Belajar Analisis Data dari Aplikasi Digital ala Garis Tepi


Garis Kota sudah beralih ke digitalisasi bisnis.



Dalam dunia bisnis, satu hal yang penting untuk diketahui dan dipahami dengan benar adalah analisis data. Analisis data dalam bisnis terdiri dari beberapa aspek. Mulai dari analisis keuangan, performa bisnis, operasional, produk kompetitor, sampai dengan kepuasan pelanggan.


Kemampuan melakukan analisis data ini dibutuhkan untuk menentukan strategi bisnis yang tepat untuk dijalankan juga untuk menentukan langkah apa yang bisa diambil bila menemukan ternyata ada yang kurang optimal di dalam operasional bisnis. 

Singkatnya, analisis bisnis bisa dipakai sebagai untuk memahami struktur, kebijakan, dan operasi dari suatu organisasi, dan merekomendasikan solusi yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya.

Analisis data kepuasan pelanggan adalah satu hal yang akan kita bahas lebih dalam. Pelanggan yang puas adalah tujuan utama sebuah bisnis. Bentuk kepuasan pelanggan bisa bermacam-macam, tapi yang paling terlihat adalah dengan kesetiaan mereka pada produk atau jasa yang kamu tawarkan. Bila pelanggan puas, maka mereka tidak akan beralih ke produk dari kompetitor. 


Analisis data yang dilakukan bisa untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan.



Analisis data inilah yang dipelajari oleh pemilik usaha Garis Kota semenjak dia memutuskan untuk beralih menggunakan aplikasi digital sebagai sebuah #langkahmajoo dalam operasional bisnisnya. 


Garis Kota Working Space and Coffee berlokasi di Banjarbaru, Kalimantan selatan. Awalnya semua pencatatan transaksi atau laporan bisnis dilakukan secara manual. Hal ini secara otomatis menyita waktu dan pikiran lebih dari pemiliknya, Putra Kamaludin, atau yang biasa dipanggil Bang Kamal. 


Bang Kamal menyadari bahwa sebuah inovasi akan selalu menjadi sesuatu yang diperlukan dalam bisnis. Termasuk inovasi dari sistem atau metode tradisional menjadi digital. Salah satu inovasi yang dipilihnya adalah dengan beralih menggunakan aplikasi digital. Dia menyadari bahwa ternyata satu aplikasi digital mampu membantu bisnisnya dalam banyak hal. Mulai dari absensi karyawan sampai pencatatan transaksi.


Fitur absensi karyawan bisa dilakukan dengan swafoto yang membuktikan karyawan tersebut benar-benar hadir dan mengurangi risiko kecurangan. Sementara fitur pencatatan transaksi keuangannya sangat real time. Dashboard laporan keuangannya bukan hanya bisa dicek dan dianalisis secara bulanan atau tahunan, melainkan bisa dilakukan setiap hari. 


Satu fitur yang dirasa sangat bermanfaat dan menjadi kesukaan Bang Kamal dan para karyawannya di Garis Kota adalah fitur untuk mengatur promosi. Fitur promosi sangat menguntungkan karena mereka tidak perlu lagi menghitung besarnya potongan harga atau total transaksi promosi secara manual, semuanya sudah terhitung secara otomatis di aplikasi digital tersebut. Ada 3 pilihan yang biasa mereka gunakan, yakni fitur kupon, diskon, dan potongan member. Pemilihan fitur ini menjadi fitur favorit tentu saja beralasan, karena membantu sekali dalam proses memenuhi kepuasan pelanggan. 


Menurut Bang Kamal, data-data yang disediakan oleh aplikasi keuangan digital ini membuatnya bisa belajar membuat sebuah analisis bisnis. Data absensi karyawan bisa jadi sebuah analisis mana karyawan yang bekerja dengan rajin dan sungguh-sungguh dan mana yang kurang. Data keuangan bisa menghasilkan sebuah analisis keuangan untuk mengetahui berapa keuntungan yang didapatkan oleh Garis Kota baik harian, mingguan, bulanan, sampai tahunan. Sedangkan data operasional seperti barang masuk atau keluar membuatnya mengetahui produk mana saja yang paling digemari pelanggan dan mana yang promosinya harus lebih digencarkan lagi. Bisa juga digunakan sebagai analisis kepuasan pelanggan. 


Analisis data kepuasan pelanggan ini juga berpengaruh pada promosi yang bisa diterapkan. Seperti sudah disebutkan di atas, Garis Kota menyediakan membership atau keanggotaan yang memiliki beberapa kategori. Potongan harga khusus untuk para anggota ini pun berbeda-beda, sesuai dengan kategori membership-nya. 


Dari semuanya, Bang Kamal merasa bahwa pilihannya untuk mengambil #langkahmajoo dengan beralih dari pencatatan manual ke aplikasi digital  sangatlah menguntungkan bisnisnya. Kamu tahu kan aplikasi digital apa yang dimaksud oleh Bang Kamal? Ya, majoo! 


Seluruh fitur yang dibahas tadi adalah fitur-fitur yang bisa didapatkan bila berlangganan majoo. Tidak perlu khawatir karena biaya berlangganan majoo sangatlah terjangkau. Aplikasinya pun bisa diakses oleh semua orang dengan mudah karena desain dashboard yang simpel tapi tetap kekinian. Tidak ribet dan mudah dipahami. 


Bang Kamal dan Garis Kota sudah membuktikan bahwa analisis data memiliki peran yang penting dalam bisnis. Bang Kamal juga membuktikan bahwa penggunaan aplikasi digital dalam bisnis membawa banyak kemudahan dan keuntungan. 


Penggunaan majoo sangat direkomendasikan oleh Bang Kamal. Dia berharap semua UMKM dapat merasakan kemudahan dan keuntungan yang sudah dialaminya. Karena bukan hanya fitur yang kamu dapatkan, melainkan juga ada sistem bundling yang lengkap. Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah sudah berlangganan majoo? 


Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Nau Coffee: Pakai majoo, Lebih Mudah Kelola Bisnis
Nau Coffee adalah bisnis coffee shop yang terbantu pengelolaan operasionalnya menggunakan fitur aplikasi majoo.
Los Medellin: Peran Penting Data Pelanggan bagi Bisnis
Los Medellin adalah sebuah bisnis kuliner yang sudah memanfaatkan aplikasi keuangan digital. Termasuk untuk mengelola data pelanggan.
Laundry Praktis dan Higienis ala The Coin Laundry Room
The Coin Laundry Room adalah bisnis laundry yang praktis dan higienis, baik pada pelayanan dan juga operasional dengan bantuan fitur aplikasi majoo.
Cerdas Mengelola Bisnis Bersama Hair Potter!
Hair Potter tidak hanya cerdas memadukan konsep bisnis, tetapi juga cerdas dalam mengelola bisnis. Seperti apa, sih, langkahnya?
Whatsapp