketentuan marketplace yang mungkin membuat setiap pelaku usaha akan terlihat seragam? Tenang, coba munculkan perbedaan dalam tiga hal berikut:

    Baca juga: Mengapa Bisnis Perlu Melakukan Integrasi Marketplace

    Mencari Produk Berbeda

    Mencari produk yang berbeda untuk dijual sebenarnya tidak bisa dibilang sebagai langkah untuk memenangi persaingan, tetapi lebih tepat disebut sebagai langkah untuk keluar dari persaingan itu sendiri.

    Cara ini bagus dilakukan jika produk atau jasa yang coba ditawarkan memang memiliki saturasi penjual yang sangat tinggi, atau dengan kata lain ada banyak sekali pelaku usaha lainnya yang menyediakan produk atau jasa tersebut. Tidak hanya meningkatkan persaingan, banyaknya kompetitor juga dapat membuat harga produk atau jasa yang ingin dijual menjadi turun, lho!

    Jika situasi di atas terjadi, tentu keuntungan bisnis pun juga akan mengecil, kan? Oleh karena itu, jika dirasa memang sudah banyak pelaku usaha yang menjual sebuah produk, tak ada salahnya untuk mencari produk lain yang dapat dijual dengan jumlah kompetitor yang lebih kecil sehingga kemungkinan untuk meraup keuntungan yang besar pun lebih mudah untuk diwujudkan.

    Hanya saja, langkah ini mungkin hanya efektif bagi pelaku usaha yang baru memulai bisnis, tetapi tidak begitu bijaksana bagi mereka yang memang sudah lama menggeluti suatu bidang dan sudah memiliki nama atau reputasi yang baik pula.

    Hindari persaingan bisnis di platform marketplace dengan mencari pasar lain yang masih belum banyak dilirik. 

    Menyajikan Kemasan Berbeda

    Tenang, tanpa perlu menjual jenis produk atau jasa yang berbeda, memenangi persaingan bisnis di marketplace bukanlah sesuatu yang mustahil, kok, karena pelaku usaha juga dapat memilih untuk menyajikan kemasan yang berbeda dalam menjajakan produk atau jasa yang dimilikinya.

    Satu hal yang harus diingat, hampir seluruh proses bisnis dalam marketplace umumnya berjalan secara otomatis dan mengandalkan mesin serta algoritme. Tanpa perlu mengubah kemasan dari produk itu sendiri, pelaku usaha dapat memperbaiki kemasan produk yang ada di etalase, misalnya saja dengan memasukkan kata kunci yang banyak dicari orang di marketplace.

    Sebagai contoh, saat membuka marketplace untuk mencari baju, misalnya saja, kita akan menemukan banyak sekali penjual yang menawarkan beragam jenis baju. Namun, kebanyakan orang akan memasukkan kata kunci yang lebih spesifik di kotak pencarian, contohnya saja ‘kemeja pria’ atau ‘kemeja biru’.

    Coba periksa kembali judul-judul produk yang dipasang di marketplace, dan ubah judul-judul yang masih terlalu luas menjadi lebih spesifik sehingga kemungkinannya untuk ditampilkan saat dicari oleh pelanggan pun lebih besar. Dengan demikian, produk kita pun akan lebih menonjol dibandingkan dengan produk sejenis yang ditawarkan oleh kompetitor.

    Baca juga: Mau Memenangi Persaingan Bisnis Online? Inilah Triknya!

    Memberikan Layanan Berbeda

    Langkah lain yang bisa dilakukan untuk memenangi persaingan bisnis di marketplace adalah dengan memberikan layanan yang berbeda jika dibandingkan dengan pihak kompetitor.

    Dalam banyak platform marketplace, pelanggan dapat memberikan rating terhadap kualitas suatu produk atau penjual. Dengan memberikan layanan yang dapat memuaskan pelanggan, rating yang dimiliki oleh produk atau toko kita di marketplace pun akan lebih tinggi.

    Rating yang kita terima tidak hanya terbatas pada kualitas produk saja, lho, tetapi juga berguna untuk meyakinkan pelanggan lain agar berkenan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Dalam langkah ini, memastikan tingkat kepuasan pelanggan tetap tinggi menjadi fokus yang paling utama, caranya dapat bermacam-macam, mulai dari menjawab setiap pertanyaan yang masuk secara cepat dan sopan, memberikan potongan harga istimewa sebagai bentuk promo, hingga memberikan layanan pengembalian barang yang mudah bagi pelanggan yang mungkin kurang cocok dengan produk yang sudah dipesan.

    Untuk menyediakan layanan terbaik, pelaku usaha juga dapat memanfaatkan layanan aplikasi majoo, misalnya melalui sistem keanggotaan di dalamnya yang membuat pelaku usaha dapat dengan mudah mengatur promo atau benefit khusus bagi pelanggan setia. Menarik, kan? Yuk, jangan ragu untuk berlangganan layanan aplikasi majoo!

    Baca juga: Mencari Loyalty Program yang Kreatif? Intip Idenya di Sini!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    5 Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia
    Indonesia berada di urutan nomor 4 negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Di daerah mana saja hadir biji kopi terbaik dari Indonesia?
    Toko Furniture Lokal, Jawaban Kebutuhan Interior Bisnis
    Kebutuhan interior untuk kantor, kafe, atau ruang bisnis lainnya kini sudah bisa dipenuhi dengan produk dari toko furniture lokal.
    Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inovasi Produk, Dari A-Z
    Untuk bisa bertahan dan maju di tengah persaingan, kamu perlu melakukan inovasi produk, baik meluncurkan produk baru maupun menambahkan fitur.
    Memilih Inovasi Bisnis atau Buka Bisnis Baru di 2022?
    Tak jarang pebisnis mengalami dilema untuk menetapkan pilihan untuk membuka bisnis baru atau melakukan inovasi bisnis. Lantas, mana yang perlu dipilih?